Sunday, April 24, 2005

main sendiri..

Image hosted by Photobucket.comabis pestanya tante ceprit, siang kemarin abang nginep ama tante mimi..., alby dirumah aja.., awalnya alby kelihatan senang..soalnya mau ambil mainan apa aja nggak ada yg komplain.., nggak ada larangan.., main ama si pooh.., pegang-pegang buku dan baca-baca..terus yang paling happy itu main mobil-mobilan! :)

Sebenernya kalau main mereka sama-sama, cuma abang ayra kelewat sayang ama alby, kadang alby nggak dikasih mainan.., kalau mainannya dipegang pasti abang udah menjerit-jerit..dan nggak kasih ke alby..., jadilah alby main mainan yg lain..walau sebenernya dia juga pengen main-mainan yg dipegang ayra, biasakan adik-kakak suka begitu...Ayra sendiri punya alasan kenapa dia nggak mau mainannya dipegang Alby, karena Alby itu apa-apa masuk mulut, kan nggak baik.., itu yang abang nggak suka, kalau nggak masuk mulut..pasti deh dengan senang hati abang akan kasih mainan..,
Yang paling sering nggak dikasih pinjam itu buku-buku cerita dan mobil-mobilannya abang.., padahal alby juga pengennnn..banget main mobil sama abang..,

Abang sih tetap kasih pesan, boleh main mobil-mobilan..tapi nggak boleh masuk mulut..dan alby melakukannya cuma abang nggak liat aja.., gayanya alby main mobil persis banget abang.., dia ambil mobil balap abang yg besar..dia dorong maju-mundur.., diangkat mobilnya diputar rodanya terus diperhatiin, dijungkir balikin.., dikutak-katik tempat baterai mobil, terus diangkat..mau dimainin di dinding.., jalanin mobilnya juga gitu..sampai tidur-tiduran dilantai..terus perhatiin roda yg berputar..sampai puassss...

Image hosted by Photobucket.com Image hosted by Photobucket.com

Image hosted by Photobucket.com Image hosted by Photobucket.com

Tapi yg namanya saudara.., berasa kali ya..buat alby kalau lama-lama nggak ada abang..nggak kedengeran suaranya.., jadi pas minggu siangnya abang telpon..dan alby yg lagi tidur-tiduran di kereta, denger mama nyebut..abang, langsung bangun..dan mulai ngoceh..minta telpon jg.., akhirnya telpon mama kasih, ngobrol deh mereka berdua.., mama bilang; 'abang, cerita yaa..abby dengerin nihhh..' meski cuma ketawa-ketawa dan kadang-kadang nyahut 'uuhh..aaaaa,..aaaa' alby kayaknya seneeeng banget deh denger suara abangnya..., Jadi pas liat abang pulang sore harinya..alby langsung menjerit..'heeiiiiiiiiiiii...' terus abang cium alby deh..., tapi kening ama kening..abis ..(biasalah) abang nggak mau kena ilernya alby.. :)

'abby kangen lagiii..dan ternyata nggak enak main sendiri..' :)

Abang nginep..

pulang dari pestanya tante Ceprit, tante Mimi dapat undangan nginep gratis di hotel tempat para oma menginap yg nggak jauh dari tempat pestanya tante Ceprit. Denger tante Mimi-nya mau pergi dan denger kata 'menginap' ayra udah mulai ribut aja minta ikut. Tante Mimi bilang, boleh ikut asal minta ijin dulu ama ayah dan mama. Ngomonglah ayra ke ayah..dan ayah mengijinkan. Wahh..jelas sekali deh, mau nggak mau mamapun ikut mengijinkan..

Image hosted by Photobucket.comAyra nginep? hiii...ini pertama kalinya ayra nginep.., tanpa kita orang tuanya ikutan.., dulu mama pernah ngelempar topik ini di salah satu milis yg mama ikuti..tapi abis itu belum pernah sekalipun mama praktekin.., abis rasanyaa..belum rela aja dia nginap tanpa kita.., Semua tips dari hasil sharing itu mama ikutin..jadi sampai dirumah semua keperluan ayra dari pakaian, susu sampai mainannya mama siapin satu ransel..dan mama ikutan anter ayra sampai ke hotel..sambil berharap kali-kali aja ayra berubah pikiran nggak mau ditinggal mamanya..., tapi ternyata tidak euy...., ayra happy-happy aja..dia keliatan excited sekali..., rasanya nggak masalah gitu ditinggal mama... memang dari semua sharing itu rasanya yg paling penting itu yaa..menguatkan hati..

