Thursday, June 24, 2004

"Ayra..., mana suaranya..?"

Image hosted by Photobucket.com

“Ayra…, mana suaranya…?”

Sabtu, 1 Mei 2004…pulang sekolah Bu Erni negur manya, nanya seputar pemdiamnya Ayra, memang ini yg ketiga kalinya, jadi udah 2x ke manya langsung dan sekali memalui mbak Asih…, dalam 2 bulan. Mereka bilang Ayra pendiam, apa Ayra belum bisa bicara? Apa Ayra telat bicara?
Sedih? Enggak tuh…manya suka banget.., krn manya tau soal begini pasti ditanyain dan itukan berarti guru2nya perhatian…, Manya tetap bilang kalau sehari2nya Ayra itu super duper cerewet…, mulutnya itu ngoceh, ibaratnya dari mulai bangun tidur sampai dia tidur lagi…, tapi memang untuk dunia luar Ayra beda sekali…dia jadi pendiam, dan kalau ditanya akan dijawabnya dengan gerakan bibir…, kalau ditanya warna; benda; sapaan; perintah guru semua dilakukannya tapi kalau ngejawab cukup dengan gerakan bibir…. Pernah ini manya tanyain sendiri ke Ayra, jawabnya Ayra…”nggak perlu keras2..kenceng2..ma” / “lho..mama kan nggak minta Ayra menjawab itu harus teriak2 atau keras2..tapi keluar suaranya…,” / jawabnya lagi..”nggak usah ma…, pelan2 aja..”
Tapi pelannya dia yah…cuma dengan gerakan bibir…, berbisikpun enggak…
Bu Anda-wali kelasnya ayra-, Bu Erni dan Bu Eha sih bilang yah..sabar aja.., mungkin dia masih dalam tahap adaptasi dan penyesuaian dengan lingkungan baru…, Ya, semoga aja sih gitu…., karena di TKAI ini ada kok yg kasusnya anak itu bener2 pendiam, malah nggak mau naik panggung tapi pas di TK dia jadi benar2 berani…,
Menurut Bu Anda lagi, untuk keberanian Ayra udah bagus, tapi interaksi/inisiatif dan komunikasinya masih berkurang…., kalau Bu Erni bilang, kalau diperhatikan kayaknya ayahnya juga pendiam ya…?!

Meskipun Ayra begitu, apa2 yang didapatnya dari sekolah itu diulangnya dirumah…, misalnya, dia itu suka cerita2..sendiri sambil bilang..’siapa yang udah mandi?-saya…/siapa yang udah gosok gigi..?-saya’
Selain itu juga manya selalu tanya dikesempatan yang berbeda soal suka enggaknya dia dengan sekolahnya..dan jawabnya selalu suka…, seneng…, kalau enggak sekolah…dia juga tanya…kenapa hari itu ayra nggak sekolah…, pokoknya enjoy banget dia dengan sekolahnya…

Soal ini Manya sempatkan juga diskusi dan tanya-tanya lewat Hanni dan Santi,

Mulai pertengahan April kemarin, setiap menjelang pulang sekolah..Ayra ikutan latihan nari “badindin” kebetulan nenek muda punya kasetnya dan kita pinjam…jadi deh..kita latihan dirumah…, dan kalau udah nari…Ayra seneng banget…, cuma kalau disekolah (wkt awal2nya..) Ayra lebih banyak mengamatin temen2nya aja…, kata mbak Asih lagi, abis sedikit latihan dirumah…Ayra disekolah udah ikutan goyang badannnya…, cuma masih belum pake senyum…jadi expressi mukanya masih serius…

Anyway…, apapun kemajuan Ayra sepanjang sekolahnya ini…, Ayra tetap bintangnya manya… !!!

Sabtu, 21 Mei 2004..,Udah hampir sebulan ini setiap mau pulang sekolah atau selagi belajar..ayra latihan nari “badindin” untuk Acara pesta Anak disekolah tgl 5 Juni nanti.., lucu juga liat anak2 itu latihan…ada yg bengong.., ada yg diem aja, ada jg yang nyimak ngikutin gerakan gurunya…, terus tadi disekolah, ortu disuruh nulis pesan dan kesannya utk TKAI…, wah manya bingung…, mau nulis apa, kebanyakan pada nulis kreatifitas TKAI, sekolah yang asyik dan punya program yang top yaitu MI.., terus ayah usul…, bunyinya gini; “bukan TKAI namanya kalau belum bisa bikin Ayra keluar suaranya..” wah, bingung manya..ragu gitu.., manya sendiri punya kata2..gini; Ayra cuma mau gosok gigi kalau ama Ibu Anda.., terus tanya Mimi dan Linda.., mereka setuju ama usulnya ayah…, jadilah manya tulis itu..dan mbak Wati bilang…, ‘waduh..bu! ini tantangan..ancaman atau nantangin…?’ sambil ketawa gitu..he…he..he..nggak papa kan? Pokoknya beda dan memang kenyataannya suara Ayra belum terdengar..malah Mimi bilang…bisa nggak bikin dari depan pintu gerbang depan Ayra udah teriak..”selamat pagiiiiiiiiiiiiiii…Ibu..Annndaaaaaaaa…” 

