Sunday, May 27, 2007

Untuk Ayah

Minggu-minggu lalu dibulan Mei..

pulang sekolah, Ayra kasih surat buat Ayah, sepertinya disekolah tadi ceritanya bikin surat dan kebetulan di tgl 12 Mei ini Ayah ulang tahun

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket



Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket


tulisannya : AyaH selamat UlanG TaHUN semoGa PanjanG umur Dan cepaT TiNGGi semoga AlloH memberikaN rezeki yanG Banyak

Menyambung ucapannya Abang Ayra; semoga Ayah senantiasa sehat..happy..sukses dikerjaan..keinginan dan harapan Ayah terkabul..amin :)

*Mamay-Ayra-Alby*

Friday, May 25, 2007

Petir.., aku marah!!

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket



Sudah beberapa kali ini kan kalau hujan petir-nya suka nggak kira-kira alias bunyinya menggelegar sekali..

Sekali waktu, hujan turun..lebat. Petir-nya jangan ditanya.. sekali menggelegar ternyata bikin Alby kaget. Langsung nangis dia..., lari ke kamar. Kita yang lagi dikamar langsung deh nge-bujuk dan menghibur terus juga bilang nggak papa karena kita ada didalam rumah, aman deh nggak ke ganggu petir. Tapi nggak lama menggelegar lagi.., cuma kali ini Alby nggak nangis..dia teriak..hei...heiiiiii...heiiiiiiiii..., teriakannya jg nggak kalah kenceng, diem sebentar sesekali nutup telinganya -seperti mau bilang; berisik!- terus teriak-teriak lagi..dan kali ini mukanya tengadah ke atas..

Aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa......


Kita tanya: "kenapa By?"

aaaaaaaaaaaaaaaa.....aaaaaaaaaaaa...

teriak..teriak lagi..tetap tengadah ke atas...

ooo..rupanya Alby lagi marahin petir... "Alby lagi marah ama petir yah?'" kata ayah

"iya...iyaa...yaa" jawabnya sambil mengangguk-angguk, mukanya serius banget..


halah! Alby...Alby..biar menjerit kayak apa juga, petirnya mah nggak peduli :D

Saturday, May 19, 2007

Daaahhh...botol.....!!

Photo Sharing and Video Hosting at PhotobucketHampir dua bulan yang lalu, Mama memutuskan untuk menghentikan Alby minum susu botol. Ayah setuju aja. Kita beliin juga botol pengganti yang pake sedotan. Dan Alby (awalnya) seneng banget ama botolnya ini. Sebenernya sih bisa minum aja langsung dari gelas..tapi kita khawatir Alby nggak mau. Buat Alby minum dari gelas itu yaa..minum air putih (sama, Ayra dulu juga begini).

Seperti biasa, untuk urusan sapih-menyapih selama ini manya alami yaa...mudah-mudah aja. Nggak ada masalah gitu lho.., dulu waktu masa menyusui anak-anak berhenti ketika 2A berusia 8 bulan, habis dengan sendirinya dan pabrik susu mama nggak pake bengkak-bengkak. 2A juga nggak rewel pas lepas masa ASI ini. Waktu Ayra lepas botol juga gitu, emang sih lepas botolnya udah kelewatan..umur 5thn! tapi itu dengan kerelaan dia sendiri..meski seminggu pertamanya.., mukanya melas terus kalau liat Alby minum susu. Lepas pampers jg gitu..

Tapi kita nggak nyangka, kalau ternyata Alby sebenarnya berat hati. Tahun lalu pernah dicoba tapi kitanya nggak tega. Sekarang mesti tegaan kayaknya. Malamnya..hampir setiap jam Alby terbangun dan nangis minta susu.., tapi mama keukeuh nyodorin botol baru.., dibukain tutup botolnya biar Alby minum nggak mau..geleng2 dia.., tapi begitu botol ditutup dgn marah-marah botol baru diambilnya..terus dipeluk..dibawa tidur sambil jempolnya masuk mulut..begitu terus sampai subuh.., Ayah gusar..Mama keukeuh.. dannn..kita berdua nggak bisa tidur... ;) hari itu..

