Thursday, May 19, 2005

mana pintunya...?

Waktu mama baca sms dari Oom Oppie, mama kan bilang ke ayah..ternyata Ayra dengar, terus mulai deh tanya-tanya...

Ayra : Ma, bulik mau punya adik ya..
Mama : eh, iya..bang.., Insya Allah sebentar lagi adik abang mau lahir niii..
Ayra : adiknya bulik lahir lewat mana ma?
tuinggg!! manya noleh..., dlm hati..aihhh..abang mulai tanya-tanya.. :)
Mama : hmm, lewat perut bang {hiii, salah! belum tega gitu rasanya bilang lewat vagina :D}
Ayra : abang dulu lewat perut ya, ma..
Mama : iya, abang ama abby dulu lahirnya lewat perut mama.. {hiii, ini emang bener..soalnya kan caesar ;)}
Ayra : lewat perut ma? mana? coba abang liat...
Mama : ini bang.. {sambil liatin bekas jahitan caesar ke abang..}
Ayra terbengong..bengong..terus tanya lagi..
Ayra : dibuka ma?
Mama : iya, terus abis abang keluar, perut mama dijahit deh..
Ayra : abang juga dijahit ma ? {expressinya spt agak-agak merinding gitu, sambil pegang kepalanya, mama sempet bingung juga..kok dia pegang kepalanya..ya...}
Mama : enggak.., abang nggak dijahit..
abis itu diam sebentar.., manya pikir udah selesai..
Ayra : terus..mmm..terus kalau bulik pintunya mana?
Mama : pintu? kok pintu sih bang?
Ayra : iya..pintu.., kan adiknya keluar harus lewat pintu..

Ayah + Mama : hua..ha..ha..ha..ha..
hhiiiiiiiiiiii..., abang...abang, abang ayra lutjuuu' :))

..selamat jalan dan selamat datang.., adik kecil..

Pagi jam 7.00 - 9.00
Lagi beberes menyiapkan Ayra berangkat sekolah dan siap-siap mau berangkat kantor, manya dapet sms dari oom Oppie kalau bulik Nunik udah masuk rs dari subuh dan ketubannya udah pecah.., bulik ini adiknya ayah. Duhhh, senangnya sebentar lagi adik kecil mau lahir.., abang dan alby punya adik lagi deh..

Sampai kantor manya dikasih tau, kalau seorang dari temen kerja manya, San yg lagi menanti kelahiran anak pertamanya sedang berduka. Adik kecil yang dinantikannya meninggal dalam kandungan.., sedihhhnya jangan ditanya...,

Siang jam 10.00 - 12.00
Bareng temen-temen manya yang lain kita ke rsb, disana kita ketemu San.., Dari cerita yang manya dapet, istrinya itu hari sabtu masih senam hamil dan dari pemeriksaan terakhir serta USG keadaan si adik kecil semuanya bagus, tapi pas hari minggu dan seninnya..si ibu mulai merasakan ada yang tidak beres dengan adik kecilnya, gerakannya sedikit sekali. Sayangnya ketika sampai dirumah sakit dan diperiksa, detak jantung si adik kecil udah nggak ada lagi.., si adik kecil udah pergi sebelum melihat wajah ayahbundanya...dan sampai manya tulis ini, masih belum diketahui apa penyebabnya....

Image hosted by Photobucket.comSelama di rsb juga manya jadi keingetan bulik, manya cuma bisa berdoa semoga bulik dan bayinya selamat dan diberi kemudahan menjelang lahiran. Sesiangan itu manya sms-an ama oom Oppie dan sampai sekitar jam 15.00 oom Oppie nggak kasih jawaban lagi..,
Jam 15.45 manya dapet telpon dari ayah, kalau adik kecilnya bulik udah lahir.., dduhhh leganya..
begitu telpon ayah tutup, manya langsung telpon oom Oppie...hiiii...ternyata oom Oppie masih di kamar bersalin abis adzanin adik kecil.., terus oom Oppie bilang; 'mau denger tangisannya mbak?'
'mau...mau...' nggak lama manya denger suara adik kecil.., nyaring..keras...dannnn...luttttuuunnnaaaa..., aaihhhh...manya jadi inget tangisan pertama ayra dan alby begitu lahir...

