Tuesday, October 31, 2006

Bajaj barukuuuwwww...(2)

Waktu nulis ttg bajaj-barukuuuwwww... manya belum punya foto si bajajnya, jadilah foto mainan bajajnya Ayra yg dipajang. Ini dia si bajaj baru-nya.., nggak beda jauh ama bajaj lama..

hayooo..siapa yang mau naik... ? :)


Photobucket - Video and Image Hosting Photobucket - Video and Image Hosting


Photobucket - Video and Image Hosting Photobucket - Video and Image Hosting

Sunday, October 29, 2006

jalan-jalan ke bandung (lagi)...

Photobucket - Video and Image Hosting
Libur lebaran kali ini lumayan lama buat mama, tgl 1 Nop baru masuk knt..senangnya kaann..terus Ayra_Alby sendiri baru tgl 6 masuknya..tinggal Ayah yg nggak mau kalah..ambil cuti sampai tgl 31, he..he... Lebaran kali ini ada yg beda..pertama karena Angku dah nggak ada, terus yang kedua kita shalatnya di Mesjid Pondok Indah -ya, kita lebaran tgl 24- sementara tahun ini Al-Azhar shalat Ied-nya tgl 23. Yang ke tiga, tante Mimi mudik ke semarang (haaaa.., dah punya acara mudik..dia..;)) Selain itu, seperti tahun-tahun lalu..kita ngumpulnya tetap di Ciledug.

Punya keinginan ke Bandung juga agak tiba2..gitu, karena keluarganya Oma Imen dah pergi ke Bandung dari lebaran ke dua, yaa..kita janjian aja ketemuan disana. Udah ngajak tante Ayu (and the gang) segala, tapi sayang..tante Ayu-nya sakit..sampai pas hari H-nya juga belum sembuh, jadi gang-nya Pulo gebang batal ikutan deh...

Kita pergi nggak lama, cuma 2 malem. Berangkat dan pulang naik travel, sampai sana di jemput ama Oma Imen. Terus ngapain aja kita disana?

Taman Lalu Lintas..

Photobucket - Video and Image Hosting

Sejak diajak main ke taman ini bulan April lalu, Ayra jadi pengen lagi ke sana..tapi bareng ayah, mama dan Alby. Mama dan Ayah sih nggak pernah nge-janjiin ama Ayra.., rencana ke Bandung inipun kejutan lagi bagi Ayra.., he..he..timbang dia ribut tapi ternyata malah nggak bisa pergi gimana? Hampir 2 jam kita ada disini.., happy banget Ayra. Puas deh dia..main sepeda.., kelar main berkali-kali abang bilang terima kasih. Nggak banyak permainan yg Ayra ikutin disini. Cuma mobil2an dan kereta..sisanya..yaa..lama di sepeda aja.. Agung juga ikutan main, tapi 15 menit pertama ditemenin Bunda, 15 menit yg kedua dah berani bersepeda sendiri..Pengunjung juga nggak terlalu ramai..terlalu sepi juga enggak..

Alby tadinya sih mau diikutin juga, tiba-tiba aja paginya dia meler..tanpa panas kayaknya sih alergi aja..tapi buat nge-lepas Alby main sendiri juga belum memungkinkan, terkadang Alby suka bikin hal-hal yang nggak kita duga.. :D.

Udah enak deh ngajak Ayra jalan. Makannya oke, tidurnya nyenyak..malah sempet mimpi terus ngigau ketawa-ketawa segala..terus kalau jalan-jalan dia perhatiin adik-adiknya.., melenceng dikit..teriak dia; 'maaay, Agung ke sana tuhh...' atau 'yaaahhh, ayah..si Alby ngapain tuh...' dannn..Ayra menikmati sekali selama perjalanan.

Kalau Alby.., ada yg berubah niii...beberapa hari terakhir ini makannya yang rada susah.., jadi mau makan..walau paling nggak 7 suap masuk. Terus juga..tiba-tiba aja..setiap ditanya menjawab dan lumayan lebih terdengar suaranya, seperti kalau ditanya; 'Alby, capek?' nanti dijawabnya 'iyaaa..' Terus..terus.., kalau dia dengar kata2 yg unik dan baru..akan diucapkan dan diulang2nya.., seperti mama-ayah lagi ngobrol dan kesebut kata 'ukur' tiba2 aja dia pegang tangan mama..digoyang-goyang..dan 'ma..ma.., ukur..ukur..., ukur..ukurr..maa' ber-ulang2..
Liat Agung beli mainan yoyo, tiba-tiba aja nyeletuk ; yo..yo.., yo..yo.. hiii..senangnya spontanitasnya udah lebih banyak... :) Mungkin karena beda suasana ya, byy...

