Sunday, December 24, 2006

Reminder..

Title: Condolonce

Date: Sunday December 24, 2006
Time: All Day
Repeats: This event repeats every year.
Notes: Innalillahi wa inna ilaihi rojiun...

Our beloved father -Drs. Badril Saleh bin Muhammad Saleh Bagindo Marah- passed away today, Saturday, 24 December 2005 at approx. 12.30 due to train accident in Bogor, at age of 73 years old. May God rest his soul in peace!

taken from the three sisters mailing list

Monday, December 18, 2006

Cerita ultah dan keinginan Ayra..

Photobucket - Video and Image Hosting
happy birthday, Ayra!
nggak terasa udah 6 tahun.., nggak terasa waktu yang berlalu membuat Ayra semakin pintar, lucu, ceria, terkadang marah, dan..cerewet, semoga kelak Ayra jadi anak yang shaleh, mulia hatinya, lancar sekolahnya, sehat, murah rejeki dan dijauhkan dari hal-hal yang tidak baik dan semoga Allah senantiasa melindungi Ayra.. *Ayah - Mama - Alby*


Kalau Ayra punya keinginan tidak pernah diungkapkan secara langsung, yang ada kami-lah yang harus tanggap dan ngerti apa yg jadi keinginannya. Dulu niii..kalau Ayra ingin mainan mobil, dia cukup tanya; Ayah, udah gajian? dan untuk hari-hari selanjutnya Ayra akan menghitung hari..kira-kira kapan Ayah gajian. Atau sekali waktu kalau lagi pengen buah anggur, bilangnya; dah lama deh may, abang nggak makan buah ini..-sambil nunjuk buah anggur kalau kita lagi di supermarket- Atau, kalau lagi ingin makan ice cream, cukup dengan bilang; May, abang kan nggak batuk dan pilek..,

Kadang keinginannya terpenuhi..kadang jg enggak.., satu nih..yg selalu ditolak manya, kalau kita ajak ke Mall dan dia liat toyscity, biasanya dia langsung tarik tangan manya, terus bilang; abang mau kesitu ya, may.. mau liat-liat aja..., waaaahhh, manya tau deh..dia minta mainan.., dah ada kali hampir 2tahun terakhir ini kita nggak ngasih mainan buat Ayra, udah kita ganti ke buku.., mungkin dia pikir manya bakalan luruh..he...he.., ternyata enggak tuh.., nggak heran deh, kalau liat toyscity..terus liat manya manyun..abang bilang; enggak kok may, nggak beli! abang cuma liat..cu-ma- li-at! Dan nggak heran juga pas ultah kemarin dia seneng banget dapet mainan mobil dari temannya.

Nah, begitu juga dgn ulang tahun. Untuk ulang tahunnya kali ini sepertinya Abang ingin dirayain di sekolah. Tapi nggak tau karena dia mintanya nggak enak atau inget ama janjinya. Ayra sering kali bilang; May (atau Ayah) kalau ulang tahunnya dirayain disekolah, orang tuanya harus cuti. Berulang-ulang Ayra bilang gitu.., kita ngeh sendiri aja kalau sebenernya Ayra ingin ultahnya dirayain. Kita punya perjanjian yg udah disepakati, kalau udah SD nggak ada lagi yg namanya tiup lilin. Dan seperti tahun-tahun yang lalu, Ayra nggak pernah mau kalau ditawarin nge-rayain disekolah, jawabnya selalu dirumah aja ya, may.. Tapi kali ini beda.., tiba-tiba aja dia jadi sering nyebut "kalau ulang tahunnya disekolah, orang tuanya harus cuti" Kalau kita tanya ulang; jawabnya yaa..tetap begitu. Sampai mama bilang ke abang; 'abang, mamanya abang ini kan kerja, kalau abang mintanya tiba-tiba..susah buat mama nyiap2innya.., kalau abang mau bilang aja..yah..,' cuma cengir2 aja dia..tapi yah..biar gimana jg manya udah mesti siap2in jauh2 hari.., dan memang pada akhirnya mama ama ayah meluluskan keinginan Ayra buat tiup lilin di sekolah..bersama temen2nya.., nggak papa juga..lagipula tahun depan jg udah SD, udah nggak ada acara tiup lilin lagi. Jadilah seminggu terakhir Nopember Mama dan Andung berburu goody bag buat Abang. Isinya handuk kecil yg masing-masing udah ditulisin nama temen2nya.., kebetulan nenek muda punya mesin jahitnya..dan alhamdulillah benangnya juga dah ada.., cuma perlu beli satu benang lagi biar matching ama handuknya, yang ngerjain sih tante Ati. Moga-moga aja temen2nya abang pada suka yah..

Ayra sendiri cukup antusias, dia rajin nanyain udah sampai mana pernik2nya..udah dibeli apa belum? apa yg belum ada? undangannya udah dibuat belum? Hiii..nggak terasa aja.., si mungil imut nan ganteng ini udah 6 tahun..udah mau SD.., aaahhh, abang...manya tiba-tiba jadi kangen abang kecil dulu...

Disekolah ada temen Ayra namanya Nisa yang juga ulang tahun tgl 9, cuma beda waktu. Nggak tau gimana mereka berdua cerita.., Nisa yg tadinya nggak mau dirayain tiba-tiba minta dirayain jg..katanya mau sama-sama Ayra :D..., Sementara Ayra bilang -makin diperjelas menjelang bulan Desember- ; 'kan Nisa ulang tahunnya dirumah, jadi kali ini biar abang aja yg disekolah ya, may..nanti abang ajak Nisa tiup lilin bareng..'

Pas hari H-nya, senin 11 Desember ..Andung nggak bisa ikutan kesekolah..mama ama ayah jadi mikir siapa yang bakal pegang Alby nih.., mau nitip ke siapa.., hiks kasian deh Alby.., abis lebih kasian lagi kalau Alby ngikut ribet ngangkut pernik2nya Ayra, mana Alby itu belum bisa dilepas gitu aja.. Malamnya sih keingetan ama tante Santi, utk nitipin Alby bareng Gaia, kebetulan Gaia senin itu sekolah..tapi sayang Gaia dan Alee lagi pada nggak enak badan dan kemungkinan tante Santi nggak ke sekolah. Akhirnya mama titip Alby ke tante Hanni...duh, alhamdulillah...tante Hanni berkenan banget..-thanks lho Han- Jadilah, pagi itu Ayah antar Ayra dan Alby sekolah..terus balik lagi jemput mama dengan segala pernik2nya...

Acara disekolah mah mama nurut aja. Nyanyi bersama..berdoa bersama..teman-teman kelas B1 dan B2 kasih ucapan ke Ayra dan Nisa. Ayra mah tampangnya kalem aja..tapi..pas mama perhatiin..matanya berbinar, wwuuiihh, dia sennnennng banget! Abis itu anak-anak masuk kelas lagi. Terus mama ama mamanya Nisa dibantuin ibu-ibu temen2nya Ayra niii..motong2in kue..dan goodybag buat dibagiin pulang sekolah nanti. Ternyata tante Santi ke sekolah juga, Alee dah bisa ikutan sekolah..tapi Gaia nggak, -mudah2an pada cepet sembuh yaa..-

Alhamdulillah, sukses jg ultah abang di sekolah.., dia happy banget.., mama tanya; 'seneng nggak bang..?' 'Seneng may, abang seneeng banget...makasih ya, may..' waddduhh..matanya itu lho..berbinar.., pulangnya kita dianter tante Santi dan Alee...-waahh, makasih banget yahhh..- dan tinggal malemnya..nii, si ayah rontok badannya..karena ayah yg nenteng2 kue..nenteng2 anaknya juga.. :)

Saturday, December 09, 2006

Anter Oma Yet dan Oma Uwe..

Tahun ini, Oma Yet dan Oma Uwe berangkat haji. Dari sehari sebelumnya kita udah nginap di Pulo Gebang. Ayra_Alby begitu dibilang mau menginap di Pulo Gebang senangnya bukan kepalang. Apalagi Abang Ayra..sejak Jumat pagi udah nggak sabar menunggu sore..tambah lagi Sabtu ini abang ulang tahun. Iya..hari ini ganteng mama, udah 6 tahun.., bener-bener nggak terasa...mana bentar lagi si ganteng mama ini udah mau SD. Kita dijemput tante Ayu dan Oom Rahmat jam pulang kantor, karena pake macet dan sempat hujan, tante Ayu baru nyampe dirumah kita jam 8-an dan nggak berapa lagi Oom Rahmat. Dari situ serombongan deh kita berangkat ke Pulo Gebang. Diperjalanan Ayra_Alby langsung tertidur. Ketika sampai sempat juga Alby terbangun dan marah-marah nggak jelas, -tidurnya ke ganggu yam byy..- Sedangkan Ayra...waow! mandiri sekali dia, langsung naik ke kamar atas, pamit mamanya sebentar kalau mau bobo ama Oom Iman.

Pagi-pagi subuh Ayra_Alby dah bangun dan dah mandi, dimandiin ama tante Ati.., uhuy deh mamanya..he..he.., kalau nginep di tempat nenek muda..tante-tantenya mau aja nyuapin dan mandiin bocah dua itu..-tengkiu yaaa..- Pagi itu juga Ayra dapet ucapan selamat dari para Oma dan tante-tante-nya.., ayah telpon..abang buat ucapin selamat ulang tahun, Alby cium pipi abang.... Kita semua harus siap jam 6.30 pagi karena Oma Yet dan Oma Uwe mesti kumpul ditempat yayasan jamaah hajinya di kelapa gading..untuk kemudian rombongan Oma (kloter 23) berangkat ke asrama haji - pondok gede. Pas kita mau berangkat. Sebelum keluar rumah, baca doa dulu (sehari2 sih keluar rumah baca doa.., nggak pas mau naik haji aja kan..he..he..) terus pamitan, cuma kok yaaa..pas pamitan itu rasanya sedihhh...banget, air matanya yaaa..mengalir ajah..., waaaahhh..ternyata beda banget kalau nganter orang naik haji itu yaaa..., Semoga Oma Yet dan Oma Uwe baik-baik aja selama disana dan hajinya mabrur, aminn...

Kurang lebih jam 9, setelah sedikit kata sambutan dan doa dari pengurus dan pembimbing haji-nya..Oma Yet dan Oma Uwe-pun berangkat...ke asrama haji pondok gede. Pesawat-nya akan berangkat malam ini, jadi Insya Allah tanggal 11 Oma Yet dan Oma Uwe dah sampai di tanah suci.

"Daaaagggg...daaahh..., hati-hati di Mekkah, yaaaa...Omaaaa..," teriak Abang Ayra...

Beteeeeee....

Suatu kali di suatu pagi, ketika Ayah, Mama dan Ayra bersiap-siap mau berangkat antar abang sekolah. Mama pesan ke Alby; supaya jadi anak baik hari ini, biasanya manya jarang kasih pesan-pesan ke Alby, tapi karena udah beberapa hari itu Alby bikin ulah.... Alby punya banyak gaya, ulah, kejailan, expressi yang bikin Andungnya geleng-geleng kepala karena geli tapi gusar..He..he.., soalnya selama ini Andung punya-nya 3 anak perempuan yg selalu manis dan penurut. Giliran punya cucu, e..malah kebanyakan gaya..dan ada aja ulahnya. Diantaranya mama bilang;
"Alby, hari ini yg baik yaaa.."
"Yaaa.."
"Yang manis yaa, tidak bikin Andung sedih.., "
"Yaaa.."
"tidak bikin Andung bete.."
"Yaaa.."
"jangan bikin Andung kesel.."
"Yaaa.."
Semua dijawab dengan anggukan kepala..dan bilang "Ya"
"jangan bikin Andung susah..
Alby liat ke mama, mandang mama..daaaannnn...
"beteeeeeeeee...."
teriak!