Dulu, waktu alby lahir..mau nggak mau ayra kami tinggal dirumah..waktu itu ayra belum banyak bicara.., belum cerewet spt sekarang ini..sempet dia tanya2 mana ayah..mana mama..tapi bisa dialihkan dengan mainan bajaj.., kata tante mimi - tante linda..ayra bobo sambil meluk bajaj.., sekarang kan ceritanya lain lagi.., ada jg rasa khawatir di mama...gimana kalau malam-malam ayra bangun dan cari-cari ayah.., gimana kalau tiba-tiba aja dia jadi murung..bete.. dan minta pulang... Pas mama mau pulang, mama bilang; 'bang, mama pulang yaa.., abang baik-baik yaa..' dijawab abang dengan senyum lebarnya 'iya, maa..'
(dduhhh..., memang sih nginapnya cuma sehari..tapi bbbrrrr..rasanyaaa...)

Malamnya, jam 19.00 maunya sih nggak telpon dan sms tante Mimi..tapi yaa..ternyata nggak kuat juga.., mama sms tante mimi..dan tanya2 ayra.., kata tante mimi sih oke-oke aja..., makannya bagus..cuma mandinya aja yg jadi lama..1.5 jam! dia berendam di bathtub.., maklum yakh.., dirumah kagak ada bathtub...puas deh ayra berenang di bathtub he..he..he..,

Minggu subuh, mama kebangun..sempet nggak ngeh juga, kok abang nggak ada yaa..?

Pagi tante Mimi sms, katanya jam 4 itu ayra sempet ngigau manggil mama..ayah..tapi terus bobo lagi.., kesannya sih cuma absen aja....

Kira-kira jam 10-an, tante Mimi telpon.. cerita kalau ayra manis banget.., mama sih tadinya nggak mau ngomong ama ayra.., tapi ternyata ayra sendiri yang minta, mau ngomong ama mama katanya..dan ternyata seisi rumah diabsen..ditanyain lagi pada ngapain aja.., ayah..mama, abby, tante linda..andung dan angku..., hiii..kangen jadinya...

Sekitar jam 13.00, ayah kayaknya deh yang mulai nggak tenang..., ayah mulai bolak-balik tanya kapan ayra pulang.., kalau ada bunyi-bunyi depan pagar..ayah ngelongok ke pintu..katanya kali-kali aja abang yg pulang...terus kalau telpon bunyi..ayah bilang; 'abang kali yg telpon' padahal mah bukan.., hi..hi..ketauan deh ayah kangen ama anaknya... ;)
akhirnya karena nggak tahan ayah telpon tante mimi, ternyata ayra ikut anterin oma-omanya dulu ke ciledug, baru pulang kerumah.., mama yg udah tau ayra bakalan pulang sore cuma bisa cengir2 aja ngeledekin ayah..hi..hi..

Sore.., baru ayra sampai rumah..., duhhh, kangennyaa..., alby liat abangnya dateng langsung njerit...'heeiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii...' ketawa-ketawa liat abangnya..,

hiii...ternyata sepi juga nggak denger 'anak-anak ribut' ;)

Saturday, April 23, 2005

pestanya tante Ceprit

Image hosted by Photobucket.com

hari ini..harinya tante Ceprit. Hari ini tante Ceprit dan Oom Budi menikah.., kita sempet kebagian jatah ikutan repot..jadi pagi-pagi subuh mau nggak mau ayra dan alby harus ikutan siap-siap.., alhamdulillah nggak ada yg rewel kalau bangun pagi.., cuma yaaa..pas jam-jam 9 - 10an gitu..alby dah nggak bisa kompromi lagi..dia tidur..sementara ayra enggak..tuh..dia ikutan sibuk mondar mandir kesana kemari.., so..buat tante Ceprit dan oom Budi..selamat menjalani hidup baru, semoga selalu saling sayang, saling pengertian, saling percaya dan saling setia sampai tua..

Monday, April 18, 2005

Ganglion

GANGLION, BENJOLAN YANG SERING DIKIRA TUMOR

Image hosted by Photobucket.com Jangan keburu panik bila menemukan benjolan di tubuh anak, terutama di tangan dan kaki. Siapa tahu cuma ganglion.

Buat kebanyakan orang, istilah ganglion memang masih asing di telinga. Tak sedikit awam mengira ganglion adalah penyakit yang mematikan seperti halnya kanker atau tumor. Kebanyakan karena melihat tanda-tanda kemunculan ganglion yang mirip tumor atau kanker, yaitu berupa benjolan di tubuh. Padahal, ganglion bukanlah penyakit yang menakutkan dan mematikan. Sekalipun dibiarkan hingga bertahun-tahun, penderitanya tetap sehat dan tak akan mengalami sesuatu yang negatif. Malah, lama-lama ganglion bisa hilang dengan sendirinya tanpa kita sadari. Walau begitu, untuk memastikannya, penderita tetap harus diperiksakan ke dokter.

