Monday, November 06, 2006

pada suatu sore..

Akhir-akhir ini kalau kita abis belanja apa aja, entah buku, belanja bulanan atau beli-beli barang kecil sekalipun Alby selalu inginnya jg nenteng. Bisa tas kresek plastik kecil..kalau barangnya enteng tapi palstiknya besar..suka diseret-seret ama dia. Kadang kita kasih tas kecil, kalau belanja di supermarket gitu..kita minta plastik kecil..nanti masukkin aja satu susu kotaknya..udah deh.., dengan senyum lebar..dia jalan sambil nenteng-nenteng. Dibawah ini waktu nemenin ayah ke toko komputer..pada suatu sore..

Photobucket - Video and Image Hosting

Photobucket - Video and Image Hosting Photobucket - Video and Image Hosting

Photobucket - Video and Image Hosting

Saturday, November 04, 2006

Rekaman di Radio Bahana

Cerita Kamis 14 September 2006 ini merupakan cerita kenangan yg tak terlupakan buat kami,

Seminggu yang lalu bu Andri telpon mama, kasih tau kalau Ayra mau diikutkan talk show acara ramadhan "Anisaa" di radio Bahana. Buat kami ini pengalaman pertama. Jelas banget deh mama grogi, geregetan, dan mules! Bingung gitu lho mesti ngomong apa? Abang sih keliatannya nyantai-nyantai aja.., hmmm..kayaknya bakalan mama nih yang demam panggung.. hiii :D

Ayra dapet giliran tahun ini dan dapat 2 topik yang pertama tentang pengenalan puasa dan mengenalkan makna Idul Fitri pada anak. Wahhh..waaahh..bingung deh si mama.., mesti ngomong apa?

Di acara ini setiap anak itu didampingi ama nara sumber yang terdiri dari guru dan psikolog dan orang tua. Untuk orang tuanya, sekolah sih bilangnya boleh salah satu tapi kalau bisa sih ibunya.., dduhh..duuh.., tau kan..mama itu nggak bisa deh untuk acara ngomong2 gini, jadi mama geret juga si ayah..buat back-up kalau mama nggak bisa ngomong. Tapi ayah mah..teuteup bilangnya mama aja.., (haduhh!)

Ayra dapat giliran, hari Kamis 14 Sept 06. Mama ama ayah ambil cuti hari itu. Dari pulang sekolah, kita dah stand by karena berangkat bareng-bareng ama bu Andri, bu Novi, bu Echa dan Kenny -teman Ayra-. Berangkat dari sekolah jam satu lewat dan rekamannya dimulai jam dua. Lagi nunggu giliran.., abang Ayra penasaran euy.., sepertinya dah nggak sabar udah pengen rekaman aja.., keruan dong malah mama yg mules-mules.., ama tante Hanni malah diledekin.., tante Hanni bukan tanya apa Ayra dah siap tapi apa mamanya dah siap? he..he..he..

Photobucket - Video and Image HostingJadilah Ayra dapat giliran kedua sesudah Daiva. Duuuhhh, alhamdulillah..ternyata lebih banyak ke arah menceritakan pengalaman yg udah pernah kita lakukan selama ramadhan. Pas topik yang pertama ttg pengenalan berpuasa, mama menceritakan "Puasa ala Ayra", pengenalan puasa ke Ayra itu emang nggak langsung, diusia-usia 3-4 tahun adalah masa-masa dimana makannya timbul tenggelam, jadi ngeliat kita nggak makan se-siangan..ikut pula-lah dia berpuasa.., kesempatan emas deh buat dia nggak makan, kecuali untuk susunya. Nah, moga-moga untuk tahun ini puasa Ayra udah lebih baik lagi. Terus pas pengenalan makna Idul Fitri, mama lebih menceritakan kebiasaan kita sewaktu ber-Idul Fitri..dimulai dari mendengarkan/ikut bertakbir lewat televisi/radio terus bangun pagi..bersiap untuk shalat Ied dimesjid sampai kumpul2 bareng keluarga. Nanti nara sumbernya -Bu Novi dan Bu Kiky- yg menyimpulkan...

Lucunya, justru pas mulai rekaman..malah Ayra yang jadi demam panggung...tiba-tiba aja..suaranya jadi pelan..terus giliran tanya2.., pas menjawab pertanyaannya dengan gelengan dan anggukkan..-hiii...gimana mau kedengeran..he..he..- terus Abang dicolek-colek..sambil dibisikin..'ayo, abang jawab...iya atau tidak..atau cerita aja, jgn geleng atau ngangguk..' terus abang jawab iyaa..

Ya..memang mama nggak semuanya juga bisa.., disela-sela cerita itu (terutama yg makna Idul Fitri pada anak) mama sempet diam..bingung apa yg mau diomongin.., tapi terus dibantu ama mbak Leony, misalnya tanya "abang, kalau lebaran sukanya apa?" Abang bengong.., terus dikasih kode dikit.., ngoceh deh..dia.., "suka ketupat.." "abang tau lebaran itu kita ngapain aja?" "eemmm..emmm, maaf2an" -berbisik- "ayo bang, suaranya.." "maaf2an.."

Photobucket - Video and Image Hosting
Jadi yaa, gitu-lah..kalau kata guru2 sekolah sih, itu semua ada editannya..(hii..buka rahasia..) nggak ada lagi..suara2..seperti 'eeee...' atau 'mmmm..' jadi seperti kita ngobrol biasa aja..

Benar-benar pengalaman yg tak terlupakan buat Ayra juga buat Mama dan Ayah..deh.., eh..iya..Ayra rekaman ini jadi ngingetin Manya kalau dulu hampir 6.5tahun yang lalu..tepatnya Juni 2000.., mama 'on air' dengan Ida Ari Murti dalam Quiz "A letter to my baby"

Catatan Mama :
Di hari pertama puasa mama lupa, tapi mulai hari seninnya diknt selalu mama pasang walkman. Awalnya mama kira jam 16.00, setiap ditunggu kok nggak pernah ada. Tambah kacau lagi karena pas minggu2 awal puasa manya lagi sibuk banget wira-wiri jadi nggak bisa duduk manis sambil dengerin radio. Terus dapet kabar dari Tante Hanni kalau acara ini ada di jam 15.00, tunggu lagi..selaluuuu aja ada hal yg harus dilakukan, lantas baru ngeh juga kalau acaranya tayang antara jam 15.00 sampai 16.00, pdhl acara Anisaa-nya sendiri cuma 5 menit. Sekali pernah lagi ke knt pusat di lt 2, giliran sampai meja, buru2 nyalain walkman..tapii ternyata barusan aja selesai..tau-tau udah pesan sponsor aja. Akhirnya hampir 10 hari pertama itu manya kucing2an ama Acara Anisaa ini. Tapi pada akhirnya sampai puasa selesai, tetap aja mama nggak tau dan nggak bisa denger yg Ayra, Mama denger yg giliran Arqam, Aiko, Ariz, Nabil dan beberapa anak taman bermain besar. Jadi kemungkinan yg giliran Ayra pas 10 hari pertama itu...hiks :(