Menjelang shalat Jum'at kita balik ke penginapan. Ayah terus langsung ke mesjid. Sorenya giliran Andung dan MakUwo yg tour de FO (ngikutin istilahnya Ummi-nya Irsyad), biasa-lah pada belanja..Mama agak2 kurang selera buat belanja...tapi dapet juga sihh..baju lengan panjang buat si 2A ;).

jalan pagi..sepi..dingin..sejuk..

Photobucket - Video and Image Hosting

Sabtu pagi jam 7, anak-anak dah pada rapih dan sehabis makan bubur..bawa 3 krucil-krucil..jalan pagi seputaran penginapan, ada sekitar 45 menit kita jalan-jalan. Sepanjang jalan kita foto2.., saling cerita.., kalau pas nyebrang jalan..kita nyebrang di garis zebracross..saling gandengan..liat lampu udah merah atau masih ijo, ketika menyebrang Alby nggak mau ketinggalan meski digendong ayah..dia angkat tangannya tinggi-tinggi..seolah-olah menyetop mobil..supaya berhenti sejenak.., anak-anak tidak ada yang mengeluh kakinya capek..euy..., hiii..serunya..

Sabtu sore, selepas maghrib kita dah sampai rumah dengan selamat.. :)

Monday, October 23, 2006

Selamat Lebaran..

Photobucket - Video and Image Hosting Kepada semua kerabat dan sahabat blogger, kami haturkan :
Mohon Maaf Lahir dan Bathin ..
atas segala perbuatan..
atas segala kesalahan..
atas khilaf yang tidak disengaja..
atas kata-kata yang tidak berkenan..

Selamat ber-Hari Raya Idul Fitri..
Selamat ber-Lebaran..
1 Syawal 1427 H Minal Aidin Wal Faidzin..

Rahma_Tito * Ayra_Alby

Akhirnya...

Nggak terasa kita udah di penghujung Ramadhan. Dan alhamdulillah...puasa Abang Ayra masih jalan terus.., hanya beberapa hari terakhir ini jadi lebih sering 'ribut' dengan adiknya, sampai gemes..gregetan..mama liatnya..sebentar sayang-sayangan..becanda..ketawa cekikikan..main bareng-bareng..tapi nggak berapa lama..kedengeran deh saling menjerit..

Diakhir minggu kemarin, ada kerabat kami yang wafat. Awalnya mama nggak ingin ajak Ayra tapi kalau pergi-pergi Ayra senang sekali..jadilah udah pasti dia ingin ikut. Karena panas..jam 10.30 abang udah minta buka. Nggak papa-lah, lagi pula abang cuma minta minum Aqua aja. Pas waktu dzuhur..mama sempat tawarin abang mau makan nggak? Abang nggak mau..sampai rumahpun ditawarin makan nggak mau..hanya mau susu. Ya sudahlah..

Tadi siang sempat anak tetangga main kerumah. Si Kakak udah puasa penuh, sementara adiknya belum. Tau-tau abang nyeletuk ; 'nanti kalau abang udah sedikit lebih besar.., udah SD abang mau puasanya sehari penuh..'
Duuhh, semoga ya, bang.. :)

Friday, October 13, 2006

Duapuluh hari puasa..

Photobucket - Video and Image HostingMasuk hari ke 12, pulang kantor mama dapet laporan dari Andung kalau Abang mimisan. Darahnya sih lumayan banyak..tapi bisa tertanganin. Memang, puasa-puasa ini kan kalau tengah hari panasnya garing amat. Nah..pulang sekolah itu abang keukeuh minta main ke mesjid dekat rumah ama Oma Yet. Karena panas terik Andung melarang, kata Andung kalau nggak sore..nanti aja perginya ama ayah. Seminggu sekolah libur itu yaa..nggak ke mesjid karena Oma Yet nggak kerumah. Karena dah kepengen2 abang maksa-maksa. Sekali waktu sempat dikasih, tapi hari ini nggak. Ayra mimisan menjelang sore hari, kayaknya sih panas dalam deh..
'Andung, ini kenapa? hidung abang berdarah?'
'kenapa bang? hidung abang luka?'
'nggak ndung, nggak ada sakit..nggak ada luka..tapi kok berdarah?'
'oo..pasti mimisan ini.., wah, kayak si mama juga nii..'

