Thursday, February 09, 2006

Alby sekolah..

Salah satu yang belum diceritain adalah hari pertama Alby sekolah..., hiikks..maaf ya, by..karena mama malesss banget nulis jg lupa utk foto2 kegiatan pertama Alby masuk sekolah.., mudah2an kalau Alby baca blog ini kelak.., tau kenapa ada cerita yang terlewat.. :(

Semester ini sekolah dimulai setelah Idul Adha, tepatnya Rabu 11 Januari 2006..untuk anak-anak PG di sekolahnya abang..bisa masuk kapan aja, tanpa harus menunggu tahun ajaran. Jadilah mama dan ayah putuskan Alby mulai sekolah Januari ini. Selain jg untuk merangsang Alby bicara.., punya temen..jg biar nggak pusing siapa yg nungguin Alby dirumah..maunya sekali angkut..sekalian berangkat sama-sama kalau pagi..tapiii..ternyata Alby dah nggak kedapetan jadwal kelas pagi..yang ada kelas siang, jadilah..setiap hari rabu dan sabtu Alby sekolah.

Waktu kita sebut sekolah, seperti biasa Alby senang sekali..kalau sekolah sabtu - minggu pagi, Alby nggak perlu bawa-bawa tas.., tapi kalau yg rabu - sabtu siang..dengan tas sekolah tentunya.., -hiii..iya nih..yg sabtu Alby sekolah 2x-..dan rabu pagi itu..Alby dah nggak tahan..nenteng tas sekolahnya..biar sekolahnya masuk siang, dari pagi Alby dah minta dipakein baju pergi..terus tas kecilnya minta dipakein ke pundak..

Image hosting by PhotobucketImage hosting by Photobucket
Image hosting by Photobucket
Image hosting by PhotobucketImage hosting by Photobucket

Sedihnya hari pertama Alby sekolah, manya nggak bisa ikutan anter karena pas banget bikin laporan, jadi dibayar hari rabu (1/02) :D, mama dan ayah cuti bareng... Kata Andung, selama dikelas Alby nangis..jadi mesti ditemenin didalam kelas. Tapi Alby tuh lucu deh, meski nangis..semua perkataan/perintah gurunya diikutinnya... Hari sabtu (14/1)..abis dari sekolah di Pela..kita langsung nyambung ke TKAI..sampai sekolah Alby nangis dan sepanjang masa belajar itu Alby dipegang ama bu Atih..,

sampai sabtu, 28/1 kemarin, tiap masuk kelas..Alby masih aja menangis..tapiii beberapa saat menjelang jam pulang..Alby dah nggak nangis lagi.., waktu keluar dari ruangannya..dan liat mama jg nggak nangis lagi..(tidak seperti sabtu sebelumnya, liat mama nangis..liat abang nangis..liat ayah nangis..)..Wah, seneng dong manya...pikir mama..Alby dah enjoy niii...tapi ternyata..ada sesuatu ditangan kanannya.., pas mama liat, pas photonya abang! Terus bu Atih bilang; 'saya kasih fotonya Ayra bu.., nggak lama dia tenang..diem deh..nggak nangis lagi..' he..he.., ada-ada aja yaa..idenya bu Atih.., manya aja nggak kepikir soal foto..mungkin dengan foto bikin Alby merasa nyaman..merasa kalau abangnya juga sekolah..bareng dia.. :) bu Atih sih juga kasih saran kalau besok-besok gantian aja bawa foto mama atau ayah..

Image hosting by PhotobucketImage hosting by PhotobucketFoto abang yang disebelah kiri ini, nii..foto yang dipegang Alby selama sekolah. Nah, rabu kemarin.., menjelang berangkat..Manya cari-cari lagi tuh foto si abang, tapi kok nggak ada yaaa..., hmmm pasti deh kalau nggak tante Linda yaa..tante Mimi, ternyata bener tuh..ada di tante Mimi.., ditarok didompetnya lagi.. :p :( wahhh, manya cari-cari lagi deh kira-kira foto apa yang bisa dibawa ke sekolah.., akhirnya dibawalah fot0 disamping kanan ini. Selama disekolah dipegang terus ama Alby, kata bu Erni; 'Alby sayang bener ama abang.., sambil belajar sesekali foto abang diliatin..' -serasa abang sekolah juga ya, byyy..- Lumayan lah, menjelang pulang dah nggak nangis lagi.. :), fotonya sendiri dah lecek nggak karu-karuan.. ;)

Sabtu (11/02) Masih bawa foto nii..dan masih nangis waktu Alby mama serahkan ke bu Tati. Tapi kata bu Atih lagi hari ini Alby dah punya gaya yang lain..kalau udah jam makan bersama, Alby dah nggak nangis lagi.., dah tenang dia..., tau kali yaa.. kalau sebentar lagi pulang.. :)

Friday, February 03, 2006

Alby terapi 2

Image hosting by Photobucket
Si mungil ini nyaris terlewat juga ceritanya.. :), nyambung cerita sebelumnya Alhamdulillah..terapi Alby berjalan dengan baik..cuma nih..terapi yang sudah berjalan hampir 3 bulan, baru 2 bulan yang didapat Alby..hampir sebulan sendiri itu karena libur lebaran, libur natal dan tahun baru tambahan..lagi terapistnya juga cuti...

