Monday, September 29, 2008

Puasa sehari penuh..

Alhamdulilah..., seminggu menjelang Ramadhan berakhir, Ayra bisa ber-puasa sehari penuh.. :). Berawal dari hari Rabu, 24 sept kita serumah nggak ada satupun yg bangun sahur, ketiduran. Andung aja kebangun pas adzan subuh. Jadi ya..sudah-lah tetap dengan niat..kita berpuasa juga, kecuali Alby tentunya...yg pagi2 begitu bangun langsung minta susu. Ayra sempat cemas, bolak-balik bertanya; boleh berbuka jam berapa? Abang takut nggak kuat may.., atau gimana nih yah.., kalau buka kurang jam 12 boleh nggak? untung ya, may..abang libur sekolahnya..
Tapi mama dan ayah kompak bilang; sekuat Abang aja.

Dan, untuk hari itu ternyata sampai juga di jam 2 siang. Kata Andung, Abang baik-baik aja..tuh.

Kamis pagi, Ayah nggak ngantor..nggak enak badan katanya. Tapi anak-anak malah seneng.. :p karena bisa seharian ama Ayah. Alby langsung aja nyeletuk; "jemput mama, yah...jemput mama" Seperti biasa nih, kalau salah satu dari kita nggak ngantor, sore harinya pasti anak-anak minta jemput orang tuanya. Nggak jemput sampai kantor sih...seringnya ketemuan di suatu tempat..terus baru deh pulang. Kadang yg seperti ini jadi alasan mereka aja buat jalan-jalan ;). Karena sepertinya akan jadi hari yang menyenangkan, mama bilang ke Ayra;

"Bang, mau nggak nyoba puasa sehari penuh..."
"kalau nggak kuat?"
"yah, kan nyoba..pasti nggak terasa..seharian pasti kan main ama Alby, mana ada ayah dirumah, terus nanti jemput mama..tau-tau nanti udah maghrib bang"
-diem..., mikiiir...dia-
"bang, kemarin aja Abang nggak pake sahur bisa kuat sampai jam 2, apalagi kalau abang sahur, pasti lebih kuat"
"mmm..., boleh juga..may.., tapi kalau Abang kuat yah..."
"ya...iya-lah..."

senyum-senyum dia...

Siang pas jam istirahat, Ayah telpon.., cerita..kalau seharian ada-ada aja ulah anak-anaknya, terutama Alby :D. Mama sempet tanya; gimana Abang, kata Ayah sih baik-baik aja. Terus kita janjian deh di PIM.

Ternyata..mama baru bisa keluar kantor nyaris mau maghrib, diajakin berbuka di kantor..keinget aja ama anak-anak yg udah nungguin. Sampai PIM jelas udah berbuka..dan anak-anak lagi makan spaghetti di Wendy's. Udah cerita macem-macem..keinget ama puasa Abang..,

"Abang, gimana puasanya hari ini? Jadi jam 2?"
"Enggak may, puasa abang penuh...ini abang baru buka juga, bareng ayah dan Alby"
sambil senyum-senyum...
"alhamdulillah..., waaaaahhh, abang hebat deh! waaaa...nggak nyangka! selamat ya bang..!"
Ayra senyum-senyum lagi..
"Gimana bang rasanya puasa sehari penuh?"
"Ternyata nggak berat ya may, nggak terasa juga..abang sih seneng may.."
"Abang nggak terpaksa kan?"
"Enggak may, kalau gitu..berarti nanti kelas III Abang bisa dong puasa sehari penuh lagi.."
"Iya, semoga..aja.."
"Besok abang mau coba lagi..may, tapi..kalau abang kuat ya may..."
"oke deh..."

Pulangnya, ditanya Andung ama bibby Linda.. sampai juga nggak puasa Abang. Tentu dong, Ndung..kata Abang...

Jadilah..hari kamis itu hari pertama Abang berpuasa penuh..

Alhamdulillah, sampai sekarang nih..puasa sehari penuh Ayra jalan terus.., pernah..siang hari saking ngantuknya..Ayra telpon..cuma nanya kalau puasa boleh bobo nggak? ya boleh-lah.., asal jangan dari pagi sampai sore ya, bang...dia ketawa-ketawa..., tapi kata Andung, Abang makannya jadi banyak..he..he..

Ayra udah niat sampai akhir Ramadhan ini berpuasa sehari penuh.., semoga sukses ya, bang... :)

Kamis, 25 September 2008

Sunday, September 21, 2008

Puasa kali ini..

