Saturday, July 29, 2006

Kataku....

Jum'at, 28 Juli 2006Photobucket - Video and Image Hosting

hmmm..abang tuh yaa..kalau pagi, suka adaaa..aja ulahnya..kayak pagi ini, mama udah berkali-kali bilang; 'ayoo..pake sepatu..nanti telat abang...' ee...masih jg bergaya dan ber-expressi macem-macem..gemes aku liatnya...ya, udah aku teriak ajaa..'aaaaaaaaaaaaaaaaaahhhhhhhhhhhhhhhhhhh...' eh, belum ngeh juga.., kataku; 'ceepppaaaaaaaaaaaaatttttttttttt....' he..he..he.., mama dan ayah..pandang-pandangan tapi terus cuek aja..iiihhh, kok nggak pasang muka takjub sih..?! hmm..aku mesti ngoceh lebih banyak lagi..., tapi pagi ini udah dulu ahhh...

*************

Kamis, 27 Juli 2006

Seperti biasa, pagi ini bangun tidur..abis minum susu aku liat mama di dapur.., terus diajak mandi ama ayah..., 'mau..mau..' keluar kamar mandi.., kataku; 'mamaku...' hhiiiiii.........., si mama takjub..ayah nge-beo.., pdhl biasanya aku yg nge-beo..., mukanya mama ama ayah seneng banget...hi..hi..hi..

*************

Dua hari sebelumnya.., abis antar mama, ayah dan abang berangkat.., aku colek Andung..ku tunjuk2 mulutku..tanda minta susu.., sebel! Andung pura-pura nggak tau lagi.., colek lagi..tunjuk-tunjuk lagi..Andung ngangguk..ngangguk..'mau susu..ya..' hah! iya..iyaa...
terus Andung panggil-panggil botol; 'botol...botol dimana ya? dimana botol? .... aduuh, nggak ada tuh by, dimana botol..'
Hiii :D lucu ih, si Andung..masak botol diajak main tak umpet, aku mau ikut panggil juga aahhh, kataku; 'botol..!'
qiqiqiqqqq..si Andung senyum.., minta aku ngulang lagi..., nggak aahh ndung, nggak ada pengulangan..., aku nyengir aja ya, ndung...qiqiqiqqqq...

cerita : Alby
ditulis : mama
kesan : udah beberapa hari ini (dlm seminggu kemarin) beberapa kata spontan terucap ama Alby, diluar kata-kata yg sering dia katakan, seperti mau, iya, mama, ayah, mimi, kakak, kuku, buku, keke, koko, kiki..,
masih suka menyambung suku kata terakhir..dan 2 minggu ini ..hanya mau mengikuti 2-3kali pengulangan..sisanya? ngelengos..cuek..ajah..
yang lainnya..Alby lagi suka dibacain cerita, suka main kompi, nge-ganggu abang, sesekali main lilin..ama baca-baca..dan ngikutin gayanya abang.. :)

Sunday, July 23, 2006

hari pertama sekolah di thn ajaran 2006/2007

Kamis (20/7) dan Jum'at (21/07) kemarin adalah hari pertama Ayra dan Alby sekolah lagi. Denger kata sekolah anak-anak udah suka sekali..Untuk Alby, udah kita kasih tau kalau hari pertamanya adalah hari Jum'at, tidak sama dengan abang, sesuai dengan jadwal kelasnya Alby. Abang bangun pagi seperti biasanya..terus siap-siap, pagi ini bawa bekal nasi goreng ama nugget aja. Waktu kita tinggal Alby nggak rewel dan hanya mengangguk2 aja kalau kita bilang, Alby sekolah besok.

Disekolah rame sekali.., rame karena adik-adik baru kelas TK A, orang tua dan para mbak. Terus kita juga dapet kejutan..sekolah ganti cat..ganti warna, hii..rasanya tiap tahun ajaran baru..ada aja yg baru dari sekolahan..Ayra, seperti biasanya naik ke atas, taruh tas..terus pipis dulu..terus baru main ama temen-temennya. Di papan pengumuman..udah tertera pembagian kelas, Ayra dapet kelas B2 dan sebagian teman-temannya bukan dari kelasnya yg terdahulu, kali ini Ayra nggak sekelas ama Alee. Sebenernya mama pengen liat sampai Abang Ayra masuk kelas terus diumumin wali kelasnya (hmm, mama kira seperti tahun lalu) ternyata enggak, setelah nyanyi anak-anak TK langsung naik ke atas, ke kelas masing-masing. Sampai sini jelas orang tua udah nggak bisa liat lagi, ya..sudahlah..mama ama ayah pun berangkat knt.