ini note's-nya :
Image hosted by Photobucket.com

pEsta aNak, 5 juNi 2004

Sabtu 5 Juni 2004 Abang manggung…!..salut deh buat ayra yg berani naik panggung sendiri…tapi tetap aja nggak mau pake topi…, Pesta Anak Cerianya meriah…, semua anak rasanya ikutan manggung…, dan tingkah mereka juga macam2…ada yg sampe atas panggung malah nangis…, ada yg diem aja merhatiin temen sepanggungnya…, terus dipojok ruangan..ada berbagai karya anak..termasuk karya-nya ayra…

Image hosted by Photobucket.com

Image hosted by Photobucket.com

“Raport Pertama-ku….”

Kamis, 24 Juni 2004 jam 9.00 Manya ama Ayah ke sekolah Ayra untuk ambil raport…, waaauuu…sekarang kita punya jadwal baru yang tetap, yaitu ambil raport anak…. Hasil raport Ayra masih banyak yang ‘C’ terus juga masih banyak yang harus dikembangkan buat dan oleh Ayra sendiri…, meskipun ada beberapa hal yang bikin kita rada sedikit kecewa, contoh kecil yg puzzle.., pdhl kan aYra puzzlenya jago banget…, dari umur 2thn dia udah bisa..sampai yg 20 potong dia jago, mau diacak kayak apa jg..dia bisa, tapi disekolah..yah..cukup-cukup aja…, tapi ayRa juga punya kelebihan, menurut Bu Anda kemampuan pengenalan huruf dan angkanya, bagus sekali…!, Bu Anda salut lho…, Bu Anda cerita kalau pernah sekali wkt dia lagi cerita ada satu ada yg asyik ngoceh sendiri ngelafalkan angka-huruf yg ada di dinding…, pas dia liat ternyata itu aYra…!, wwuuaahhhhhhhhh!! Itulah kurang/lebihnya-bedanya rumah dgn sekolah…, kalau diceritain mah..panjang…, aYra masih jago kandang..tapi yang pasti ayra harus belajar utk berinteraksi-komunikasi dimana dia masih sangat kurang (kemampuan berceritanya juga kurang). Anyway..Manya dan Ayah puas, nggak cuma dengan hasil yang dicapai Ayra..tapi juga dari obrolan dengan Bu Anda.., wali kelas Ayra yang baaikkk..dan perhatian, sebenernya nggak hanya Bu Anda aja, rasanya semua guru TKAI itu begitu.., yah..bersyukur deh, ayra ketemu sekolah yang tepat…, moga-moga aja..tamat TK nanti nggak hanya pintar berkomunikasi yg didapat tapi juga semakin mandiri.., Selamat ya, Ayra…!!!

Wednesday, June 23, 2004

“Kaki Abang Sakit..”

Kemarin, pulang kantor..andung bilang kalau kakinya abang yg sebelah kanan nggak lurus kalau dibuat jalan…, terus manya cek.., sekalian disuruh lari ama tante Mimi, yang ada kalau dia lari kaki kanannya diseretnya… :-((.., terus manya raba kakinya, seputar lutut belakang juga…dannn..ternyata yang sebelah kanan ada benjolan. Sepertinya sih kayak ganglionnya ayah…, tapi besok kita ke dr. abu…, Nah sore ini manya ama ayah dan ayra pergi…, begitu ketemu dr. abu.., certain..terus kaki abang diperiksa…, terus beliau bilang kemungkinan itu lipom/lipoma atau ganglion..diliat juga daripembesarannya…apakah makin lama makin besar..terus apakah ada perubahan disekitarnya.., dan apabila mengganggu harus dibedah/operasi kecil….
Umumnya ganglion atau lipoma ini hanya seperti lemak yg mengumpul.., bukan jenis tumor atau apa..gitu, dan kalau memang sudah ganglion/lipoma yah..memang harus kena, artinya bukan karena keturunan, bakat anak itu, hormon atau makanan yang jadi pemicunya, bukan juga karena alergi. Makanan tidak ada yang dipantang…, sejauh ini kadang abang merasa sakit kadang juga nggak merasa apa2…

Terus dr. Abu juga kasih recommend dr. bedah di setia mitra namanya dr. Dharmawan Kartono.., Rencananya kita sendiri mau coba check-up ke dokter lain.., dr. Dwi Putro Widodo/neurology..di RSPI..mungkin sabtu besok, baru abis gitu kita ke dr. dharmawan ini…