Ganglion bisa terjadi pada siapa saja, dari anak-anak hingga orang dewasa. Kemunculannya disebabkan kebocoran pada pembungkus cairan sendi. Cairan ini sebetulnya berfungsi melumasi sendi sehingga tidak merusak tulang rawan saat ada gerakan. Cairan pelumas yang bocor ini kemudian membentuk gelembung, seperti kapsul, yang mendesak kulit sehingga tampaklah benjolan di permukaan kulit.

Banyak faktor yang menyebabkan bocornya pembungkus cairan sendi, tetapi yang paling sering adalah trauma atau benturan. Cairan pelumas juga terdapat pada tendon atau urat yang menggerakkan tulang. Jika kapsul atau pembungkus pelumas tersebut bocor, maka bisa timbul ganglion. Robeknya pembungkus pelumas mirip dengan penyebab bocornya cairan sendi.

CIRI-CIRI GANGLION

Nah, untuk mengetahui benjolan tersebut adalah ganglion atau bukan, mudah saja. Benjolan pada ganglion berdiameter paling besar ± 1-2 cm. Kalau dipegang terasa kenyal, dan semakin besar semakin keras. "Jadi, awalnya lembek dan kenyal, tapi semakin lama ganglion dibiarkan akan semakin keras," ungkap dr. Ifran Saleh, FICS, DSBO dari bagian Orthopedi RSUPN Cipto Mangunkusumo, Jakarta. Namun jika terantuk atau tertekan, ben-jolan berisi cairan ini bisa pecah. Karena itulah, ganglion bisa hilang dengan sendirinya tanpa disadari. "Cairannya sendiri tidak berbahaya. Itu, kan, cairan tubuh si penderita. Jika pecah, tentu cairan tersebut diserap kembali oleh tubuh."

Bagian tubuh yang kerap disemayami ganglion adalah sekitar tulang-tulang kecil di tangan dan kaki baik bagian dalam, punggung, maupun pergelangannya. Di situlah daerah sendi dan tendon yang sangat rawan mengalami kebocoran pelumas.

OPERASI DAN SEDOT CAIRAN

Kendati ganglion tak berbahaya dan dapat hilang sendiri sekalipun dibiarkan. Akan tetapi jika penderita sudah merasa tak nyaman atau sakit lantaran benjolan ini, jangan biarkan hingga pecah sendiri. Jelas, meski keluhannya tak akan menimbulkan efek yang membahayakan, si penderita akan risih juga. "Jadi lebih baik segera periksa ke dokter orthopedi untuk dilakukan penanganan," anjurnya.

Jenis penanganan ganglion ada dua cara. Pertama, disuntik untuk mengeluarkan cairan tersebut dan memberinya obat supaya tak timbul lagi. Kedua, dengan cara operasi untuk mengambil benjolan tersebut hingga ke akar-akarnya dan anak-anaknya. "Biasanya ganglion yang besar mempunyai ganglion kecil-kecil di sekitarnya yang harus diambil supaya tidak sempat membesar."

Seperti halnya penanganan dalam dunia medis pada kasus-kasus lainya, ganglion pun punya risiko, yaitu tumbuh kembali. "Jika operasinya tidak sempurna, dalam arti pengambilan anak-anak dan akar ganglion tidak bersih, tentu ganglion yang tertinggal akan tumbuh menjadi besar."

Begitu juga dengan cara suntik, "Jika obat yang dimasukkan tak mampu menutup celah yang menjadi timbulnya ganglion, maka ganglion baru akan muncul kembali di tempat yang sama." Biasanya dokter akan mengajukan pilihan cara penanganan dengan suntik pada pasien. Bila tidak sukses, barulah dilakukan operasi.

GANGLION TIDAK TERJADI BILA...

Perlu diketahui, kekuatan atau elastisitas kapsul maupun pembungkus cairan pelumas sendi dan urat, berbeda pada setiap orang. Tak heran bila ada orang yang sering jatuh tetapi tidak mengalami ganglion, sementara yang jarang jatuh justru mengalami ganglion. Contohnya anak yang memiliki elastisitas tinggi karena rajin berolahraga, walau sering jatuh tak terjadi kebocoran pada pembungkus cairan pelumas sendi dan uratnya.

