Sunday, September 24, 2006

Cerita hari ini..

Ayra : Alhamdulillah, aku puasa.. :)

Masih inget ama cerita Ayra yang ini? Untuk puasa kali ini Abang udah niat mau ikutan lagi dan buat Mama dan Ayah tentunya lebih baik dari tahun lalu. Untuk puasa kali ini diusahakan nggak ada jeda waktu untuk minum susu seperti tahun lalu..., dimana setiap kali Ayra haus boleh minum.

Photobucket - Video and Image HostingPagi ini abang memang nggak ikutan bangun pas sahur, abis keliatan tidurnya nyenyak banget. Dan baru bangun jam 7 pagi. Aktivitas pagi seperti biasa..karena ini libur boleh dong bangun siang.. :) abis Ayra_Alby bangun, mereka dimandikan ayah sementara mama nyiapin makanan mereka. Seperti yang sudah-sudah kalau setiap hari Minggu menu wajibnya adalah bubur. Jadi mau menu sayurnya apapun hari Minggu adalah harinya makan bubur. Tapi pagi ini abang sahurnya nggak pake bubur, kata Abang lagi..siang aja. Ya sudah, jadilah sehabis mandi itu abang sahur dengan makan roti, minum susu segelas terus air putih juga. Kalau Alby sih..jadi ikut-ikutan abangnya..makan roti aja beberapa potong..habis itu mereka pergi ama ayah ke sekolah Alby.

Jam 11.30 - 12.30
'Abang boleh minum may?' Liat jam.., udah jam 11.30 tadinya sih mau menunggu sampai jam 12.00 tapi agak2 nggak tega juga liatnya..karena dari beberapa jam sebelumnya abang udah atur2 apa yang mau dimakannya. Akhirnya di-iya-in juga. Mulai deh dia 'berbuka' dgn 2 susu kotak, makan bubur + sayur, minum yakult, minum air putih. Sengaja mama kasih waktu sampai jam 12.30 kalau-kalau abang pengen makan lagi. Soalnya abang sendiri yang bilang abis ini abang mau puasa lagi.

Jam 16.00 - waktu berbuka
Kita ke tempat Eyang, buka puasa bareng disana. Begitu sampai, seperti biasa..3A (Ayra-Alby-Aji) main2 mobil-nya paklik. Disini..hampir tiap 5 menit abang bolak-balik tanya 'udah bisa minum may?' 'udah jam berapa?' 'abang udah boleh minum?' 'may, abang boleh makan pisang goreng? -karena dia liat Alby makan pisang goreng- hi..hi..hi..bolak-balik juga mama ama bulik bilang; 'dikit lagi bang..' 'nanti bang..masih 40 menit lagi' 'tanggung bang..dilepas'
Bosan bermain di mobil. Abang makin rajin bolak-balik liat jam..akhirnya dia minta main PS ditemanin ayah. Eeee...nggak terasa aja..udah bunyi bedug. Diajak berbuka..malah keasyikan main, tapi nggak lama sih..karena begitu liat kita pada minum terus makan pisang goreng, Ayra jadi inget kalau Ayra mau pisang goreng. Jadi pas buka itu..Abang habis 3 pisang goreng, minuman timun suri + kolang-kaling buatan bulik, menghabiskan porsi buburnya, -banyak amat bang...-

Abang jempol..puasa hari pertamanya sukses. Mama ama Ayah..semua ikutan senang. Abang sih tadi bilang; 'besok abang ikut puasa lagi ya.., kayak gini lagi ya, maa..'
Mama sih oke-oke aja.., tapi besok mungkin ceritanya lain lagi..tergantung semampu dan sekuatnya abang ajah.., namanya juga masih dalam tahap belajar ya..bang.. :)

Alby : Ku..cuci sendiri sepatukuuwww..


Photobucket - Video and Image Hosting Photobucket - Video and Image Hosting

Photobucket - Video and Image Hosting

Photobucket - Video and Image Hosting Photobucket - Video and Image Hosting

Alby bantu-bantu ayah cuci sepatu..

