Saturday, August 30, 2008

selamat puasa yaa...

Teriring dari hati kami yang paling dalam..,
maafkan kami, lahir dan bathin

selamat menjalan ibadah ramadhan..
selamat berpuasa..
semoga segala amal ibadah kita diridhai Allah swt..
aminn..

Alby, sudah 5 tahun !

Tidak terasa Alby udah 5 tahun. Pagi-pagi kita bangunin..masih pake baju piyama..ktia ajak Alby untuk tiup lilin. Jum'at malem sebelumnya mama beli kue kecil dengan 5 lilin. Alby kayaknya nggak nyangka dan kaget! Cepet2 minta gendong ayah...dan setengah nggak percaya. Sampai kita bilang; "Selamat Ulang Tahun ya, By..makin pintar ..sehat , bersahaja ..dan tentu semua yg terbaik buat Alby :)" Alby masih ngawang kali yaa..he..he.., ketika tiup lilin..jg masih ragu.., lalu Andung bilang; ya, udah kita tiup aja deh Ma, Abang.., eh..buru-buru Alby tiup dan ppphhhuuuh..lilinnya mati semua. Lucunya dia bilang gini :

U-lang ta-un mamay? kayak teman-teman? nya-nyi..nya-nyi?
iya By...
Alby? u-lang ta-un?
iya !

Entah bingung..entah baru ngeh dengan acara tiup lilinnya..krn abis bangun tidur.., lalu..nggak lama kemudian Alby turun dan gendongan Ayah, minta tiup lilin lagi..dan senyum. Abis itu siap-siap deh..mandi-ganti baju-sarapan..ikut mama antar Abang sekolah.

Hari itu Ayah ada keperluan, jadi mama deh yang ngawal anak-anak. Sambil menunggu Abang sekolah, kita main-main di mesjid samping sekolah. Saling foto-foto kita... dan ini jadinya :)

Selamat Ulang Tahun, Alby
Semoga selalu sehat semakin pintar.., sekolahnya lancar.. tetap murah senyum dan ramah..bahagia..dan Allah swt senantiasa melindungi Alby..

Sabtu, 23 Agustus 2008

Thursday, August 28, 2008

Ayra, dipalak

Jum'at, 22 Agustus 2008, sepulang Ayra TPA ;

"Andung, Andung tau dipalak nggak?"
"tau..bang.., kenapa emangnya?" Andung langsung keinget, jaman kita bertiga SD dulu, pas mamay kelas 6 SD, ada temen kita yg baru aja beberapa hari pake sepatu kets baru merk Fila, dipalak sepatunya sehingga temen kita itu nyeker pulang kerumah. Dipalaknya masih seputaran lingkungan sekolah tapi bukan dengan anak-anak sekolah.

"Abang, dipalak Ndung..., pas jalan mau ke TPA"
"Haaa...?!, gimana ceritanya..bang?"

Ayra pun bercerita (Ini mama dapet dari Andung) :
Seperti biasa Abang berangkat ke tempat TPA bareng Aziz, temennya yg juga tetangga sebelah rumah. Ditengah perjalanan..Aziz tuh jalan duluan beberapa langkah didepan Ayra. Saat ini Ayra udah merasa dia dibuntutin ama orang. Orang ini anak SMP.., lalu karena Ayra agak tertinggal, Ayra teriak panggil Aziz.., Aziz pun balik nyamperin Ayra terus jalan bareng. Nah..udah jalan berdua inilah.., Ayra dan Aziz dicegat..dimintain uangnya. Kebetulan hari itu Ayra memang bawa uang Rp 3.000,- untuk amalan dan Rp 2.000,- untuk tabungan TPA. Masing-masing ditarok di kantung baju kiri-kanan. Anak SMP ini minta uang ke Ayra dan Aziz, nggak tau deh mama gimana anak ini ngomongnya.., entah ngancam..entah berkata kasar. Aziz kasih Rp. 1.000,- Ayra langsung aja ambil uang dari salah satu kantongnya. Terus anak itu pergi.

"Berapa uang Abang yg dimintanya?"
"Abang ambil aja..Ndung, terus pas Abang liat tinggal yang 3 ribu, yg buat amalan Ndung.."
"Emang uang Abang keluar ya Ndung? Keliatan kali ya Ndung?"
"Yaa.., kalaupun tidak keliatan.., kalau anak itu udah niatannya emang mau malak yaa..tetap aja Abang yg diminta.."
"Abang, deg-degan Ndung.."
"Abang takut?"
"Enggak Ndung, Abang nggak takut..tapi Abang gugup Ndung.."

