Sunday, December 24, 2006

Reminder..

Title: Condolonce

Date: Sunday December 24, 2006
Time: All Day
Repeats: This event repeats every year.
Notes: Innalillahi wa inna ilaihi rojiun...

Our beloved father -Drs. Badril Saleh bin Muhammad Saleh Bagindo Marah- passed away today, Saturday, 24 December 2005 at approx. 12.30 due to train accident in Bogor, at age of 73 years old. May God rest his soul in peace!

taken from the three sisters mailing list

Monday, December 18, 2006

Cerita ultah dan keinginan Ayra..

Photobucket - Video and Image Hosting
happy birthday, Ayra!
nggak terasa udah 6 tahun.., nggak terasa waktu yang berlalu membuat Ayra semakin pintar, lucu, ceria, terkadang marah, dan..cerewet, semoga kelak Ayra jadi anak yang shaleh, mulia hatinya, lancar sekolahnya, sehat, murah rejeki dan dijauhkan dari hal-hal yang tidak baik dan semoga Allah senantiasa melindungi Ayra.. *Ayah - Mama - Alby*


Kalau Ayra punya keinginan tidak pernah diungkapkan secara langsung, yang ada kami-lah yang harus tanggap dan ngerti apa yg jadi keinginannya. Dulu niii..kalau Ayra ingin mainan mobil, dia cukup tanya; Ayah, udah gajian? dan untuk hari-hari selanjutnya Ayra akan menghitung hari..kira-kira kapan Ayah gajian. Atau sekali waktu kalau lagi pengen buah anggur, bilangnya; dah lama deh may, abang nggak makan buah ini..-sambil nunjuk buah anggur kalau kita lagi di supermarket- Atau, kalau lagi ingin makan ice cream, cukup dengan bilang; May, abang kan nggak batuk dan pilek..,

Kadang keinginannya terpenuhi..kadang jg enggak.., satu nih..yg selalu ditolak manya, kalau kita ajak ke Mall dan dia liat toyscity, biasanya dia langsung tarik tangan manya, terus bilang; abang mau kesitu ya, may.. mau liat-liat aja..., waaaahhh, manya tau deh..dia minta mainan.., dah ada kali hampir 2tahun terakhir ini kita nggak ngasih mainan buat Ayra, udah kita ganti ke buku.., mungkin dia pikir manya bakalan luruh..he...he.., ternyata enggak tuh.., nggak heran deh, kalau liat toyscity..terus liat manya manyun..abang bilang; enggak kok may, nggak beli! abang cuma liat..cu-ma- li-at! Dan nggak heran juga pas ultah kemarin dia seneng banget dapet mainan mobil dari temannya.

Nah, begitu juga dgn ulang tahun. Untuk ulang tahunnya kali ini sepertinya Abang ingin dirayain di sekolah. Tapi nggak tau karena dia mintanya nggak enak atau inget ama janjinya. Ayra sering kali bilang; May (atau Ayah) kalau ulang tahunnya dirayain disekolah, orang tuanya harus cuti. Berulang-ulang Ayra bilang gitu.., kita ngeh sendiri aja kalau sebenernya Ayra ingin ultahnya dirayain. Kita punya perjanjian yg udah disepakati, kalau udah SD nggak ada lagi yg namanya tiup lilin. Dan seperti tahun-tahun yang lalu, Ayra nggak pernah mau kalau ditawarin nge-rayain disekolah, jawabnya selalu dirumah aja ya, may.. Tapi kali ini beda.., tiba-tiba aja dia jadi sering nyebut "kalau ulang tahunnya disekolah, orang tuanya harus cuti" Kalau kita tanya ulang; jawabnya yaa..tetap begitu. Sampai mama bilang ke abang; 'abang, mamanya abang ini kan kerja, kalau abang mintanya tiba-tiba..susah buat mama nyiap2innya.., kalau abang mau bilang aja..yah..,' cuma cengir2 aja dia..tapi yah..biar gimana jg manya udah mesti siap2in jauh2 hari.., dan memang pada akhirnya mama ama ayah meluluskan keinginan Ayra buat tiup lilin di sekolah..bersama temen2nya.., nggak papa juga..lagipula tahun depan jg udah SD, udah nggak ada acara tiup lilin lagi. Jadilah seminggu terakhir Nopember Mama dan Andung berburu goody bag buat Abang. Isinya handuk kecil yg masing-masing udah ditulisin nama temen2nya.., kebetulan nenek muda punya mesin jahitnya..dan alhamdulillah benangnya juga dah ada.., cuma perlu beli satu benang lagi biar matching ama handuknya, yang ngerjain sih tante Ati. Moga-moga aja temen2nya abang pada suka yah..