Friday, September 22, 2006

Selamat Puasa..

Selamat Menjalankan Ibadah Puasa
Ramadhan 1427 H
Mohon maaf lahir dan bathin
Maaf atas segala khilaf dan salah baik perkataan maupun perbuatan..


Photobucket - Video and Image Hosting

Rahma-Tito * Ayra-Alby

Wednesday, September 20, 2006

Bajaj barukuuuwwww...

Photobucket - Video and Image HostingKemarin, pagi pas berangkat kita liat ada bajaj kuning yg parkir dipinggir jalan, pas liat abangnya ternyata abang bajaj langganannya Ayra. Sehari sebelumnya ayah cerita kalau si abang bajaj bilang kalau dia mau ganti bajajnya ama bajaj yg ramah lingkungan itu. Udah pada tau kan kalau bajaj yang sekarang ini (katanya) akan diganti dengan bajaj yang ramah lingkungan. Tapi nggak tau nih..apa malah jadi tambah kendaraan, karena rasanya kancil jg nggak nge-gantiin bajaj. Sepintas mirip bajaj juga tapi dia lebih resik (mungkin karena masih baru) plastik tempat duduknya belum dibuka dan dia pake BBG -bahan bakar gas-, dan ada juga yang pake bensin. Yang pasti sih nggak berisik :D, tempat duduknya lebih lebar. Kata si abang sih..di selatan baru 2 nih..Nggak beda dengan abangnya, Alby juga suka dengan bajaj ini, jadi waktu kita naik..si Alby kan mau nutup pintu bajajnya..tapi nggak ada pegangan pengaitnya..dia bingung..mulutnya mangap..terus dia agak2 marah dikit..keliling.. lihat-lihat si bajaj..belakangnya bajaj juga..hi..hi..lucu banget liat tingkahnya.., kata ayah lagi.., dah kayak kucing aja.., kalau nemu tempat baru..

Lumayan diperjalanan keluar dari haji nawi sempet papasan ama temen2 si abang bajaj..sesama tukang bajaj juga, mereka menyapa; 'waaahhh dah dapet yg baru yahhh...? sejak kapan?' :) hi..hi..hi..

Sampai sekolah.., wwwuuuaaa..ini dia, tiba2 aja bapak tukang parkir sekolah nanya gini; 'bajaj baru ya, bang..bla..blaa' karena dia ngomong2 dulu..sama abang bajajnya, anak-anak TK terlebih lagi temen2nya Ayra yang lagi main dihalaman pada ngeliatin..terus nge-rubungin..bajaj baru..., smtr kita ber3..masuk kedalam (oiya, kita dapet tarip yg seperti biasa niii..hi..hi..). Jelas aja ibu2 yg udah pada dateng seperti Bundanya Alee..pada nanya..'itu bajaj baru yang pake gas itu ya?' 'iya..' terus Alee penasaran..teriak2 minta ijin bundanya buat liat. Dikasih ijin, dan bundanyapun ikut lari ke depan. Karena ternyata anak2 itu jadi pada diluar pagar.., ternyata..o..ternyata..temen2 Ayra pada naik..rame2..akhirnya keliling deh tuh tukang bajaj..hi..hii.., smtr Bundanya Alee ama mamanya Aradi nungguin didepan pintu pagar sekolah..., haaduhh...anak2 itu pada cerah ceria.., turun2 pada lari2an dan berebut ngomong ke kita (ibu2 termasuk Manya) yg lagi duduk.

