Tuesday, December 25, 2012

Museum House of Sampoerna


Inilah tujuan pertama anak-anak selama di Surabaya, kalau yang utamanya kan ke nikahannya tante Hanik. Di sini ceritanya kita mau keliling kota Surabaya dengan bis Surabaya Heritage Track. Sebelumnya mamay  sudah browsing di net seputar jadwal, harga tiket dan tempat-tempat bersejarah lainnya. Sayangnya kita tidak memperhitungkan kalau pada saat kita datang itu adalah libur natal dan tahun baru.., jadi saat itu mereka bikin jadwal dimana cuma satu bis aja yang berjalan daaannn yang bikin sedih tiket sudah habis terjual… L, kalau kita mau kita bisa beli tiket tapi untuk hari rabu-nya…, yaaaaa..padahal hari itu malamnya kita udah harus balik ke Jakarta.. Nggak kepikiran ama mama tentang hal ini.., padahal jelas ya..kan ada natal dan tahun baru. Dan yang kecele nggak hanya kita, tapi beberapa pengunjung lain juga mengalami hal yang serupa. Kalaupun ada yang datang dan berkumpul itu adalah mereka yang sudah membeli tiket beberapa hari sebelumnya.


Yang paling kecewa tentu saja Alby.., untuk menghilangkan sedihnya kita pun masuk museum keliling dan membeli beberapa souvenir.., tapi keluar halaman lagi..liat bisnya..Alby sedih lagi…, yaaa..maaf ya By..gimana kalau itu sebagai tanda ya By..suatu waktu kita balik lagi ke Surabaya dan naik SHT ;-) 

Warung pertama Liem Seeng Tee, cikal bakal pabrik rokok Sampoerna

 Ayah jadi pemandu museum kami..

 





Kisah museum House of Sampoerna bisa kita klik di :
http://houseofsampoerna.museum

Sunday, December 23, 2012

Museum Kapal Selam Indonesia



Desember 2012 kita dapet undangan pernikahannya tante Hanik. Tentu undangan itu kami penuhi..sekaligus membawa anak-anak liburan. Setiap perjalanan kita usahakan mampir ke museum. Sebelumnya saya udah tertarik banget untuk ajak anak-anak keliling Surabaya dengan bis Surabaya Heritage Track yang diadakan oleh House of Sampoerna. Jadi selain SHT terpilihlah Museum Kapal Selam..

Monumen Kapal Selam atau yang disingkat Monkasel adalah museum kapal selam yang terdapat di Embong Kaliasin, Genteng, Surabaya. Terletak di pusat kota. Monumen yang merupakan kapal selam KRI Pasopati 410 salah satu armada Angkatan Laut RI buatan Uni Soviet thn 1952. Kapal Selam ini pernah dilibatkan dalam Pertempuran Laut Aru untuk membebaskan Irian Barat dari pendudukan Belanda. Kapal Selam ini kemudian dibawa ke darat dan dijadikan monument untuk memperingati keberanian pahlawan Indonesia. Monumen ini berada di jalan Pemuda, tepat di sebelah Plaza Surabaya. Selain itu di tempat ini juga terdapat sebuah pemutaran film (ada jadwalnya, ada pemandunya juga) dimana ditampilkan proses peperangan yang terjadi di Laut Aru.

Dari pemutaran film itu saya teringat sejarah pelayaran Indonesia. Bagaimana hebatnya dulu Indonesia di laut, tapi sedihnya saya baru tau kalau sebelum thn 1980 Indonesia punya banyak kapal selam, tapi setelah itu Indonesia hanya punya 2 kapal selam, dimana 1 kapal selam dalam kondisi diperbaiki.. :-(

Mudah-mudahan nanti di angkatannya Ayra dan Alby kelak.., angkatan generasi depan kejayaan laut Indonesia sudah bangkit kembali..yaa…






Sumber : dari film yang diputar di museum, buku kota surabaya yang kita beli di gramedia dan http://id.wikipedia.org/wiki/Monumen_Kapal_Selam

Tuesday, December 18, 2012

Sabar Bu Guru.., sabar..

Hari ini terima raport Alby.., seperti yang udah-udah selalu deg-degan..tiap mau ambil raportnya. Walaupun akhirannya adalah pede yang kurang, suara terdengar halus, dan butuh dorongan yang kuat untuk bisa bicara...

Ibu Guru wali kelas Alby cerita kalau Alby di semester ini lebih sering menggoda teman-temannya, misalnya kalau Ilham salah, dia akan teriak ngomporin teman-temannya dengan 'sorakin Ilham, huuuu....'

Atau kalau Ilham belum selesai tugasnya; 'ayo, Ilham..cepetan selesaiin...'