[Mama] melongo..nggak nyangka..Alby akan jawab seperti itu, -hi..hi.., sebel ya..By, kebanyakan larangan.., tapi mama jadi seneng by, soalnya Alby jadi bisa bilang "Bete" hi..hi..hi..-

Tuesday, December 05, 2006

Staff Only

Ceritanya pas ayah pulang kantor, lupa gimana mulainya..Ayra bilang gini;

"Kalau abang nanti udah segede ayah, abang kan kerja tuh ma..abang punya boss.."
"Punya boss? kenapa nggak abang aja yang sekalian jadi boss-nya" hiii..mama ama ayah nyaris bersamaan..
Ayra dengan muka panik, "Aaaaaa, abang nggak mau jadi boss.., boss kan kerjaannya banyak, abang nggak bisa nyelesaiin segitu banyak kerjaan..abang nggak mau!!"
"Yaaa..enggak semua bang, lagi pula kalau abang jadi boss pasti deh ada pegawainya yang bantuin kerjaan abang.." kata ayah
"pegawai? apa itu pegawai?" hiii..kadang mama tuh suka sotoy deh..terus suka nggak bisa jadi kamus dadakannya Ayra, nyeplos aja mamanya bilang; "pegawai itu..ya..orang yang kerja..yg kayak mama dan ayah gini bang.."
Abang sepertinya masih bingung aja, terus mama nyambung lagi.."pegawai itu..karyawan, bang.." tuhhh, kan tambah bingung anaknya :D
"karyawan?"
"addduh, ayah apa yaaa..., pegawai..karyawan..staff gitu apa yaaa, yahhh..."
Ayah masih cengir-cengir tuh mau nge-jawab tapi udah keduluan Ayra,
"Staff?"
"oooo..abang tau kok ma, abang ngerti.."
"apa emangnya?"
"Staff Only..., kan?!"
Gubraaakkks!! Si ayah ngakak deh.... :))

pada akhirnya sih Ayra dikasih tau juga pegawai itu apa..,
[karyawan = orang yang bekerja untuk suatu perusahaan atau orang lain] -tolong koreksi ya, kalau salah- :)

Sunday, December 03, 2006

rupa-rupa

Sedih euy..kalau kompi rusak.., udah hampir 3 minggu ini kompi kita rawat inap. Garing ternyata yaa..nggak nge-net itu :D Jadi manya juga nggak bisa dengan leluasa jalan-jalan dan nenangga [baca : sahabat blogger] di dunia maya. Dikantor utk buka blog aja terkadang susah, jadilah mending menyelamatkan kerjaan dulu timbang jalan-jalan. Yang pasti kita bakalan nenangga deh..dan nge-rapel kabarnya para tetangga :). Moga-moga minggu-minggu ini kompi-nya dah betul lagi..., ini ayah baik banget manya dipinjemin laptop knt.., thanks ya, yahhh..

Ada berita gembira juga lho.., pertengahan Nopember ini, si tante Mimi pengumuman kalau udah telat dan ternyata udah 6 minggu, kalau sekarang ini mungkin dah masuk minggu ke 8 kali yaaaa..., Hiii..seneng banget nih Ayra_Alby mau punya adik lagi.. :). Terus kalau manya itung-itung nii..Insya Allah lahirnya akhir Juni-awal Juli 07 gitu deh, Moga-moga aja tante Mimi sehat-sehat selalu, si baby kecilnya juga...

Photobucket - Video and Image HostingTerus..terus kabarnya Ayra_Alby.., hmmm, mereka berdua baik-baik aja..sempet juga pada kena flu..tapi alhamdulillah nggak lama juga sembuh. Untuk Ayra sendiri, sekarang-sekarang ini hampir setiap hari sabtu kita keliling cari sekolah dan liat-liat sekolah untuk SD Ayra pertengahan tahun depan. Sekolahnya sendiri udah dilist dari Ayra masih TK, sekarang ini selain liat ke sekolahnya sendiri jg cari-cari tahu kapan pendaftarannya. Untuk minggu-minggu ini kita nyempetin liat sekolah negeri, untuk swastanya mulai minggu depannya lagi. Manya belum bisa cerita banyak tentang pilihan sekolah kita -yg juga pilihan Ayra tentunya-, cuma bisa berdoa dan berharap agar Ayra dapet sekolahnya mudah dan lancar-lancar aja. Terkadang..kalau keingetan soal sekolah, manya suka deg-degan dan H2C [baca : harap2 cemas] takut aja.., Ayra nggak dapet sekolah..

Photobucket - Video and Image HostingKalau Alby, hmmm..ada kemajuan dari bicaranya, sekarang ini..tepatnya setelah liburan lebaran kemarin. Alby masuk ke masa spontanitas dalam mengucapkan kata-kata baru. Kalau ada kata yang menarik buat Alby, maka akan diulangi-nya berkali-kali. Sesekali udah bisa menyusun kata, walau masih harus dibantu. Setiap ditanya Alby udah punya jawaban, memang sih masih lebih banyak "ya" dan "tidak" aja. Kata-kata baru juga lumayan nambah. Tadinya ada kali ya 4-5 bulan Alby stuck..nggak ada perkembangan, nggak tau dia jenuh..atau malas. Mama ama Ayah setengah hati mau nyetop terapinya, tapi entah kenapa karena ada libur lebaran dan kebetulan juga terapistnya pada mudik, ada-lah 3 mingguan Alby nggak terapi. Nah..selama liburan itu deh, muncul kata-kata barunya..dari situ urung lagi buat nyetop. Menurut Ayah biar deh..diterusin.., ternyata terapi setelah lebaran jadi lebih mendingan. Responnya bagus, udah ada jawaban setiap ditanya.., emang harus ganti suasana juga ya.., Yaaa..moga-moga aja Alby makin lancar bicaranya..

Monday, November 06, 2006

pada suatu sore..

Akhir-akhir ini kalau kita abis belanja apa aja, entah buku, belanja bulanan atau beli-beli barang kecil sekalipun Alby selalu inginnya jg nenteng. Bisa tas kresek plastik kecil..kalau barangnya enteng tapi palstiknya besar..suka diseret-seret ama dia. Kadang kita kasih tas kecil, kalau belanja di supermarket gitu..kita minta plastik kecil..nanti masukkin aja satu susu kotaknya..udah deh.., dengan senyum lebar..dia jalan sambil nenteng-nenteng. Dibawah ini waktu nemenin ayah ke toko komputer..pada suatu sore..

Photobucket - Video and Image Hosting

Photobucket - Video and Image Hosting Photobucket - Video and Image Hosting

Photobucket - Video and Image Hosting

Saturday, November 04, 2006

Rekaman di Radio Bahana

Cerita Kamis 14 September 2006 ini merupakan cerita kenangan yg tak terlupakan buat kami,

Seminggu yang lalu bu Andri telpon mama, kasih tau kalau Ayra mau diikutkan talk show acara ramadhan "Anisaa" di radio Bahana. Buat kami ini pengalaman pertama. Jelas banget deh mama grogi, geregetan, dan mules! Bingung gitu lho mesti ngomong apa? Abang sih keliatannya nyantai-nyantai aja.., hmmm..kayaknya bakalan mama nih yang demam panggung.. hiii :D

Ayra dapet giliran tahun ini dan dapat 2 topik yang pertama tentang pengenalan puasa dan mengenalkan makna Idul Fitri pada anak. Wahhh..waaahh..bingung deh si mama.., mesti ngomong apa?

Di acara ini setiap anak itu didampingi ama nara sumber yang terdiri dari guru dan psikolog dan orang tua. Untuk orang tuanya, sekolah sih bilangnya boleh salah satu tapi kalau bisa sih ibunya.., dduhh..duuh.., tau kan..mama itu nggak bisa deh untuk acara ngomong2 gini, jadi mama geret juga si ayah..buat back-up kalau mama nggak bisa ngomong. Tapi ayah mah..teuteup bilangnya mama aja.., (haduhh!)

Ayra dapat giliran, hari Kamis 14 Sept 06. Mama ama ayah ambil cuti hari itu. Dari pulang sekolah, kita dah stand by karena berangkat bareng-bareng ama bu Andri, bu Novi, bu Echa dan Kenny -teman Ayra-. Berangkat dari sekolah jam satu lewat dan rekamannya dimulai jam dua. Lagi nunggu giliran.., abang Ayra penasaran euy.., sepertinya dah nggak sabar udah pengen rekaman aja.., keruan dong malah mama yg mules-mules.., ama tante Hanni malah diledekin.., tante Hanni bukan tanya apa Ayra dah siap tapi apa mamanya dah siap? he..he..he..

Photobucket - Video and Image HostingJadilah Ayra dapat giliran kedua sesudah Daiva. Duuuhhh, alhamdulillah..ternyata lebih banyak ke arah menceritakan pengalaman yg udah pernah kita lakukan selama ramadhan. Pas topik yang pertama ttg pengenalan berpuasa, mama menceritakan "Puasa ala Ayra", pengenalan puasa ke Ayra itu emang nggak langsung, diusia-usia 3-4 tahun adalah masa-masa dimana makannya timbul tenggelam, jadi ngeliat kita nggak makan se-siangan..ikut pula-lah dia berpuasa.., kesempatan emas deh buat dia nggak makan, kecuali untuk susunya. Nah, moga-moga untuk tahun ini puasa Ayra udah lebih baik lagi. Terus pas pengenalan makna Idul Fitri, mama lebih menceritakan kebiasaan kita sewaktu ber-Idul Fitri..dimulai dari mendengarkan/ikut bertakbir lewat televisi/radio terus bangun pagi..bersiap untuk shalat Ied dimesjid sampai kumpul2 bareng keluarga. Nanti nara sumbernya -Bu Novi dan Bu Kiky- yg menyimpulkan...

Lucunya, justru pas mulai rekaman..malah Ayra yang jadi demam panggung...tiba-tiba aja..suaranya jadi pelan..terus giliran tanya2.., pas menjawab pertanyaannya dengan gelengan dan anggukkan..-hiii...gimana mau kedengeran..he..he..- terus Abang dicolek-colek..sambil dibisikin..'ayo, abang jawab...iya atau tidak..atau cerita aja, jgn geleng atau ngangguk..' terus abang jawab iyaa..

Ya..memang mama nggak semuanya juga bisa.., disela-sela cerita itu (terutama yg makna Idul Fitri pada anak) mama sempet diam..bingung apa yg mau diomongin.., tapi terus dibantu ama mbak Leony, misalnya tanya "abang, kalau lebaran sukanya apa?" Abang bengong.., terus dikasih kode dikit.., ngoceh deh..dia.., "suka ketupat.." "abang tau lebaran itu kita ngapain aja?" "eemmm..emmm, maaf2an" -berbisik- "ayo bang, suaranya.." "maaf2an.."

Photobucket - Video and Image Hosting
Jadi yaa, gitu-lah..kalau kata guru2 sekolah sih, itu semua ada editannya..(hii..buka rahasia..) nggak ada lagi..suara2..seperti 'eeee...' atau 'mmmm..' jadi seperti kita ngobrol biasa aja..

Benar-benar pengalaman yg tak terlupakan buat Ayra juga buat Mama dan Ayah..deh.., eh..iya..Ayra rekaman ini jadi ngingetin Manya kalau dulu hampir 6.5tahun yang lalu..tepatnya Juni 2000.., mama 'on air' dengan Ida Ari Murti dalam Quiz "A letter to my baby"

Catatan Mama :
Di hari pertama puasa mama lupa, tapi mulai hari seninnya diknt selalu mama pasang walkman. Awalnya mama kira jam 16.00, setiap ditunggu kok nggak pernah ada. Tambah kacau lagi karena pas minggu2 awal puasa manya lagi sibuk banget wira-wiri jadi nggak bisa duduk manis sambil dengerin radio. Terus dapet kabar dari Tante Hanni kalau acara ini ada di jam 15.00, tunggu lagi..selaluuuu aja ada hal yg harus dilakukan, lantas baru ngeh juga kalau acaranya tayang antara jam 15.00 sampai 16.00, pdhl acara Anisaa-nya sendiri cuma 5 menit. Sekali pernah lagi ke knt pusat di lt 2, giliran sampai meja, buru2 nyalain walkman..tapii ternyata barusan aja selesai..tau-tau udah pesan sponsor aja. Akhirnya hampir 10 hari pertama itu manya kucing2an ama Acara Anisaa ini. Tapi pada akhirnya sampai puasa selesai, tetap aja mama nggak tau dan nggak bisa denger yg Ayra, Mama denger yg giliran Arqam, Aiko, Ariz, Nabil dan beberapa anak taman bermain besar. Jadi kemungkinan yg giliran Ayra pas 10 hari pertama itu...hiks :(

Tuesday, October 31, 2006

Bajaj barukuuuwwww...(2)

Waktu nulis ttg bajaj-barukuuuwwww... manya belum punya foto si bajajnya, jadilah foto mainan bajajnya Ayra yg dipajang. Ini dia si bajaj baru-nya.., nggak beda jauh ama bajaj lama..

hayooo..siapa yang mau naik... ? :)


Photobucket - Video and Image Hosting Photobucket - Video and Image Hosting


Photobucket - Video and Image Hosting Photobucket - Video and Image Hosting

Sunday, October 29, 2006

jalan-jalan ke bandung (lagi)...