Alee : bajajnya pake gaassss !!!!..-expressinya Alee banget..-
Aqraa : Ma..., enak maaa....rame2, bajajnya lain!!
Nara : Ma, bunyinya nggak berisik...
Arqam : iya..enak -sambil senyum-senyum-
Aradi : naiknya gini ni..ma..ngeng...ngeng...(meragaiin tukang bajajnya)

Lucu deh expressi mereka..., wuuuahhh..kalau liat expressi muka mereka itu..ya.., mereka berebut bicara seolah2 mereka yg pertama kali naikkin bajaj baru.., indahnya dunia deh..kalau liat expressi muka mereka pagi itu..(tante Linda dan tante Mimi menyayangkan kenapa manya nggak bawa camera buat photoin muka2 mereka.., hmmm..kayaknya bakalan akan selalu sedia ditas nih..*lirik-lirik bunda Lilik*)

Sebelumnya..Ibu2nya pada ribut..anaknya udah pada lari aja ke bajaj.., mamanya Nara sempet khawatir krn nggak ada orang dewasa yg ikutan naik, terus Mama bilang aja; 'nggak papa kok..itu langganan kita, abangnya baik..'
Mamanya Nara; ..ya.., udah kalau gitu gampang nanti tinggal cari mamanya Ayra aja..'
(tapi sempet jiper jg tuh..denger apa yg diucapkan Mamanya Nara.., soalnya jadi inget kejadian Ayra ditinggal dibajaj ama mbaknya dulu.., alhamdulillah..anak-anak balik ke sekolah dengan selamat..)

Eh, ternyata yg heboh bukan cuma anak2 dan ibu2nya tapi bu guru juga, 'ee..itu bajaj baru yaa..' 'iya..itu anak2 pada heboh minta naik..abis keliling itu..' Ya, udah..abis itu si Mama ini diwawancara..seputar si bajaj baru dan si abang bajajnya sendiri, kata ibu Andri bisa dimasukkin program transportasi, jadi gantian ama kancil..hi..hi..hi.., cuma kata Hanni..tema transportasi nanti pas semester genap besok..., bu Andri bilang; 'gampang deh..nanti kalau kita perlu tinggal ngomong ama Mamanya Ayra ajah...' :D

Tau nggak Ayra ngapain aja..waktu..temen2nya heboh gitu ama bajaj baru.., abang Ayra mah teuteup aja cool.., dia masuk seperti biasa..naik ke atas.., taruh tas.., pipis dulu..terus duduk ditemenin ayah.., sementara temennya ribut ngomongin si bajaj..qqiqiqiiqqqqq...

catatan:
Malamnya, sepulang kantor..tante Linda tanya-tanya seputar bajaj baru. Jawabnya Ayra:
sambil sedikit menarik napas dan geleng-geleng kepala..'ah, Lin..temen-temen abang tuh yaa..., yaaa..ammpuunn..' :D

Thursday, September 14, 2006

iiiiii...kaann!

Photobucket - Video and Image HostingHampir dua bulan yang lalu, sekolah abang ngadain acara ke toko buku, MP Book Point yang letaknya nggak jauh dari sekolah abang. Pulang dari sana..katanya Oma Yet dan Andung anak-anak dikasih ikan, yang dalam kantong itu ada 2 ekor ikan mas kecil-kecil. Waahhh, jelas deh anak 2 itu senang sekali. Pulang itu ikan-ikannya ditaruh diember. Tapi biasanya seperti yang udah-udah..salah satu dari ikan itu ada yang mati, kalau nggak salah sih 2 hari kemudian. Nah..tinggal satu yang bertahan sampai sekarang. Sebelumnya niii, sejak anak-anak lahir kita nggak punya piaraan. Ada juga kucing tapi itu dirumah Eyang, soalnya kisah kucing di Lebak Bulus tidak pernah berhenti. Hilang satu atau mati satu..besok ada aja kucing yang nongol lagi dirumah Eyang. Jadi untuk Ayra_Alby ini lah piaraan pertama mereka. Sementara mama-tante Linda-tante Mimi dulu sukanya piara kucing dan ikan jg.., dulu malah kita punya kolam ikan. Nggak tau karena nggak ngerti ama cara melihara ikan, seringnya ikan-ikan mas kecil itu..cuma bisa bertahan beberapa hari aja, pasti deh nggak lama setelah kita beli..tuh ikan mati satu per satu.