Interaksi ke teman-teman sudah semakin baik. Untuk pelajaran yang sifatnya akademik Alby cenderung lebih diam, kalau yang pelajaran praktek, outbond, olah raga, seni Alby lebih happy dan menikmati sekali..

Kena setraap, juga dialaminya..tapi Alby pasti marah kalau dihukum.., makin tertekan dia karena hukuman, makin marah dia. Jadi hukumannya cukup berdiri dengan kaki satu.

Ada satu cerita yang mengharukan; kalau gurunya lagi geregetan dan bicara agak keras/tegas ke murid yang lain dikelasnya, Alby akan nyeletuk;

'sabar bu Lisa, sabar...' Dan itu bisa 6x sehari..ke guru pendamping jg gitu...

Waktu bu guru menyampaikannya kita mah nyengir-nyengir aja dengernya tapi pas di taxi...dada sesak karena haru..

#O..Alby sayang, sesungguhnya kamulah guru sabar kami..., dan selamat untuk segala usahamu di semester ini#

Selasa, 18 Desember 2013

Tuesday, August 21, 2012

Alby dan Kereta Api

Alby bukan anak yg suka dengan KA. Tapi KA kali ini benar-benar membuat penasaran..

Sebenernya mamay dan ayah udah lama pengen ajak anak-anak jalan-jalan, tapi selalu aja ada kendala.


Agak tergoda gara-gara ayah cerita tentang temannya yang membawa anak-anaknya ngabuburit ke Bandung. Jadi mereka berangkat pagi, sesiangan main-main di Bandung, buka puasa lalu kembali ke Jakarta dgn kereta terakhir di hari itu. Seruuu kaaann.. :-)


Terpikirlah untuk ajak anak-anak di libur Lebaran kali ini. Sementara denger-denger Andung dan Tim Pulo Gadung mau nginep ke Bandung dan berangkat minggu malem.


Hahaaa..dasar nggak ngerti gimana beli tiket, akhirnya tiket belum ke beli juga dan ajakan ke Bandung pun tiba.


Niatnya sih, berangkat dan pulang dengan kereta api sementara penginapan ngikut ajah. Tapi ya sudahlah ngikut dulu ajah. Ayah bilang ; besok pagi kita coba cari tiket, kalau nggak dapet ya belum jadi naik kereta apinya.


Karena tiba-tiba, pulang Lebaran langsung grabak-grubuk nge-pak baju..jam 8 malam berangkat. Sampai Bandung jam 11an dan alhamdulillah lancar.


Pagi hari jam 8an, diantar tnt Ayu dan tnt Ati, kita ke stasiun. Tak disangka dapet tiketnya mudah sekali.. ;). Tiket Argo Parahyangan jam 14.30 siang, alhamdulillah...


Dan hari pun berjalan dengan indahnya. Lalu bagaimana dengan Alby? Begitu tau kita jadi pulang dengan kereta pertanyaan-pertanyan pun di mulai. Dari ayo naik kereta api ayah, kapan naik kereta ayah dan seterusnya..


Ayah dan kita semua menjawabnya; sabar Alby, besok siang jam setengah 3 Alby. Ayah menjawab dengan urut-urutan waktu misal :

Besok siang Alby..
Kapan itu, ayah?
Abis ini kita istirahat, makan, jalan sebentar, terus pulang ke mess deh..
Abis itu, ayah..?
Alby mandi, ganti baju, bobo deh..
Abis bobo ayah..?
Alby bangun, mandi, makan terus siap2 deh..
Terus naik kereta deh...
Sambil senyum-senyum... :)

Nanti Alby akan menceritakan ke orang-orang dengan kata ; tnt Ayu...kata Ayah, Alby abis ini bla..bla..terus naik kereta deh..


Lalu tanya Ayah lagi, berulang terus..sampai jadwalpun berkurang...


Begitu terus..


Sampai akhirnya tiba harinya dan kita sampai di stasiun.


Tiket masuk dipegang ayah, sampai di gerbong tiket dipegang Alby. Senang sekali dia.., senyum dan senantiasa bertanya pada Ayah..


Mamay dan Ayah tentu happy liat anak-anak senang..dan Abang Ayra bilang ; kalau ke Jogja bisa kayak gini may?

Tentu bisa, bang...dan mari kita menabung terlebih dahulu... ;-)

Senangnya sepanjang jalan anak-anaknya bertanya; kelak Mamay dan Ayah juga semakin pintar kasih jawaban yang bagus buat anak-anaknya..


Gerbong 3 Argo Parahyangan
- Bandung
Selasa, 21 Agustus 2012

Friday, August 17, 2012

Puzzle


Dari kecil saya suka puzzle. Walau bukan yang 'addict' sekali. Potongan-potongan kecil yang jika disusun menjadi suatu gambar.