Pulang knt baru Andung cerita ke Mamay..Ayah dan Bibby Linda. Abang udah tidur nih..., duuhh...denger ceritanya..lemes badan..jantung tuh rasanya nggak ditempat. Sampai Andung selesai cerita teuteup nih badan rasanya lemes. Jarak antara rumah dengan tempat TPA nggak jauh. Jalanan yg dilaluipun tidaklah sepi. Mobil..motor..selalu lalu lalang..dan udah pasti lewat dgn jalan pelan, tempat tinggal kita disini bukanlah perumahan atau kompleks.. Jalanan berupa gang-gang yg selalu rame dilalui orang, pagar rumah orang yang dilalui Ayra menuju TPA-nya jg bukan yg berpagar tinggi.., bahkan ada jg yg nggak berpagar.. Selalu berangkat dan pulang bersama-sama beberapa anak tetangga. Awalnya dulu diantar dan jemput Andung. Tapi karena Ayra senang berangkat bareng gini.., mulai deh dilepas sedikit-sedikit. Dan Alhamdulillah aman-aman aja. Lingkungan kita ini sampai sekarang ini boleh dibilang aman. Udah nggak ada lagi anak-anak yg suka nongkrong. Jaman kita bertiga ABG dulu...ammpuuunnn, deh..., udah-lah bandel..tukang mabok..pula.., hiii...

Andung langsung aja bilang; mulai senin besok, Abang..Andung antar - jemput lagi. Teuteup yaa..mama tuh rasanya ngawang. Sering denger cerita kayak gini.., baca..cerita kayak gini.., bahkan dulu ternyata kata Andung, tante Mimi (pas kelas 1 SD) jg pernah ngalamin.., dipalak ama temen sekelasnya..dimintain uangnya terus, pdhl waktu kelas satu itu kita belum dikasih uang jajan, sampai nggak mau sekolah, tapi yaa...teuteup aja kalau kejadian di anak sendiri rasanya kok ya..sediihh...,

Andung mah bete banget, menurut Andung; anak udah diajarin berani kan jadi trauma..takut lagi.., Yaa.., sabar Ndung.., semua pasti ada hikmahnya.. Mana tau Ayra jadi lebih berani.., Ayra juga jadi belajar. Bersyukur sekali kita, Ayra dan Aziz nggak kenapa2 dan nggak diapa2in..cuma dimintain uangnya aja. Yang kebayang ama mama udah kacau aja.., kalau udah gini; apa yg kebayang dikepala..untuk nyebutnya aja nggak berani.. :(( Orang tua Aziz juga udah tau tentang kejadian ini, kita lagi nanya Aziz nih..kira-kira anak SMP itu, anak lingkungan sini atau bukan. Soalnya Ayra nggak ngeh..nggak merhatiin ke orangnya..saking deg-degannya. Ya..bukan kenapa2.., paling enggak kita bisa nandain aja..dan sebisa mungkin dihindari aja deh. Aziz ini anaknya lumayan berani..dan kalau main jajahannya udah agak luas timbang Ayra yg selalu dirumah terus :D.

Minggu, 24 Agustus 2008

Mama ama Ayah tuh..sebenernya pengen banget denger Ayra yg cerita, tapi kayaknya Ayra males/bete jg ditanya2in.., jadinya nanya-nanya-nya yaaa liat2 jg. Buat Ayra, karena udah cerita ke Andung ya cukup. Dan akhirnya kita tau, kalau yg malak itu kira2 anak SMP, Ayra nggak merhatiin tapi pake celana pendek. Mereka berdua, yg satu diem aja. Jadi kayaknya yg akan dipalak itu Ayra, mereka berjalan udah diantara Ayra dan Aziz. Aziz yg jalannya lebih dulu dipanggil ama Ayra..biar bareng.., begitu Ayra dan Aziz udah jalan bareng anak 2 itu berbalik dan langsung mencengkeram bahu Ayra dan Aziz. Terus dimintain dua ribu. Lalu ama Ayah..diajarin dan dikasih tau gimana caranya kalau berhadapan dengan orang seperti itu; teriak atau lari dan sedikit tehnik beladiri yg mudah. Ayra nggak mau.., nggak mau teriak..