Tiap pagi mau mandi atau sesudah mandi, abang selalu rajin nengokin si ikan kecil. Terkadang sore juga gitu.., "masih ada kan ma..ikannya?" atau "belum mati kan ndung?" itulah yang sering ditanyain abang. Sampai minggu lalu Oma Yet bawain tempat untuk si ikan kecil tinggal. Tempatnya seperti akuarium kecil berbentuk bulat. Pas Ikan kecil pindah tempat.., Alby langsung panggil-panggil..'iii..kaannn, iii..kannnn..' Karena kasian si ikan kecil nggak punya temen ama Andung dibeliin lah temennya 4 ekor lagi kemarin. Pas banget lagi.., pas punya niat mau beli ikannya lagi..pas disekolah lagi ada tukang jual ikan nongkrong. Sampai rumah ikan-ikan itu dikumpulin jadi satu.., "rame yah, mereka jadi seneng kejar-kejaran.." abang langsung cerita niii..pas kita telpon ke rumah dan pesen buat beliin makanan ikan. Oke dehh...sorenya pulang kantor mama sempetin beli makanan ikan, tadinya sih mau ke barito aja..tapi kayaknya udah pada tutup deh..(nggak taunya ada yg belum tutup), berhubung belanja juga di hero yaa...udah sekalian aja nyari..kali-kali aja ada.., dan ternyata ada..

Photobucket - Video and Image HostingSekarang ini Ayra_Alby lagi seneng banget kasih makan ikan-ikan kecilnya.., sambil kasih makan Alby suka panggil-panggil si ikan.., 'iiikaaannn...ikkaaannn..' Tapi Alby juga jail siih, .....terkadang nii..mainannya dicemplungkin ke akuarium kecil.., kalau tadi pagi siii..buncis-nya mama udah pindah tempat dari kulkas..tau-tau ada aja yang berenang di akuarium kecil, nah kalau tadi sore nii..antene tank mainan..dah berenang didalamnya...hhhhh..., Alby...Alby...


pssstt: lagi bete nii.., kompinya agak2 ngadat buat transfer photo, nggak tau kenapa..jadi nggak bisa pindahin photo si ikan dehh.. :(

Saturday, September 09, 2006

kantor ayah dan puri land..

Ngapain yaaa...pagi ini? Bangun pagi tadi Ayra udah ribut ke mama, kalau dia pengen banget ikut ayah ke kantor. Pagi ini kebetulan di kantor Ayah ada training dan ayah ikutan. Sebenarnya dah lama banget abang ingin ikut ke kantor ayah, tapi belum kesampaian lagi. Kalau sekarang abang ikut ayah..kasihan banget nanti pasti ayah ke ganggu ama abang atau abang terpaksa ditinggal sendiri diruangan ayah. Yang terakhir ini udah pasti abang nggak mau. Akhirnya jadi juga ke kantor ayah tapi sepulang Alby sekolah.

Disekolah..tumben banget, Alby nggak mau masuk kelas sendiri, tapi ajak abangnya..
'aa..yooo...bbaaanng.., ssiii..nniii..' tangannya sibuk kasih isyarat.. Jadilah belajar bersama abang..

Pulang sekolah..lanjut ke kantor ayah. Sampai kantor..terus diantar ayah ke ruangannya, terus ayah balik lagi ke tempat trainingnya sampai jam satu-an deh. Diruangan ayah, kita main komputer..bikin cap-cap..tulis-tulis..coret-coret..dan Alby juga nggak mau ketinggalan..gunting-gunting... Ayra malah sempet bikin cerita kecil, mama sih yang nulis..abang yang bercerita.., sayang..masih kesimpen kompi ayah, lupa disimpan ke flashdisk ayah, maksudnya sih pengen dicetak ke sini..