Siangnya mama telpon abang, tanya-tanya seputar hari pertamanya..guru2nya dan temen2nya.., kata abang; "temen-temen abang masih yang dulu kok ma, yg baru cuma kelasnya..kelas B2, kelas abang sekarang kelas anak-anak TK-B dulu, nanti mama harus liat kelas barunya abang". Wali kelas abang kali ini Bu Andri dan Bu May. Sebelumnya sih, mama sempet bilang ke abang, kalau temen2 kelasnya pada ganti nggak papa ya.., karena semua kan tetap teman abang.

Terus gimana dengan hari pertamanya Alby? Jum'at pagi, seperti biasa meski sekolahnya siang..perlengkapannya Alby jg mama siapkan dari pagi, jadi pas berangkat Andung udah nggak repot lagi. Baju tinggal dipakein dan bekal tinggal dibawa. Sebenernya sih, mama ama ayah inginnya Alby pagi juga, biar boyongan semua pada berangkat pagi..sekali anter gitu. Tapi kalau sekolah pagi, jam pulang Alby lebih awal dari Ayra. Nah, kalau kelamaan nunggu, takutnya Alby keburu bete..terus marah-marah..dan menemani Alby main jauh lebih capek.., hiii..Andung nggak mau nanggung. Lebih baik Ayra yang menunggu Alby pulang, karena Ayra udah bisa main sendiri..atau main gabung temen2nya dan udah pasti Andung nggak capek nunggunya..

Pagi itu, Alby jg ikut siap2..minta dipakein baju pergi terus dia tenteng2 tas sekolahnya.., jadilah dia nganterin kita bertiga lengkap dengan tas sekolah dipunggung tapi pake sandal. Karena Alby sekolahnya siang, jadi mama ama ayah nggak bisa liat hari pertamanya kali ini. Tapi kata Andung sih..hari pertamanya baik-baik aja..nggak ada tangis dan jeritan seperti Jan 06 kemarin. O iya..wali kelasnya Alby, Bu Nanin..

Ditahun ajaran kali ini Alby masih di TB-K, karena pertimbangan dari Bu Erni-Bu Nani, dimana Alby selain jg belum bisa bicara, EQ-nya Alby masih jaauhhh..dari yg diharapkan (hiii..masih terlalu bayi kamu ya, Byy.. :D). Nanti dipertengahan tahun ajaran, sekitar bulan Januari 07 diliat lagi apa Alby bisa ke TB-B atau tetap di TB-K sampai thn ajaran selesai. Moga-moga aja..6 bulan ke depan ini akan banyak kemajuan buat Alby, Amiinn..

Monday, July 17, 2006

Ketika ayah di rumah sakit..

Sabtu, 15 Juli 2006

Setelah dua minggu cari tau, ke dokter terus juga tanya ke tante Icha -temen kuliah mama-, ayah gerilya cari tau lewat temen-temennya, terus juga pengalaman waktu Ayra operasi ganglion di kakinya, akhirnya Ayah memutuskan untuk operasi juga. Selama ini di pergelangan tangan kanan dan punggung atas sebelah kanan ayah ada benjolan. Dulu sih sempet nebeng tanya-tanya kalau pas anak-anak lagi ke dr.Dwi Putro atau juga ke dokter di knt ayah. Mereka bilang benjolan ditangan dan punggung ayah itu ganglion. Persisnya kapan benjolan itu ada manya dan ayah juga lupa2 inget, yg pasti sih dari Ayra bayi benjolan itu udah ada. Karena memang nggak terasa sakit juga tidak mengganggu ya..ayah tenang-tenang aja. Waktu Ayra operasi ganglion, sempat jg Ayah mau cek yg serius, tapi Ayah (merasa) lagi repot banget, jadi ragu mau cuti akhirnya yaa..cerita tentang 2 benjolan ini lewat aja. Nah..mulai akhir bulan lalu, Ayah mulai kasak-kusuk nih.., sebenernya manya mulai rada khawatir juga terutama yg dipunggung, sepertinya kok makin lama makin melebar. Dari hasil pemeriksaan (seperti yg udah kita duga) yg di pergelangan tangan itu ganglion (diameternya 3cm), sementara yang di punggung itu lipoma (diameternya udah 7cm). Dokternya menyarankan untuk operasi sekalian nge-bersihin jaringan yang dibawahnya.