Paginya, kita sedia-in susu digelas..., addduuuhh...habisnya lama nian.., akhir-akhir ini kan kalau sabtu-minggu, makan Alby suka mogok.. nggak ngerti deh..maunya cuma nempel aja ama si ayah. Hari-hari pertama pisah botol emang berat. Setiap Alby minta susu kita buatin di botol baru..begitu kita kasih botolnya dan dia liat setiap itu pula minatnya turun. Cuma nyebut-nyebut cucu..sambil nunjuk2 bibirnya..pegang botol baru..diminum juga enggak. Eh iya, Alby dah bisa lho..bilang susu.., memang nggak langsung susu, tapi cucu...karena Alby belum bisa kata dgn huruf S didepan.., sakit..satu.., cuma bagian belakangnya aja yg jelas.. Si botol baru ini nasib-nya langsung apes baru 2hari pecah karena beberapa kali dilempar Alby saking keselnya setiap minta susu yg dikasih botol baru bukan botol biasanya. Senin sampai Jum'at kata Andung mau minum susu, cukup ditaruh gelas di atas meja, nanti dengan sendirinya Alby akan nyamperin minum. Tapi udah jelas deh, porsi minum susunya jadi berkurang.., mana minum susunya juga jadi lama.., belum tantrum karena pisah botol, bawaannya gusar aja.., marah-marah :( dannn..Alby jadi keliatan deh kurusnya...

Dua minggu berjalan, Alby keliatan makin ciut aja.., mulai deh Mama dan Ayah nggak tegaan (hikks, kurang konsisten nih kita..) akhirnya diputuskan satu hari dalam seminggu ada masa Alby boleh minum dgn susu botolnya lagi, yaitu setiap hari Sabtu..

Waktu berjalan..., di pertengahan April..tante Linda usul lewat milis ;

may may..
boleh usul nga? gimana kalo si bibby itu dapat jatah minum botol susunya jgn hari sabtu ato minggu. kasih botolnya hari biasa deh (sehari antara hari senin-jumat gitu). soalnya, dipikir2...kl weekend itu kan mamay ama ayah ada dirumah... kl dia frustasi nga dpt botol susu wkt weekend, dgn ada mamay dan ayah... agak terhibur lah dia. mungkin pikirannya nga fokus ke botol susu krn ada ayah...
bayangin deh, dia dpt botol susu pas weekend. tus, hari senin, dia balik lagi ke gelas, kan bete tuh dia..sementara...semua pada pergi kerja...jd makin bete kan dia???...
gitu usul saya, bagaimana?...

-lnd-

Usulpun diterima, harinya diputer deh..jadi Senin-Rabu minum botol, Kamis-Minggu di gelas.., niatnya jatah hari buat minum botol itu akan berkurang tiap minggunya hingga akhirnya Alby bener-bener lepas botol, tapi berhubung nggak lama sesudah itu Ayra opname di rs, jadilah kita nyerah Alby balik lagi sepanjang hari dengan botol. Hampir 5 hari di rs, ketika kita pulang, Andung cerita kalau botol susu Alby dah retak, bener-bener udah tamat riwayatnya -kalau ini bukan karena dibanting/dilempar tapi emang udah berumur :D-. Naaahhh, kali ini dibulatkan tekat bener deh, manya kasih tau dan perlihatkan tuh botol ke Alby, kalau botolnya bener-bener dah nggak bisa dipakai lagi..dan harus minum digelas. Terima kenyataan kayaknya Alby, :) karena sejak hari itu..Alby dah nggak begitu rewel lagi minum susunya..mau minum susu digelas, baik pake sedotan atau enggak.. :)

Sunday, May 06, 2007

ooo..my Alby..

Cerita senin sore, 23 april sekitar jam 18.00

Photo Sharing and Video Hosting at PhotobucketKetika lagi seru-serunya nenangin abang yg masih harus menerima satu suntikan lagi dari suster, tiba-tiba telpon bunyi, dari rumah!
Andung yang telpon; Mama ini, gimana sih ? kok nggak telpon2.., Alby niii...Alby..' (pikir manya.., yaaa..kan belum dapet kamar.., masih ke dokternya dulu...ke adminssion dulu..ambil darah dulu.., maunya manya udah tenang baru nge-bel rumah.., suara Andung panik gitu..,)
'ada apa ndung? kenapa si Bibby..?'
'Alby niii.., dia makan obat 1 butir paramaex!!!!' (catet: Andung bilang 1 butir PARAMEX)
dddduhhh, manya langsung diem.., gemeter.., badan rasanya dah nggak berdarah..tangan tuh putih..., duuhh.., rasanya nggak bisa berdiri..langsung cari-cari pegangan.., terus Andung masih heboh ditelpon..'Ini mesti diapain..? mama mesti apain si Alby??' kasihan Andung panik banget.., manya jg masih bengong aja tuh.., akhirnya kesebut aja, (tau bener tau salah) 'kasih susu aja ndung, kasih yang banyak...ntar abis ini balik cepet..'

