Friday, September 30, 2005

..sama-sama 9 bulan..

Manya lagi iseng niii..., sebenernya foto ini udah pernah dimuat di Foto Kami, jadi buat yg udah pernah liat jangan bosen yaa..., buat yg belum..yaa..silahkan diliat..he..he.. :)

Abis manya seneng banget ama foto kita berempat ini..awalnya jg nggak sengaja dari bongkar-bongkar foto lama dirumah eyang, ketemu foto ayah umur 9 bulan lagi duduk..sementara manya memang punya foto umur 9 bulan juga..dari situ kepikiran deh bikin foto yang sama untuk ayra dan alby.., ini dia fotonya..., ada nggak yaa..kemiripannya.. ?

Image hosted by Photobucket.com Image hosted by Photobucket.com

Image hosted by Photobucket.com Image hosted by Photobucket.com

Thursday, September 15, 2005

"abang dan abby, ada dimana?"

Akhir bulan lalu, abang sering kali bertanya ; 'ma, ma..waktu mama bayi, abang ama abby ada dimana?'

Image hosted by Photobucket.com
- hari pertama Alby, 24 Agst 2003 -

waahh, awalnya mama bingung gitu mau jawab apa.., mikir-mikir dikit..akhirnya yg keluar kata-kata ; 'Abang ama Alby ada di surga, tiap hari kerjanya main terus..happy terus.., nggak ada yg nangis..nggak ada yg ribut.., nggak ada yg saling pukul..yang ada sayang-sayangan..dan asyik-asyik aja main berdua. Kalau Abang jatuh, Alby bantuin Abang berdiri..begitu juga Alby, kalau Alby yang jatuh..Abang yang bantuin berdiri..'

aaihhh, nggak nyangka ternyata Ayra menyimak.., Ayra liat ke mama terus..tapi nggak lama tanya lagi, kali ini pertanyaannya ; 'terus waktu andung bayi, mama ada dimana?'

'ya, sama kayak abang, mama, tante mimi dan tante linda ada disurga..dan kerjanya maiiinnnn terus..'

Image hosted by Photobucket.com
- waktu Alby umur 4 bulan, Des 2003 -

udah tuh, Ayra nggak tanya-tanya lagi..tapiiii..2-3 hari kedepan nanya lagi, pertanyaanya sama lagi, dan jawaban manya tetap sama. Sengaja manya jawab seperti itu..karena terkadang mereka berdua suka ribut, nggak hanya saling menjerit..tapi udah mulai saling menendang dan memukul. Apa karena mereka laki-laki ya..?! Adduhh, sedih deh manya kalau mereka udah ribut gini, mana mereka berdua itu jail. Kalau Alby lagi asyikk..main, tau2 digoda ama abangnya..terus nggak lama terdengar jeritan dan tangisan salah satunya. Nanti gantian..kapan itu..Abang lagi santai-santai baca, tau-tau Alby lewat..dipukullah tangan si Abang. Akhirannya ada aja gitu yg menjerit. Mama tuh paling suka kalau Ayra-Alby rukun, wuihh semua ibu kali maunya jg begitu.., tapi ya..begitu, cepet ributnya cepet jg ketawa-ketawanya.. kalau udah akur..duhhh.., senang..hati ngelihatnya.. :)


Image hosted by Photobucket.com
- Abang dan Alby di bagasi mobil Pak Lik, Mei 2005 -

Tapi Abang Ayra memang kakak yg baik. Dia akan heboh kalau adiknya nggak keliatan. Dia bakalan protes kalau liat adiknya main sendirian, protes kenapa Alby nggak ada yang temenin. Terus kalau keliatan Alby mengunyah2/ngemut2 sesuatu yg nggak jelas..dia cepet-cepet cari orang yg terdekat kasih tau kalau ada sesuatu dimulutnya Alby, soalnya Alby masih suka memasukkan sesuatu ke mulutnya. Terus kalau menjelang tidur, mama atau ayah bikin susu dan harus ninggalin Alby sendirian dikamar, Abang dengan senang hati mau menemani..lalu nanti tuh..Alby diajak ngomong, diajak cerita..kadang kesannya Alby seperti lagi dinasehatin gitu lho.., whhuaa..lucu banget ngeliatnya.


Alby, dia juga adik yg baik..kalau Abang lagi jail (nakal) dan andung nggak suka, pasti deh..sambil nangis itu suka minta peluk Alby..'pelukkk..bbyyy..., pelukkk..bby..' nanti tuhh..tangan Alby terulur...ngelus, seolah-olah mau bilang; 'sini, bang...sini...'