Terus, mama diminta Andung nyari daun sirih ke tetangga..sebenernya waktu mama pulang itu darahnya dah nggak keluar lagi, tapi yaaa..Andung khawatir aja. Kalau Abang Ayra luka, lecet dikit dan yg berdarah-darah..waaahhh..jeritannya nggak tanggung2..heboh deh... Lecet dikit, dikasih betadine..terus minta di plester.., giliran diplester, plesternya nggak mau diganti sampai nunggu plesternya lepas sendiri. Begitu juga pas mandi..nggak boleh kena air dikit. Hikss..mungkin Abang Ayra jadi begini, bawaan anak pertama yg dijaga banget supaya nggak jatuh..atau memang karakternya abang. Meski kita udah bilang lukanya nggak apa-apa rasanya nggak ngaruh buat Abang. Lain ama Alby (disini bukan maksudnya membeda2kan ya) jatuh bangun yaa..nggak nangis paling jg nyengir..kalaupun nangis nggak sampai jejeritan. Kecuali kalau sakit banget..baru deh tuh.., diem sejenak..lalu..wwwhuuuaaaaaaaaaaa... :((
Tapi seiring dengan umur, keadaan begini udah berkuranglah..sekali waktu jatuh disekolah..jidatnya luka, menurut gurunya, Abang nangis pas jatuh aja..pas diobatin diam tuh..sampai Oma Yet-nya terheran-heran, karena Oma udah nge-bayangin bakalan panjang nangisnya. Tapi meski begitu, abang itu tau kalau sakit. Apa-apa yg dikasih tau mamanya pasti diturutnya. Jadilah hari itu abang puasa hanya sampai jam 12.


Kalau soal mimisan. Mmmmm..ini jelas banget deh keliatan kalau Ayra nurun dari mamanya. Manya dari kecil sampai udah kerja gini (3tahun terakhir ini sih udah enggak, terakhir rasanya pas Ayra umur2 2-3thnan)..teuteup ajah masih suka mimisan. Apalagi kalau sudah berpanas-panas ria. Kalau berganti musim juga gitu. Mimisan dah jadi langganan. Yang teringat ama Manya itu pas upacara waktu SMP. Hari senin, pake seragam putih-putih..lagi hormat bendera..begitu selesai..hopla! baju putih udah ganti jadi warna merah..untung lagi megang saputangan handuk yg nggak berapa lama ikutan jadi merah juga..dah gitu pulang deh. Kirain udah kerja nggak ngalamin lagi mimisan ini, ternyata masih juga. Waktu itu kerjaan lagi senggang ada 2 harian gitu keluar kantor, wwwiiiii..diluar ternyata panas terik. Balik kantor, istirahat sebentar terus ke toilet, biasalah..bersih2..pas bersihin hidung..baru tau kalau mimisan..liat ke baju..ada cipratannya dikit.., bagus pake yg bermotif jadi nggak keliatan sekali. Makanya tadi pas Abang cerita ke tante Linda kalau dia mimisan. Jawabnya tante Linda; 'kayak mama aja bang, mama tuh sering banget mimisan..' Komentnya tante Mimi juga nggak beda, 'Mama juga sering mimisan bang..'

Dihari ke 17 puasa, abis makan sahur..mama tidur-tiduran bentar..sambil nonton tv, belum masuk waktu imsak. Tiba-tiba aja abang bangun, dengan mata masih terpejam abang bilang kalau dia mau makan sahur. Kirain mamanya abang ngigau..ternyata enggak. Bangun sahur dengan sukarela dan nggak lama duduk manis di meja makan. Ini pertama kalinya abang ikutan sahur. Abang tau kalau puasa, malamnya kita harus bangun utk sahur. Terkadang sehari atau malam sebelumnya suka mama ajakin, 'ntar ikut sahur yuk bang..' atau 'bang, nanti malam kita bangun yah..buat makan sahur' abang sih selalu menyatakan 'iya' atau 'oke..ma' tapi pada kenyataannya dia masih tertidur. Sampai saat ini mama dan ayah belum terlalu memaksakan Ayra buat bangun sahur, takutnya dia malah sebel dan keburu bete utk sahur dan berpuasa. Jadi kita milih tetap mengajak dan membiarkan Ayra bangun dgn sukarela. Terkadang Ayra-nya sendiri yg tanya kenapa dia nggak dibangunin.., yaaa..gimana? biar digoyang-goyang tetep aja dia bobo. Mama sih udah pesen juga.., diniatin aja kalau abang mau bangun sahur..pasti deh..nanti abang ke bangun.