Ayra sendiri cukup antusias, dia rajin nanyain udah sampai mana pernik2nya..udah dibeli apa belum? apa yg belum ada? undangannya udah dibuat belum? Hiii..nggak terasa aja.., si mungil imut nan ganteng ini udah 6 tahun..udah mau SD.., aaahhh, abang...manya tiba-tiba jadi kangen abang kecil dulu...

Disekolah ada temen Ayra namanya Nisa yang juga ulang tahun tgl 9, cuma beda waktu. Nggak tau gimana mereka berdua cerita.., Nisa yg tadinya nggak mau dirayain tiba-tiba minta dirayain jg..katanya mau sama-sama Ayra :D..., Sementara Ayra bilang -makin diperjelas menjelang bulan Desember- ; 'kan Nisa ulang tahunnya dirumah, jadi kali ini biar abang aja yg disekolah ya, may..nanti abang ajak Nisa tiup lilin bareng..'

Pas hari H-nya, senin 11 Desember ..Andung nggak bisa ikutan kesekolah..mama ama ayah jadi mikir siapa yang bakal pegang Alby nih.., mau nitip ke siapa.., hiks kasian deh Alby.., abis lebih kasian lagi kalau Alby ngikut ribet ngangkut pernik2nya Ayra, mana Alby itu belum bisa dilepas gitu aja.. Malamnya sih keingetan ama tante Santi, utk nitipin Alby bareng Gaia, kebetulan Gaia senin itu sekolah..tapi sayang Gaia dan Alee lagi pada nggak enak badan dan kemungkinan tante Santi nggak ke sekolah. Akhirnya mama titip Alby ke tante Hanni...duh, alhamdulillah...tante Hanni berkenan banget..-thanks lho Han- Jadilah, pagi itu Ayah antar Ayra dan Alby sekolah..terus balik lagi jemput mama dengan segala pernik2nya...

Acara disekolah mah mama nurut aja. Nyanyi bersama..berdoa bersama..teman-teman kelas B1 dan B2 kasih ucapan ke Ayra dan Nisa. Ayra mah tampangnya kalem aja..tapi..pas mama perhatiin..matanya berbinar, wwuuiihh, dia sennnennng banget! Abis itu anak-anak masuk kelas lagi. Terus mama ama mamanya Nisa dibantuin ibu-ibu temen2nya Ayra niii..motong2in kue..dan goodybag buat dibagiin pulang sekolah nanti. Ternyata tante Santi ke sekolah juga, Alee dah bisa ikutan sekolah..tapi Gaia nggak, -mudah2an pada cepet sembuh yaa..-

Alhamdulillah, sukses jg ultah abang di sekolah.., dia happy banget.., mama tanya; 'seneng nggak bang..?' 'Seneng may, abang seneeng banget...makasih ya, may..' waddduhh..matanya itu lho..berbinar.., pulangnya kita dianter tante Santi dan Alee...-waahh, makasih banget yahhh..- dan tinggal malemnya..nii, si ayah rontok badannya..karena ayah yg nenteng2 kue..nenteng2 anaknya juga.. :)

Saturday, December 09, 2006

Anter Oma Yet dan Oma Uwe..

Tahun ini, Oma Yet dan Oma Uwe berangkat haji. Dari sehari sebelumnya kita udah nginap di Pulo Gebang. Ayra_Alby begitu dibilang mau menginap di Pulo Gebang senangnya bukan kepalang. Apalagi Abang Ayra..sejak Jumat pagi udah nggak sabar menunggu sore..tambah lagi Sabtu ini abang ulang tahun. Iya..hari ini ganteng mama, udah 6 tahun.., bener-bener nggak terasa...mana bentar lagi si ganteng mama ini udah mau SD. Kita dijemput tante Ayu dan Oom Rahmat jam pulang kantor, karena pake macet dan sempat hujan, tante Ayu baru nyampe dirumah kita jam 8-an dan nggak berapa lagi Oom Rahmat. Dari situ serombongan deh kita berangkat ke Pulo Gebang. Diperjalanan Ayra_Alby langsung tertidur. Ketika sampai sempat juga Alby terbangun dan marah-marah nggak jelas, -tidurnya ke ganggu yam byy..- Sedangkan Ayra...waow! mandiri sekali dia, langsung naik ke kamar atas, pamit mamanya sebentar kalau mau bobo ama Oom Iman.