Photobucket - Video and Image Hosting Photobucket - Video and Image Hosting

Op dijadwalin tgl 15 sabtu kemarin, op-nya termasuk op sedang jadi besoknya ayah dah bisa pulang, pikir kita kalau sabtu biar anak-anak ada yg jagain..tapi ternyata o..la..la.., nggak ada yg bisa dititipin :(, jadilah kita boyongan ke rumah sakit. Dari malam sebelumnya Ayra_Alby udah mama pesanin (omongin) kalau besok ayah harus masuk rumah sakit, harus operasi jadi anak-anak mesti kompak ama manya; selama nungguin ayah, tidak boleh ribut, tidak boleh bertengkar, tidak boleh gendong, tidak boleh rewel, dan harus sabar (eitss..memang anak manis semua, pd akhirnya yg nggak lulus cuma yg 'harus sabar' itu..).

Setelah beres makan pagi, kita berangkat. Urus-urus admin sebentar terus kita diantar ke kamar dilantai 4. Sampai lt 4 ayah mulai diperiksa..tensi, suhu badan..kalau utk labnya udah 2 hari sebelumnya. Selesai ayah periksa, sambil menunggu menjelang jam 12 (jadwal op ayah) kita main ke taman belakang, kecuali ayah. Ditaman banyak oma-oma dan 2 opa yang lagi senam. Kita main sama kira2 jam 10.30. Abis itu kita balik ke kamar ayah. Di kamar Ayra_Alby lebih banyak main mobil, kadang mewarnai, gambar dan nonton tv. Jam 11.30 Ayah diminta siap-siap ama suster utk ke lt 2 -ruang op-, ganti baju op dulu..terus setelah siap sambil duduk dikursi roda kita ke lt 2. Alby liat ayahnya duduk di kursi roda, ikutan naik juga. Duduk deh dia dipangku ayah.

Pas sampai di lt 2 persis didepan pintu operasi, kita udah nggak boleh masuk lagi. Ya..sudahlah kita dadahan dulu ama ayah. Alby nggak nangis niii...masih tenang.., dan anteng aja. Manya sebenernya pengen nunggu aja (agak H2C jg nih soalnya), karena op-nya kata suster nggak sampai sejam. Tapi Ayra keukeuh pengen ke Mc Donald (dia sih naksir ama hadiah cars happy meal), mama tawarin bekal yg dibawa dr rumah, dia nggak mau..ya..sudahlah..kita ke McD dekat rs, dduhhhh..yaa.., manya nggak bisa tenang..., keinget ayah mulu..tapi jg nggak bisa cerita ke anak2 :(, tapi lucunya anak2 jg makannya nggak nyaman.., Ayra malah cuma mau kentangnya aja itupun yg ukuran kecil, biasanya mau yg besar, minum milonya nggak habis. Alby malah nggak mau sama sekali..cuma mau susu aja. Nenteng anak 2 yaa..nggak bisa buru2 jalannya.., sampai lt 2 lagi, rame banget orang..rupanya ada satu pasien -sebelum si ayah- kritis setelah op, keluarga besarnya ada yg diem aja..ada yg nangis.., walah! jelas manya mules juga jadinya. Duuhhh.., mana suster nggak keliatan.

Akhirnya ada jg yg suster yg keluar. Langsung deh, manya tanya;
"Suster Pak Tito masih op apa udah selesai"
"oo..sudah bu, sudah selesai lagi diruang recovery.."
"udah sadar belum?"
"sebentar lagi ya bu.."
susternya senyum ajah. Duuuhhh...

