Thursday, May 15, 2008

Nasehat Kakak..

Masih inget dengan lagu Nasehat Ibu ciptaan bapak A.T Mahmud ?

nasehat ibu
pesan ibu
akan ku ingat
slama hayat

dan dimanapun
aku berada
nasehat ibu
pedomanku..

Moga-moga masih inget yaa...
nah, lagu ini bikin mama inget ama fotonya abang ayra dan alby, lalu tanpa sengaja mama juga foto alby dan audrey dengan gaya yang sama..., yaa...kalau nggak sama disama-samain ajah deh.. ;). Di foto ini bukan jadinya nasehat ibu, tapi mungkin lebih kena nasehat kakak ke adiknya... ;)

Photobucket

lagu diambil dari sini

Saturday, May 03, 2008

Angka Romawi

Ayra lagi suka belajar angka romawi. Mulai tertarik gara-gara dia memperhatikan nama jalan-jalan di sekitar sekolahnya. Jl. Darmawangsa IX, Jl. Wijaya I, Jl. Brawijaya VII. Ayra selalu bilangnya ;
May, itu dibacanya Jln. Brawijaya V(ve) I(i) I(i) yah?


atau


I(i) X(eks) itu maksudnya apa?

o, bukan bang...itu namanya angka-angka romawi.. V(ve) I(i) I(i) itu adalah 7

PhotobucketLalu mama dan ayah bongkar-bongkar deh..dan akhirnya ketemu linknya. Mama yang tadinya lupa-lupa inget ama C-D-M jadi inget. Kalau L itu = 50 ini nggak bakalan lupa, karena waktu SMP seringnya nulis SMP LVI (56). Sementara untuk C-D-M ragu-ragu. Waktu kita kasih tau Ayra seneng dan semangat sekali belajarnya. Kebetulan Ayra punya satu buku latihan harian yang mama sediain, isinya macem-macem...ya menulis..ya hitung-hitung..atau bikin karangan. Jadi Mama kasih latihan-latihan..siangnya di kerjakan Ayra, karena itu latihan sendiri jadi Ayra buatnya kapan aja dia mau..nanti sorenya mama cek. Sekarang Ayra udah ngerti ama angka-angka romawi.

Ini ada sedikit tentang Angka Romawi :

Angka Romawi atau Bilangan Romawi adalah sistem penomoran yang berasal dari Romawi kuno. Sistem penomoran ini memakai huruf alfabet untuk melambangkan angka numerik:

I atau i untuk angka satu,
V atau v untuk angka lima,
X atau x untuk angka sepuluh,
L atau l untuk angka lima puluh,
C atau c untuk angka seratus,
D atau d untuk angka lima ratus,
M atau m untuk angka seribu

Untuk angka yang lebih besar (lima ribu ke atas), sebuah garis ditempatkan di atas simbol yang mengindikasikan perkalian dengan 1000.

V untuk lima ribu
X untuk sepuluh ribu
L untuk lima puluh ribu
C untuk seratus ribu
D untuk lima ratus ribu
M untuk satu juta

Sisanya bisa dilihat di link Angka Romawi
Januari 2008
gambar dari www.gettyimages.com