Karena abang ikutan sahur, mama perbolehkan dia berbuka di jam 10. Kata Andung sih..memang dia buka jam 10 itu tapi cuma minum susu 2 kotak (susu ultra yg kecil2 itu) setelah itu lanjut lagi puasa sampai sore, ditawarin makan nggak mau. Sejak hari itu..setiap berbuka siang..abang Ayra cukup minum susu atau air putih aja. Memang yaa..ternyata yg bikin anak-anak nggak kuat itu rasa hausnya. Wah, buat mama sih udah satu kemajuan walau ada harap2 cemas takut anaknya kelaparan/lemes/sakit.. :D. Sementara kata Andung lagi, sejak puasa ini Andung liat Ayra kurus banget! he..he..he.., nggak papa yah ndung.., nanti kita gendutin lagi si abang ;)

Semoga, sepuluh hari terakhir Ramadhan, semangat Ayra utk puasa masih jalan terus...

Sunday, October 08, 2006

rendang...o..rendang..

Ini cerita tentang rendang.., bukan cerita tentang mama jago bikin rendang, enggak kok mama mah nggak bisa. Malah tante Naning -karib mama yg orang Jawa- jago banget bikin rendang, terus Mamanya Angina yg juga pinter masak rendang. Ini cerita rendangnya Andung. Setiap bulan puasa tiba..kegiatan Andung yg utama adalah..ngeluarin kuali gede, panci setinggi dandang buat masak santan..dan bolak-balik ke pasar beli daging dan bumbu2nya. Jaman mama kecil kegiatan ini udah jalan. Apalagi sih kalau nggak masakin rendang. Dulu pernah kalau untuk bikin rendang di pool ke Andung. Terus nanti menjelang lebaran dibagi-bagiin deh ke yg nitip2 dibuatin rendang yg kebanyakan masih saudara kita. Mestinya sih Andung terima pesanan aja kali yaaa...he..he..

Photobucket - Video and Image HostingSaking seringnya Andung masak rendang (kayaknya sih seringnya pas puasa aja selain itu jarang), kita-kita udah garing ama rendang. Dan buat mama sendiri. Makan daging itu yaa..kalau pas Andung bikin rendang atau dendeng balado aja. Karena kalau Andung yg masak dagingnya empuk, maklum deh..gigi dah kayak nenek2..ngilu gitu..kalau ketemu daging :D. Ternyata Ayra ketularan garing ama rendang juga. Karena Andung bikin rendangnya nyicil..hampir sepanjang minggu ini Andung masak terus. Bolak-balik juga Ayra tanya; 'pedes nggak ndung' (fyi, Ayra ogah makan pedas; kepala abang keringatan, abang nggak suka gitu katanya). Ngiler juga Abang liat rendangnya Andung. Akhirnya dibuatin ama Andung 'rendang daging giling' yang sama sekali nggak pedes buat cucu-nya. Ayra seneng..dan Alby enjoy aja. Rendang kan awet yaaa...karena besoknya lagi..besoknya lagi liat rendang..Abang Ayra komplain; 'May, abang tuh suka ama rendang Andung, tapi nggak mau sering-sering..' awalnya sih ngomongnya pelan-pelan..takut kali yaa..kedengaran Andung. E..ternyata Andung dengar...terus Andung bilang lagi..'tenang bang.., nanti rendangnya jadi beda deh..pokoknya enak deh..' Lalu..lalu...hopla! Rendang daging giling anak-anak diolah lagi dan jadilah..rendang mie gaya spaghetti. Duuuhhh..Abang nggak sabar nunggu waktu berbuka..Mama pulang kantor bedug belum bunyi udah minta makan..'sabar.., tahan dikit bang..' dan begitu bedug bunyi..abang segera minum terus makan..nambah dia sampai 4x!! 'Mie-nya enak buanget ndung!!'

Tuesday, October 03, 2006

Sepuluh hari puasa..