Ayra mulai deh tanya2 kapan ayah keluar.., mama jelasin dan kebetulan dia jg denger apa kata susternya jadinya yaa..dia tenang lagi. Alby masih tenang. Sementara keluarga pasien yg lainnya silih berganti pergi, kok ayah belum keluar2 juga ya..., si Abang udah nyuruh manya tanya suster lagi, begitu ada suster yg keluar manya tanya lagi;
"suster, pasien bapak Tito masih didalam kan?"
"masih bu.."
"udah sadar belum?"
"sudah bu, tinggal tunggu dijemput ama lt.4"
"beneran udah sadar?"
"iya, bu.."
"alhamdulillah, makasih ya..suster" :)
dduhh, lega deh manya.., Ayra yg ikutan denger seneng juga dia.

Tapi ternyata kita harus menunggu lagi, karena suster di lt 4 lagi pada sibuk ngurus pasien yg kritis tadi..., mulai deh Ayra_Alby udah pada nggak sabar, kita sampai pindah tempat duduk..dari ruang tunggu..pindah ke meja petugas yg jaga, terus pindah lagi main di tangga, terus pindah lagi didepan lift. Alby mulai menunjukkan ketidaksabarannya sambil terus panggil2 ayah kalau ada orang yg lewat2 depan pintu op. Sementara Ayra jadi hobby mengeja kata 'la-ma bang-nget' nanti disahut ama mama 's-a-b-a-r' he..he..he..(kata ayah sih, pas masa2 ini ayah juga nggak sabar, soalnya dia denger dari suster2 di kamar op, kalau suster2 di lt.4 sibuk ama pasien yg masuk ruang ICU, yg op sebelum ayah)

Akhirnya jam 15.30 keluar deh ayah, wahhh..leganya kita.. :) langsung anak-anak pada lari nyamperin ayah. Tapi Alby terus diam ditempat, nggak jauh dari tempat tidur dorong ayah. Tiba-tiba..Alby menjerit..sekencang2..dan teriak 'aaayyaaaaaaaaaaahhhhhhhhhhhhhhh' sampai mukanya merah padam dan badannya agak nge-bungkuk gitu.., wadaaoww histeris tangisnya..! sampai susternya tanya; "kenapa dek?" soalnya nggak jatuh, nggak kenapa2.., kok tiba-tiba nangis..dduhh, ternyata Alby kangen..terus jg kesal kali ya..ama ayah..karena keluarnya lama..terus mungkin jg ketularan mama dan abang yg diem2 sama2 khawatir ttg ayah :(. Ama suster disuruh naik aja ketempat tidur, begitu tidur bersebelahan ama ayah.., si ayah dipeluknya..dicium2 sambil tetap menjerit..., dduhh...by, sinetron kalah nih.. ;), sampai susternya bilang; yg op ayah apa anaknya niii? (soalnya kata suster, kalau anak2 yg op biasanya nggak lama abis sadar mereka suka nangis atau menjerit gitu.., walau nggak semua anak begitu). Didalam lift kebetulan kan ada 2 cowok anak kuliahan gitu deh, berdiri dekat tempat tidur, Alby ditegurnya baik2.., 'kenapa dek?' waaahhh, ngamuk dia..dipukulnya si Oom satu, Oom yg satunya lagi ngeledekin, 'makanya jgn jail lu..' eee..si Oom yg ini kena tendangannya Alby, haduh..haduh..mama ama ayah langsung minta maaf, maaf ya..Om..maaf, Alby lagi sensitif...nihh..., hiii..sampai si Oom itu bilang 'peace man...peace man..' ke Alby..., kita-kita yg dilift jadi pada ketawa...

Susternya heran, 'tadi pagi bukannya ketemu ama ayahnya ya, bu..? datengnya sama2 kan? sampai segitu kangennya ama ayahnya...' susternya senyum2...
Sampai kamar Alby udah mulai tenang.., tapi belum mau lepas dari ayah, nggak nempel lagi sih..cuma duduknya jadi deket ayah, si Abang mah tenang aja..

karena tangan ayah dibebat, mau nggak mau pake kidal dulu deh.., dan kita dikamar ayah aja sampai tante Linda dateng jemput kita pulang.