Kalau kayak gini, manya jadi inget ucapannya andung; Jaman masa-masa ABG dan sekolah dulu, manya bertiga dengan tante Mimi dan tante Linda jg seringlah ribut-ribut kecil. Andung suka bilang gini; 'Kalau bisa anak-anak selalu akur.., kompak, boleh marah..tapi jgn dimasukkin ke hati.., anak mama cuma 3, mama ingin semuanya kompak jgn saling bermusuhan'

Dan manya nantinya jg akan sering bilang begitu ke Ayra dan Alby :) ....

Tuesday, September 06, 2005

cerita di awal september

Jum'at, 2 September 2005 ...Liburan..liburan..

Image hosted by Photobucket.com Liburan..liburan..duhh, biar cuma sehari tapi berasa lho..kalau ada libur panjang gini. Rencana liburan ini sebenernya dah lama..tapi waktunya nggak pernah pas. Lagi pula awalnya acara kumpul2 ini bermula dari keinginan Agung (lewat bundanya, Oma Imen), tante Mimi, dan tante Linda yg mau ngajakin makan-makan, traktir pas ulang tahun mereka. Padahal sih ulang tahunnya udah pada lewat, masing-masing di bulan April, Mei dan Juni. Dari situ berkembang deh ke acara liburan bersama. Terus dicari waktu dan tempatnya.., jadilah liburan awal september. Berhubung pindah jadwal lagi..maka yg ulang tahun juga bertambah..satu..si kecil Alby, agustus kemarin. Juga ada tante Ati dan tante Ayu yg juga dibulan Mei dan Juni.

Makanya dari hari senin kemarin, udah pada nggak sabar nunggu hari kamis (1/9), karena rencananya Jum'at kita berangkat. Yang ikutan banyak, setelah dihitung-hitung ternyata ada 20 orang...wwwahhhh, banyak juga ternyata..itupun masih ada yg nggak bisa ikutan, seperti Oma Uwe dan kel. Adik Diah. Soalnya si kecil adik Diah mau punya adik..Ibu lagi mabok berat. -psstt, buat Oom Oyong sekeluarga, bakalan ada ponakan baru lagi nih, Om :)-

Image hosted by Photobucket.com Image hosted by Photobucket.com

Kita nginep di penginapan temennya temen Oma Imen (hii..panjang rantainya), dekat taman safari. Rumahnya lumayan besar deh, kamarnya ada 4 terus juga ada kolam renangnya. Dan letaknya nggak terlalu dekat jalan raya. Sampai disana kira2 jam tigaan, kita sempat kena macet..lumayan lama juga, karena kan pas pergantian satu arah. Ayra dan Agung senang banget pas liat kolam renang dan udah nggak sabaran pengen nyebur aja. Mama minta Ayra bersabar dikit soalnya kita harus pindah2in barang bawaan juga sekalian pembagian kamar. Baru deh sekita jam 4-an kita nyebur..bbbrrrr.., ternyata airnya dingiiiinnnn...tapi Ayra dan Agung mah enjoy aja.., kecuali Alby. Alby hanya 15 menit dikolam..itupun terpaksa mama hentikan karena bibirnya dah mulai biru..dan ternyata memang menggigil bener. Langsung mama angkat dan dibilas..terus dibalurin minyak telon..terus minum susu, baru deh Alby merasa nyaman. Sebenernya sih sejak umur sethn Alby mandinya pun udah nggak pake air panas lagi. Tapi kan dipuncak airnya lebih dingin.. Abis berenang kita minum bandrek buatannya tante Linda...hmmm, enaknyaaa.. :)

Malamnya, kita nggak kemana-mana selain makan malem sama-sama sekalian bikin rencana besok mau ngapain aja. Tadinya kita mau ber-safari night tapi terus tante Ayu dan tante Ati bilang kalau malam binatangnya banyak tidur, jadi mending pagi aja sekalian. Ya, sudah akhirnya kita putuskan tidak ber-safari night. Kita semua tidurnya jg pada cepet..mungkin karena kecapekan kali ya...dan Alby sepanjang malam itu menangisss terus.., sedih deh..dia kayaknya kena syndrom pindah tempat niii... Mama sih deg-degan jg takut kenapa-napa dengan Alby, tapi dia nggak panas..sakit perut juga enggak..jadi apa dong? hiii..bingung kalau udah begini. Dan maunya digendong ayah terus, nanti kalau udah ketidur terus ditarok ke tempat tidur, bangun lagi..dan nangis lagi..., uuuu...bingung kan kita? lagi nangis-nangis gitu Alby nunjuk2 ke meja rias yg ada dikamar.. Disitu ada botol susu, gelas Aqua dan botol minyak telon.. Mama tawarin susu dan air Aqua, Alby nggak mau..terus aja nunjuk2..ternyata dia nunjuk botol minyak telon. Ooo..ala..bbyyy.., akhirnya mama balurin lagi minyak telon..baru deh Alby tidur, tapi bisa jadi langsung tertidur karena udah kecapekan nangis..., duhhh, maaf ya bbyy.., maafin mama ama ayah.. :(
Sabtu, 3 September 2005 Taman Safari..