Photobucket - Video and Image Hosting
Libur lebaran kali ini lumayan lama buat mama, tgl 1 Nop baru masuk knt..senangnya kaann..terus Ayra_Alby sendiri baru tgl 6 masuknya..tinggal Ayah yg nggak mau kalah..ambil cuti sampai tgl 31, he..he... Lebaran kali ini ada yg beda..pertama karena Angku dah nggak ada, terus yang kedua kita shalatnya di Mesjid Pondok Indah -ya, kita lebaran tgl 24- sementara tahun ini Al-Azhar shalat Ied-nya tgl 23. Yang ke tiga, tante Mimi mudik ke semarang (haaaa.., dah punya acara mudik..dia..;)) Selain itu, seperti tahun-tahun lalu..kita ngumpulnya tetap di Ciledug.

Punya keinginan ke Bandung juga agak tiba2..gitu, karena keluarganya Oma Imen dah pergi ke Bandung dari lebaran ke dua, yaa..kita janjian aja ketemuan disana. Udah ngajak tante Ayu (and the gang) segala, tapi sayang..tante Ayu-nya sakit..sampai pas hari H-nya juga belum sembuh, jadi gang-nya Pulo gebang batal ikutan deh...

Kita pergi nggak lama, cuma 2 malem. Berangkat dan pulang naik travel, sampai sana di jemput ama Oma Imen. Terus ngapain aja kita disana?

Taman Lalu Lintas..

Photobucket - Video and Image Hosting

Sejak diajak main ke taman ini bulan April lalu, Ayra jadi pengen lagi ke sana..tapi bareng ayah, mama dan Alby. Mama dan Ayah sih nggak pernah nge-janjiin ama Ayra.., rencana ke Bandung inipun kejutan lagi bagi Ayra.., he..he..timbang dia ribut tapi ternyata malah nggak bisa pergi gimana? Hampir 2 jam kita ada disini.., happy banget Ayra. Puas deh dia..main sepeda.., kelar main berkali-kali abang bilang terima kasih. Nggak banyak permainan yg Ayra ikutin disini. Cuma mobil2an dan kereta..sisanya..yaa..lama di sepeda aja.. Agung juga ikutan main, tapi 15 menit pertama ditemenin Bunda, 15 menit yg kedua dah berani bersepeda sendiri..Pengunjung juga nggak terlalu ramai..terlalu sepi juga enggak..

Alby tadinya sih mau diikutin juga, tiba-tiba aja paginya dia meler..tanpa panas kayaknya sih alergi aja..tapi buat nge-lepas Alby main sendiri juga belum memungkinkan, terkadang Alby suka bikin hal-hal yang nggak kita duga.. :D.

Udah enak deh ngajak Ayra jalan. Makannya oke, tidurnya nyenyak..malah sempet mimpi terus ngigau ketawa-ketawa segala..terus kalau jalan-jalan dia perhatiin adik-adiknya.., melenceng dikit..teriak dia; 'maaay, Agung ke sana tuhh...' atau 'yaaahhh, ayah..si Alby ngapain tuh...' dannn..Ayra menikmati sekali selama perjalanan.

Kalau Alby.., ada yg berubah niii...beberapa hari terakhir ini makannya yang rada susah.., jadi mau makan..walau paling nggak 7 suap masuk. Terus juga..tiba-tiba aja..setiap ditanya menjawab dan lumayan lebih terdengar suaranya, seperti kalau ditanya; 'Alby, capek?' nanti dijawabnya 'iyaaa..' Terus..terus.., kalau dia dengar kata2 yg unik dan baru..akan diucapkan dan diulang2nya.., seperti mama-ayah lagi ngobrol dan kesebut kata 'ukur' tiba2 aja dia pegang tangan mama..digoyang-goyang..dan 'ma..ma.., ukur..ukur..., ukur..ukurr..maa' ber-ulang2..
Liat Agung beli mainan yoyo, tiba-tiba aja nyeletuk ; yo..yo.., yo..yo.. hiii..senangnya spontanitasnya udah lebih banyak... :) Mungkin karena beda suasana ya, byy...

Menjelang shalat Jum'at kita balik ke penginapan. Ayah terus langsung ke mesjid. Sorenya giliran Andung dan MakUwo yg tour de FO (ngikutin istilahnya Ummi-nya Irsyad), biasa-lah pada belanja..Mama agak2 kurang selera buat belanja...tapi dapet juga sihh..baju lengan panjang buat si 2A ;).

jalan pagi..sepi..dingin..sejuk..

Photobucket - Video and Image Hosting

Sabtu pagi jam 7, anak-anak dah pada rapih dan sehabis makan bubur..bawa 3 krucil-krucil..jalan pagi seputaran penginapan, ada sekitar 45 menit kita jalan-jalan. Sepanjang jalan kita foto2.., saling cerita.., kalau pas nyebrang jalan..kita nyebrang di garis zebracross..saling gandengan..liat lampu udah merah atau masih ijo, ketika menyebrang Alby nggak mau ketinggalan meski digendong ayah..dia angkat tangannya tinggi-tinggi..seolah-olah menyetop mobil..supaya berhenti sejenak.., anak-anak tidak ada yang mengeluh kakinya capek..euy..., hiii..serunya..

Sabtu sore, selepas maghrib kita dah sampai rumah dengan selamat.. :)

Monday, October 23, 2006

Selamat Lebaran..

Photobucket - Video and Image Hosting Kepada semua kerabat dan sahabat blogger, kami haturkan :
Mohon Maaf Lahir dan Bathin ..
atas segala perbuatan..
atas segala kesalahan..
atas khilaf yang tidak disengaja..
atas kata-kata yang tidak berkenan..

Selamat ber-Hari Raya Idul Fitri..
Selamat ber-Lebaran..
1 Syawal 1427 H Minal Aidin Wal Faidzin..

Rahma_Tito * Ayra_Alby

Akhirnya...

Nggak terasa kita udah di penghujung Ramadhan. Dan alhamdulillah...puasa Abang Ayra masih jalan terus.., hanya beberapa hari terakhir ini jadi lebih sering 'ribut' dengan adiknya, sampai gemes..gregetan..mama liatnya..sebentar sayang-sayangan..becanda..ketawa cekikikan..main bareng-bareng..tapi nggak berapa lama..kedengeran deh saling menjerit..

Diakhir minggu kemarin, ada kerabat kami yang wafat. Awalnya mama nggak ingin ajak Ayra tapi kalau pergi-pergi Ayra senang sekali..jadilah udah pasti dia ingin ikut. Karena panas..jam 10.30 abang udah minta buka. Nggak papa-lah, lagi pula abang cuma minta minum Aqua aja. Pas waktu dzuhur..mama sempat tawarin abang mau makan nggak? Abang nggak mau..sampai rumahpun ditawarin makan nggak mau..hanya mau susu. Ya sudahlah..

Tadi siang sempat anak tetangga main kerumah. Si Kakak udah puasa penuh, sementara adiknya belum. Tau-tau abang nyeletuk ; 'nanti kalau abang udah sedikit lebih besar.., udah SD abang mau puasanya sehari penuh..'
Duuhh, semoga ya, bang.. :)

Friday, October 13, 2006

Duapuluh hari puasa..

Photobucket - Video and Image HostingMasuk hari ke 12, pulang kantor mama dapet laporan dari Andung kalau Abang mimisan. Darahnya sih lumayan banyak..tapi bisa tertanganin. Memang, puasa-puasa ini kan kalau tengah hari panasnya garing amat. Nah..pulang sekolah itu abang keukeuh minta main ke mesjid dekat rumah ama Oma Yet. Karena panas terik Andung melarang, kata Andung kalau nggak sore..nanti aja perginya ama ayah. Seminggu sekolah libur itu yaa..nggak ke mesjid karena Oma Yet nggak kerumah. Karena dah kepengen2 abang maksa-maksa. Sekali waktu sempat dikasih, tapi hari ini nggak. Ayra mimisan menjelang sore hari, kayaknya sih panas dalam deh..
'Andung, ini kenapa? hidung abang berdarah?'
'kenapa bang? hidung abang luka?'
'nggak ndung, nggak ada sakit..nggak ada luka..tapi kok berdarah?'
'oo..pasti mimisan ini.., wah, kayak si mama juga nii..'

Terus, mama diminta Andung nyari daun sirih ke tetangga..sebenernya waktu mama pulang itu darahnya dah nggak keluar lagi, tapi yaaa..Andung khawatir aja. Kalau Abang Ayra luka, lecet dikit dan yg berdarah-darah..waaahhh..jeritannya nggak tanggung2..heboh deh... Lecet dikit, dikasih betadine..terus minta di plester.., giliran diplester, plesternya nggak mau diganti sampai nunggu plesternya lepas sendiri. Begitu juga pas mandi..nggak boleh kena air dikit. Hikss..mungkin Abang Ayra jadi begini, bawaan anak pertama yg dijaga banget supaya nggak jatuh..atau memang karakternya abang. Meski kita udah bilang lukanya nggak apa-apa rasanya nggak ngaruh buat Abang. Lain ama Alby (disini bukan maksudnya membeda2kan ya) jatuh bangun yaa..nggak nangis paling jg nyengir..kalaupun nangis nggak sampai jejeritan. Kecuali kalau sakit banget..baru deh tuh.., diem sejenak..lalu..wwwhuuuaaaaaaaaaaa... :((
Tapi seiring dengan umur, keadaan begini udah berkuranglah..sekali waktu jatuh disekolah..jidatnya luka, menurut gurunya, Abang nangis pas jatuh aja..pas diobatin diam tuh..sampai Oma Yet-nya terheran-heran, karena Oma udah nge-bayangin bakalan panjang nangisnya. Tapi meski begitu, abang itu tau kalau sakit. Apa-apa yg dikasih tau mamanya pasti diturutnya. Jadilah hari itu abang puasa hanya sampai jam 12.


Kalau soal mimisan. Mmmmm..ini jelas banget deh keliatan kalau Ayra nurun dari mamanya. Manya dari kecil sampai udah kerja gini (3tahun terakhir ini sih udah enggak, terakhir rasanya pas Ayra umur2 2-3thnan)..teuteup ajah masih suka mimisan. Apalagi kalau sudah berpanas-panas ria. Kalau berganti musim juga gitu. Mimisan dah jadi langganan. Yang teringat ama Manya itu pas upacara waktu SMP. Hari senin, pake seragam putih-putih..lagi hormat bendera..begitu selesai..hopla! baju putih udah ganti jadi warna merah..untung lagi megang saputangan handuk yg nggak berapa lama ikutan jadi merah juga..dah gitu pulang deh. Kirain udah kerja nggak ngalamin lagi mimisan ini, ternyata masih juga. Waktu itu kerjaan lagi senggang ada 2 harian gitu keluar kantor, wwwiiiii..diluar ternyata panas terik. Balik kantor, istirahat sebentar terus ke toilet, biasalah..bersih2..pas bersihin hidung..baru tau kalau mimisan..liat ke baju..ada cipratannya dikit.., bagus pake yg bermotif jadi nggak keliatan sekali. Makanya tadi pas Abang cerita ke tante Linda kalau dia mimisan. Jawabnya tante Linda; 'kayak mama aja bang, mama tuh sering banget mimisan..' Komentnya tante Mimi juga nggak beda, 'Mama juga sering mimisan bang..'

Dihari ke 17 puasa, abis makan sahur..mama tidur-tiduran bentar..sambil nonton tv, belum masuk waktu imsak. Tiba-tiba aja abang bangun, dengan mata masih terpejam abang bilang kalau dia mau makan sahur. Kirain mamanya abang ngigau..ternyata enggak. Bangun sahur dengan sukarela dan nggak lama duduk manis di meja makan. Ini pertama kalinya abang ikutan sahur. Abang tau kalau puasa, malamnya kita harus bangun utk sahur. Terkadang sehari atau malam sebelumnya suka mama ajakin, 'ntar ikut sahur yuk bang..' atau 'bang, nanti malam kita bangun yah..buat makan sahur' abang sih selalu menyatakan 'iya' atau 'oke..ma' tapi pada kenyataannya dia masih tertidur. Sampai saat ini mama dan ayah belum terlalu memaksakan Ayra buat bangun sahur, takutnya dia malah sebel dan keburu bete utk sahur dan berpuasa. Jadi kita milih tetap mengajak dan membiarkan Ayra bangun dgn sukarela. Terkadang Ayra-nya sendiri yg tanya kenapa dia nggak dibangunin.., yaaa..gimana? biar digoyang-goyang tetep aja dia bobo. Mama sih udah pesen juga.., diniatin aja kalau abang mau bangun sahur..pasti deh..nanti abang ke bangun.