Ketidakmunculan ganglion setelah benturan bisa jadi disebabkan pembungkus pelumasnya tetap robek. Tetapi karena robekannya besar, maka tidak ada faktor yang bisa membuat pelumas tersebut menggelembung dan mendesak kulit. Cairan tersebut menyebar begitu saja dan diserap kembali oleh tubuh.

Gazali Solahuddin. Ilustrator: Pugoeh
sumber : tabloid nakita no. 315 thn VII tgl 16 April 2005
ganglion poplithea = letaknya dipersendian lutut belakang

Wednesday, April 13, 2005

Alby kangennn...

Image hosted by Photobucket.com Ada yang lucu dari alby..., waktu abang ayra pulang..dia lagi bobo.., setelah istirahat sebentar..mandi terus minum susu abang bilang mau bobo aja..ngantuk katanya. Kita ke kamar sambil nonton dancow. Tau kali yaa..kita pulang, meski masuk kamarnya pelan-pelan..alby kebangun.., terus dia langsung aja duduk di tempat tidur ngeliatin abangnya yg lagi minum susu.., terus tiba-tiba aja..abang yg lagi minum susu liat alby dan bilang; 'abang mau cium abby...'

wuihhh..! lucu bener..! terus berdua itu sayang-sayangan..si abang cium keningnya alby (soalnya abang nggak mau kena ilernya alby..hi..hi..-alby masih suka ngeces-)..terus ganti balik alby mau cium abangnya.., caranya itu..dia goyang-goyangin badannya ke arah si abang sambil bilang; emm..emm.., mama deh, yg nerjemahin..'abang, abby mau cium abang..' ama si abang cuma boleh pipi ketemu pipi..begitu beberapa kali....hi..hi..lutjuu liatnya..dan mama kira cuma selesai sampai disitu..., karena abang balik lagi minum susu dan alby balik lagi ngeliatin kakaknya. Ternyata si alby pindah posisi, dia nyamperin abangnya..duduk bersandar sejejer ama abangnya..terus mulai nempel-nempel ke abangnya..., Ayra mah udah mau menjerit aja..tapi terus mama terjemahin lagi, 'abang, abby tuh kangennn ama abang.., seharian ini kan abang ke sekolahnya lama.., jadi nggak papa yaa..deket-deket abang..' ee..abang mau! dia jawab gini; 'o..abby kangen yaa.., ya udah sini deket-deket abang...'

jejeran deh mereka berdua, nonton dancow..si alby senyum-senyum..sebentar liat abang..sebentar liat mama...iihhh, lutjuu..yaaaa... :) :)

ke TMII

Hari ini sekolah ayra jalan-jalan ke TMII, untuk TB-B dan TB-K masih diikuti pendamping, jadi mama ambil cuti 1 hari biar bisa nemenin ayra jalan-jalan. Lupa mama ada berapa bis yaa.., tapi ayra dan temen-temennya ada di bis 3. Begitu ayra tau kalau sekolahnya ada acara jalan-jalan ke TMII, dia senang sekali..kerjanya jadi menghitung hari.., (kebetulan ayra udah belajar tentang waktu -pagi, siang, sore, malam-, jam, tanggal dan kalender) hampir setiap pagi itu ada pertanyaan2 seperti ini; 'sekarang tgl berapa ma?' 'kalau tanggal item ayah kantor yah?' 'kalau tanggal merah ayah nggak kantor' Kalau ayra tau sekarang tgl 11 april hari senin misalnya, maka keesokannya paginya dia akan bilang; 'sekarang hari selasa tanggal 12, ma?' begitu terus..jadi waktu pas tanggal 13 hari rabu..ayra seneng banget.., ngebanguninnya juga gampang kok tinggal bilang; 'abang, hari ini kita ke taman mini..' siapnya pun jadi cepat. Makanya waktu kita sudah duduk didalam bis tapi bis-nya belum berangkat juga, tiap sebentar ayra tanya jam, 'jam berapa ma, sekarang?' 'kok lama sekali?' kok belum berangkat juga?' berulang kali mama harus menjelaskan kalau bu Erni kan mesti absen dulu, bagiin snack dulu, dan bagiin tiket aeromevel-kereta api dulu. Meskipun nantinya udah dijawab 'ooo.., gitu ya ma' nggak lama balik lagi ke pertanyaan awal..sampai akhirnya bis jalan. (pfffiuhhh...lega dikit si mama)..