"lari bang.."
"gimana mau lari may, bahu abang dipegang gitu.., keras lagi"
"kalau gitu abang, ikut bela diri mau?"
"bela diri? kayak karate, taekwondo, aikido gitu ma?"
"iya..., jadi kalau abang dicengkeram gitu bahunya..., bisa aja abang elakkin..hmm, dibanting misalnya.."
"dibanting, yah?"
"iya.."
"enggak ah.., kan sakit yah..Allah pasti nggak suka.., Allah pasti marah..ke abang"
"ya, kalau kita bela diri..enggak-lah bang.., lagi pula..pasti-lah nggak begitu sakit..nanti kan abang belajar tehniknya gimana.., nanti kalau orang itu udah jatuh, abang kan bisa lari..minta tolong misalnya.."
"enggak mau ah, ..lagian itu kan diaspal..panas lagi.., itu kan sama aja menyakiti orang..,"

wwwwaaaaaaaaaaaaa...?! dduhh, Ayra..

"lagipula may, abang nggak suka ahh..jadi ribut gitu..heboh.., abang kan udah kasih uangnya, ya udah.., anaknya jg udah pergi kok.., ya biar aja.."

yaaa.., nggak gitu bang, mamay nih yg deg2an..

Senin, kemarin Abang untuk sementara balik lagi diantar jemput Oma atau Andung. Dan sampai saat ini sih aman aja.., kayaknya anak-anak yg malak itu..bukan anak lingkungan sekitar tempat tinggal kita, mereka pas lewat aja, tapi bisa juga mereka udah sering/merhatiin Ayra atau mungkin anak-anak lainnya.. tapi yaa..teuteup aja mamay deg2an mikirnya.. Harapan kami dan seperti doa kami juga, semoga Allah swt senantiasa melindungi Ayra_Alby dimanapun mereka berada..amin..

Friday, August 22, 2008

permen..o...permen

Photobucket
Permen, siapa yaaa...yang nggak suka permen. Mungkin hampir semua anak-anak suka permen. Anak-anak kami juga gitu. Nah, kita punya cerita tentang permen, kebetulan sejak kecil mereka tidak mama kasih permen..tapi coklat (hii..hi.., sebenernya sih sama aja ya..). Untuk permen, dulu kekhawatirannya kenceng, selain takut giginya rusak..takut aja mereka nggak pinter makannya jadi keselek gitu. Tambahan lagi, dirumah udah nggak ada lagi yang suka makan permen. Mama sendiri sih jaman sekolah dulu iya, termasuk sering malah tapi pas udah kerja gitu, jarang-lah. Karena nggak ingin anak-anaknya makan permen, tentu dirumahpun nggak ada yg makan permen. Kalaupun mama ingin makan permen, udah pasti nggak dirumah. Kalau coklat, anak-anak memang suka. Entah itu wafer coklat, roti coklat, susu coklat tapi juga nggak bisa dibilang terlalu suka. Sekarang ini aja ayra_alby kalau liat coklat yaa..biasa aja.

Kalau anak-anak dapet goodybag ultah, udah pasti goodybagnya disortir dari permen2..ama bibby Linda, Mama atau Andung. Dan selama itu pula anak-anak tidak ada yg protes. Ayra sendiri juga sepertinya tau kalau dia tidak boleh makan permen.., dilarangpun dia jg tenang-tenang aja kalau dibilang nanti giginya rusak. Sampai waktu kelas satu kemarin, rasanya memang udah nggak bisa ditolak atau dilarang lagi. Mama bilang ke Ayra; Abang sekarang boleh nyobain permen, tapi tolong ya bang, kalau makan permen jangan didepan adiknya. Waktu Abang nyobapun tidak didepan Alby. Abang Ayra oke, tapi lucu anak itu..meski udah nyoba beberapa permen.., Ayra akhirnya koment jg kalau dia tidak terlalu suka permen. Yang asem-lah.., yang kemanisan-lah..atau yg pedes-lah katanya.

Tapi dengan Alby lain lagi ceritanya. Sejak bibby Linda bikinin goody bag untuk ultahnya Agung April lalu. Tau-tau Alby jadi gandrung permen. Padahal di goodybagnya itu tidak ada permen. Ada jg coklat kacang cha-cha itu, sisanya biskuit dan susu indomilk satu kotak. Itu sih anak-anak jg udah beberapa kali makan. Sejak itu pula setiap ada kesempatan Alby selalu minta permen (kadang pake merengek segala). Kalau kita belanja, tau-tau dia udah nenteng satu kantong permen. Selama masih bisa dialihkan terlebih kalau ada mama. Mau merengek teuteup aja mama ganti ama yg lain..entah susu kotak..entah cincau..entah biskuit..dan aman. Mama suka wanti-wanti aja ke ayah supaya jangan kasih permen ke Alby.