Pagi-pagi subuh Ayra_Alby dah bangun dan dah mandi, dimandiin ama tante Ati.., uhuy deh mamanya..he..he.., kalau nginep di tempat nenek muda..tante-tantenya mau aja nyuapin dan mandiin bocah dua itu..-tengkiu yaaa..- Pagi itu juga Ayra dapet ucapan selamat dari para Oma dan tante-tante-nya.., ayah telpon..abang buat ucapin selamat ulang tahun, Alby cium pipi abang.... Kita semua harus siap jam 6.30 pagi karena Oma Yet dan Oma Uwe mesti kumpul ditempat yayasan jamaah hajinya di kelapa gading..untuk kemudian rombongan Oma (kloter 23) berangkat ke asrama haji - pondok gede. Pas kita mau berangkat. Sebelum keluar rumah, baca doa dulu (sehari2 sih keluar rumah baca doa.., nggak pas mau naik haji aja kan..he..he..) terus pamitan, cuma kok yaaa..pas pamitan itu rasanya sedihhh...banget, air matanya yaaa..mengalir ajah..., waaaahhh..ternyata beda banget kalau nganter orang naik haji itu yaaa..., Semoga Oma Yet dan Oma Uwe baik-baik aja selama disana dan hajinya mabrur, aminn...

Kurang lebih jam 9, setelah sedikit kata sambutan dan doa dari pengurus dan pembimbing haji-nya..Oma Yet dan Oma Uwe-pun berangkat...ke asrama haji pondok gede. Pesawat-nya akan berangkat malam ini, jadi Insya Allah tanggal 11 Oma Yet dan Oma Uwe dah sampai di tanah suci.

"Daaaagggg...daaahh..., hati-hati di Mekkah, yaaaa...Omaaaa..," teriak Abang Ayra...

Beteeeeee....

Suatu kali di suatu pagi, ketika Ayah, Mama dan Ayra bersiap-siap mau berangkat antar abang sekolah. Mama pesan ke Alby; supaya jadi anak baik hari ini, biasanya manya jarang kasih pesan-pesan ke Alby, tapi karena udah beberapa hari itu Alby bikin ulah.... Alby punya banyak gaya, ulah, kejailan, expressi yang bikin Andungnya geleng-geleng kepala karena geli tapi gusar..He..he.., soalnya selama ini Andung punya-nya 3 anak perempuan yg selalu manis dan penurut. Giliran punya cucu, e..malah kebanyakan gaya..dan ada aja ulahnya. Diantaranya mama bilang;
"Alby, hari ini yg baik yaaa.."
"Yaaa.."
"Yang manis yaa, tidak bikin Andung sedih.., "
"Yaaa.."
"tidak bikin Andung bete.."
"Yaaa.."
"jangan bikin Andung kesel.."
"Yaaa.."
Semua dijawab dengan anggukan kepala..dan bilang "Ya"
"jangan bikin Andung susah..
Alby liat ke mama, mandang mama..daaaannnn...
"beteeeeeeeee...."
teriak!

[Mama] melongo..nggak nyangka..Alby akan jawab seperti itu, -hi..hi.., sebel ya..By, kebanyakan larangan.., tapi mama jadi seneng by, soalnya Alby jadi bisa bilang "Bete" hi..hi..hi..-

Tuesday, December 05, 2006

Staff Only

Ceritanya pas ayah pulang kantor, lupa gimana mulainya..Ayra bilang gini;

"Kalau abang nanti udah segede ayah, abang kan kerja tuh ma..abang punya boss.."
"Punya boss? kenapa nggak abang aja yang sekalian jadi boss-nya" hiii..mama ama ayah nyaris bersamaan..
Ayra dengan muka panik, "Aaaaaa, abang nggak mau jadi boss.., boss kan kerjaannya banyak, abang nggak bisa nyelesaiin segitu banyak kerjaan..abang nggak mau!!"
"Yaaa..enggak semua bang, lagi pula kalau abang jadi boss pasti deh ada pegawainya yang bantuin kerjaan abang.." kata ayah
"pegawai? apa itu pegawai?" hiii..kadang mama tuh suka sotoy deh..terus suka nggak bisa jadi kamus dadakannya Ayra, nyeplos aja mamanya bilang; "pegawai itu..ya..orang yang kerja..yg kayak mama dan ayah gini bang.."
Abang sepertinya masih bingung aja, terus mama nyambung lagi.."pegawai itu..karyawan, bang.." tuhhh, kan tambah bingung anaknya :D
"karyawan?"
"addduh, ayah apa yaaa..., pegawai..karyawan..staff gitu apa yaaa, yahhh..."
Ayah masih cengir-cengir tuh mau nge-jawab tapi udah keduluan Ayra,
"Staff?"
"oooo..abang tau kok ma, abang ngerti.."
"apa emangnya?"
"Staff Only..., kan?!"
Gubraaakkks!! Si ayah ngakak deh.... :))