Sejauh ini, alhamdulillah..ya..udah ada sedikit kemajuan buat Alby, walau masih bersifat spontan.., karena kalau disuruh ngulang..Alby pasti dah nggak mau. Seperti waktu hari minggu (15/1), Sambil menunggu kelasnya mulai.., kita nonton tv yang di lobby. Kebetulan lagi Good Morning - TransTV, ada anjing pudel..nggak atau deh ngapain karena manya nggak merhatiin tv..eee.., tiba-tiba Alby bilang; 'guk..guk' waaahhh....kaget deh kita, soalnya ngomong 'guk'-nya beda gitu, bener-bener G-U-K, mulutnya bener2 monyong membentuk huruf U, selama ini kan nggak gitu..sepertinya setiap pengucapan itu selalu aja..ada di ujung bibirnya...

Dari terapi ini manya dapet tambahan pengetahuan lagi ;). Manya nggak pernah nyangka kalau seperti meniup, menjulurkan lidah itu bagian dari bicara jg. Waktu Ibu Sri minta supaya Alby meniup..waduh, Alby tidak meniup seperti layaknya meniup dgn memonyongkan bibirnya..tapi seperti berhembus cuma arah anginnya ke bawah..(walah! gimana tuh? moga2 ngeh yaa..) ..Semua itu pada akhirnya utk kata-kata yg dimulai dgn huruf 'p, b, u, o'..

Kalau menjulurkan lidah. Awalnya sih manya pikir, begitu gigi lengkap otomatis anak nggak bakalan ngeces (mengeluarkan liur) lagi, ternyata enggak yaa.., menjulurkan lidah jg untuk menahan air liur.., kalau manya perhatiin memang Alby itu ngecesnya nggak kira-kira deh..bajunya pasti basah dan sehari itu bisa berkali-kali ganti baju. Nah, dah 2 bulan ini keliatan kalau air liurnya berkurang :), nggak perlu tiap sebentar ganti.

Soal meniup dan menjulurkan lidah ini, bener2 deh nggak kepikiran kalau ini bagian dari proses bicara. Kelihatannya sepele..ya.., dan alhamdulillah..Alby dah bisa mengejar ketinggalannya.

Terapist yang mengajar Alby ada 2, Ibu Sri dan Pak Wahid. Meski diajar berbeda terapist cara-cara yang diajarkan ke Alby sejalan, karena setiap kegiatan hari itu dicatat di buku, apa yang kurang dan apa yang udah dicapai Alby. Jadi setiap mau kelas mulai..buku itu manya kasih.., buat kami juga Alby hal ini nggak masalah. Yang berbeda itu justru gimana gaya Alby belajar. Kalau pertama kali Alby dengan Ibu Sri ko-operatif sekali..ketika minggu depannya mama coba tinggalin berdua aja dgn ibu Sri, Alby menangis dan Ibu Sri nggak tegaan.., dia panggil manya utk menemani Alby..jadi sampai sekarang Alby maunya ditemani kalau sama Ibu Sri.

Image hosting by Photobucket
Kalau dengan Pak Wahid lain lagi, hanya hari pertama aja Alby ditemanin karena Pak Wahid tuh pesan sebaiknya ditinggal aja bu, kalau nanti dia menangis.., biarkan aja dia nangis..nanti lama-lama dia pasti berani dan nggak nangis lagi..dannn..terbukti euy.., mulai minggu kemarin dari masuk..belajar dikelas..hingga keluar kelasnya..Alby senyum. Seneng deh ngeliatnya. Waktu pertama kali ditinggal..hampir 20 menit pertama Alby menangis..pake menjerit segala, udah nggak tahan jg pengen ikutan masuk ke kelas..tapi tahan diri..dan Pak Wahid-nya juga nggak keluar-keluar tuh.. Minggu depannya..jg gitu, kali ini liat Pak Wahidnya aja Alby udah nangis..pegang mama erat-erat. Tapi Pak Wahidnya juga pantang menyerah..meski manya bilang; boleh ya, pak..? dengan nada harap, dia keukeuh euy..supaya manya tunggu aja di luar. Dan memang sih..tangisnya mulai berkurang..meski sesekali terdengar..dan keluar masih jg menangis. Tapi lucunya kata Pak Wahid lagi..setiap kali 'ditanya' meski lagi nangis gitu..Alby tetap 'menjawab'. Adalah sebulan Alby begini sama Pak Wahid. Tangisan mulai berkurang...seminggu yang lalu..keluar kelas udah nggak nangis lagi..terus minggu (29/1) kemarin, masuk dgn kening sedikit berkerut..dan keluar dgn senyum. Dan menurut Pak Wahid lagi..Alby udah menunjukkan satu kata lagi.., waktu bola yg kalau dipencet berbunyi, Alby mengeluarkan suara 'tet..tot!' dgn spontan.., abis itu disuruh ngulang lagi..yaa..senyum aja..

Terkadang kalau liat Alby sekolah pake acara nangis..manya suka nggak enak hati..terkadang dalam hati tuh..suka ngebathin; aku maksa anak nggak sih? kasihan banget deh si Alby.. :( tapiii..nanti ngebathin lagi..berdoa lagi..bahwa ini semua nggak sia-sia.., bahwa ini semua buat Alby -si ganteng kecil manya-..juga..