Karena abang ikutan sahur, mama perbolehkan dia berbuka di jam 10. Kata Andung sih..memang dia buka jam 10 itu tapi cuma minum susu 2 kotak (susu ultra yg kecil2 itu) setelah itu lanjut lagi puasa sampai sore, ditawarin makan nggak mau. Sejak hari itu..setiap berbuka siang..abang Ayra cukup minum susu atau air putih aja. Memang yaa..ternyata yg bikin anak-anak nggak kuat itu rasa hausnya. Wah, buat mama sih udah satu kemajuan walau ada harap2 cemas takut anaknya kelaparan/lemes/sakit.. :D. Sementara kata Andung lagi, sejak puasa ini Andung liat Ayra kurus banget! he..he..he.., nggak papa yah ndung.., nanti kita gendutin lagi si abang ;)

Semoga, sepuluh hari terakhir Ramadhan, semangat Ayra utk puasa masih jalan terus...

Sunday, October 08, 2006

rendang...o..rendang..

Ini cerita tentang rendang.., bukan cerita tentang mama jago bikin rendang, enggak kok mama mah nggak bisa. Malah tante Naning -karib mama yg orang Jawa- jago banget bikin rendang, terus Mamanya Angina yg juga pinter masak rendang. Ini cerita rendangnya Andung. Setiap bulan puasa tiba..kegiatan Andung yg utama adalah..ngeluarin kuali gede, panci setinggi dandang buat masak santan..dan bolak-balik ke pasar beli daging dan bumbu2nya. Jaman mama kecil kegiatan ini udah jalan. Apalagi sih kalau nggak masakin rendang. Dulu pernah kalau untuk bikin rendang di pool ke Andung. Terus nanti menjelang lebaran dibagi-bagiin deh ke yg nitip2 dibuatin rendang yg kebanyakan masih saudara kita. Mestinya sih Andung terima pesanan aja kali yaaa...he..he..

Photobucket - Video and Image HostingSaking seringnya Andung masak rendang (kayaknya sih seringnya pas puasa aja selain itu jarang), kita-kita udah garing ama rendang. Dan buat mama sendiri. Makan daging itu yaa..kalau pas Andung bikin rendang atau dendeng balado aja. Karena kalau Andung yg masak dagingnya empuk, maklum deh..gigi dah kayak nenek2..ngilu gitu..kalau ketemu daging :D. Ternyata Ayra ketularan garing ama rendang juga. Karena Andung bikin rendangnya nyicil..hampir sepanjang minggu ini Andung masak terus. Bolak-balik juga Ayra tanya; 'pedes nggak ndung' (fyi, Ayra ogah makan pedas; kepala abang keringatan, abang nggak suka gitu katanya). Ngiler juga Abang liat rendangnya Andung. Akhirnya dibuatin ama Andung 'rendang daging giling' yang sama sekali nggak pedes buat cucu-nya. Ayra seneng..dan Alby enjoy aja. Rendang kan awet yaaa...karena besoknya lagi..besoknya lagi liat rendang..Abang Ayra komplain; 'May, abang tuh suka ama rendang Andung, tapi nggak mau sering-sering..' awalnya sih ngomongnya pelan-pelan..takut kali yaa..kedengaran Andung. E..ternyata Andung dengar...terus Andung bilang lagi..'tenang bang.., nanti rendangnya jadi beda deh..pokoknya enak deh..' Lalu..lalu...hopla! Rendang daging giling anak-anak diolah lagi dan jadilah..rendang mie gaya spaghetti. Duuuhhh..Abang nggak sabar nunggu waktu berbuka..Mama pulang kantor bedug belum bunyi udah minta makan..'sabar.., tahan dikit bang..' dan begitu bedug bunyi..abang segera minum terus makan..nambah dia sampai 4x!! 'Mie-nya enak buanget ndung!!'

Tuesday, October 03, 2006

Sepuluh hari puasa..

Gimana dengan puasanya Abang Ayra? Alhamdulillah lancar-lancar aja ...meski disela-sela gitu ada aja ulahnya.. Kata Andung, kalau dari pagi sampai menjelang jam 12.00 Abang banyak main ama Alby pakai gerakan entah lompat-lompat....bisa dipastikan kira-kira jam 10.00 - 10.30 anak 2 itu udah nge-deprok depan kulkas. Kalau udah gini, biasanya nggak lama dia minta buka aja..terus makan..lalu..lanjut puasa lagi sampai bedug maghrib. Tapi kalau aktivitas siang Abang cuma baca-baca..atau nonton tv..atau mainnya nggak banyak gerak..pasti buka puasanya jam 12-an. O iya..selama seminggu pertama puasa sekolah diliburin.

Sekali waktu pernah mama-ayah pas istirahat siang telpon ke rumah. Abang cerita kalau dia udah buka puasa, minum susu. Mama tanya 'kan belum jam 12 bang?' jawab abang; 'gini may, daripada susunya dicecerin Alby ke lantai mending Abang minum ajah..' :D

Hari Jum'at..pulang kantor, tiba-tiba aja abang Ayra bilang kalau hari sabtu-minggu dia nggak mau puasa. Yaaa..kenapa? jawabnya; 'biasanya kan kalau hari sabtu-minggu mamay suka ajak abang jalan-jalan..nah, abang capek kalau jalan-jalan..nanti kan pasti abang haus..' ;) 'Oke deh, kalau kita dirumah aja gimana?' 'Abang puasa lagi..' tapi akhirnya seperti tahun lalu, sabtu sorenya kita ke mesjid Agung Al-Azhar..berbuka dan maghrib disana.

Photobucket - Video and Image Hosting

Hari sabtu siang kemarin, liat Alby makan coklat..kayaknya abang lupa puasa.., tau-tau..didepan mama dia asyik ajah ngunyah.., enak banget gitu.., terus mama tegur; 'lho? abang emang udah buka? abang lupa diri yah?' (-maksud hati mau ngucapin kata 'lupa puasa' eee..kok yah, yg keluar malah 'lupa diri' :D). Jelas aja abang langsung nyahut 'Abang nggak lupa diri kok may!' (-maksud abang, dia inget ama dirinya..-), ayah ketawa dengernya.., duuhh..mama langsung minta maaf..kalau salah omong, tapi abang mah nyantai-nyantai aja..terus nyambung lagi..'oo..iya may..abang lupa..tapi nggak papa ya ma.., abang abisin dulu..coklatnya baru puasa lagi' hi..hi..

Abang juga pernah komplain soal jam berbuka siang hari. Mama sih inginnya..(dan maunya mama-ayah juga sih)..abang itu berbuka di jam 12, jadi kalau menjelang jam-jam 12 itu suka mama bujuk2in..'bentar bang..' atau 'dikit lagi..bang..' atau '5 menit aja..bang' Rupanya beda dengan Andung. 'Kalau ama Andung, abang boleh buka jam sepuluh..kalau nggak jam sebelas, kalau sama mama..mesti deh jam 12..hhhhhh....' Padahal sih meski buka jam 10 atau jam 11 tetap aja abis itu Abang puasa lagi sampai bedug maghrib.

Senin kemarin, anak-anak udah masuk sekolah lagi. Dari sekolah sih udah ada pengumuman kalau selama bulan puasa nggak ada acara makan. Tapii..karena ini pertama kalinya abang puasa jalan-jalan, yah mama jaga-jaga aja. Mama bawain abang bekal burger, karena pulang sekolah hari ini jam 11-an..yaaa..kali-kali aja abang dah pengen berbuka disekolah..Tapi ternyata enggak lho! Abang justru makan burger-nya dirumah, pas dengan jam berbukanya..hi..hi..hebat deh bang! Abang jg cerita kalau temen-temennya banyak yang berpuasa, bahkan ada yg udah sehari penuh. Gitu deh..cerita hari-harinya Abang belajar puasa. Meski Alby hilir mudik minum susu..Abang Ayra nggak mudah tergoda, kecuali yang pas Alby makan coklat itu.., Yang mama dan ayah suka sampai sekarang semangat abang untuk berpuasa masih kenceng.., moga-moga bisa terus sampai akhir Ramadhan....yah..bang.. :)

Sunday, September 24, 2006

Cerita hari ini..

Ayra : Alhamdulillah, aku puasa.. :)

Masih inget ama cerita Ayra yang ini? Untuk puasa kali ini Abang udah niat mau ikutan lagi dan buat Mama dan Ayah tentunya lebih baik dari tahun lalu. Untuk puasa kali ini diusahakan nggak ada jeda waktu untuk minum susu seperti tahun lalu..., dimana setiap kali Ayra haus boleh minum.

Photobucket - Video and Image HostingPagi ini abang memang nggak ikutan bangun pas sahur, abis keliatan tidurnya nyenyak banget. Dan baru bangun jam 7 pagi. Aktivitas pagi seperti biasa..karena ini libur boleh dong bangun siang.. :) abis Ayra_Alby bangun, mereka dimandikan ayah sementara mama nyiapin makanan mereka. Seperti yang sudah-sudah kalau setiap hari Minggu menu wajibnya adalah bubur. Jadi mau menu sayurnya apapun hari Minggu adalah harinya makan bubur. Tapi pagi ini abang sahurnya nggak pake bubur, kata Abang lagi..siang aja. Ya sudah, jadilah sehabis mandi itu abang sahur dengan makan roti, minum susu segelas terus air putih juga. Kalau Alby sih..jadi ikut-ikutan abangnya..makan roti aja beberapa potong..habis itu mereka pergi ama ayah ke sekolah Alby.

Jam 11.30 - 12.30
'Abang boleh minum may?' Liat jam.., udah jam 11.30 tadinya sih mau menunggu sampai jam 12.00 tapi agak2 nggak tega juga liatnya..karena dari beberapa jam sebelumnya abang udah atur2 apa yang mau dimakannya. Akhirnya di-iya-in juga. Mulai deh dia 'berbuka' dgn 2 susu kotak, makan bubur + sayur, minum yakult, minum air putih. Sengaja mama kasih waktu sampai jam 12.30 kalau-kalau abang pengen makan lagi. Soalnya abang sendiri yang bilang abis ini abang mau puasa lagi.

Jam 16.00 - waktu berbuka
Kita ke tempat Eyang, buka puasa bareng disana. Begitu sampai, seperti biasa..3A (Ayra-Alby-Aji) main2 mobil-nya paklik. Disini..hampir tiap 5 menit abang bolak-balik tanya 'udah bisa minum may?' 'udah jam berapa?' 'abang udah boleh minum?' 'may, abang boleh makan pisang goreng? -karena dia liat Alby makan pisang goreng- hi..hi..hi..bolak-balik juga mama ama bulik bilang; 'dikit lagi bang..' 'nanti bang..masih 40 menit lagi' 'tanggung bang..dilepas'
Bosan bermain di mobil. Abang makin rajin bolak-balik liat jam..akhirnya dia minta main PS ditemanin ayah. Eeee...nggak terasa aja..udah bunyi bedug. Diajak berbuka..malah keasyikan main, tapi nggak lama sih..karena begitu liat kita pada minum terus makan pisang goreng, Ayra jadi inget kalau Ayra mau pisang goreng. Jadi pas buka itu..Abang habis 3 pisang goreng, minuman timun suri + kolang-kaling buatan bulik, menghabiskan porsi buburnya, -banyak amat bang...-

Abang jempol..puasa hari pertamanya sukses. Mama ama Ayah..semua ikutan senang. Abang sih tadi bilang; 'besok abang ikut puasa lagi ya.., kayak gini lagi ya, maa..'
Mama sih oke-oke aja.., tapi besok mungkin ceritanya lain lagi..tergantung semampu dan sekuatnya abang ajah.., namanya juga masih dalam tahap belajar ya..bang.. :)

Alby : Ku..cuci sendiri sepatukuuwww..


Photobucket - Video and Image Hosting Photobucket - Video and Image Hosting

Photobucket - Video and Image Hosting

Photobucket - Video and Image Hosting Photobucket - Video and Image Hosting

Alby bantu-bantu ayah cuci sepatu..

Friday, September 22, 2006

Selamat Puasa..

Selamat Menjalankan Ibadah Puasa
Ramadhan 1427 H
Mohon maaf lahir dan bathin
Maaf atas segala khilaf dan salah baik perkataan maupun perbuatan..


Photobucket - Video and Image Hosting

Rahma-Tito * Ayra-Alby

Wednesday, September 20, 2006

Bajaj barukuuuwwww...