Wah, nggak terasa aja..kalau sebentar lagi udah mau selesai ramadhan. Puasa udah tinggal kurang lebih seminggu lagi.., hmmm pasti deh seminggu kedepan..suasana kantor udah mulai sepi..hingar-bingar pada mudik. Seperti tahun-tahun lalu, nanti tinggal Mama dan beberapa orang yg emang nggak mudik yg masih duduk manis di kursinya. Dikantor banyak banget orang rantau-nya.

Terus gimana dengan puasanya Ayra_Alby. Alby sih belum ikutan.., untuk Ayra tentu ada peningkatan..walau belum dapet yg sehari penuh, tapi lumayan-lah ada tambahan jam. 3 hari pertama puasa, sekolah libur. Mama dan Ayah sih pengennya Ayra nambah jam puasanya. Kalau dulu sampai jam 12, buka lalu puasa lagi. Sekarang nambah jam bukanya..bertahap, dengan nambah per satu jam. Syukur-syukur bisa sehari penuh. Dan selama 3 hari libur itu berturut-turut Ayra puasa sampai jam 12.00, terus besoknya sampai jam 13.00 dan hari rabunya jam 14.00. Lumayan kan...kata Andung, Abang keliatan baik-baik aja.. Tapi pas hari Kamis-nya, udah masuk sekolah lagi.., siang hari Abang telpon; Mamay, abang nggak sampai jam 3 yah..abang nggak kuat..nggak tahan nih... Iya, sih tampangnya juga capek kata Andung. Jadilah hari itu Ayra buka jam 12.00. Sekolah selama bulan puasa belajar hanya sampai jam 09.00-09.30.

Hari rabu, karena tidak TPA, Abang bisa nih sampai jam 15.00. Memang sih pake rayu2an dulu. Siang Abang telpon; kalau abang nggak kuat nanti jam 12.00 buka ya May..

"yaaa, sayang bang, sampai jam 15.00 yaa..."
"hmmmm, jam 14.30 deh may..., "
"jam 15.00 deh.."
"kalau abang nggak kuat gimana may?"
"bisa deh, abang kan kuat..abang pasti bisa"
"gini aja deh, may..kalau jam 14.30 aja gimana?"
"mmmm...abang, yaaaa...oke deh.., kalau nggak kuat tapi yaaa..."
"jam 14.30-nya jarum panjangnya di angka 5 ya, may"
-yaaaa..., dia nawar lagi..,-
"enggak deh bang, tetap 14.30, jarum panjangnya di angka 6 pas!"
"aaaa..mamay,"
"bisa deh, bang... Abang kan anak pintar.., anak baik..anak kuat, pasti bisa!"
"mm...tapi kan itu kalau abang nggak kuat may.."
"bisa! abang pasti bisa sampai jam 14.30 dan abang pasti kuat!"
"ya udah deh..., udah ya may..daaaaaaaggggggg..."

Ternyata kata Andung, bisa tuh sampai jam 15.00 dan Mama pulang kantor...Abang suka lapor soal puasanya.

Bangun sahur, juga mudah...apalagi Alby, bangun-bangun langsung minta makan. Alby selalu ikutan makan sahur..tapi jam 07.00 udah buka puasa lagi, pake susu ;)

Giliran diajak teraweh..entah karena teringat teraweh tahun lalu, jawabnya ;
"teraweh? mmm.., itu kan shalat yg rakaatnya banyak banget?"
"ya, enggak juga sih bang.., kan sekuat abang aja dulu"
"mmm..., bukan gitu may, abang rasa abang akan cepat bosan.."

gubbrakkks.., deh mamanya :(

Thursday, September 11, 2008

KidSunday @ Citos

Hari Minggu sekolah ikutan KidSunday di Citos. Sebelumnya kita dikasih surat apakah ananda bisa ikutan atan tidak. Kita mah milih ikutin aja (he..he.., apa yg bisa diikutin Alby kita ikut sertain aja dia). Awalnya ama bu guru, Alby diikutkan untuk fashion show aja (waktu surat dikasih, Alby lagi rada-rada rewel di sekolah). Kalau drumband, Alby kebagian bendera. Tapi karena selama latihan drumband itu Alby bagus, jadi dia diikutin juga bendera. Dan Mama dipesenin bu guru bawa baju juga buat Alby fashion show. Kumpul di Citos itu jam 14.00.