Nah, ceritanya akhir agustus nanti TK ada kunjungan ke foodmart. Di buku penghubung ditulis makanan dan minuman apa aja yg boleh buat anak. Setelah mama isi, mama tulis jg pesen kalau bisa diusahakan Alby tidak ambil permen. Ditandatangani tuh ama bu guru. Rabu ini mama ke sekolah lagi kebetulan emang mau ketemu bu guru. Dari ngobrol2 gitu, sampai deh ke soal permen. Disitu bu guru bilang; tapi bu, pagi itu ibu guru lihat, ayah kasih permen satu ke Alby dan satu dipegang ayahnya...sementara siangnya pas saya baca buku penghubung, ibu bilang nggak boleh...

gubrakkkkss!! aaarrrrrgggghhhhh, aaayyyyyyaaaaaaaahhhhhhhhhhhhhhhhh........................

adduuh, ayah..ternyata dia luluh jg ama anaknya :((,

Alby kan udah seminggu ini nggak bagus, nangis terus..entah itu dari mulai pisah ama ayah/mama dan tugas2 sekolah, jadi kadang pagi itu ada aja tingkahnya yg bikin mamanya geregetan. Waktu lomba kemarin itu jg gitu..salah satunya minta permen, dan jelas dong nggak mama kasih. Mulai deh tuh tampangnya mau mewek gitu, tapi nggak lama, karena udah masuk dan mau mulai lomba. Rupanya selasa pagi itu Alby rewel lagi.., karena nggak ada mama (mama nggak nganter) Alby minta permen..dikasih-lah ama ayah, mungkin biar Albynya nggak rewel. Sampai bu guru-nya bilang; ya, saya sih maklum aja bu.., biar anaknya tenang :D

Si Ayah, waktu mama ceritain malah nyengir2..ketawa-ketawa..., iiihhh...bete nggak sih?! ayahh...ayahh..., Ayah, lupa yaa...kalau konsisten itu nggak cuma ada di akuntansi/auditing..tapi parenting jg.....(aarggh, gemes mamay..)

gambar:http://www.gettyimages.com

Saturday, August 16, 2008

Alby, lomba 17-an

Kamis, 14 Agustus 2008 ada acara lomba untuk TK. Menyambut 17 Agustus. Paginya..bukan pagi yg bagus buat Alby. Dari berangkat Alby udah bete berat. Merengek nggak jelas, bahkan sempet nangis segala. Memang minggu ini Alby lagi nggak bagus..dan (mungkin) juga minggu yang berat buat Alby..dan kata Ayah yg nungguin Alby, nyaris sepanjang sekolah hari ini Alby lebih banyak nangisnya. Tapi yaa..gitu deh, pas ikutan lomba ya seneng aja.., ditengah-tengah acara malah sempet nangis lagi.. :(

Kalau mau liat aksinya Alby lomba klik
disini yaaa... :)

Wednesday, August 06, 2008

Alby, TK !

Kamis, 17 Juli 2008 adalah hari pertama Alby masuk TK..

Senang rasanya liat dia happy pagi itu. Kita berangkat berempat sama-sama. Kalau selama ini seminggu 3kali berangkat bareng. Dan kalau pas nggak sekolah itu mukanya sedih banget..dan selalu aja bertanya, kapan Alby sekolah..tiap hari?

Seperti biasa, mama selalu bilang; sabar ya, by..mulai bulan Juli Alby sekolah setiap hari..,

Kapan ya, bulan Juli itu..? gitu kali pikirnya

Sekarang deh, by bulan Juli-nya sudah tiba .. :)

Beberapa hari sebelumnya, mama dapet sms dari tante Santi, kalau wali kelas Alby kali ini Bu Oni dan Bu Atul. Mulai deh, mama inget..harus cerita2 hal-hal baru yang akan Alby hadapi. Pertama, kasih tau teman-teman paginya yang selama ini suka main bersama sudah tidak bisa bersama lagi. Waktu Alby di TB-B, kita selalu antar Abang Ayra dulu baru Alby, jadi terkadang Alby suka jadi murid TB-B yg datangnya paling pagi. Dan biasanya yang udah dateng itu Aiko, Billy. Nanti nggak ketemu Aiko lagi, udah nggak satu sekolah lagi. Karena Aiko sudah SD. Gaia, masih bisa ketemuan tapi udah beda kelasnya. Lalu Billy, yg tentu nggak akan pernah sekelas ama Alby karena dia kakak kelas Alby, tapi masih jadi temen mainnya di pagi hari. Kenapa cuma 3 nama yg lekat ama Alby? He..he.., nggak ngerti juga, biar ada anak2 lainnya, cuma 3 nama itulah yg selalu disebut Alby. Lebih-lebih dengan Gaia. Kalau pulang dapet goodybag ultah, kita tanya siapa yg ulang tahun by? Gaia..., Selain Alby tadi yang nyanyi siapa? Gaia.. meski udah disebut nama temannya yg lain, teuteup aja baliknya Gaia lagi Gaia lagi...,

Nah, sepanjang ini Alby oke-oke aja. Tapi tiba-tiba aja bertanya; mamay, Atih... bu..Atih..,mana?
o..iya, bu Atih..masih di sekolah, tapi udah nggak sama Alby lagi...
yaaa...? ketemu bu Atih?
Masih, by..masih bisa ketemu..masih bisa liat bu Atih...
disekolah, may...?
iya, disekolah..., masih bisa kok Alby main-main sama bu Atih...