Tadinya sih mama pikir kita cuma main-main di ruangannya ayah aja atau ke kantin. Ternyata enggak.., kita diajak keliling kantor ayah.., liat studio..yg ruangannya luas dan banyak lampu..Alby sampai terbengong-bengong..ngeliat segitu banyaknya lampu. Sayang euy..mama nggak bawa kamera..jadi tidak bisa foto-foto. Kita juga sempet ke kantin buat makan siang. Btw jalan-jalan sekarang dah enakan.., bawaan mama udah nggak se-ransel gede lagi.., cukup bawa ransel kecil..bawaan wajib mah teuteup..baju ganti anak-anak ama susu-nya Alby. Soal makanan mah dah nggak perlu bawa-bawa lagi. Alby kan dah gampang makannya.

Jam setengah dua, kita keluar dari kantor ayah. Tadinya sih mau pulang aja..tapi terus diajak ke Puri Mall yg nggak jauh dari kantor ayah. Waahh.., Ayra nih sekarang kalau ke mall..selalu deh..udah lirik-lirik ke arena bermain seperti time zone gitu. Ayra sebenernya pengen banget main yg balap mobil itu. Tapi lucunya dia nggak mau pake koin. Jadilah dia bermain sambil berkhayal.., kalau ditawarin nih..nggak mau. Naik mobil coin jg gitu. Akhirnya kita sampai di Puri land. Liat-liat ada mainan apa aja. Pas nyampe di bagian belakang..ada bom-bom car, langsung euy..Ayra nyolek mama, -hi..hi..hi.., kalau bom-bom car mama juga suka- jadi kita naik berdua..abang yg nyetir..mama yg nginjak gas-nya. Wii..tertib lalu lintas juga abang, nggak mau lho dia main tabrak-tabrakan.. ;) Abis itu kita naik pesawat..yg ini Alby ikutan.., duh senangnya..senyum-senyum dia.. Udah..cuma 2 itu yg kita mainin..lainnya abang jg nggak tertarik..biasa aja gitu..lanjut lagi deh..jalan lagi..kali ini mau nyari toko buku, belum ketemu toko bukunya..kita ngelewatin lagi tempat main anak..dan disana ada arena mandi bola, dan Ayra nyolek lagi deh...ya udahlah..main deh berdua Alby ditemanin Ayah. Timbang duduk nungguin mereka main setengah jam, mending deh mama jalan-jalan, cuci mata. Baru aja keluar arena..mama liat satu toko hobby craft, kangen..pengen jahit kristik lagi..liat-liat gambar..liat-liat bahan..benang.., akhirnya ke beli juga bahan kristik warna putih..benang mah mama udah punya, warisannya Andung... :D.

Eh, nggak terasa..tau2 udah mau setengah 4 aja.., nggak jadi cuci mata deh..balik aja ke anak-anak karena mereka dah kelar main mandi bolanya. Abis itu pulang deh..
Update; 12sept06
Ini dia cerita Ayra waktu ke kantor Ayah, katanya harus pake huruf besar semua :)

PADA HARI SABTU INI, AYRA, ALBY DAN MAMA SEPULANG ALBY SEKOLAH PERGI KE KANTOR AYAH. AYAH LAGI IKUTAN TRENING, TERUS KITA PERGI MAKAN KE KANTIN KANTOR AYAH. LALU KITA MENUNGGU AYAH DI RUANG KERJA AYAH. SAMBIL MAIN HURUF DAN ANGKA. TERUS ABANG SAMA ALBY MENGGUNTING KERTAS, MAIN CAP, MAIN KOMPUTER, MAIN KURSI TERUS NONTON TIVI TERUS MAKAN PEPAYA, KENTANG, NASI GORENG PEDES DAN MAKAN KENTANG PAKE SAOS TOMAT. MINUMNYA TEH BOTOL BEREMPAT. TEH BOTOLNYA ALBY TIDAK HABIS, DIHABISIN SAMA MAMA DAN AYRA.