Abis itu yg ada manya bengong...pusing langsung kepala.., berdenyut2 gitu.., ayah lagi heboh jg nenangin anaknya..(udah kayak sinetron aja yeee...:D), manya berdoa.., pasrah deh manya.., -moga2 Allah memberikan yg terbaik buat Alby, apapun!- (bayangan manya udah buruk banget, muka Alby biru..atau mungkin dia kejang, pingsan..atau OD..atau mungkin nantinya malah nggak bisa apa2 hiks..) buru2 manya telpon tante Linda/tante Mimi..minta mereka pulang cepet..tapi sinyalnya nggak bagus.., akhirnya manya sms aja.., tangan gemeter..., pas nulis sms udah nggak tahan...manya nangis aja..air mata turun terus..udah nge-bayangin yg jelek aja... :((, satu butir paramex gitu lho..., jadi bayangan ttg Alby udah parah banget...

begitu Ayra dapet kamar, manya langsung ngibrit pulang.., alhamdulillah tante Mimi udah pulang.., Alby udah minum susu bear brand.., daannnn...tampilannya, wajahnya..riang banget!!! -duhh, alhamdulillah..alhamdulillah terima kasih ya, Allah-...tapi manya masih was2..., manya tetap nunggu 24 jam pertamanya..., terus..abis itu manya ama tante Mimi cari-cari..obat apa yang diminumnya.., ternyata bukan paramex.., tapi ponstan..soalnya waktu Andung tanya ke Alby, dia nunjuknya bungkus paramex..dan tuh bungkus paramex emang udah kebuka..tapi bukan ama Alby..

biasanya Alby nggak pernah bongkar2 tas ayahnya..lah, ini ndilalah..dia bongkar dan ketemu obat2 itu..., pas kita liat cecerannya..ternyata itu potongan ponstan.., ada kali 1/2 tablet dimakannnya..(kayaknya sih dia penasaran ama permen, dia pikir ponstran kuning itu permen.., tapi karena pahit..nggak dimakan semua, soalnya waktu dia 'lapor' ke nyokap mulutnya cemongan ama remahan obat...). Lalu kita tunjukin dan tanya ke Alby, obat mana yg dimakannya.., Alby tunjuk potongan dan remahan ponstan. Duh, pelajaran banget niii...dalam menyimpan obat-obatan, memang di rumah obat2an tempatnya jauh dari jangkauan..tapi nggak pernah kepikir dan menyangka kalau suatu saat dia bongkar-bongkar tas ayahnya.., :(, jauh-jauh deh nyimpen tas sekarang..

persis 24 jam-nya Alby nggak papa.., ketika besoknya sekolah bu gurunya bilang dia oke2 aja.., ya..syukur–lah .. alhamdulillah..., terima kasih ya, Allah..
ooo...my Alby....

ketika malam tiba, terasa sekali..betapa hari ini begitu..melelahkan, begitu berat..

Saturday, May 05, 2007

Hari Ayah

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Surat Ayra buat Ayah bunyinya :

Ayah jangan lupa ke TKAI ya pakai baju olahraga jangan terlambat sampai di sekolah. besok kita bermain bersama pasti menyenangkan jangan lupa...Alby juga diajak ya Terima Kasih.

Waaahhh, mama udah nge-bayang aja bakal seru acara ini. Mama yang udah lama banget nggak ke sekolah jadi begitu ingin ke sekolah...pengen liat gitu acara para ayah dan anak ini apa aja..., tapi pas mau berangkat dilarang ama Ayra;
'May, ngapain ikut? Ini kan acara buat Ayah, Abang dan Alby...'
'Yaaa, masa nggak boleh ikut..terus yg fotoin siapa?'
Ayra diem aja tuh..
Sampai sekolah..., acara belum dimulai tapi udah rame banget dan para ibu-ibu..itu kok malah ngintip2 diluar pagar? Ternyataaaaa....hiks, para bunda-mama-ibu-ummi nggak boleh masuk! Bahkan ada tulisan 'Area Ayah dan Anak' hu…huu…bener kata Abang Ayra, garing deh mamanya nungguin mereka bertiga diluar pagar, sampai abis 2 teh botol dingin...saking panas dan hausnya diluar -begini nih, kalau nggak ngedengerin kata anak!-

Alhasil, foto mama dapetin dari luar pagar, udah kayak paparazzi ajah ;)

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Acara Hari Ayah : Senam bersama, bikin hasta karya/prakarya..cerita Ayah 15 menit pertama nggak ada ide mau bikin apa, smtr 2A ‘ribut’ Alby mau gunting2 dilarang ama Abang.., biasalah..Abang kan rada tertib.., Abang usul bikin computer, tivi dan bis. Akhirnya sepakat bikin bis..abis itu yaaa..istirahat.., makan ice cream..bertiga..