Photobucket - Video and Image HostingKemarin, pagi pas berangkat kita liat ada bajaj kuning yg parkir dipinggir jalan, pas liat abangnya ternyata abang bajaj langganannya Ayra. Sehari sebelumnya ayah cerita kalau si abang bajaj bilang kalau dia mau ganti bajajnya ama bajaj yg ramah lingkungan itu. Udah pada tau kan kalau bajaj yang sekarang ini (katanya) akan diganti dengan bajaj yang ramah lingkungan. Tapi nggak tau nih..apa malah jadi tambah kendaraan, karena rasanya kancil jg nggak nge-gantiin bajaj. Sepintas mirip bajaj juga tapi dia lebih resik (mungkin karena masih baru) plastik tempat duduknya belum dibuka dan dia pake BBG -bahan bakar gas-, dan ada juga yang pake bensin. Yang pasti sih nggak berisik :D, tempat duduknya lebih lebar. Kata si abang sih..di selatan baru 2 nih..Nggak beda dengan abangnya, Alby juga suka dengan bajaj ini, jadi waktu kita naik..si Alby kan mau nutup pintu bajajnya..tapi nggak ada pegangan pengaitnya..dia bingung..mulutnya mangap..terus dia agak2 marah dikit..keliling.. lihat-lihat si bajaj..belakangnya bajaj juga..hi..hi..lucu banget liat tingkahnya.., kata ayah lagi.., dah kayak kucing aja.., kalau nemu tempat baru..

Lumayan diperjalanan keluar dari haji nawi sempet papasan ama temen2 si abang bajaj..sesama tukang bajaj juga, mereka menyapa; 'waaahhh dah dapet yg baru yahhh...? sejak kapan?' :) hi..hi..hi..

Sampai sekolah.., wwwuuuaaa..ini dia, tiba2 aja bapak tukang parkir sekolah nanya gini; 'bajaj baru ya, bang..bla..blaa' karena dia ngomong2 dulu..sama abang bajajnya, anak-anak TK terlebih lagi temen2nya Ayra yang lagi main dihalaman pada ngeliatin..terus nge-rubungin..bajaj baru..., smtr kita ber3..masuk kedalam (oiya, kita dapet tarip yg seperti biasa niii..hi..hi..). Jelas aja ibu2 yg udah pada dateng seperti Bundanya Alee..pada nanya..'itu bajaj baru yang pake gas itu ya?' 'iya..' terus Alee penasaran..teriak2 minta ijin bundanya buat liat. Dikasih ijin, dan bundanyapun ikut lari ke depan. Karena ternyata anak2 itu jadi pada diluar pagar.., ternyata..o..ternyata..temen2 Ayra pada naik..rame2..akhirnya keliling deh tuh tukang bajaj..hi..hii.., smtr Bundanya Alee ama mamanya Aradi nungguin didepan pintu pagar sekolah..., haaduhh...anak2 itu pada cerah ceria.., turun2 pada lari2an dan berebut ngomong ke kita (ibu2 termasuk Manya) yg lagi duduk.

Alee : bajajnya pake gaassss !!!!..-expressinya Alee banget..-
Aqraa : Ma..., enak maaa....rame2, bajajnya lain!!
Nara : Ma, bunyinya nggak berisik...
Arqam : iya..enak -sambil senyum-senyum-
Aradi : naiknya gini ni..ma..ngeng...ngeng...(meragaiin tukang bajajnya)

Lucu deh expressi mereka..., wuuuahhh..kalau liat expressi muka mereka itu..ya.., mereka berebut bicara seolah2 mereka yg pertama kali naikkin bajaj baru.., indahnya dunia deh..kalau liat expressi muka mereka pagi itu..(tante Linda dan tante Mimi menyayangkan kenapa manya nggak bawa camera buat photoin muka2 mereka.., hmmm..kayaknya bakalan akan selalu sedia ditas nih..*lirik-lirik bunda Lilik*)

Sebelumnya..Ibu2nya pada ribut..anaknya udah pada lari aja ke bajaj.., mamanya Nara sempet khawatir krn nggak ada orang dewasa yg ikutan naik, terus Mama bilang aja; 'nggak papa kok..itu langganan kita, abangnya baik..'
Mamanya Nara; ..ya.., udah kalau gitu gampang nanti tinggal cari mamanya Ayra aja..'
(tapi sempet jiper jg tuh..denger apa yg diucapkan Mamanya Nara.., soalnya jadi inget kejadian Ayra ditinggal dibajaj ama mbaknya dulu.., alhamdulillah..anak-anak balik ke sekolah dengan selamat..)

Eh, ternyata yg heboh bukan cuma anak2 dan ibu2nya tapi bu guru juga, 'ee..itu bajaj baru yaa..' 'iya..itu anak2 pada heboh minta naik..abis keliling itu..' Ya, udah..abis itu si Mama ini diwawancara..seputar si bajaj baru dan si abang bajajnya sendiri, kata ibu Andri bisa dimasukkin program transportasi, jadi gantian ama kancil..hi..hi..hi.., cuma kata Hanni..tema transportasi nanti pas semester genap besok..., bu Andri bilang; 'gampang deh..nanti kalau kita perlu tinggal ngomong ama Mamanya Ayra ajah...' :D

Tau nggak Ayra ngapain aja..waktu..temen2nya heboh gitu ama bajaj baru.., abang Ayra mah teuteup aja cool.., dia masuk seperti biasa..naik ke atas.., taruh tas.., pipis dulu..terus duduk ditemenin ayah.., sementara temennya ribut ngomongin si bajaj..qqiqiqiiqqqqq...

catatan:
Malamnya, sepulang kantor..tante Linda tanya-tanya seputar bajaj baru. Jawabnya Ayra:
sambil sedikit menarik napas dan geleng-geleng kepala..'ah, Lin..temen-temen abang tuh yaa..., yaaa..ammpuunn..' :D

Thursday, September 14, 2006

iiiiii...kaann!

Photobucket - Video and Image HostingHampir dua bulan yang lalu, sekolah abang ngadain acara ke toko buku, MP Book Point yang letaknya nggak jauh dari sekolah abang. Pulang dari sana..katanya Oma Yet dan Andung anak-anak dikasih ikan, yang dalam kantong itu ada 2 ekor ikan mas kecil-kecil. Waahhh, jelas deh anak 2 itu senang sekali. Pulang itu ikan-ikannya ditaruh diember. Tapi biasanya seperti yang udah-udah..salah satu dari ikan itu ada yang mati, kalau nggak salah sih 2 hari kemudian. Nah..tinggal satu yang bertahan sampai sekarang. Sebelumnya niii, sejak anak-anak lahir kita nggak punya piaraan. Ada juga kucing tapi itu dirumah Eyang, soalnya kisah kucing di Lebak Bulus tidak pernah berhenti. Hilang satu atau mati satu..besok ada aja kucing yang nongol lagi dirumah Eyang. Jadi untuk Ayra_Alby ini lah piaraan pertama mereka. Sementara mama-tante Linda-tante Mimi dulu sukanya piara kucing dan ikan jg.., dulu malah kita punya kolam ikan. Nggak tau karena nggak ngerti ama cara melihara ikan, seringnya ikan-ikan mas kecil itu..cuma bisa bertahan beberapa hari aja, pasti deh nggak lama setelah kita beli..tuh ikan mati satu per satu.

Tiap pagi mau mandi atau sesudah mandi, abang selalu rajin nengokin si ikan kecil. Terkadang sore juga gitu.., "masih ada kan ma..ikannya?" atau "belum mati kan ndung?" itulah yang sering ditanyain abang. Sampai minggu lalu Oma Yet bawain tempat untuk si ikan kecil tinggal. Tempatnya seperti akuarium kecil berbentuk bulat. Pas Ikan kecil pindah tempat.., Alby langsung panggil-panggil..'iii..kaannn, iii..kannnn..' Karena kasian si ikan kecil nggak punya temen ama Andung dibeliin lah temennya 4 ekor lagi kemarin. Pas banget lagi.., pas punya niat mau beli ikannya lagi..pas disekolah lagi ada tukang jual ikan nongkrong. Sampai rumah ikan-ikan itu dikumpulin jadi satu.., "rame yah, mereka jadi seneng kejar-kejaran.." abang langsung cerita niii..pas kita telpon ke rumah dan pesen buat beliin makanan ikan. Oke dehh...sorenya pulang kantor mama sempetin beli makanan ikan, tadinya sih mau ke barito aja..tapi kayaknya udah pada tutup deh..(nggak taunya ada yg belum tutup), berhubung belanja juga di hero yaa...udah sekalian aja nyari..kali-kali aja ada.., dan ternyata ada..

Photobucket - Video and Image HostingSekarang ini Ayra_Alby lagi seneng banget kasih makan ikan-ikan kecilnya.., sambil kasih makan Alby suka panggil-panggil si ikan.., 'iiikaaannn...ikkaaannn..' Tapi Alby juga jail siih, .....terkadang nii..mainannya dicemplungkin ke akuarium kecil.., kalau tadi pagi siii..buncis-nya mama udah pindah tempat dari kulkas..tau-tau ada aja yang berenang di akuarium kecil, nah kalau tadi sore nii..antene tank mainan..dah berenang didalamnya...hhhhh..., Alby...Alby...


pssstt: lagi bete nii.., kompinya agak2 ngadat buat transfer photo, nggak tau kenapa..jadi nggak bisa pindahin photo si ikan dehh.. :(

Saturday, September 09, 2006

kantor ayah dan puri land..

Ngapain yaaa...pagi ini? Bangun pagi tadi Ayra udah ribut ke mama, kalau dia pengen banget ikut ayah ke kantor. Pagi ini kebetulan di kantor Ayah ada training dan ayah ikutan. Sebenarnya dah lama banget abang ingin ikut ke kantor ayah, tapi belum kesampaian lagi. Kalau sekarang abang ikut ayah..kasihan banget nanti pasti ayah ke ganggu ama abang atau abang terpaksa ditinggal sendiri diruangan ayah. Yang terakhir ini udah pasti abang nggak mau. Akhirnya jadi juga ke kantor ayah tapi sepulang Alby sekolah.

Disekolah..tumben banget, Alby nggak mau masuk kelas sendiri, tapi ajak abangnya..
'aa..yooo...bbaaanng.., ssiii..nniii..' tangannya sibuk kasih isyarat.. Jadilah belajar bersama abang..

Pulang sekolah..lanjut ke kantor ayah. Sampai kantor..terus diantar ayah ke ruangannya, terus ayah balik lagi ke tempat trainingnya sampai jam satu-an deh. Diruangan ayah, kita main komputer..bikin cap-cap..tulis-tulis..coret-coret..dan Alby juga nggak mau ketinggalan..gunting-gunting... Ayra malah sempet bikin cerita kecil, mama sih yang nulis..abang yang bercerita.., sayang..masih kesimpen kompi ayah, lupa disimpan ke flashdisk ayah, maksudnya sih pengen dicetak ke sini..

Tadinya sih mama pikir kita cuma main-main di ruangannya ayah aja atau ke kantin. Ternyata enggak.., kita diajak keliling kantor ayah.., liat studio..yg ruangannya luas dan banyak lampu..Alby sampai terbengong-bengong..ngeliat segitu banyaknya lampu. Sayang euy..mama nggak bawa kamera..jadi tidak bisa foto-foto. Kita juga sempet ke kantin buat makan siang. Btw jalan-jalan sekarang dah enakan.., bawaan mama udah nggak se-ransel gede lagi.., cukup bawa ransel kecil..bawaan wajib mah teuteup..baju ganti anak-anak ama susu-nya Alby. Soal makanan mah dah nggak perlu bawa-bawa lagi. Alby kan dah gampang makannya.

Jam setengah dua, kita keluar dari kantor ayah. Tadinya sih mau pulang aja..tapi terus diajak ke Puri Mall yg nggak jauh dari kantor ayah. Waahh.., Ayra nih sekarang kalau ke mall..selalu deh..udah lirik-lirik ke arena bermain seperti time zone gitu. Ayra sebenernya pengen banget main yg balap mobil itu. Tapi lucunya dia nggak mau pake koin. Jadilah dia bermain sambil berkhayal.., kalau ditawarin nih..nggak mau. Naik mobil coin jg gitu. Akhirnya kita sampai di Puri land. Liat-liat ada mainan apa aja. Pas nyampe di bagian belakang..ada bom-bom car, langsung euy..Ayra nyolek mama, -hi..hi..hi.., kalau bom-bom car mama juga suka- jadi kita naik berdua..abang yg nyetir..mama yg nginjak gas-nya. Wii..tertib lalu lintas juga abang, nggak mau lho dia main tabrak-tabrakan.. ;) Abis itu kita naik pesawat..yg ini Alby ikutan.., duh senangnya..senyum-senyum dia.. Udah..cuma 2 itu yg kita mainin..lainnya abang jg nggak tertarik..biasa aja gitu..lanjut lagi deh..jalan lagi..kali ini mau nyari toko buku, belum ketemu toko bukunya..kita ngelewatin lagi tempat main anak..dan disana ada arena mandi bola, dan Ayra nyolek lagi deh...ya udahlah..main deh berdua Alby ditemanin Ayah. Timbang duduk nungguin mereka main setengah jam, mending deh mama jalan-jalan, cuci mata. Baru aja keluar arena..mama liat satu toko hobby craft, kangen..pengen jahit kristik lagi..liat-liat gambar..liat-liat bahan..benang.., akhirnya ke beli juga bahan kristik warna putih..benang mah mama udah punya, warisannya Andung... :D.