Ayra dan Alby

Sabtu-Minggu, 2 dan 3 September 2006




Photobucket - Video and Image Hosting


Ayra

Mama pergi berdua abang. Sambil jalan ke luar menuju jalan raya, abang bertanya;
'kita nyebrang may*?'
'nggak bang.., nggak nyebrang..kita tunggu taksi disini aja..'
'o..iya, deh may..abang nggak mau nyebrang. Abang takut may kalau nyebrang..banyak mobil ama bis..'
'tenang bang.., kan ada mama yang jagain abang..., kalau abang masih kecil gini..mama yang jagain abang..mama yang pegangin abang..jadi abang nggak perlu takut..'
'..o..iya, ya may.., terus nanti kalau abang dah setinggi ayah..terus mamay udah se-tua andung, kalau mamay mau nyebrang, abang yang pegangin..yah..yah.., abang yang jagain..' (diucapkan dengan wajah sumringah..seneng banget kalau dah nyebut 'se-tinggi ayah')

aaaa..., mama jadi terharu, bang.. (abang jarang-jarang lho ngomong kayak gini..)

'iya..bang, makasih yaaa...'
'iya..may, mamay pasti jalannya dah pake tongkat..kan dah se-andung..'
'pake tongkat? enggak ah..bang..., mama nggak mau.., jangan ah..bang.., moga-moga mama masih kuat jalan..meski udah se-andung..'
'iya, ya..may..Andung aja nggak pake tongkat. Kayak Angku aja deh, may..sampai tua nggak pake tongkat..kuat jalan..'
'ya...kayak Angku..'

*abang sekarang ini suka panggil manya; mamay



Photobucket - Video and Image Hosting


Alby

Manya liat anak itu lagi makan keju kraft lembaran.., asyiiikk bener, kayaknya enak banget..

'lagi makan apa bby?'
biasalah..senyum-senyum.., keluar bunyi ..ck..ck..ck..
'makan apa sih bby? o..keju yaa..'
senyum-senyum lagi...
'Alby lagi makan apa?'
'kkeeee...jjuuuuu..'
'aabb..bbii..kkkee..jjuuu..'
Alhamdulillah...lumayan..tambah 2 kata..
'enak bby?'
'nak..' sambil ngangguk-ngangguk..
'mmaauuu..?' nyodorin plastik kejunya..
ehh, belum mama nyahut.., udah ditarik lagi plastik kejunya..., iiiii..gemes!

Friday, September 01, 2006

Bunda Inong..

Innalillahi wa inna ilaihi roji'un.. Photobucket - Video and Image Hosting

Telah berpulang seorang teman baik kami, Bunda Inong..

masih nggak percaya rasanya mau nulis ini, -begini..ni..kalau cerita duka, mau nggak ditulis..ada hari-hari dimana kita memang harus melewatinya.., ditulis..bikin hati pedih dan pilu..-

Cepat sekali waktu berlalu, rasanya baru beberapa hari yang lalu manya main ke blognya, berterima kasih atas ucapan dan doanya buat Ultah Alby, terus juga bilang kalau bentar lagi Syifa mau ultah (Alby ama Syifa cuma beda 8 hari)..tau-tau dapet kabar kalau bunda Inong masuk RS.

Gemeter jemari..waktu dapet kabar dari Ummi.., nggak percaya rasanya.., tapi lebih gemeter lagi..ketika mbak Yudhi memberi kabar Jum'at pagi..ini..

Manya bener-bener terkesan ama 'Terima kasih' bunda.., sudah seperti tanda mau pamit..

Selamat jalan Bunda Inong.., perempuan-sahabat-istri-ibu yang pintar dan bersahaja..

Makasih ya..bun, udah menemani hari-hari kami juga.., terima kasih juga buat ilmu.., buku yg kamu kirim buat kami.., makasih buat supportnya..waktu ayahku wafat..makasih buat segala..ya, bun..,

I will miss you ssooo muchhh!!

Juga buat Ayah Haris, Abang Zidan, Syifa dan keluarga besar Inong, diberikan ketabahan oleh Allah swt..

ps: Bun, 2 malem ini aku jelajah dunia maya, banyak banget yg nulis ttg bunda.., dulu ada yg bilang ke aku, betapa beruntungnya orang yg punya banyak teman.., bunda-lah orangnya, temanmu mendunia..bun..

*foto: kenangan Juni 2005, ketika kopdar ultah DI ke 4 di Chalita*