pada akhirnya sih Ayra dikasih tau juga pegawai itu apa..,
[karyawan = orang yang bekerja untuk suatu perusahaan atau orang lain] -tolong koreksi ya, kalau salah- :)

Sunday, December 03, 2006

rupa-rupa

Sedih euy..kalau kompi rusak.., udah hampir 3 minggu ini kompi kita rawat inap. Garing ternyata yaa..nggak nge-net itu :D Jadi manya juga nggak bisa dengan leluasa jalan-jalan dan nenangga [baca : sahabat blogger] di dunia maya. Dikantor utk buka blog aja terkadang susah, jadilah mending menyelamatkan kerjaan dulu timbang jalan-jalan. Yang pasti kita bakalan nenangga deh..dan nge-rapel kabarnya para tetangga :). Moga-moga minggu-minggu ini kompi-nya dah betul lagi..., ini ayah baik banget manya dipinjemin laptop knt.., thanks ya, yahhh..

Ada berita gembira juga lho.., pertengahan Nopember ini, si tante Mimi pengumuman kalau udah telat dan ternyata udah 6 minggu, kalau sekarang ini mungkin dah masuk minggu ke 8 kali yaaaa..., Hiii..seneng banget nih Ayra_Alby mau punya adik lagi.. :). Terus kalau manya itung-itung nii..Insya Allah lahirnya akhir Juni-awal Juli 07 gitu deh, Moga-moga aja tante Mimi sehat-sehat selalu, si baby kecilnya juga...

Photobucket - Video and Image HostingTerus..terus kabarnya Ayra_Alby.., hmmm, mereka berdua baik-baik aja..sempet juga pada kena flu..tapi alhamdulillah nggak lama juga sembuh. Untuk Ayra sendiri, sekarang-sekarang ini hampir setiap hari sabtu kita keliling cari sekolah dan liat-liat sekolah untuk SD Ayra pertengahan tahun depan. Sekolahnya sendiri udah dilist dari Ayra masih TK, sekarang ini selain liat ke sekolahnya sendiri jg cari-cari tahu kapan pendaftarannya. Untuk minggu-minggu ini kita nyempetin liat sekolah negeri, untuk swastanya mulai minggu depannya lagi. Manya belum bisa cerita banyak tentang pilihan sekolah kita -yg juga pilihan Ayra tentunya-, cuma bisa berdoa dan berharap agar Ayra dapet sekolahnya mudah dan lancar-lancar aja. Terkadang..kalau keingetan soal sekolah, manya suka deg-degan dan H2C [baca : harap2 cemas] takut aja.., Ayra nggak dapet sekolah..

Photobucket - Video and Image HostingKalau Alby, hmmm..ada kemajuan dari bicaranya, sekarang ini..tepatnya setelah liburan lebaran kemarin. Alby masuk ke masa spontanitas dalam mengucapkan kata-kata baru. Kalau ada kata yang menarik buat Alby, maka akan diulangi-nya berkali-kali. Sesekali udah bisa menyusun kata, walau masih harus dibantu. Setiap ditanya Alby udah punya jawaban, memang sih masih lebih banyak "ya" dan "tidak" aja. Kata-kata baru juga lumayan nambah. Tadinya ada kali ya 4-5 bulan Alby stuck..nggak ada perkembangan, nggak tau dia jenuh..atau malas. Mama ama Ayah setengah hati mau nyetop terapinya, tapi entah kenapa karena ada libur lebaran dan kebetulan juga terapistnya pada mudik, ada-lah 3 mingguan Alby nggak terapi. Nah..selama liburan itu deh, muncul kata-kata barunya..dari situ urung lagi buat nyetop. Menurut Ayah biar deh..diterusin.., ternyata terapi setelah lebaran jadi lebih mendingan. Responnya bagus, udah ada jawaban setiap ditanya.., emang harus ganti suasana juga ya.., Yaaa..moga-moga aja Alby makin lancar bicaranya..