Eh, nggak terasa..tau2 udah mau setengah 4 aja.., nggak jadi cuci mata deh..balik aja ke anak-anak karena mereka dah kelar main mandi bolanya. Abis itu pulang deh..
Update; 12sept06
Ini dia cerita Ayra waktu ke kantor Ayah, katanya harus pake huruf besar semua :)

PADA HARI SABTU INI, AYRA, ALBY DAN MAMA SEPULANG ALBY SEKOLAH PERGI KE KANTOR AYAH. AYAH LAGI IKUTAN TRENING, TERUS KITA PERGI MAKAN KE KANTIN KANTOR AYAH. LALU KITA MENUNGGU AYAH DI RUANG KERJA AYAH. SAMBIL MAIN HURUF DAN ANGKA. TERUS ABANG SAMA ALBY MENGGUNTING KERTAS, MAIN CAP, MAIN KOMPUTER, MAIN KURSI TERUS NONTON TIVI TERUS MAKAN PEPAYA, KENTANG, NASI GORENG PEDES DAN MAKAN KENTANG PAKE SAOS TOMAT. MINUMNYA TEH BOTOL BEREMPAT. TEH BOTOLNYA ALBY TIDAK HABIS, DIHABISIN SAMA MAMA DAN AYRA.

Ayra dan Alby

Sabtu-Minggu, 2 dan 3 September 2006




Photobucket - Video and Image Hosting


Ayra

Mama pergi berdua abang. Sambil jalan ke luar menuju jalan raya, abang bertanya;
'kita nyebrang may*?'
'nggak bang.., nggak nyebrang..kita tunggu taksi disini aja..'
'o..iya, deh may..abang nggak mau nyebrang. Abang takut may kalau nyebrang..banyak mobil ama bis..'
'tenang bang.., kan ada mama yang jagain abang..., kalau abang masih kecil gini..mama yang jagain abang..mama yang pegangin abang..jadi abang nggak perlu takut..'
'..o..iya, ya may.., terus nanti kalau abang dah setinggi ayah..terus mamay udah se-tua andung, kalau mamay mau nyebrang, abang yang pegangin..yah..yah.., abang yang jagain..' (diucapkan dengan wajah sumringah..seneng banget kalau dah nyebut 'se-tinggi ayah')

aaaa..., mama jadi terharu, bang.. (abang jarang-jarang lho ngomong kayak gini..)

'iya..bang, makasih yaaa...'
'iya..may, mamay pasti jalannya dah pake tongkat..kan dah se-andung..'
'pake tongkat? enggak ah..bang..., mama nggak mau.., jangan ah..bang.., moga-moga mama masih kuat jalan..meski udah se-andung..'
'iya, ya..may..Andung aja nggak pake tongkat. Kayak Angku aja deh, may..sampai tua nggak pake tongkat..kuat jalan..'
'ya...kayak Angku..'

*abang sekarang ini suka panggil manya; mamay



Photobucket - Video and Image Hosting


Alby

Manya liat anak itu lagi makan keju kraft lembaran.., asyiiikk bener, kayaknya enak banget..

'lagi makan apa bby?'
biasalah..senyum-senyum.., keluar bunyi ..ck..ck..ck..
'makan apa sih bby? o..keju yaa..'
senyum-senyum lagi...
'Alby lagi makan apa?'
'kkeeee...jjuuuuu..'
'aabb..bbii..kkkee..jjuuu..'
Alhamdulillah...lumayan..tambah 2 kata..
'enak bby?'
'nak..' sambil ngangguk-ngangguk..
'mmaauuu..?' nyodorin plastik kejunya..
ehh, belum mama nyahut.., udah ditarik lagi plastik kejunya..., iiiii..gemes!

Friday, September 01, 2006

Bunda Inong..

Innalillahi wa inna ilaihi roji'un.. Photobucket - Video and Image Hosting

Telah berpulang seorang teman baik kami, Bunda Inong..

masih nggak percaya rasanya mau nulis ini, -begini..ni..kalau cerita duka, mau nggak ditulis..ada hari-hari dimana kita memang harus melewatinya.., ditulis..bikin hati pedih dan pilu..-

Cepat sekali waktu berlalu, rasanya baru beberapa hari yang lalu manya main ke blognya, berterima kasih atas ucapan dan doanya buat Ultah Alby, terus juga bilang kalau bentar lagi Syifa mau ultah (Alby ama Syifa cuma beda 8 hari)..tau-tau dapet kabar kalau bunda Inong masuk RS.

Gemeter jemari..waktu dapet kabar dari Ummi.., nggak percaya rasanya.., tapi lebih gemeter lagi..ketika mbak Yudhi memberi kabar Jum'at pagi..ini..

Manya bener-bener terkesan ama 'Terima kasih' bunda.., sudah seperti tanda mau pamit..

Selamat jalan Bunda Inong.., perempuan-sahabat-istri-ibu yang pintar dan bersahaja..

Makasih ya..bun, udah menemani hari-hari kami juga.., terima kasih juga buat ilmu.., buku yg kamu kirim buat kami.., makasih buat supportnya..waktu ayahku wafat..makasih buat segala..ya, bun..,

I will miss you ssooo muchhh!!

Juga buat Ayah Haris, Abang Zidan, Syifa dan keluarga besar Inong, diberikan ketabahan oleh Allah swt..

ps: Bun, 2 malem ini aku jelajah dunia maya, banyak banget yg nulis ttg bunda.., dulu ada yg bilang ke aku, betapa beruntungnya orang yg punya banyak teman.., bunda-lah orangnya, temanmu mendunia..bun..

*foto: kenangan Juni 2005, ketika kopdar ultah DI ke 4 di Chalita*

Saturday, August 26, 2006

newly wed..


Photobucket - Video and Image Hosting

Tanggal 21 Agustus kemarin harinya tante Mimi, hari itu tante Mimi menikah dengan teman sekantornya Mark Zulfikar. Akad nikah berlangsung lancar..

Yang paling terasa buat manya adalah waktu Mimi minta izin menikah ama Mama. Karena Papa dah nggak ada, terus juga adik papa satu-satunya di Medan, Pak Uncu jg tidak bisa hadir karena beliau sudah sakit-sakitan. Jadilah Mimi dinikahkan dgn wali nikah.

Pada saat ijab.., tiba-tiba..aja..teringat dan kangen ama papa...

Buat Mimi dan Mark.., semoga kelak sukses dalam membina kehidupan yg baru.., dapat mewujudkan keluarga yang sakinah.., saling percaya..saling mengerti..saling sayang dan saling setia..hingga akhir hayat...

Photobucket - Video and Image Hosting

Buat Mimi dan Mark...

Kaukah takdirku..
cipt : Ady - Naff


Harum bunga nafasmu kucium..
hingga menaklukkan hatiku..
Apa benar dirimu terutus sebagai penuntun jiwaku..
Bagai sirna segala resahku
Bila ragamu menemaniku..
Apa benar dirimu terutus sebagai pasangan hatiku
kan kurapatkan hatiku..
kan kuhambakan diriku..
kan kuikuti langkahmu..
Jika memang engkaulah takdirku..

Love : Andung; Ayah; Manya; Linda ; Abang Ayra; Alby

Wednesday, August 23, 2006

"..hari ini..aku udah tiiigaaa tahun lho... :)"

Pagi ini semua berjalan seperti biasa, abis mandi mama nyamperin aku...terus aku dipeluk..dan dicium.., sambil berkata pelan mama bilang; "selamat ulang tahun yaa..by, sehat selalu..dan lancar bicara..ya, nak..."
"ya..ya.., iya.." aku senyum-senyum aja..., muka si mama senneeeng..banget.., tapi terus mama bicara lagi.., kata mama kalau ada yang tanya; ulang tahun yang ke berapa? aku harus jawab; "tiga" tidak boleh "tii" aja atau "gaa.." aja..hhhhh..., padahal aku kan maunya nyambung ajah.. ;)
akhirnya aku ikutin aja, biar mama seneng..he..he.., setelah bolak-balik mengulang..aku teriak aja.."tiiii...gaaaaaaa...!!"
senyum deh si mama... :)


Photobucket - Video and Image Hosting

dari Mama, Ayah dan Abang Ayra :

"..Selamat Ulang Tahun ya, By...
Semoga Alby senantiasa dilindungi Allah swt, diberi kesehatan, lancar bicara, makin pintar..jadi anak yang shaleh dan mulia hatinya serta jadi kebanggaan keluarga.., amin.."

Monday, August 14, 2006

Tujuh belasan...

Ih, nggak kerasa yaa..udah tujuhbelasan lagi.. :). Kali ini disekolah Ayra ada peragaan busana lagi.., dengan tema 'perjuangan' Hiii.. :D ini bagian yg paling bikin mama suka bingung mau dipakein apa yaa..si abang. Alby belum kebagian peragaan busana, kali ini kelasnya dapet lomba ketangkasan.., sayang mama dan ayah nggak bisa ikutan nonton.

Sebenernya Abang Ayra dan Alby lagi pada batuk. Apalagi hari ini, Abang Ayra lumayan keras batuknya. Tapi Abang tetap ingin masuk sekolah..karena dari beberapa hari sebelumnya ada surat dari sekolah yg isinya tentang acara 3 hari menjelang libur hari kemerdekaan. Hari ini peragaan busana, besok jalan-jalan ke museum Satria Mandala dan dihari ketiga lomba ketangkasan. Udah pastilah Abang nggak mau rugi, tapi antusias terbesarnya ya..pergi ke museum itu. Jadi waktu mama bilang hari ini Abang dirumah aja.., istirahat..Ayra oke-oke aja. Memang maunya manya dan ayah hari ini Abang nggak usah sekolah aja, jadi si mama jg terbebas dari tugas 'ngedandanin anak' :D

Waktu baca surat soal peragaan busana, mama kepikir abang jadi dokter lagi aja deh! Hii..rada males jg ya..si mama, abis bingung gitu lho..kalau udah mesti cari2 pernik2 kayak gini.. :(. Ternyata tas dokternya udah parah..terus peralatan dokternya..nyaris udah nggak berbentuk lagi.., jadilah kepikir buat nge-dandanin Ayra jadi pejuang.. Sabtu-Minggu manya cari2 banner untuk ikat kepala tapi yg merah putih di tukang2 bendera pinggir jalan..sayang mereka nggak jual..ada juga bendera-bendera kecil. Dibeli juga tuh 2 bendera kecil. Ada juga yg model dasi pramuka. Di Pasar Mayestik sih mestinya banyak kan? tapi pas Sabtu kita ke Mayestik, manya justru lupa mau beliin buat Abang.., duuuhhh..payah euy! Malamnya ternyata Andung bikinin buat Ayra dan Alby..., pagi-pagi pas bangun tidur..ada 2 ikat kepala merah putih.., wah, liat itu..Ayra minta masuk sekolah..., katanya batuknya udah nggak keras lagi kok.., ya..sudahlah...

Alby yg awalnya nggak mau dipakein ikat kepala, liat abangnya pakai jadi ikutan juga..

Photobucket - Video and Image Hosting

Pagi ini jadilah Ayra pejuang..dgn ikat kepala merah putih di kepala, terus bambu runcing dari kayu penutup rak sepatu yg ujungnya ditempelin karton segitiga menyerupai bambu runcing..yang dikerjakan mama pagi itu.., yang idenya juga dari Andung.., - aaaaa, makasih banyak yaa..ndung :) -

Salam Merdeka buat semuanya :)

Saturday, August 05, 2006

Potong rambut dan air mancur menari...

Sebetulnya ini cerita sebulan yang lalu, harap maklum hampir sebulan kemarin mama sibuk berat, abis pindah bagian..jadi sempat pontang panting dengan kerjaan baru..jadilah ada cerita yg terlewat..