Malam jam 19.30
Pulang kantor mama janjian ama ayah ke rsb. Sampai sana pas banget si adik kecil mau dibalikin lagi ke ruang bayi. Kita pun ke sana.., begitu manya liat wajahnya.....adduhhh, begitu mirip ayraalby waktu lahir.., btw meski sekarang ayra keliatan beda dengan alby, waktu lahirnya wajah mereka sama persis.. :)

Image hosted by Photobucket.com Image hosted by Photobucket.com Image hosted by Photobucket.com

Image hosted by Photobucket.com

Buat oom Oppie dan bulik Nunik; selamat atas kelahiran AULIA AJI BAGASKARA {maaf, kalau tulisannya salah ya, bulik..} semoga selalu sehat, cerdas dan jadi anak yg shaleh..amiinn..

Wednesday, May 18, 2005

Foto outbond

Ini dia foto waktu ayra outbound April lalu, baru kemarin dikasih Yasser di sekolah.., makasih ya..Yasser..makasih juga tante Nadia.. :)

Image hosted by Photobucket.com Image hosted by Photobucket.com

Image hosted by Photobucket.com Image hosted by Photobucket.com

Image hosted by Photobucket.com Image hosted by Photobucket.com

Sunday, May 08, 2005

Ayra dan Mama sama-sama outbound

Sabtu, 30 April kemarin, sekolah ngadain outbound..
Buat Ayra ini outbound pertamanya, selama Ayra bersekolah..udah 3x sekolah ngadain dan baru kali ini ayra ikutin karena yang 2x itu kebetulan ayra sakit. Untuk kelasnya Ayra sendiri sebenernya udah hari Kamis kemarin, tapi sabtu ini outbound lagi, bareng dengan kelas TB-K..,

Kalau dari ceritanya ayra sih dia kayaknya suka outbound ini, pengalaman baru buat dia... Sayang banget manya nggak bawa kamera jadi nebeng foto ama tante Nadia -mamanya Yasser- dan sekarang belum dikirim.., nanti deh menyusul..

Setelah kelas TB-K selesai, giliran kelasnya Ayra..., dan Ayra dapet giliran paling buntut..., kata ayah nggak tau takut..apa stress... ;) tapi kalau liat Ayra-nya sih anteng aja.., mukanya sih kepengen..ditanya mau ikutan nggak..., mau katanya..., jadilah dia dipasangin harnes.., dari bawah..sih, mama dan ayah heboh nyemangatin Ayra...'ayo bang, maju...' Pas yg tinggal rombongannya Ayra, kalau ditanya bu Anda, siapa yang mau duluan..., wwrrrr..anak-anak pada mundur termasuk Ayra..., sempet juga sih mama khawatir..kali-kali aja sebenernya dia nggak mau.., tapi abang tetap mau ikutan.., dan kayaknya dia milih merhatiin teman-temannya dulu..makanya Ayra jadi dapet giliran paling buntut..

Setelah semua ikatan harnes beres, helm beres..ayra siap meluncur dari atas rumah pohon...terus..sssrrrttttt...Ayra meluncur dan sampai deh, dibawah mama dan ayah nungguin..., begitu sampai..kita liat mukanya sih sedikit tegang..tapi terus Ayra senyum...

Ayah : gimana, bang ? enak nggak meluncurnya..? Image hosted by Photobucket.com
Ayra : enak
Ayah : abang suka nggak?
Ayra : suka
Ayah : mau lagi?
Ayra : mau..
Ayah : kalau abang mau lagi, ayah bilang ama bu Anda
Ayra : nggak! (expressinya..datar, mukanya serius banget..)
terus jalan ke kelas...

Hi..hi.., pas kita cerita2 lagi ttg outbound sorenya..Ayra bilang gini; abang mau naik lagi..tapi nanti-nanti kalau ada lagi.., tapi kalau disuruh ulang lagi kayak tadi abang nggak mau!

Lain Ayra lain lagi Mama..., selama 3 hari, dari tanggal 2 - 4 Mei 2005 ada Coorporate Awareness yg diadakan kantor bekerjasama dengan AsiaWorks. 2 hari pertama indoor di Ruang Drupadi - Bidakara sedangkan hari ketiga outdoor di Sheraton Bandara Hotel - Cengkareng.