Kita berangkat persis jam 8.30 pagi. Acara pertama itu mengunjungi taman serangga dan air tawar terus naik aeromovel dan kereta api..terakhir ke musium transportasi dan istirahat makan siang disana..sepanjang perjalanan ayra sih enjoy aja.., Sampai di musium serangga dan air tawar..ramai sekali karena ternyata ada beberapa sekolah lain yang study tour ke sana.., di musium serangga ayra mulai ributtt lagi.., bolak-balik tanya kapan naik kereta api-nya..kapan naik kereta api diatas -maksudnya aeromovel-.., meski begitu ayra suka juga waktu liat kupu-kupu yg dikeringin, kupu-kupunya berwarna-warni..dan kebetulan kita ngeduluin yang lain ke tempat kupu-kupu ini..harusnya sih ke tempat si kumbang dulu.., karena terlalu ramai dan penuh jadi kita ke tempat kupu-kupu dulu baru ke tempat si kumbang..., hiiii.., mama geli liat kumbangnya... :)

Image hosted by Photobucket.com Image hosted by Photobucket.com
Image hosted by Photobucket.com Image hosted by Photobucket.com

Abis liat kupu-kupu dan kumbang yang dikeringin, kita terus kebelakang liat kupu-kupu yang asyik beterbangan di taman kecilnya, tapi lagi-lagi ayra nggak tertarik..dia langsung tarik-tarik tangan mamanya..supaya cepat-cepat ke musium air tawar.., Nahh..disini ayra mulai tenang tapi tetap sih ribut, cuma kali ini ributnya beda..., tanya-tanya ikan.., liat si lele..liat bulus albino.., liat ular laut.., arwana dan teman-temannya..., setelah selesai keliling musium air tawar..kita balik lagi untuk naik aeromovel dan kereta api!! adduhhh, itu anak-anak senangnya..waktu kita antri naik aeromovel, ternyata selama dimusium itu temen2 ayra-pun ribut juga, mereka semua nanya, 'kapan bunda naik kereta apinya..' atau 'kapan ibu, naik aeromovelnya..'

Image hosted by Photobucket.com Kebetulan waktu naik aeromovel ini ayra dan temen-temen dapat duduk didepan, dijagain mamanya syifa dan mamanya alvan.., mereka semua ramai berceloteh, wahhh..ayra juga nggak ketinggalan.., dia teriak ada lampu merah..ada pesawat..ada komodo..., sampai beberapa mbak dan ibu koment..'duhhh, ayra ternyata cerewet juga yaa..' he..he..he.. Terus dilanjutin lagi naik kereta api..., berhubung sudah siang dan kereta api jalannya juga pelan.., banyak temen-temennya ayra terutama yg TB-K tertidur.., abis meski panas angin sepoi-sepoi bikin anak-anak jadi ngantuk.

Image hosted by Photobucket.com Image hosted by Photobucket.com Perjalanan dilanjutin ke musium transportasi.., nahhh..disini ayra enjoy banget.., karena dia liat pesawat terbang dihalaman depan (sayang kita nggak bisa liat dari dekat), liat lampu mercusuar dihalaman tengah, didalam musium ayra liat becak dari berbagai daerah..bis tingkat dan bis-bis jaman dulu, trem listrik PPD, kapal-kapal ferry dan kapal motor, delman dari berbagai daerah..dannn terakhir bemo!! Ayra penasaran ama bemo ini..dan bilang kalau dia pengen banget naik bemo.., cuma sekarang ini bemo udah nggak banyak.., duluuu dekat rumah hiba ada sih bemo dari kecamatan sampai pasar blok A, tapi sekarang udah diganti angkot..dan terakhir mama liat yg masih ada bemo itu didaerah Jln. Tambak - Proklamasi dan di daerah Pulo Jahe-Pulo Gebang sana..., (mm, ada yg tau dimana masih ada bemo yg dekat-dekat kebayoran baru?). Penasaran ayra agak ketutup dikit nih....dengan berfoto ama si bemo..tapi tetap dengan catatan; 'ma, ayra pengennnn deh, naik bemo...'

Image hosted by Photobucket.com

Dimusium ini juga kita sekalian beristirahat dan makan bersama....setelah itu baru deh, kita balik pulang ke sekolah.., diperjalanan pulang ayra bilang gini; 'ma, nanti tgl 13 hari rabu lagi kita ke taman mini lagi yaaa...' ;)

Saturday, April 09, 2005

cerita tentang baju terbalik

Ayra itu lucu, ada-ada aja tingkahnya yg bikin kita geregetan.., salah satunya pakai baju terbalik.., dulu itu Manya dikasih kado baju bola.., baju ini dah lama sekali..dipakai ayra pun masih kebesaran.., akhirnya manya simpan buat nanti..kalau dah muat.., dan udah sebulan yg lalu..baju bola ini mulai dipakai.., bajunya bernomor punggung 7 bergaris-garis kuning-hitam dan namanya Chevchenko -hi..hi..,manya nggak tau siapa si Chevchenko ini, kalau Inzaghi manya kenal deh.. ;)-, pas manya pakein..ayra senang sekali..dan seperti biasa, kalau ayra lagi suka dengan satu baju bisa minta berulang-ulang dipakai, kalau manya mengijinkan..nggak dicucipun bakalan dipakainya...