Cerita Sabtu, 1 Juli 2006

Sabtu minggu lalu adalah hari yang ditunggu-tunggu abang. Abang dah pengen banget potong rambut. Sebenernya manya pengen nanti aja..setelah acaranya tante Mimi.. -kali..kali aja kita bisa nebeng bikin foto keluarga :p-, abis manya ama ayah kadang lebih seneng kalau liat tampang anak-anak dengan rambut gondrong, kata ayah kesan jail-nya keliatan banget. Tapi abang selain udah nggak tahan..juga karena ingin seperti potongan rambut temen-temennya. Itu lhhooo..potongan rambut yg dipotong se-senti terus ada 'jalur busway'-nya... Ini gara-gara anak laki-laki disekolahnya abang pada potong rambut dengan model kayak gini. Yasser punya satu jalur, Arqam punya 2 jalur..terus kemarin pas pesta anak, manya liat Alee juga dah potong rambut model gini dengan dua jalur.. Ayra sendiri sebenernya setelah mengalami beberapa kali potong rambut..dan mungkin jg karena (merasa agak malu atau nggak mau diledekin temen2nya) sudah memutuskan nggak pernah mau dipotong se-senti atau botak lagi. Dia udah punya pilihan..dipotong rapih aja.. Tapi kali ini beda, abang malah yang mau dipotong gitu tapi cuma pengen 2 jalur aja. Sampai di tempat potong rambut. Ada 2 anak cowok kecil yang potong rambut jg..yg satu dirapihin aja, sementara cowok kecil satunya lagi..dipotong dgn model 'jalur busway' ini..yang...yaaa...ampuunnn...hampir kepalanya penuh dgn jalur busway ini, dari bawah sampai ke atas kepala..dan nyambung lagi jalurnya! ortunya sih kayaknya cuek aja..hi..hi..(atau emang mau ortunya juga..kali yaaa..he..he..), Ama si mbaknya, abang ditawarin mau nggak dipotong kayak gitu..yg jalurnya banyak atau yg jalurnya nyambung.... Kirain manya Ayra bakalan tergoda...eh, ternyata tidak. Abang keukeuh lho..cuma mau dua aja. Dan dia jg minta supaya Alby dipotong kayak gitu juga. Kasihan si Alby..karena dia belum jelas ngomongnya terima aja apa kata kakaknya. Dan hebatnya lagi..anteng aja tuh si Alby waktu di beresin rambutnya. Kadang dia liat kaca..cengir2 sendiri..(hiii, narsis!) sampai akhirnya..begitu kelar..dan dia ngaca kalau rambutnya dah pendek..lengkap dengan jalurnya..terus Alby liat abangnya yg udah selesai lebih dulu.., teriak-teriak panggil; bang...bang... dengan gaya memanggil dan tangannya melambai-lambai.., takjub kali yaaaa...pas liat sama-sama udah botak.. ;)

Photobucket - Video and Image Hosting

Abang, happpyyyy...banget dgn rambut barunya dan bilang; 'makasih ya, may' seharian itu dia senyum-senyum.., sementara Alby..hampir sepanjang harian itu kepalanya dipegangin mulu...-berasa banget anginnya..ya, by..hi..hi..-

Manya sih geli jadinya, kecil-kecil abang dah ngikutin trend.. :p. Abis potong rambut, kita ke tempat Eyang..., wwwahhh! Eyang kaget..kenapa juga ya..cucunya jadi pada botak-botak gini?

****

Sorenya, pulang dari tempat Eyang...jalan lagi kita...kali ini mau liat air mancur menari di Monas. Yang semangat pengen liat air mancur menari nggak cuma Ayra_Alby tapi jg Andung. Jadilah sore ini kita janjian ketemuan di Monas, soalnya..sebelumnya Andung pergi ke undangan dulu ama tante Linda. Ke Monasnya..naik busway..turun didepan museum gajah. Kirain manya ama ayah..dekat situ ada pintu masuknya, ternyata tidak ada.., pintu masuknya sejajar dgn gedung indosat. Jadi mau nggak mau kita harus jalan kaki dikit.., nggak papa sih jalan-jalan sore ini..untung deh..Abang Ayra nggak rewel. Sampai dalam, liat delman..Ayra minta naik delman..ya..oke deh.., keliling satu putaran terus berhenti di tempat air mancur menari. Sampai sana..wah, rame banget.., nggak nyangka deh bakalan rame kayak gini..apa karena malem minggu kali yaa... Manya jg mulai ketar-ketir, soalnya abang Ayra sekarang ini kalau jalan suka nggak mau dipegangin..maunya jalan sendiri aja..pdhl kan rame gitu..takut aja kalau selip mata..
Sempet sebentar pas kita lagi nyari2 tempat yg nyaman.., Ayra udah nge-loyor aja..ngedeketin kolamnya, terbirit-birit deh kita ngejar dia. Tadinya abang nggak mau ngerti nii..kenapa nggak boleh sama mama, tapi pas dia dengar sendiri ada pengumuman anak yg terpisah dari orang tuanya, abang nurut...


Air mancurnya mulai jam 7 dan jam 8 malam. Kita sih nonton yg jam 7 aja..biar nggak terlalu malam. Pas mulai..si Alby melongo liat air mancur-nya joget2..sampai akhirnya nyaris tertidur..digendong ayah. Tapi terus bangun lagi...karena tiba-tiba aja ada Andung, tante Linda, tante Ayu, tante Ati, Oma Yet dan Nenek Muda...yg ikutan nyusul ke Monas..ikutan liat air mancur menari.., mereka juga pada heboh liat penampilan baru Ayra_Alby..

Sekarang sih..'jalur busway'-nya dah nggak keliatan..dan abangpun dah minta potong rambut lagi.., he..he..nggak ahh..bang, ntar aja yaa..kalau dah gondrong dikit... :D

Pesta Kreasiku

Cerita Rabu, 28 Juni 2006

Seperti tahun lalu, tahun ajaran kali ini ditutup dengan "pesta kreasiku". Di pesta kali ini pertama kalinya Alby manggung. Waahhh.., kayak apa yaa..si Alby manggung?

Pagi-pagi kita udah siap-siap. Anak-anak juga bangunnya cepet dan mudah banget deh.., karena Alby bakal tampil di acara pertama, jadi manya udah dipesenin ama koordinator kelas Alby..kalau bisa jam 8-an udah sampai ditempat. Kali ini pesta kreasiku-nya di Sasono Langen Budoyo, TMII. Dannn...ternyata kita malah jadi dateng kepagian, karena sempat takut juga kena macet pas di Taman Mininya. Tunggu..punya tunggu..akhirnya..jam 9-an acara dimulai. Kelasnya Alby bawain tarian 'kuda lumping'. Kalau diliat tariannya, anak-anak itu cuma muter-muter aja keliling panggung, sambil menghentak2kan kaki biar kicrikan yg dipasang dikaki mereka pada bunyi.... Di panggung sih Alby nggak nangis, tapi jg nggak ikutan nari..yang ada dia bengong aja..terus sempat digandeng tangannya ama bu Erni, tapi karena tali kuda lumpingnya turun dari bahunya, Alby sepertinya lebih senang ngurusin tali timbang nari..jadilah..dia asyik..sibuk sendiri dengan tali di bahunya.

Photobucket - Video and Image Hosting

Kalau Abang Ayra.., wahhh...beda jauhhh..ama pesta anak 2 tahun lalu dan setahun yg lalu. Pesta kali ini abang 2 kali naik panggung. Sekali tari badut "Blak Dik Dot" (kelas Abang, A1) dimana Abang berpasangan dengan Alee dan Operet Cinderella (gabungan semua murid TK). Dimata kita semua (ayah, mama, Andung dan oma Yet) gaya narinya Ayra berubah. Dari yg kaku, bengong.., terus pas tahun lalu..gerak aja tapi ekspressi wajah kurang.., yg kali ini pas nari badut..goyangnya luwes..deh, ekspressi muka..bolehlah..dann..ih, nggak deh nyangka pokoknya. Di Operet Cinderella..Abang kebagian peran jadi "kuda". Dengan kostum putih-putih sarung tangan putih..Abang dengan beberapa temennya jadi kuda yg narik kereta kencana.

Saturday, July 29, 2006

Kataku....

Jum'at, 28 Juli 2006Photobucket - Video and Image Hosting

hmmm..abang tuh yaa..kalau pagi, suka adaaa..aja ulahnya..kayak pagi ini, mama udah berkali-kali bilang; 'ayoo..pake sepatu..nanti telat abang...' ee...masih jg bergaya dan ber-expressi macem-macem..gemes aku liatnya...ya, udah aku teriak ajaa..'aaaaaaaaaaaaaaaaaahhhhhhhhhhhhhhhhhhh...' eh, belum ngeh juga.., kataku; 'ceepppaaaaaaaaaaaaatttttttttttt....' he..he..he.., mama dan ayah..pandang-pandangan tapi terus cuek aja..iiihhh, kok nggak pasang muka takjub sih..?! hmm..aku mesti ngoceh lebih banyak lagi..., tapi pagi ini udah dulu ahhh...

*************

Kamis, 27 Juli 2006

Seperti biasa, pagi ini bangun tidur..abis minum susu aku liat mama di dapur.., terus diajak mandi ama ayah..., 'mau..mau..' keluar kamar mandi.., kataku; 'mamaku...' hhiiiiii.........., si mama takjub..ayah nge-beo.., pdhl biasanya aku yg nge-beo..., mukanya mama ama ayah seneng banget...hi..hi..hi..

*************

Dua hari sebelumnya.., abis antar mama, ayah dan abang berangkat.., aku colek Andung..ku tunjuk2 mulutku..tanda minta susu.., sebel! Andung pura-pura nggak tau lagi.., colek lagi..tunjuk-tunjuk lagi..Andung ngangguk..ngangguk..'mau susu..ya..' hah! iya..iyaa...
terus Andung panggil-panggil botol; 'botol...botol dimana ya? dimana botol? .... aduuh, nggak ada tuh by, dimana botol..'
Hiii :D lucu ih, si Andung..masak botol diajak main tak umpet, aku mau ikut panggil juga aahhh, kataku; 'botol..!'
qiqiqiqqqq..si Andung senyum.., minta aku ngulang lagi..., nggak aahh ndung, nggak ada pengulangan..., aku nyengir aja ya, ndung...qiqiqiqqqq...

cerita : Alby
ditulis : mama
kesan : udah beberapa hari ini (dlm seminggu kemarin) beberapa kata spontan terucap ama Alby, diluar kata-kata yg sering dia katakan, seperti mau, iya, mama, ayah, mimi, kakak, kuku, buku, keke, koko, kiki..,
masih suka menyambung suku kata terakhir..dan 2 minggu ini ..hanya mau mengikuti 2-3kali pengulangan..sisanya? ngelengos..cuek..ajah..
yang lainnya..Alby lagi suka dibacain cerita, suka main kompi, nge-ganggu abang, sesekali main lilin..ama baca-baca..dan ngikutin gayanya abang.. :)

Sunday, July 23, 2006

hari pertama sekolah di thn ajaran 2006/2007

Kamis (20/7) dan Jum'at (21/07) kemarin adalah hari pertama Ayra dan Alby sekolah lagi. Denger kata sekolah anak-anak udah suka sekali..Untuk Alby, udah kita kasih tau kalau hari pertamanya adalah hari Jum'at, tidak sama dengan abang, sesuai dengan jadwal kelasnya Alby. Abang bangun pagi seperti biasanya..terus siap-siap, pagi ini bawa bekal nasi goreng ama nugget aja. Waktu kita tinggal Alby nggak rewel dan hanya mengangguk2 aja kalau kita bilang, Alby sekolah besok.

Disekolah rame sekali.., rame karena adik-adik baru kelas TK A, orang tua dan para mbak. Terus kita juga dapet kejutan..sekolah ganti cat..ganti warna, hii..rasanya tiap tahun ajaran baru..ada aja yg baru dari sekolahan..Ayra, seperti biasanya naik ke atas, taruh tas..terus pipis dulu..terus baru main ama temen-temennya. Di papan pengumuman..udah tertera pembagian kelas, Ayra dapet kelas B2 dan sebagian teman-temannya bukan dari kelasnya yg terdahulu, kali ini Ayra nggak sekelas ama Alee. Sebenernya mama pengen liat sampai Abang Ayra masuk kelas terus diumumin wali kelasnya (hmm, mama kira seperti tahun lalu) ternyata enggak, setelah nyanyi anak-anak TK langsung naik ke atas, ke kelas masing-masing. Sampai sini jelas orang tua udah nggak bisa liat lagi, ya..sudahlah..mama ama ayah pun berangkat knt.

Siangnya mama telpon abang, tanya-tanya seputar hari pertamanya..guru2nya dan temen2nya.., kata abang; "temen-temen abang masih yang dulu kok ma, yg baru cuma kelasnya..kelas B2, kelas abang sekarang kelas anak-anak TK-B dulu, nanti mama harus liat kelas barunya abang". Wali kelas abang kali ini Bu Andri dan Bu May. Sebelumnya sih, mama sempet bilang ke abang, kalau temen2 kelasnya pada ganti nggak papa ya.., karena semua kan tetap teman abang.