Friday, May 04, 2007

Sakit lagi..

Siapa yaa..yang mau sakit.., tapi kalau kejadian yaaa..mau gimana lagi.., kata Angku kalau lagi sakit harus sabar…

Dimulai rabu 18 april sore..
Badan abang demam..langsung 38.8 C..tapi abang masih belajar matematika, Alby menggambar ditemani mama..

Kamis, 19 april
Abang nggak sekolah.., sore kita ke dr.Abu, menurut beliau abang radang dan seperti biasa beliau pesan kalau sampai sabtu pagi masih jg hangat telpon beliau..

Jum’at, 20 april
Panas udah turun, abang keukeuh mau sekolah jg.., buat jaga-jaga..kalau demam lagi, abang mama bekalin tempra

Sabtu, 21 april
Hujan deras..petirnya nggak kira-kira..akibatnya kompi dan telpon kesamber petir …, hiii..bakal garing deh nggak pegang2 kompi. Menjelang sore..abang demam lagi! Sore itu juga ke lab, hasilnya hemoglobin-hemtokrit-lekosit dibawah normal semua..trombo 197rb. Telpon dr.Abu, hari minggu lab.lagi.. dan cek jg IgG-IgM Dengue..(waaahh, mulai khawatir..niii..) dan abang maunya bobo aja..

Minggu, 22 april
Ke lab.rs gandaria, abang udah mulai cemas..bukan karena demamnya tapi karena suntik. Nangis dia pas disuntik. Hasil lab, hemg-hemt-lekst masih dibawah normal trombo 154rb, telpon dr.Abu menurut beliau perbanyak minum-makan terus besok pagi lab lagi (mulai deh mamanya deg2an..). Karena udah hampir sebulan nggak ke rumah eyang, abang keukeuh hari ini mau ke tempat eyang. Sepanjang siang main seperti biasa ama Alby dan Aji, walau badan sedang hangat-hangatnya. Mama banyakin abang minum, manya cobain jg angkak..tapi abang nggak mau :(, nggak enak katanya…, abang pilih pocari.., jadilah sepanjang siang hingga sorenya abang minum pocari dan air putih, makan seperti biasa.., tapi malemnya abang keliatan nggak semangat dan maunya bobo.., badan masih tetep aja hangat.., sampai malam suhu tubuh abang pol 39.7 :(

Senin, 23 april
Abang nggak sekolah karena masih demam dan kali ini abang protes berat, dia nggak mau disuntik..nggak mau nangis lagi kayak sabtu-minggu (katanya : masak abang nangis lagi ma?), Maaf ya, bang..tapi harus! Nangislah dia…, hasil lab. masih dibawah normal dan trombo 112rb. -makin deg-degan-lah manya dan ayah :(- telpon lagi..kata dr.Abu; sekarang pilihannya ada 2 bu, mau dirawat dirumah tapi harus banyak makan dan minum, istirahat dan besok pagi lab. lagi atau ke rs :(. Dr.Abu ngingetin trombo yg udah 112rb. Dan dia jg bilang ada kemungkinan DB, akhirnya ayah nih yg mutusin ke RS. Dan di-oke-in ama dr.Abu. Manya sendiri jg nggak yakin kalau dirumah, anak itu pasti becanda2 aja ama adiknya..mana bisa istirahat tenang..lagi jg manya ketar-ketir sendiri.., DB sekarang kan meng-khawatirkan :(, Menurut Santi-Hanni, kalau manya pede dirawat dirumah aja, tapi memang harus bolak-balik ke lab :( ..Ayah nggak ngantor nih, manya jg jadi setengah hari.., lagi nggak enak jg, ngelarin kerjaan dulu.., bisa jadi juga besok manya mendadak cuti.

Menjelang sore kita ke RS, duuh..(asli) manya khawatir jg ragu, masalahnya..kata ayah abis ambil darah pagi tadi ayra lemes, tapi pas di RS ayra udah riang dan ceria lagi..udah nggak demam jg. Dulu sih kita pernah rawat inap abang waktu operasi ganglion, tapi yaaa..cemasnya beda, karena sebelumnya kita udah dapet rujukan dan abang jg sehat waktu itu. Ternyata kita harus ke dsa dulu. Manya pasrah aja deh ama dsa siapa aja, takut aja makin sore abang udah keburu lemes. Maunya sih sama dr.Dwi, tapi jam prakteknya masih lama. Akhirnya abang ditangani ama dr.Karel..dari liat hasil lab..abang diminta untuk dirawat.., abis itu kita daftar dulu deh. Selagi daftar dan nunggu dapet kamar, abang mulai rewel lagi dan maunya tiduran aja di kursi panjang.., mulai nggak sabaran lagi….dan mulai marah-marah. Sebelum nyampe kamar, abang diperiksa suster dan ambil darah lagi… :( Duhh, kasian deh abang..kali ini udah bete banget dia…, begitu disuntik nggak cuma nangis, pake menjerit2; plester….plester…cepet plesterrrr!!! , tangan mesti dipeganin biar nggak meronta…., -hiii..bukan abang banget deh pokoknya..! :(- Abis itu kita ke kamar 5123, tempat abang dulu mau OP ganglion..

