Monday, December 29, 2008

Mencari Si Putri Malu dan Tali Putri

Di buku pelajaran sains ada bab tentang tumbuhan. Salah satunya menyebutkan tanaman putri malu dan tali putri. Abang Ayra penasaran seperti apa 2 tanaman ini, terutama untuk si Putri Malu.

Kalau Tali Putri tentu bisa keliatan ditanaman-tanaman di pinggir jalan. Kalau di atas tanaman itu ada yang berwarna kuning kehijauaan atau sebaliknya dan berbentuk seperti mie, itulah si Tali Putri.


Nama Umum

Indonesia : Tali Putri

Klasifikasi


Kingdom: Plantae (tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (berpembuluh)
Superdivisio: Spermatophyta (menghasilkan biji)
Divisio: Magnoliophyta (berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub-kelas: Magnoliidae
Ordo: Laurales
Familia: Lauraceae
Genus: Cassytha
Spesies: Cassytha filiformis L.

Sementara kalau si Putri Malu, nggak terlalu mudah buat kita untuk mencarinya. Di dekat rumah nyaris nggak ada. Yang Mamay inget, hanyalah lapangan Mesjid Al-Azhar. Karena waktu kecil kita sering banget main ke sana dan si putri malu ini banyak sekali. Cuma penasarannya Ayra harus ditunda dulu. Ayah ama tante Santi bilang kalau deket rumah lebak bulus tuh dulu juga banyak, tapi pada saat itu kita emang belum bisa ke Lebak Bulus, cuma yaaa..setelah kita main lagi ke tempat Eyang, ternyata nggak ada jg tuh.., ada mungkin tapi yaaa...nggak keliatan ama mata, apa karena udah sedikit jg. Akhirnya sekalian anak-anak libur, mamay ajaklah mereka jalan-jalan.

Pertama kita ke Al-Azhar dulu, cari deh..di daerah yang menyemak gitu..dan pinggir-pinggir lapangan.., tapi kok nggak ada yaaa...bunga-nya yang ungu juga nggak keliatan. Malah ketemunya di Tali Putri itu. Nggak lama kita di Al-Azhar..terus kita lanjut ke kantor mamay. Kebetulan mamay ada janji ama orang proyek harus nge-fax kerjaan dulu. Awalnya anak-anak tenang, tapi lama2 kaki mereka gatel juga.., setelah urusan kantor beres kita jalan lagi. Sebelumnya sempet nyari si putri malu di sekitar kantor. Tapi mama udah yakin..jelas nggak ada, tanaman di knt kan lumayan di rawat. Yang model rumput-rumput liar nggak ada..paling juga di pinggir-pinggir jalan. Kita jalan aja ke taman Surapati, nggak lama disana..karena kata si bapak yg bersih-bersih, nggak ada putri malu.., ada jg dirumah saya bu..katanya :D. Terus kita lanjut deh, jalan kaki ke taman Menteng. Kirain anak-anak ngomel2 diajakin jalan kaki...hiii...ternyata enggak.., kalau ketemu rumput2 atau tanaman yg nggak jelas gitu..diliatin.., ini bukan may? itu bukan..? sampai di taman menteng, kita nyari lagi.. rasanya kalau di taman-taman yg terawat si putri malu nggak ada..tapi ya, udah deh..dicoba aja.., sambil anak-anak main..si mamay cari-cari..eh, ketemu!

Anak-anak antusias pengen liat, Ayra yang tadinya takut-takut jadi berani menyentuh si putri malu ini.., Alby di tawarin untuk nyentuh nggak mau.., -ya udah nggak papa-..., tapiii tiba-tiba Alby ambil tas roti kita...terus langsung di jatuhin pas diatas tanaman putri malunya..., waaalaahhhh, si putri malu nya langsung pada nutup semua.., -gemes ya by..- ;-))

Photobucket Photobucket Photobucket

Nama umum

Indonesia: Putri malu, si kejut, riyud,
Pilipina: Makahiya
Cina: han xiu cao
Inggris: shame plant, puahilahila

Klasifikasi

Kingdom : Plantae (tumbuhan)
Subkingdom : Tracheobionta (berpembuluh)
Superdivisio : Spermatophyta (menghasilkan biji)
Divisio : Magnoliophyta (berbunga)
Kelas : Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub-kelas : Rosidae
Ordo : Fabales
Familia : Fabaceae (suku polong-polongan)
Genus : Mimosa
Spesies : Mimosa pudica Duchass. & Walp
Kerabat dekat: Baret

Photobucket Photobucket

Untung deh, cuaca agak-agak mendung..sempet gerimis sebentar..tapi nggak lama. Pas ujan gerimis itu kita pergi makan aja. Gerimis berhenti dan makan kelar..kita balik lagi ke taman. Puas-puas main ditaman, kemana lagi kita..? Abang ngajakin ke Plaza Senayan, Alby mah hayuk aja. Di Plaza Senayan malah Alby yang antusias, ternyata Alby jadi inget ama jam nyanyi. Dan Alby minta kita nggak jauh-jauh dari jam. Sambil nunggu jam 2 kita ngider aja keliling bentar, begitu jam 2 kurang..kita udah ada deket jam.

Kelar liat jam..., qt ngider lagi..sementara jam 4 masih lamaa..banget, niatnya jam 4-an kita mau ke kantor ayah. Biar pulangnya bareng ayah. Anak-anak udah mulai boring..tiba-tiba Ayra ngajakin naik busway.., yg arah ke Kota-Blok M aja may.., ntar dari Blok M kita ke knt ayah, bisa kan may? Wah, ayo deh..si Alby juga mau..ya, udah jalan deh kita lewat belakang Plaza, terus nembus sampai depan Ratu Plaza.., naik transjakarta dari sana. Waaahhh, di perjalanan bolak-balik Blok M-Kota ini..Mamay rasanya ngantuk banget.., adduhh..gimana dong ini.., jgn sampai ke tidur dong.., bagus Ayra ngoceh terus..nanya terus, Alby jg gitu..sebentar2..manggil..mamay itu apa.., mamay itu pak pulisi.., {ppsstt.. btw Alby sekarang udah cerewet lho.. ;)} akhirnya selamat sampai Blok M, mata teuteup melek. Dari Blok M, lanjut lagi kita ke kantor ayah.., baru nyampe rumah sekitar jam 8 malem., lumayaaaan..pegelnya, kata Alby ; petulalang (baca:berpetualang)-nya..dah selesai ya..may...., sekarang bobo dulu...

Jum'at, 26 Desember 2008
sumber : http://www.plantamor.com
foto bunga putri malu dari http://www.platamor.com