Angka 7 termasuk juga yg disuka ayra.., terutama dalam hal makan, karena dia akan berhenti pada suapan ke 7..wahh, kalau ini manya terpaksa agak-agak berbohong dikit, nggak mungkin-lah dia manya suap beneran 7 suap.., jadi kalau ayra bilang udah 4 ya.., manya suka bilang; 'ahhh, masak?! kan baru sesuap..ini yg kedua..' misalnya, dan kalau lagi tenang..sih, ayra akan oke-oke aja.., jadi suapannya bisa lebih 7 suap.., tapi kalau lagi keukeuh.., 7 suap yaaa..7 suap...he..he..

Image hosted by Photobucket.com Image hosted by Photobucket.com

Waktu ayra pake bajunya, dia kira no.punggung 7 itu didepan, manya bilang; 'nggak bang ditaro-nya dibelakang, namanya juga no.punggung bang..' tapi ayra nggak mau.., ngotot kalau no. 7 itu didepan, nggak ada no. 7 dibelakang..katanya, akhirnya dipakailah kausnya dengan no. 7 di dada.., dannn..ayra suka sekali..mukanya happy banget.., sampai sekarang kaus itu selalu dipakai terbalik.., pernah keluar rumah..ama andung..ditegur ama ibu tetangga, 'bu.., apa nggak salah cucu ibu pakai bajunya ?, terbalik bu..' ama andung dijawab; 'ooo, ayra lebih suka kalau no.7-nya didepan..' sementara si abang senyum-senyum aja...

Image hosted by Photobucket.com

Ada satu lagi, baju kaus yg dipakainya terbalik.., baju mobil BMW..hadiah dari tante Mimi, waktu abang ulangtahun ke 4 kemarin.., tante Mimi kasih 2 kaus bergambar mobil, yg bergambar beetle di depan sedangkan yg bergambar BMW dibelakang.., ayra dengan tegasnya nggak mau pake baju itu, karena gambarnya dibelakang..jadilah baju kaus itu nggak pernah dipakai..., sayang kannn...terus tante Mimi jg sempat sedihh..nggak nyangka kalau abang nggak suka kaus bergambar dibelakang. Tapi gara-gara si kaus bola..sekarang kaus BMW itu bisa dipakai lagi..tapi didepan..!

Image hosted by Photobucket.com

Wednesday, April 06, 2005

..jailnya Alby..

Image hosted by Photobucket.comIni ceritanya tante Linda, waktu anak-anak pergi ke rumahnya oma Imen di sawangan, hari Minggu (030405) kemarin. Manya dan Ayah nggak ikutan karena harus bersihin rumah cinere. Mereka pergi sama tante Linda, tante Mimi dan Andung. Kejadiannya dalam perjalanan pulang dari rumah Oma ke rumah cinere, sekalian jemput manya dan ayah. nah, ini ceritanya; Berhubung udah sore dan krucil-krucil udah pada rapi, anak-anak pulang dengan diantar opa naik mobilnya. Nggak lama keluar dari kompleks, Agung minta biskuit. Agung ini anaknya oma Imen.., usianya cuma terpaut 4 bulan ama Alby, ya..sebenernya si kecil Agung ini oom-nya Ayra dan Alby..

Image hosted by Photobucket.com Image hosted by Photobucket.com
Image hosted by Photobucket.com