Gimana dengan puasanya Abang Ayra? Alhamdulillah lancar-lancar aja ...meski disela-sela gitu ada aja ulahnya.. Kata Andung, kalau dari pagi sampai menjelang jam 12.00 Abang banyak main ama Alby pakai gerakan entah lompat-lompat....bisa dipastikan kira-kira jam 10.00 - 10.30 anak 2 itu udah nge-deprok depan kulkas. Kalau udah gini, biasanya nggak lama dia minta buka aja..terus makan..lalu..lanjut puasa lagi sampai bedug maghrib. Tapi kalau aktivitas siang Abang cuma baca-baca..atau nonton tv..atau mainnya nggak banyak gerak..pasti buka puasanya jam 12-an. O iya..selama seminggu pertama puasa sekolah diliburin.

Sekali waktu pernah mama-ayah pas istirahat siang telpon ke rumah. Abang cerita kalau dia udah buka puasa, minum susu. Mama tanya 'kan belum jam 12 bang?' jawab abang; 'gini may, daripada susunya dicecerin Alby ke lantai mending Abang minum ajah..' :D

Hari Jum'at..pulang kantor, tiba-tiba aja abang Ayra bilang kalau hari sabtu-minggu dia nggak mau puasa. Yaaa..kenapa? jawabnya; 'biasanya kan kalau hari sabtu-minggu mamay suka ajak abang jalan-jalan..nah, abang capek kalau jalan-jalan..nanti kan pasti abang haus..' ;) 'Oke deh, kalau kita dirumah aja gimana?' 'Abang puasa lagi..' tapi akhirnya seperti tahun lalu, sabtu sorenya kita ke mesjid Agung Al-Azhar..berbuka dan maghrib disana.

Photobucket - Video and Image Hosting

Hari sabtu siang kemarin, liat Alby makan coklat..kayaknya abang lupa puasa.., tau-tau..didepan mama dia asyik ajah ngunyah.., enak banget gitu.., terus mama tegur; 'lho? abang emang udah buka? abang lupa diri yah?' (-maksud hati mau ngucapin kata 'lupa puasa' eee..kok yah, yg keluar malah 'lupa diri' :D). Jelas aja abang langsung nyahut 'Abang nggak lupa diri kok may!' (-maksud abang, dia inget ama dirinya..-), ayah ketawa dengernya.., duuhh..mama langsung minta maaf..kalau salah omong, tapi abang mah nyantai-nyantai aja..terus nyambung lagi..'oo..iya may..abang lupa..tapi nggak papa ya ma.., abang abisin dulu..coklatnya baru puasa lagi' hi..hi..

Abang juga pernah komplain soal jam berbuka siang hari. Mama sih inginnya..(dan maunya mama-ayah juga sih)..abang itu berbuka di jam 12, jadi kalau menjelang jam-jam 12 itu suka mama bujuk2in..'bentar bang..' atau 'dikit lagi..bang..' atau '5 menit aja..bang' Rupanya beda dengan Andung. 'Kalau ama Andung, abang boleh buka jam sepuluh..kalau nggak jam sebelas, kalau sama mama..mesti deh jam 12..hhhhhh....' Padahal sih meski buka jam 10 atau jam 11 tetap aja abis itu Abang puasa lagi sampai bedug maghrib.

Senin kemarin, anak-anak udah masuk sekolah lagi. Dari sekolah sih udah ada pengumuman kalau selama bulan puasa nggak ada acara makan. Tapii..karena ini pertama kalinya abang puasa jalan-jalan, yah mama jaga-jaga aja. Mama bawain abang bekal burger, karena pulang sekolah hari ini jam 11-an..yaaa..kali-kali aja abang dah pengen berbuka disekolah..Tapi ternyata enggak lho! Abang justru makan burger-nya dirumah, pas dengan jam berbukanya..hi..hi..hebat deh bang! Abang jg cerita kalau temen-temennya banyak yang berpuasa, bahkan ada yg udah sehari penuh. Gitu deh..cerita hari-harinya Abang belajar puasa. Meski Alby hilir mudik minum susu..Abang Ayra nggak mudah tergoda, kecuali yang pas Alby makan coklat itu.., Yang mama dan ayah suka sampai sekarang semangat abang untuk berpuasa masih kenceng.., moga-moga bisa terus sampai akhir Ramadhan....yah..bang.. :)