Minggu, 16 Juli 2006

Siang ini ayah pulang. Dan Andung ama tante Linda bisa nemenin Alby terapi. Pulang terapi Alby ke rumah sakit. Sementara mama ama Abang jalan duluan, soalnya mau ngurus admin-nya dulu. Keluhan setelah op nggak ada, hanya punggung tangannya ayah jadi bengkak. Belum tau nih kenapa.., kalau hari ini dr. Agung-nya datang mungkin sekalian dicek, tapi kalau nggak berarti Senin besok pas kontrol. Anak-anak juga pada manis, menepati janji tidak ada yg minta gendong ayah.

Senin, 17 Juli 2006

Sore ini kita janjian ketemu di RS, kontrol tangan dan punggung ayah. Tapi karena macet akhirnya manya tunggu di PIM aja. Menurut dokter lagi tangan ayah yang bengkak itu pendarahan karena banyaknya jaringan yg diambil (baca:dibersihkan) untuk ganglion yg ditangan ternyata udah melebar, walau tidak berbahaya. Sedangkan yg dipunggung sudah bersih ke akarnya. Tangan ayah masih harus dibebat selama 6 minggu. Plester yg dipunggung sih dalam beberapa hari ke depan udah bisa dibuka. Ya..sudah deh..cepat sembuh aja ya, yah... :)..

kalau yang mau tau tentang ganglion, klik aja link ini tentang Ganglion

Thursday, July 06, 2006

Serba-serbi Enam

Nah, kalau yang serba Enam ini dapet tiket terusan lagi dari Bunda Meyrinda. Banyak juga yaaa..6, 6 kenangan yang sedih dan happy...Photobucket - Video and Image Hosting

Buat manya yg paling sedih itu yaa.. Desember kemarin susah diungkapin..susah jg buat nulisnya, yang masih suka manya rasakan sampai sekarang, suka tiba-tiba sedih sendiri. Dulu awal-awalnya berat banget kalau udah ketemu hari Sabtu..lama-lama terbiasa, tapi hati ini suka pedih..sedih..kalau liat orang tua -tepatnya kakek2- yg kira-kira se-usia papa, yang masih kuat jalan dan sehat. Yang seperti ini mau nggak mau bikin manya inget papa..inget angkunya Ayra_Alby. Terkadang airmata udah ngambang dipelupuk tapi bisa ditahan.., pernah waktu lagi main-main ke blog Ummi-nya Irsyad, liat fotonya Irsyad ama Akungnya...wwhuuaaa, :(( manya serasa liat Angku, karena rambut Akung-nya Irsyad dah putih semua (betul kan Mi?) sama kayak Angku. Waktu Ayra_Alby terima raport kemarin, malemnya badan manya gemeter..hati jg rasanya gimanaaaa..gitu, karena mau nggak mau jadi inget aja suasana waktu sehari sebelum Angku pergi dimana malemnya kita nge-bahas raportnya Ayra..., kata Ayah..dulu waktu awal-awal alm. ibu (eyang utinya Ayra_Alby) pergi ayah jg suka merasakan hal kayak gini, cuma yaaa..cowok, nggak pake mewek lah...

Satunya lagi kalau anak-anak lagi sakit mungkin nggak beda ama ibu lainnya, suka kepikiran yg enggak2 kalau anak udah sakit. Jadi inget waktu Juli - Agustus 2004 Ayra operasi ganglion terus nggak lama sesudah itu Alby diare nggak berhenti2..bolak-balik ke RS, dokter...cari tau lewat temen..internet..nebus obat..rasanya dduhhh...sedih.., harap2 cemas, ketakutan..waktu itu dalam 2 bulan berat badan langsung turun 3kg! Seneng2 senep jadinya.. :D. Masak mau turun BB anak harus sakit dulu :(

Kalau kenangan yang happy..ya..bisa aja lebih dari 6..
1. Minggu, 25 April 1999... akhirnya jadi juga 'jadian' ama si ayah..setelah hampir 9 tahun jalan bareng :). Berbagai perasaan nih pas hari H-nya.., ya..sedih..seneng..terharu..geregetan..capek..jutek..dan stress utk bisa sampai di hari itu..