Kata oma Imen, tadi Agung dibawain biskuit, ada dikotak makanannya dibelakang. terus tante Linda tolong ambilin deh biskuitnya. Ternyata biskuit regal yang bungkusnya merah tuhhh...Semua dapat satu-satu..Agung..Alby juga abang Ayra.., Ehhh..ternyata si Alby makannya cepet , punyanya udah habis duluan...lapar kali yaaa.., diaaa..Terus..Alby liat Agung dan langsung sambar punya Agung yang masih setengah..hi..hi..semobil langsung ribut, 'albyyyy...jangan donggg, nggak baikkk, nggak sopan..'sementara Agung yang udah berbaik hati hari ini ama Alby (seharian itu Agung dijailin terus ama Alby) diemmm aja ngeliatin Alby. Alby, tanpa merasa bersalah..terus aja ngunyah tuh biskuit.., tangannya penuh megang biskuit dan mulutnya belepotan..tapi dia cuek aja. tante Linda ngeluarin biskuit satu lagi buat Agung, mengganti biskuitnya yang dicomot Alby, nggak lama..Alby nyamber biskuit Agung lagi (!)...dan Agung masih diem aja.., semobil-pun ribut lagi.., Andung sampai terheran-heran.., agak-agak nggak percaya lihat ke bawah kursi mobil, dikira biskuiutnya tercecer, padahal samasekali nggak ada yang jatuh berarti ludes dimakan si kecil Alby..tante Linda kaih biskuit lagi ke Agung, matanya Alby ngikutin biskuit yang diambil tante Linda dari bungkusnya ke Agung sambil ngunyah-ngunyah..tampangnya itu cuek banget..dan ini kejadian sampai 3x...sayang tante Linda nggak bawa kamera.., tapi manya punya foto yg Alby lagi makan biskuit, ini gayanya..kalau lagi makan biskuit..

Image hosted by Photobucket.com Image hosted by Photobucket.com Image hosted by Photobucket.com

duhhh, Alby..Alby.., ini pasti karena Alby belum bisa ngomong, besok-besok jangan kayak gini lagi ya, sayang..., kalau Alby mau, Alby bisa minta lagi baik-baik yaa...

Image hosted by Photobucket.com terus ini pesannya abang Ayra buat Agung; 'maafin Abby, ya..Gung.., Abby belum bisa ngomong.., belum ngerti dia.., belum sekolah dia.., nanti kalau udah sekolah, dia nggak begitu kok'

hi..hi.., buat Ayra.., Alby suka begitu karena dia belum sekolah :)

Saturday, April 02, 2005

ayra jatuh dari perosotan

pagi ini abang sekolah seperti biasa.., kita juga ajak alby ke sekolah..menjelang pulang, mama sempet liat ayah ngomong ama bu Erni. Mama perhatiin dari jauh..bu Erni bicara sambil pijit-pijit tengkuk dan kepala abang..dan nggak lama ayah panggil mama.., ternyata ayra jatuh dari perosotan dengan kepala membentur lantai..

Mama cuma bisa narik napas.., mama tau hal seperti ini pasti kejadian juga.. Sejak Ayra ketagihan main perosotan di playground (yg wkt mama ajak ke STC itu) februari lalu, kalau pas kita ke mall yg ada main perosotannya Ayra pasti main sebentar, tapi entah kenapa..dari situ dia mulai main perosotan dengan posisi kepala duluan.., berkali-kali mama udah bilang jgn lakukan seperti itu.., ba..ha..ya !! tapi sepertinya Ayra nggak mau dengar.., tiap main tiap itu pula yg dilakukannya.., dan memang selama ini belum ada kejadian yg kepalanya kejedot. Awalnya juga mama heran kok bisa-bisanya dia merosot kepala duluan..ternyata tadi bu Erni bilang; karena dia meniru temannya Temmy.., padahal bu Erni udah memperingatkan, ama bu Erni dipijit dan dibalur minyak tawon.., dan setelah bu Erni jelasin kejadiannya, Ayra dengan muka sudah hampir menangis tapi gengsi (tangisnya ditahan, tau karena memang dia yang salah nggak nurut kata mamanya dan kata bu Erni) , Mama bilang ke Ayra;
"Abang, tau kan sekarang kenapa selama ini mama larang Ayra main perosotan dengan kepala duluan?"
Ayra : " tau, ma..sakittt.." (mengangguk, sambil menahan tangis)
Mama : "abang mau ulangi lagi?"
Ayra : "nggak, ma..abang janji"
Mama : "bener?..janji apa?"
Ayra : "nggak akan main perosotan kepala duluan..."
Mama : "ya, udah kalau gitu.., besok kita pijit"
bu Erni juga bilang, abang jadi belajar..jadi tau kenapa dilarang.., tapi rasanya anak-anak itu begitu ya.., nggak akan berhenti kalau belum 'kena'

Pulangnya, mama tanya lagi, sakit nggak...abang bilang; nggak, sakit sedikit dan nggak lama bu Anda dan Bu Erni nyamperin kita terus usul untuk segera dibawa ke tukang urut, takut kalau-kalau ada salah urat gitu..., tapi kalau udah siang biasanya ibu urutnya udah jalan, jadi kalau nggak sore mungkin besok pagi...