2 hari pertama itu lebih banyak tentang pengembangan diri kita, kerjasama team, pekerjaan dan semuanya dalam bentuk games-games gitu.., yang bikin sedikit senewen buat mama adalah hari ke tiga, outbound di Sheraton Bandara.., duhhh...masih punya nyali nggak yaaa...?
Mama dan teman2 dibagi tiga kelompok dan kita berganti2an..manjat 3 tiang yang tingginya kurang lebih 15 meteran, namanya single beam (naik sendiri ke atas, terus diatas ada bola yg harus kita pukul), double beam (naik berdua teman, salah satu teman matanya tertutup dan teman yg satunya menuntun, sejauh mana kita mampu bergeser), wall climbing (seperti panjat tebing, dan berpasangan, kalau bisa sih sampai ke puncak) dan yg terakhir manjat dinding yg tingginya kira-kira 2-2.5 meteran tapi dilakukan bersama-sama (teamwork). Buat yang hobby naik gunung dan panjat tebing mah nggak masalah..., tapi buat mama yg ngelakuin sekali..dua kali..yaa..nggak janji deh :)

Image hosted by Photobucket.com Image hosted by Photobucket.com Image hosted by Photobucket.com

Ini ke tiga kalinya mama alamin.., di usia yang berbeda-beda.., yg pertama umur 17 dan 19 waktu ikutan jambore PMR dan masuk politeknik yg ada latsarmil-nya -latihan dasar militer-. PMR ekskul yg mama ikutin sejak SMP. Mulai dari yg berbecek2 ria.., angkat-angkat tandu (pas PMR), panjat tebing (wkt latsar panjat tebing beneran dan disini mama punya pengalaman yg nggak ngenakin...), meluncur di tali dan dibawah kita sungai.., masa ini mama enjoy banget deh.., takut sih ada tapi penasarannya lebih kenceng dan setelahnya ternyata emang mengasyikkan...seru! Yang kedua, umur 23..waktu keterima di Wika, meski nggak seberat latsarmil..cuma satu deh mama yg nyaris nggak ikutin.., wall climbing, pdhl kan cuma papan ya..bukan tebing beneran..tapi berhubung rada-rada trauma..jadi rada-rada susah nenangin hati.., dan yang ketiga yaaa..sekarang ini... :)

jadi ya..mama penasaran masih mampu nggak yaaa..masih punya nyali nggak yaaa..., naik kora-kora aja mama udah nggak kuat..., jadi pas ngikutin kegiatan ini tarik ulur deh...mau tapi gimannnna..nggak dicoba kok yaa penasaran..., akhirnya bismillah..ikutan!
Sebenernya semua target2 yg disebut itu nggak harus kita penuhi..lebih ke semampunya kita..,
di singel beam..mama udah nggak mampu untuk pukul bola.., lebih milih langsung terjun..untuk terjunpun..sempet maju mundur..lammmaaaa..banget mama berdiri diatas..., terus wall climbing (again!) ..yg paling menyenangkan buat mama, yg manjat dinding itu.., manjatnya dibantu teman (tanpa alat soalnya).., terus raih..pinggiran atas dinding..angkat badan..dikit.., naikin kaki..sampai deh keseberang.. ;)

Kalau liat orang-orang sepertinya sih mudah..dan pasti deh bilang; 'ah.., aku rasanya bisa kok' tapiiii...ternyata..nggak semudah yg dibayangkan..terutama kalau kita udah sampai puncak-atas..wwwuihhhh...hati tuhhh..rasanya gimanaa ya..., gamang..deg-degan..takut..dan..ssyyeeeyeeemmmm...

Buat mama sendiri nih, mama nggak bisa ngalahin rasa takut..., nyali juga udah berkurang dan pas sampai diatas itu mama udah nggak fokus.., pikirannya udah kemana-mana..., tapi akhirannya sih asyik.., cuma kalau ada lagi niii..., boleh nggak ya..tiangnya nggak setinggi itu... ;) kayak yang manjat dinding aja deh.. ;)

Saturday, May 07, 2005

Camping dan Api Unggun

Image hosted by Photobucket.comBulan Mei ini tema sekolahnya Ayra, Gunung..., salah satunya ada tentang camping dan api unggun.., jadi waktu pagi-pagi berangkat sekolah Ayra semangat sekali waktu manya bilang kalau hari ini camping dan api unggun..., penasaran kali yaa..camping itu kayak apa..

Menjelang jam 8.30 anak-anak berkumpul di halaman sekolah, sebelumnya udah didiriin satu tenda besar dan satu tenda kecil..terus ada juga tempat panggangan mau barbeque juga kayaknya..dan ada api unggunnya..., Tenda yang besar untuk semua anak laki-laki dan tenda yang kecil untuk anak perempuan.., pertama-tama mereka semua disuruh bobo.., ceritanya udah malem gitu..., semua bobo dan tenang..
Nggak berapa lama, bu Anda bilang kalau sekarang saatnya makan.., jadi anak-anak berbaris duduk ditempatnya masing-masing.., untuk bergantian mengoles mentega ke sosis..ya, makan bersamanya pake sosis yg dipanggang sama-sama..dan bu Erni yang menyiapkan sosisnya..,

Image hosted by Photobucket.com Image hosted by Photobucket.com Image hosted by Photobucket.com

Lihat deh, Ayra juga ikutan ngolesin mentega ke sosisnya.., terus dikasihin ke Mas yang bantuin manggangin sosis..., setelah semua sosis dipanggang dan dibagiin ke anak-anak.., mereka makan bersama-sama.., cuma Ayra hanya ngabisin setengah.., kata abang 'panas ma, tunggu dingin dulu..' beberapa temen abang ada yang minta tambah lagi..., sosisnya enak kata mereka...