2. 10 hari pertama bulan April 2000, waktu liat test pack manya strip dua :). Kado anniversary pertama yg paling berkesan..nyaris nggak tau mau ngomong apa pas liat tanda strip 2 ini, soalnya sempat ketipu..kirain dah 'isi' ternyata belum...

3. Sabtu, 9 Desember 2000..kelahiran abang Ayra.., wah..ini yg paling susah diungkapkan.., liat Ayra keluar dari perut.., dan ceritanya udah pernah manya tulis di Althayra Muhammad Hanif

4. Ketika Ayra 18 bulan manya ama ayah berencana mau kasih adik buat Ayra, karena dulu
waktu Ayra kita harus 'menunggu' hampir setahun, dan menurut dsog-nya udah oke2 aja.., jadi kita pikir yaaa...nggak beda ama Ayra-lah.., ternyata alhamdulillah..Alby datang 6 bulan lebih cepat dari yg kita bayangkan. Meski begitu tetap aja surprise waktu tau test pack manya strip 2 lagi :) dan ini kejadiannya sekitar November 2002..

5. Sabtu, 23 Agustus 2003..kelahiran anak-anak memang tak terlupakan.., untuk Alby jg manya tulis di Alby Muhammad Janan

6. Hari-hari pertama Ayra dan Alby di TKAI..., ajaib aja..rasanya baru kemarin digendong-gendong..ternyata bocah dua itu udah sekolah. Insya Allah setahun kedepan..abang Ayra udah mau masuk SD, nggak terasa sebentar lagi dia jadi ABG dan nyusul Alby...aaaihhhhhhh...


Wahh.., ternyata nggak bisa lebih dari 6.. rasanya yaa..6 hal itu yg paling melekat dan tak terlupakan.. :)

Serba-serbi Empat

dapet terusan dari Umminya Irsyad nih.., nulis-nulis serba-serbi empat.. :) Photobucket - Video and Image Hosting

Empat kerjaan :
Aduh..ini udah kayak CV aja deh.. :) tapi kalau nurut kerjaan mah, sampai saat ini manya kerja di dua tempat.
1. Bergerak di (supplier) bidang alat kedokteran, kerjaannya ngitung-ngitung juga..ada sekitar 1.5 tahun disini..
2. Terus nyambung di bumn konstruksi, masih dibagian ngitung-ngitung..dan sekarang lagi dapet kerjaan baru.., dapet ilmu baru juga..
3 dan 4-nya kerjaan rumah kali yah.., pegang anak-anak, gantian nyuci dan nyetrika ama ayah..dan lainnya lagi..

Empat tempat tinggal :
Wahh.., sama aja nii...karena rasanya sepanjang hayat yah..tinggalnya..di Jakarta ini sampai sekarang.. :D, 3 tambahannya kota favorit aja yaa.., manya suka Jogja, Bukittinggi dan Malang..

Empat film yang udah ditonton 100x :
ada yang berkali-kali..tapi bisa juga ada yg beneran 100x dah ditonton
1. Beyond Borders, Clive Owen-nya keren banget
2. Angel Eyes, Jim Caviezel-nya...nggak beda ama si Clive..
3. Chicken Little..
4. Teletubbies, Winnie the Pooh, serial Dancow, Beep-Dancow ini mungkin bisa jadi emang 100x soalnya dari Ayra bayi...lanjut ke Alby sampai sekarang..

Empat TV Show fave :
Lumayan jarang nonton TV sekarang, kecuali kalau ada film bagus..
1. Oprah Show, walau nggak bisa selalu on..pas acaranya mulai..
2. Global TV, kenyang ama Chalk Zone, Dora dan si Spongebob..tontonannya abang Ayra_Alby
3 & 4 jarang nonton TV niii..jadi nggak ke bayang apaan lagi...

Empat makanan fave :
Adduh, ini mah bisa banyak...
1. Mie..
2. Sate padang
3. Mpek-mpek
4. Apa aja yg enak-enak deh pokoknya.. :)

Empat situs fave :
1. Blognya..si abang Ayra_Alby
2. Blognya temen-temen
3. YG - Milis
4. CBN Webmail & News

Empat target berikutnya :
1.Bunda Lilik
2.Wulan
3.Shendy
4.Dian Sigit

Nah, Mii..pe-ernya dah manya kelarin yaaa... :)