Hari pertama, selama disekolah lancar dan aman. Alby disambut ama bu Nanin dan diantar ke kelas baru. Alby dapet kelas A2, yang ternyata kelasnya Abang Ayra dulu. Alby senyum waktu dibilang ama bu Nanin kalau kelasnya itu dulunya kelas Abang. Alby keliatan enjoy.

Photobucket

Mama dan Ayah cuma sampai menjelang jam 10 disekolah. Alby pulang dengan jemputan. Di mobil jemputan sekarang rame, ya iyalah..anggota bertambah dan sepanjang perjalanan itu Alby diem aja. Begitu sampai rumah dan liat Andung, tiba-tiba aja Alby jerit dan nangis bombay.., kata Andung pilu banget, padahal di mobil nggak ada apa-apa dan jg nggak kenapa-napa. Kita2 sih akhirnya nebak aja, kalau Alby bingung liat segala sesuatunya beda, kelas beda, teman-teman baru meski ada jg temannya yg dari TB-B, tapi teman2 sekelasnya dulu lebih banyak di kelas satunya lagi. Di mobil jemputan juga gitu, selama ini kalau pulang tinggal sendiri dan dimobil cuma berdua ama mbak Sri. Terus pulang udah nggak liat mama dan ayah lagi, pdhl mama dan ayah juga udah bilang kalau Alby ikut jemputan. Menurut Andung lagi, kejadian ini cuma pas hari pertama aja. Di hari-hari selanjutnya..setiap pulang sekolah itu mukanya berseri..happy, sama seperti ketika berangkat sekolah.

psst, hari minggu kemarin ketemu tante Umay dan Putri di PIM, diceritain deh, kalau sekarang di jemputan, Alby nggak kalah 'heboh' dgn anak-anak yang lain. Sekarang ada 6 apa 8 ya, -lupa- yang semuanya anak TK. ribut..becanda..ketawa-ketawa.., tante Umay bilang; beda euy anak loe sekarang..ikutan heboh bareng yg lain...
Waaah, pantes aja pulang sekolah mukanya selalu happy gitu..

Di hari kedua sekolah.
Masih diantar mama dan ayah. Di ruangan tengah ketemu Bu Echa, dan salam selamat pagi dengan Alby. Bu Echa tanya; Alby kelas A berapa, by?
"A dua!!"
aiih, mama kaget.. Alby inget kelasnya :)

Senin, 21 Juli
Dikelas A2 murid pertama sesuai absen adalah Alby. Resiko dgn nama "A" kali ya.. ;). Dan sejak TK pula ada pesona bahasa, dimana anak-anak bawa buku untuk bercerita. Duuh, jelas mama harap-harap cemas gimana Alby. Penasaran.., pengen sms bu Oni, tapi kok yaa..rasanya nggak seru..enak kalau ketemu dan nanya langsung kali yaaa...

Rabu, 23 Juli
Ada sms dari bu Atih ;
Beliau lihat hasil mewarnai Alby sudah lebih rapi dibanding waktu di TB-B, menurut beliau lagi Alby mengerjakannya sendiri sambil ditungguin sama bu Oni, semoga Alby semakin oke di TK ya bu...

Walllaaaahhh..., alhamdulillah... rasanya susah mau jawab apa :(( kemajuan yg sedikit aja rasanya udah bikin mama mau terbang by..., alhamdulillah...
sms-an deh kita tentang Alby. Bersyukur ya by, kita ketemu guru-guru yang begitu perhatian pada anak-anak.

Sejak mama liat Alby dipanggung..., seminggu pertama sekolah..sampai saat ini..liat gimana berseri wajahnya ke sekolah..bikin mama dan ayah semangat. Moga-moga langkah kita ini nggak salah..dan membawa kemajuan yg lebih baik lagi buat Alby, amin..

Selamat ya, By...selamat bermain..selamat belajar, sayang.. :)

kalau mau liat fotonya silahkan klik disini yaaa :)