Waktu kami kecil dulu, papa pernah pulang bawa sekotak besar potongan puzzle lebih dari seribu potong yang bergambar pemandangan gunung dimana ada salju di puncaknya. Tapi puzzle itu tidak pernah jadi gambar utuh. Karena kami pakai sebagai cabai, kacang, sayuran untuk main pasar-pasaran :D, Andung dulu suka ngomel-ngomel soal ini tapi dibiarkan aja dan benar beberapa potonganpun ada yang hilang.


Ketika sudah besar dan punya anak, kesukaan ini ditularkan ke anak-anak. Dalam umur 4 tahun Ayra sudah bisa menyusun puzzle 12 potong bergambar winnie the pooh, cars dll. Bahkan Ayra yang ngajarin bagaimana menyusun puzzle ke anak saudara yang sebaya dengannya. Dari 12 potong lanjut ke potongan-potongan berikutnya.


Hal yang sama dan diusia yang sama dilakukan juga ke Alby. Tapi ternyata belum bisa, puzzle 4 potong pun belum bisa diselesaikan Alby.. :(


Tidak ada kata nyerah dong, beli-beli puzzle tetap dilakukan. Ayra yang menyelesaikan..Alby yang ngacak-ngacak, ngemut potongan, nyobek potongan gambar..lalu hilang..


Sejalan dengan waktu, Alby suka Ben10 minta dibelikan puzzle dalam potongan 4, 8, 10 atau 12. Dibelikan ama Mama..

Main sama-sama, bongkar pasang, sobek potongan, menyebar potongan hingga hilang. Kita pun tak pernah nyerah untuk main puzzle dengan Alby.

Kemarin Alby minta puzzle 49 potong bergambar angry bird pilihannya sendiri. Setiap menyusun Alby selalu ajak Ayah, Abang, Andung, Linda dan Mamay.. Sekali waktu Alby ajak mamay main dan mamay pun main pura-pura 'kalau yang ini dimana ya By?' Alby bisa dan tau..bahkan untuk potongan gambar yang ditengah.


Menurut ayah sepanjang tahun ini Alby sudah bisa menyelesaikannya. Strategi menyusun dengan mencari potongan sudut-sudut, lalu potongan pinggiran puzzle sudah dipahami Alby. Tapi tetap ada bagian yang masih dikasih tau. Kali ini saya lihat bagaimana Alby bagaimana menyelesaikannya sendiri. Alhamdulillah...


Alby melihat puzzle dari gambarnya bukan potongannya. Kami mengajarinya dengan melihat potongannya. Ini untuk memudahkannya, tapi karena seperti itu ya jadi tidak urut dan tau-tau dia bisa puzzle 49 potong.


Buat saya dengan bermain puzzle anak melatih kemampuan otak, koordinasi tangan dan mata, melatih konsentrasi serta daya ingatnya juga melatih kemampuan menyusun strategi.


Ada berapa banyak puzzle yang hilang dan terbuang tak jadi masalah. Teringat kata alm.papa tidak ada yang sia-sia dari sebuah buku, walau awalnya harus disobek, diacak-acak karena disanalah timbul keinginan untuk membaca. Tentu dengan contoh ada yang membaca dan dibacakan. Maka demikian juga dengan puzzle, tidak ada yang sia-sia dari potongan-potongan itu :)


Jumat, 17 Agustus 2012

Kamar, sehabis nemenin Alby bermain puzzle angry bird 49 potong

Monday, July 30, 2012

Kelas 6 dan Kelas 3


Kelas 6
Sungguh tak terasa Ayra sudah kelas 6. Sudah hampir 12 tahun. Rasanya gimana gitu.., galau..karena sebentar lagi Ayra akan pindah channel, sebentar lagi dia akan akil baligh, sebentar lagi dia akan ngalahin tinggi mama dan memasuki dunia remaja. Setahun ini mama 'menikmati' kegalauan...antara happy, takjub dan haru..

Perasaan galau melanda ketika kita nyari SMP. Haduuh bener-bener campur aduk rasanya...

Ayra sudah punya calon SMPnya sendiri, pilihannya sendiri. Belajarlah terus agar keinginan Ayra tercapai.., mama dan ayah takkan pernah lupa berdoa..


 Senin, 16 Juli 2012 - ruang kelas 6 dan halaman sekolah

 
Kelas 3
Kelas 3 ini emang beda. Alby jauh lebih riang. Sama-sama kita menyiapkan buku tulisnya, alat sekolahnya. Setiap hari ada cerita. Kasih tau pengumuman, kasih tau daftar mata pelajaran. Alby senang karena dia sudah seperti abangnya...
Kata2 baru bertambah. Untuk kata2 sulit masih terlihat kalau Alby berusaha untuk memahami dan mengucapkannya.

Senin, 23 Juli 2012 - halaman sekolah

Saturday, May 19, 2012

Lomba Menggambar...