Image hosted by Photobucket.com Image hosted by Photobucket.com Image hosted by Photobucket.com

Seperti biasa.., kalau ada hal-hal baru dan menyenangkan buat Ayra.., diakhir acara pasti ada aja komentnya dan kali ini dia bilang,
Ayra : 'kalau nanti kita punya campingan.., kita camping ya..ma'
Manya : 'boleh bang..'
Ayra : 'kapan ma?'
Manya : 'kapan ya, bang..., ntar deh kita tanya ayah dulu..'
Ayra : 'oke deh.., ntar abang tanya ayah..'

Manya sama Ayah, sekarang lagi mikir-mikir kapan yaa..enaknya abang camping.., paling mudah dan deket mah..enaknya dihalaman rumah eyang aja kali yaaa :D

campingan = tenda, ayra nyebutnya campingan..meskipun berkali-kali kita udah bilang itu tenda :)

Tuesday, May 03, 2005

Ayra udah bisa baca jam

Image hosted by Photobucket.comBulan lalu, pernah ya..diceritain kalau Ayra udah belajar tentang waktu..., kalau soal jam..setiap kali Ayra bertanya tentang jam..kita pasti jawab sambil nerangin angka-angka di jam itu.., dirumah ada jam yg angka-angkanya tertulis dengan jelas dan ada jam yg nggak pake angka..hanya tanda strip aja '-' . Untuk yang bertanda strip itu, kita kasih tau mana yang mewakili angka satu, dua dan seterusnya.., Siapapun yang ditanya abang, sebisa mungkin kita jelasin..tapi itu semua dilakukan sambil lewat jadi nggak menyediakan waktu khusus untuk belajar jam.., kita juga menerangkan soal jarum pendek dan jarum panjang, misalnya kalau jam 6.05 kita bilang jarum pendek di angka 6 dan jarum panjang di angka 1. Kadang kalau abang bertanya; jam berapa hari ini? kita jawab, kira-kira jam berapa sekarang ya, bang..sambil berdua liat jam..nanti Ayra deh yang jawab..(misal nii) jarum pendek dia angka 7, jarum panjang di angka 3 ...hmmm, kira-kira jam berapa yaaa...' kita biarkan dulu dia sedikit mikir..kalau bisa dijawabnya kalau enggak yaaa..kita yg jawab, jam 7. lewat 15 menit bang.. gitu deh...sampai akhirnya Ayra jadi tau kapan kurang atau lewat untuk menitnya.

Seperti hari ini, mama nggak nyangka aja kalau Ayra bisa membaca (btw, membaca atau melihat sih?) jam dengan tepat. Hari ini pulang pelatihan, Mama dan Ayah janjian pulang bareng.., ketemuan dia pasaraya.., heee..ternyata ama Ayra segala..., rupanya hari ini Ayah ijin nggak masuk kantor.., kita mampir ke Mc D.., lagi nunggu kentangnya dateng..Ayra tanya, 'jam berapa sekarang ma?'
Mama liat jam..terus iseng mama sodorin tangan mama ke Ayra (dlm hati, bisa nggak yaaa..dia jawab, jam tangan mama tanpa angka dan wkt itu jam 6.45), terus jawabnya Ayra; 'jam 7 kurang seperempat!'

wwuaahhh..takjub juga mamanya.., abis jawabnya bukan 7 kurang 15 menit, tapi kurang seperempat.. :)

Nah, sekarang ini Ayra lagi getol-getolnya belajar membaca.., nggak tau kapan mulainya..mungkin akhir april kemarin..sekali waktu mama pulang kantor bawain titipannya Ayra, refill-nya sabun kodomo. Sampai rumah belanjaan dibongkarnya..begitu dia liat sabun mandinya..Ayra bilang; 'horreee...makasih ya ma..'
'iya, sama-sama bang'
'K-O..ko, D-O..do, M-O..mo.., KODOMO!!'
(mama takjub lagi) waaahhhhh!!!