pagi-pagi, orang-orang dah pada bangun..hiii..kirain udah kesiangan ternyata belum..dan pas liat jam, ternyata mau subuh.. Nggak lama anak-anak pada bangun.., kasian Alby tidurnya bener2 nggak nyaman. Mama juga nihh..mau nggak mau tiap sebentar bangun..apalagi ayah. Yang lain pada sibuk masak-masak, mama jg ikutan sibuk..tapi bukan masak..nyiapin perlengkapannya anak-anak. Jam 8 lewat dikit kita berangkat. Wah, enakkan datang pagi ke taman safari. Selain hawanya sejuk..pengunjung belum banyak..antrian mobil jadi nggak banyak juga kan..

Image hosted by Photobucket.com Image hosted by Photobucket.com

Image hosted by Photobucket.comImage hosted by Photobucket.comSepanjang perjalanan liat binatang, Ayra - Alby senengnya.., tapi pas masuk ke tempat singa dan macan, Alby bobo sementara Ayra ributtt..liat binatang. Sebenernya ini kedua kalinya Ayra ke taman safari. Pertama itu pas acara family gathering kantor mama, Mei 2003. Ayra baru 2.5thn dan mama lagi hamil Alby waktu itu. Mama tanya-tanya sih Ayra nggak inget..kalau dia pernah kesana. Setelah keliling, sampai deh kita di taman rekreasinya. Yang pertama kita naikin adalah kereta gantung. Yang naik mah anak-anak dan tante-tantenya. Oma-oma, Andung, Angku dan Nenek muda, pada nungguin dibawah. Abis dari situ kita lanjut ke baby zoo. Di baby zoo ini Ayra ditawarin foto dengan baby macan. Tapi Ayra nggak mau, Ayra malah nanya; 'itu patung apa bukan ma?'
'bukan, bang...liat aja macannya bergerak kok'
'kalau gitu abang nggak mau'
'nggak papa kok, bang..binatangnya jinak..'
'nggak mau, abang nggak mau..'
ya, sudahlah..Lagi di baby zoo ini Ayra liat kereta api, jadilah kita naik kereta api. Tapi setelah naik kereta api ini Ayra nggak mau ikutan apa2 lagi, baik itu naik kuda poni.., komidi putar, atau permainan mobil balap, pdhl Ayra suka banget mobil. Alasannya waktu itu karena; 'permainannya lama ma, berhentinya lama nggak kayak kereta gantung dan kereta api..' dibujuk2..dirayu2..tetap tuh nggak mau.., ya, udahlah.. Akhirnya Alby yg naik komidi putar dan naik gajah. Ini jg mancing supaya abang mau ikutan. Kali-kali aja tergerak gitu liat adiknya. Tapi ternyata tidak..Ayra bener-bener nggak mau dan sepertinya nggak enjoy.

Image hosted by Photobucket.com Image hosted by Photobucket.com

Ya, udah..mama jadi ikutan nggak semangat. Waktu nenek muda bilang, balik lagi ke penginapan..ya, ayo aja.. Sampai penginapan Ayra udah ceria lagi..dan langsung minta berenang lagi! wah.., ternyata emang cuma pengen berenang aja.., tapi mama kasih ijin dengan syarat berenangnya sore dan Ayra harus makan dulu.

Image hosted by Photobucket.com Image hosted by Photobucket.com Sama seperti kemarin Alby juga ikutan berenang..15 menitan juga. Kali ini nggak sampai menggigil kayak kemarin. Sehabis maghrib anak-anak mulai mengantuk. Puas berenang kali yaa.., jadi mama pijitin satu persatu.., Ayra abis dipijit langsung bobok. Alby sih nggak tuh..sempet main-main sebentar..dan hanya sekali menangis..cukup diusap-usap punggungnya udah bobo lagi.

Minggu, 4 September 2005 pulang..

Karena siang ini ada undangan pernikahan buat Oma, Nenek muda dan Andung, dari pagi kita udah bebenah. Jadi jam 10 kita udah harus balik ke Jakarta. Ayra malah nyempetin berenang lagi gara-gara liat Agung berenang juga. Untung deh, kita pulang pagi..karena pas pulang itu..arah ke puncak udah padet banget. Nggak kebayang gitu kalau pulangnya sore.