Terus gimana dengan hari pertamanya Alby? Jum'at pagi, seperti biasa meski sekolahnya siang..perlengkapannya Alby jg mama siapkan dari pagi, jadi pas berangkat Andung udah nggak repot lagi. Baju tinggal dipakein dan bekal tinggal dibawa. Sebenernya sih, mama ama ayah inginnya Alby pagi juga, biar boyongan semua pada berangkat pagi..sekali anter gitu. Tapi kalau sekolah pagi, jam pulang Alby lebih awal dari Ayra. Nah, kalau kelamaan nunggu, takutnya Alby keburu bete..terus marah-marah..dan menemani Alby main jauh lebih capek.., hiii..Andung nggak mau nanggung. Lebih baik Ayra yang menunggu Alby pulang, karena Ayra udah bisa main sendiri..atau main gabung temen2nya dan udah pasti Andung nggak capek nunggunya..

Pagi itu, Alby jg ikut siap2..minta dipakein baju pergi terus dia tenteng2 tas sekolahnya.., jadilah dia nganterin kita bertiga lengkap dengan tas sekolah dipunggung tapi pake sandal. Karena Alby sekolahnya siang, jadi mama ama ayah nggak bisa liat hari pertamanya kali ini. Tapi kata Andung sih..hari pertamanya baik-baik aja..nggak ada tangis dan jeritan seperti Jan 06 kemarin. O iya..wali kelasnya Alby, Bu Nanin..

Ditahun ajaran kali ini Alby masih di TB-K, karena pertimbangan dari Bu Erni-Bu Nani, dimana Alby selain jg belum bisa bicara, EQ-nya Alby masih jaauhhh..dari yg diharapkan (hiii..masih terlalu bayi kamu ya, Byy.. :D). Nanti dipertengahan tahun ajaran, sekitar bulan Januari 07 diliat lagi apa Alby bisa ke TB-B atau tetap di TB-K sampai thn ajaran selesai. Moga-moga aja..6 bulan ke depan ini akan banyak kemajuan buat Alby, Amiinn..

Monday, July 17, 2006

Ketika ayah di rumah sakit..

Sabtu, 15 Juli 2006

Setelah dua minggu cari tau, ke dokter terus juga tanya ke tante Icha -temen kuliah mama-, ayah gerilya cari tau lewat temen-temennya, terus juga pengalaman waktu Ayra operasi ganglion di kakinya, akhirnya Ayah memutuskan untuk operasi juga. Selama ini di pergelangan tangan kanan dan punggung atas sebelah kanan ayah ada benjolan. Dulu sih sempet nebeng tanya-tanya kalau pas anak-anak lagi ke dr.Dwi Putro atau juga ke dokter di knt ayah. Mereka bilang benjolan ditangan dan punggung ayah itu ganglion. Persisnya kapan benjolan itu ada manya dan ayah juga lupa2 inget, yg pasti sih dari Ayra bayi benjolan itu udah ada. Karena memang nggak terasa sakit juga tidak mengganggu ya..ayah tenang-tenang aja. Waktu Ayra operasi ganglion, sempat jg Ayah mau cek yg serius, tapi Ayah (merasa) lagi repot banget, jadi ragu mau cuti akhirnya yaa..cerita tentang 2 benjolan ini lewat aja. Nah..mulai akhir bulan lalu, Ayah mulai kasak-kusuk nih.., sebenernya manya mulai rada khawatir juga terutama yg dipunggung, sepertinya kok makin lama makin melebar. Dari hasil pemeriksaan (seperti yg udah kita duga) yg di pergelangan tangan itu ganglion (diameternya 3cm), sementara yang di punggung itu lipoma (diameternya udah 7cm). Dokternya menyarankan untuk operasi sekalian nge-bersihin jaringan yang dibawahnya.

Photobucket - Video and Image Hosting Photobucket - Video and Image Hosting

Op dijadwalin tgl 15 sabtu kemarin, op-nya termasuk op sedang jadi besoknya ayah dah bisa pulang, pikir kita kalau sabtu biar anak-anak ada yg jagain..tapi ternyata o..la..la.., nggak ada yg bisa dititipin :(, jadilah kita boyongan ke rumah sakit. Dari malam sebelumnya Ayra_Alby udah mama pesanin (omongin) kalau besok ayah harus masuk rumah sakit, harus operasi jadi anak-anak mesti kompak ama manya; selama nungguin ayah, tidak boleh ribut, tidak boleh bertengkar, tidak boleh gendong, tidak boleh rewel, dan harus sabar (eitss..memang anak manis semua, pd akhirnya yg nggak lulus cuma yg 'harus sabar' itu..).

Setelah beres makan pagi, kita berangkat. Urus-urus admin sebentar terus kita diantar ke kamar dilantai 4. Sampai lt 4 ayah mulai diperiksa..tensi, suhu badan..kalau utk labnya udah 2 hari sebelumnya. Selesai ayah periksa, sambil menunggu menjelang jam 12 (jadwal op ayah) kita main ke taman belakang, kecuali ayah. Ditaman banyak oma-oma dan 2 opa yang lagi senam. Kita main sama kira2 jam 10.30. Abis itu kita balik ke kamar ayah. Di kamar Ayra_Alby lebih banyak main mobil, kadang mewarnai, gambar dan nonton tv. Jam 11.30 Ayah diminta siap-siap ama suster utk ke lt 2 -ruang op-, ganti baju op dulu..terus setelah siap sambil duduk dikursi roda kita ke lt 2. Alby liat ayahnya duduk di kursi roda, ikutan naik juga. Duduk deh dia dipangku ayah.

Pas sampai di lt 2 persis didepan pintu operasi, kita udah nggak boleh masuk lagi. Ya..sudahlah kita dadahan dulu ama ayah. Alby nggak nangis niii...masih tenang.., dan anteng aja. Manya sebenernya pengen nunggu aja (agak H2C jg nih soalnya), karena op-nya kata suster nggak sampai sejam. Tapi Ayra keukeuh pengen ke Mc Donald (dia sih naksir ama hadiah cars happy meal), mama tawarin bekal yg dibawa dr rumah, dia nggak mau..ya..sudahlah..kita ke McD dekat rs, dduhhhh..yaa.., manya nggak bisa tenang..., keinget ayah mulu..tapi jg nggak bisa cerita ke anak2 :(, tapi lucunya anak2 jg makannya nggak nyaman.., Ayra malah cuma mau kentangnya aja itupun yg ukuran kecil, biasanya mau yg besar, minum milonya nggak habis. Alby malah nggak mau sama sekali..cuma mau susu aja. Nenteng anak 2 yaa..nggak bisa buru2 jalannya.., sampai lt 2 lagi, rame banget orang..rupanya ada satu pasien -sebelum si ayah- kritis setelah op, keluarga besarnya ada yg diem aja..ada yg nangis.., walah! jelas manya mules juga jadinya. Duuhhh.., mana suster nggak keliatan.

Akhirnya ada jg yg suster yg keluar. Langsung deh, manya tanya;
"Suster Pak Tito masih op apa udah selesai"
"oo..sudah bu, sudah selesai lagi diruang recovery.."
"udah sadar belum?"
"sebentar lagi ya bu.."
susternya senyum ajah. Duuuhhh...

Ayra mulai deh tanya2 kapan ayah keluar.., mama jelasin dan kebetulan dia jg denger apa kata susternya jadinya yaa..dia tenang lagi. Alby masih tenang. Sementara keluarga pasien yg lainnya silih berganti pergi, kok ayah belum keluar2 juga ya..., si Abang udah nyuruh manya tanya suster lagi, begitu ada suster yg keluar manya tanya lagi;
"suster, pasien bapak Tito masih didalam kan?"
"masih bu.."
"udah sadar belum?"
"sudah bu, tinggal tunggu dijemput ama lt.4"
"beneran udah sadar?"
"iya, bu.."
"alhamdulillah, makasih ya..suster" :)
dduhh, lega deh manya.., Ayra yg ikutan denger seneng juga dia.

Tapi ternyata kita harus menunggu lagi, karena suster di lt 4 lagi pada sibuk ngurus pasien yg kritis tadi..., mulai deh Ayra_Alby udah pada nggak sabar, kita sampai pindah tempat duduk..dari ruang tunggu..pindah ke meja petugas yg jaga, terus pindah lagi main di tangga, terus pindah lagi didepan lift. Alby mulai menunjukkan ketidaksabarannya sambil terus panggil2 ayah kalau ada orang yg lewat2 depan pintu op. Sementara Ayra jadi hobby mengeja kata 'la-ma bang-nget' nanti disahut ama mama 's-a-b-a-r' he..he..he..(kata ayah sih, pas masa2 ini ayah juga nggak sabar, soalnya dia denger dari suster2 di kamar op, kalau suster2 di lt.4 sibuk ama pasien yg masuk ruang ICU, yg op sebelum ayah)

Akhirnya jam 15.30 keluar deh ayah, wahhh..leganya kita.. :) langsung anak-anak pada lari nyamperin ayah. Tapi Alby terus diam ditempat, nggak jauh dari tempat tidur dorong ayah. Tiba-tiba..Alby menjerit..sekencang2..dan teriak 'aaayyaaaaaaaaaaahhhhhhhhhhhhhhh' sampai mukanya merah padam dan badannya agak nge-bungkuk gitu.., wadaaoww histeris tangisnya..! sampai susternya tanya; "kenapa dek?" soalnya nggak jatuh, nggak kenapa2.., kok tiba-tiba nangis..dduhh, ternyata Alby kangen..terus jg kesal kali ya..ama ayah..karena keluarnya lama..terus mungkin jg ketularan mama dan abang yg diem2 sama2 khawatir ttg ayah :(. Ama suster disuruh naik aja ketempat tidur, begitu tidur bersebelahan ama ayah.., si ayah dipeluknya..dicium2 sambil tetap menjerit..., dduhh...by, sinetron kalah nih.. ;), sampai susternya bilang; yg op ayah apa anaknya niii? (soalnya kata suster, kalau anak2 yg op biasanya nggak lama abis sadar mereka suka nangis atau menjerit gitu.., walau nggak semua anak begitu). Didalam lift kebetulan kan ada 2 cowok anak kuliahan gitu deh, berdiri dekat tempat tidur, Alby ditegurnya baik2.., 'kenapa dek?' waaahhh, ngamuk dia..dipukulnya si Oom satu, Oom yg satunya lagi ngeledekin, 'makanya jgn jail lu..' eee..si Oom yg ini kena tendangannya Alby, haduh..haduh..mama ama ayah langsung minta maaf, maaf ya..Om..maaf, Alby lagi sensitif...nihh..., hiii..sampai si Oom itu bilang 'peace man...peace man..' ke Alby..., kita-kita yg dilift jadi pada ketawa...

Susternya heran, 'tadi pagi bukannya ketemu ama ayahnya ya, bu..? datengnya sama2 kan? sampai segitu kangennya ama ayahnya...' susternya senyum2...
Sampai kamar Alby udah mulai tenang.., tapi belum mau lepas dari ayah, nggak nempel lagi sih..cuma duduknya jadi deket ayah, si Abang mah tenang aja..

karena tangan ayah dibebat, mau nggak mau pake kidal dulu deh.., dan kita dikamar ayah aja sampai tante Linda dateng jemput kita pulang.

Minggu, 16 Juli 2006

Siang ini ayah pulang. Dan Andung ama tante Linda bisa nemenin Alby terapi. Pulang terapi Alby ke rumah sakit. Sementara mama ama Abang jalan duluan, soalnya mau ngurus admin-nya dulu. Keluhan setelah op nggak ada, hanya punggung tangannya ayah jadi bengkak. Belum tau nih kenapa.., kalau hari ini dr. Agung-nya datang mungkin sekalian dicek, tapi kalau nggak berarti Senin besok pas kontrol. Anak-anak juga pada manis, menepati janji tidak ada yg minta gendong ayah.

Senin, 17 Juli 2006

Sore ini kita janjian ketemu di RS, kontrol tangan dan punggung ayah. Tapi karena macet akhirnya manya tunggu di PIM aja. Menurut dokter lagi tangan ayah yang bengkak itu pendarahan karena banyaknya jaringan yg diambil (baca:dibersihkan) untuk ganglion yg ditangan ternyata udah melebar, walau tidak berbahaya. Sedangkan yg dipunggung sudah bersih ke akarnya. Tangan ayah masih harus dibebat selama 6 minggu. Plester yg dipunggung sih dalam beberapa hari ke depan udah bisa dibuka. Ya..sudah deh..cepat sembuh aja ya, yah... :)..

kalau yang mau tau tentang ganglion, klik aja link ini tentang Ganglion