Terus malamnya pas ayra_alby mau bobo, ayra minta dibacain buku pooh...eee, dibelakangnya ada pesan dan kesan..passs banget buat kejadian Ayra hari ini.., si Pooh bilang;

-Menuruti nasehat orang tua merupakan kewajiban kita sebagai anak yang berbakti. Kalau kita berbuat salah atau nakal, maka kita harus meminta maaf, dan berjanji untuk tidak mengulanginya lagi-

Friday, April 01, 2005

cerita tentang patung

Manya mau sedikit cerita tentang nama-nama patung, dulu waktu Ayra masih umur 2.5thn-an kita ajak dia jalan-jalan atau ikut ke kantor manya, disepanjang jalan dia liat banyak gedung, gambar iklan dan patung. Kalau ke kantor manya, kita bisa aja ngelewatin patung yg depan gedung panin itu atau bundaran senayan dan pasti ngelewatin patung yg di pancoran.., waktu pertama kali Ayra liat..yg terucap dari mulutnya adalah patung ketek acem! kira-kira percakapan awalnya seperti ini;

Ayra : itu apa ma?
Manya : itu namanya patung bang...
Ayra : patung apa ma?
Manya : wah, bang..mama lupa namanya..., nanti mama cari tau deh, hmm patung orang kali bang..
Ayra : patung ketek acem! (expressi mukanya lucu banget wkt dia sebut ini)

wah, manya ama ayah waktu itu cuma bisa ketawa aja.., kenapa Ayra bilang begitu? ada ceritanya jg :) , dirumah kita semua suka banget nyiumin bau asemnya bayi.., baunya itu kan khas banget.., tanya tante Linda deh, kalau soal ini..hi..hi.., jadi kalau kita bilang; ketek acemnya mana? maka Ayra akan mengangkat tangannya terus keteknya itu kita cium2..ntar dia pasti kegeli-gelian gitu..., ini jg berlaku di Alby, dan baunya mereka itu beda.., gitu deh.., o ya lanjut lagi ceritanya, terus sekali waktu kita pernah lewat depan bundaran HI, pas liat patungnya, Ayra bilang itu patung ketek acem nyama-nyama, karena sama-sama mengangkat tangan.. karena kedua patung di pancoran dan depan panin itu lagi angkat tangan, dibilangnya patung ketek acem..dan patung ketek acem juga (utk yg di pancoran)

Image hosted by Photobucket.com

Tapi rupanya si mama ini dah mulai lupa-an.., kalau pergi dan kita ngelewatin kedua patung itu, lagi-lagi Ayra nyebut patung ketek acem.., terus mama inget lagi deh mesti cari tau.., tapi terus lupa lagi.., sampai akhirnya waktu kita jalan ke Bogor kemarin, seperti biasa..Ayra ngoceh dan kesebutlah si patung ini, bbrp org yg ada dekat kami duduk, tertawa liat tingkah dan ocehannya Ayra.., wauw! ini kan nggak bisa begini terus-terusan.., sebelumnya manya sempet bertanya2 ke orang2 sekitar, ya temen kantor, orang rumah, bbrp temen manya, dan ibu2 disekolahnya abang.., hiks jawabannya nyaris sama..sebagian pada udah lupa..dan tiap2 org punya nama yg beda-beda utk satu patung..wuih! akhirnya 2 hari yang lalu manya tanya ke milis aja..dan dapet jawabannya.., walau ada yg nyebutnya beda utk satu patung, akhirnya mama ambil aja yg suara terbanyak he..he..

Image hosted by Photobucket.com

ini dia nama-nama patung itu :
* Patung Pemuda lokasinya depan gedung panin atau bundaran senayan
(mama baru tau juga kalau patung ini nama lainnya Pizza Man)
* Patung Dirgantara di pancoran
* Patung Pembebasan Irian Barat di lapangan banteng
* Patung Tani di depan Hotel Ayraduta-Jkt Pusat (mama lupa nama jalannya)
* Patung Kartini di jln. Imam Bonjol (patung ibu yg lagi memangku anaknya dan ada patung-patung kecil lainnya)
* Patung Selamat Datang di bundaran HI
* Patung Jend. Sudirman di depan landmark building (di ujung jln.Jend.Sudirman)
* Patung Diponegoro di Monas
* Patung Arjuna Wiwaha di depan gedung Indosar (kalau Ayra nyebutnya patung kuda mandi)
* Patung Gajah Mada di kantor Mabes Polri - Jln. Trunojoyo

Image hosted by Photobucket.com