Sebelum berangkat, ada 'huru-hara' kecil dulu antara Alby ama Mama. Dia nggak mau pake seragam kelasi, seragam hari selasa. Nggak tau ya..udah beberapa kali setiap dipakein baju seragam ini Alby selalu menolak. Karena pertama drumband. Jadi Mama langsung aja pakein seragam. Sementara Alby keukeuh mau pake baju bebas. Mama tau, kalau Alby pake baju bebas acara ganti baju bisa bakalan lama dan bikin bete pokoknya. Ternyata bener kan..apa yg mama duga. Sampai ditempat, orang rame banget...yaaa..pengunjung, yaaa..orang tua.., yaa...para mbak, baby sitter..yg jualan..ruame banget pokoknya. Alby mulai deh..muka cemasnya keluar.., dibujukin ganti baju geleng terus.., liat temen-nya..yg tiba-tiba jg kaget liat ramenya orang.., nangis..Alby jadi ikut2an nangis... dan maunya gendong ayah. Ditegur bu Oni, kok gendong lagi by..., nangis lagi... Serba salah si ayah dibuatnya.., akhirnya Ayah menjauh..Alby diserahkan ke bu guru ama mbak Iroh.., tapi yg ada nangis mulu :(( Pas drumband berlangsung, masih jg nangis. Hikss..bingung kali Alby, banyak banget orang... Tapi mogok di awal, belum tentu juga mogok selanjutnya. Sambil menunggu dan nonton teman2nya yg lain manggung, Alby mulai tenang. Mau duduk dengan sabar nunggu giliran, becanda ama Fadi, ngobrol dengan Nenek. Dan sesekali noleh ke arah Mama.


Beberapa saat sebelum fashion show-nya dimulai, mama bilang ke Alby; janji ya by, tidak nangis..., banyak senyum..terus jangan lupa gaya-nya yaa.., Alby kan pintar.." yg ada si Alby senyum sambil ngangguk2.. Dan ternyata bener lho.., mantep aja tuh dia jalannya..., senyum..lagi..siippp deh, pokoknya.. Pulangnya setiap anak nenteng hadiah...

foto lainnya silahkan klik disini

Minggu, 7 September 2008

Tuesday, September 09, 2008

Catur

Beberapa bulan ini temen-temen Ayra lagi seneng banget main catur. Sebelumnya sempat, setelah piala thomas dan uber selesai, anak-anak dihinggapi demam bulutangkis. Ada pelajaran olah raga atau tidak, ada aja anak-anak yg bawa raket terus main dilapangan. Nah, kali ini catur. Pagi-pagi sebelum bel, sebagian anak udah berkumpul didepan aula, keluar main, bahkan setelah bel pulangpun..main catur. Ayra juga gitu..selesai taruh tas, taruh buku pe-er di meja guru, pipis sebentar lalu turun ke bawah menuju aula. Main catur bareng temen-temennya. Awalnya main cuma berdua. Lalu datang temen satunya..datang lagi..datang lagi..akhirnya main catur-nya rame2 deh.., lantas Ayra yg awalnya itu lawan mainnya Andhika, belum game-nya selesai udah ganti pasangan lagi ama Dani. Karena papan catur yg tadinya dimainkan berdua udah buyar dimainkan teman yg lain. Baru sebentar main dengan Dani, dateng lagi temen yg lain.. jadi main caturnya gotong-royong. Rasanya yg nge-rubung disitu ikutan jalanin buah catur. Tiap-tiap anak ada aja argumennya, tapi yaa...akur aja mereka mainnya.

Pas lomba 17-an kemarin disekolah. Ayra sempet jadi juara II, tapi kalah di final lawan Irsan -yg emang rajin latihan catur- Gandrung disekolah, dirumah juga. Siapa aja diminta jadi lawan, kecuali Alby tentunya..kalau main ama Alby ujung2nya bakal ribut, karena Alby ya..mainnya suka2 dia-lah..sementara Ayra serius gitu mainnya. Kalau lawan sama Mama, ihh..Ayra baik banget lho.., dia malah suka kasih tau jalan yg bener, kalau buah catur mama mau dimakan buah caturnya malah dikasih tau jalan lain supaya buah catur mama nggak dimakan. Mama mah asli nggak ngerti main catur.., jadi ngikutin Ayra ajah... :)

Sabtu, 30 Agustus 2008

foto lainnya, silahkan klik disini ya..