Selasa, 24 april
Trombo kemarin sore 119rb tapi yg pagi dan sore hari ini turun jadi 109rb dan 103rb. Hasil lab kemarin sore dan yg sehari ini manya confirm ke dr. Abu.., walau tertulis positif DB yaaaa..buat nenangin hati juga :D. Abang jg nggak semangat, tapi (alhamdulillah) makan dan minumnya oke. Siang, guru-guru sekolah termasuk tante Hanni, nengok abang, tapi abangnya lagi bobo..sepanjang siang mama yg jaga abang.., kalau malam ama ayah. Ayah balik ke rumah/kantor setelah Abang disuntik, soalnya bekas suntikannya harus ditiup ama ayah.. :D Sementara Alby dirumah ama Andung, dan nggak diperbolehkan liat abang ke rs ama Andung.. :D. Sebetulnya abang bete banget karena harus bolak-balik pipis, tapi terus mama rayu supaya mau minum, hampir tiap setengah jam abang mama suruh minum 1/3 gelas. Jadi kata-kata : "minumnya sampai se-mana ma?" sering banget, terus karena pipisnya dipispot iseng deh kita itungan berapa cc pipisnya abang…he..he.., -biar abang nggak bosen- Yang paling sering diminumnya itu susu, air putih, pocari dan juice jambu. Dicobain juga juice kurma, tapi karena terlalu kental bikinnya dan buat abang kemanisan, jadinya malah nggak mau jg. Hari ini di kamar 5123 ada 5 pasien kecil tapi 4-nya kena demam berdarah :(, btw mama diingetin tante Santi jangan lupa Alby tetap diterusin minum multivitaminnya…{tengkiuuu yaa, tante.., :)}

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Rabu, 25 april
Ini hari ke 7 abang, manya berharap hari ini lebih baik buat abang. Abang Ayra sendiri jg udah lebih cerah mukanya..seperti yg tante Santi-dr.Abu-suster bilang biasanya trombo akan terus turun hingga hari ke 5-7, nanti setelah itu akan naik kembali… Alhamdulillah, hari ini trombo abang naik 136rb.., cepetan sembuh ya, bang… :). Dan kata suster mulai hari ini suntik cukup sekali aja, utk besok mungkin ada satu kali suntikan lagi.., kalau bagus abang boleh pulang..
Siang, tante mimi-temen knt mama-temen knt ayah dan ayahnya adik Diah bergantian nengok Abang. Dan sorenya, salah satu teman kamar abang udah boleh pulang, udah sembuh..ihhh, senangnyaaaa… :)

Kamis, 26 april
Meski sedikit manyun harus disuntik lagi, tapi udah nggak seperti kemarin, nangis sih masih-lah. Sorenya dikasih tau suster, kalau trombo abang dah 176rb..alhamdulillah..-kayaknya kita udah boleh pulang nih, bang :)- Meski happy dgn keadaan abang, nggak urung hati manya ngilu jg..karena teman sekamar abang satunya lagi harus masuk ICU karena demam tinggi dan trombo yg dropp hingga 16rb.. :(( {belakangan kami tau, kalau anak itu adalah keponakannya tante Dini, -semoga kian membaik keadaaan dan sudah sembuh yaaa..-} . Malamnya Agung dan Bunda dateng.., giliran pulang, Agung nggak mau..katanya mau di rs aja ama abang...he..he..

Jum’at, 27 april
Tiap pagi kan dr.Karel visit. Biasanya ontime, tapi kali ini sampai jam 9-an belum nongol2.., wwuiiihh, dah nggak sabar nanya kapan pulang. Akhirnya dateng jg dokternya…dannn…yippiiii!! Abang dah boleh pulang siang ini. Senin kontrol. Cuma baru hari ini deh manya kepikiran utk foto abang, kemarin-kemarin mah..boro-boro dehh… :D

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Sekarang ini Abang Ayra udah sembuh, selasa, 30/04 kemarin dah sekolah lagi.. :)