Lomba..lomba apapun juga jarang kita ikutin. Jarang? Karena saya pernah ikutin Ayra ketika kecil, menawarkannya ketika dia sudah agak besaran dikit..ternyata dia tidak suka, bahkan sekedar ikut jadi peserta konser di les musiknya dia tak mau. Baiklah tak masalah..

Ketika terpilih jadi peserta olimpiade matematika, dia pasrah..tapi kemudian berpikir gimana caranya untuk nggak kepilih, keluar dari barisan anak-anak yang terpilih ;)

Lalu Alby, tak pernah kita tawarkan. Terkadang keramaian hanya akan membuat dia stress saja. Tapi minggu lalu..dengan riang dia tunjukkan form lomba mewarnai yang diberikan oleh gurunya dari sekolah. Alby bilang kalau Alby ingin ikut lomba. Saya ceritakan bagaimana lomba itu.., dan seperti apa lomba itu, dia tetap bilang 'mau..mau..mau' Semangat sekali dia. Tentu dong semangatnya kita dukung. Mulailah mama mendaftarkan, ayah pinjem meja gambar ke adek Aji, karena punya Alby ada disekolah, abang Ayra mensupport dengan 'beliin cranyon baru, may..karena punya kita udah patah-patah dan tidak komplit', tante Linda mensupport dengan PdanCnya, Andung dengan senyum & jempol hebatnya.

Menjelang harinya, selalu mengajukan pertanyaan dan pernyataan yang berulang-ulang. Kapan Lombanya dimulai. Ketika harinya tiba, Alby terlihat riang.

Lalu sampailah kita di TKP. Pesertanya banyak. Kebayang kan 1 anak aja yang anter bisa lebih dari 1 orang. Setelah dapat tempat. Mulailah wajah cemasnya terlihat. Terutama ketika Alby tau bahwa orang tua tidak boleh mendampingi. Harus ada diluar batas arena. Lalu tiba-tiba aja dia nangis dan bilang nggak mau ikut. Meski ayah yang mendampingipun Alby tetap tak mau.

Akhirnya kami putuskan pulang sebelum acara dimulai. Nggak guna bertahan disitu hanya akan membuat Alby stress. Di jalan pulang, Alby cerita; dia merasa tidak nyaman karena ada orang yang marah-marah..., yang ternyata petugas yang atur anak-anak pake toa dan petugas yang berdiri dekat Alby yang harus teriak-teriak kasih arahan karena hebohnya suasana hingga suaranya nyaris tenggelam.

O alaaa.., Alby...Alby..ini baru namanya bikin April mob :p

Minggu, 01 April 2012
Lomba mewarnai oleh esteler77 di Lottemart - Jln. RS Fatmawati

Wednesday, March 21, 2012

Inni wajjahtu wajjahiyaaa...

Malam ini sepulang kantor setelah mandi dan bersih-bersih..main ke kamar ama anak-anak dan Andung.., lalu...lalu...Alby bicara dengan suara yang lantang :

Inni wajjahtu wajjahiya lilladzi fatarashamawati ....

teruuusss...lancar sampai selesai..

Mamanya terkesima, Abang ama Andung senyum-senyum. Terharu sungguh...ternyata Alby udah bisa !! Alhamdulillah...minta diulang, dilakukannya tapi cukup 2 kali ajah..., terus bikin kejutan ya By..., kita semua memang tau kok kalau Alby pada akhirnya BISA..

Alhamdulillah, Alby memang membutuhkan waktu yang lebih lama dari sekarang..dan ternyata Alby bisa :-)

semangat selalu ya sayangku...

Ketika harus pulang sendiri..

Semalam Andung bilang kalau nggak enak badan :( *galau..*

Semalam juga mamay tawarkan Ayra untuk pulang sendiri dengan naik bajaj pak Udin. Ayra diam. Tau deh mamay dia sebenernya belum ingin pulang sendiri. Tapi mama yakinin kalau Ayra bisa. Saatnya kita belajar pulang sendiri, Andung perlu istirahat. Ayra setuju asal mamay yang bicara ke pak Udin.

Pagi..Andung keukeuh juga mau jemput, mamay bilang aja nggak papa biar Ayra belajar. Akhirnya tadi bilang ke pak Udin, terus mamanya Haamim kalau anak-anak pulang dengan pak Udin. Mama juga udah wanti-wanti ama Ayra dan Haamim. Ayra juga bawa hape. Mudah-mudahan lancar pulang sendiri-nya..

Jam 4 sore, mamay telpon ke rumah. Ayra yang angkat. Cerita dia kalau pulang bertiga, bareng Haamim dan Timothy.., alhamdulillah lega rasanya...

Berarti besok-besok sudah bisa sendiri ya...

Thursday, February 02, 2012

Baca..baca..yuk kita baca..baca..

Selalu ada kejutan dari Alby.., pulang kantor anak-anak belum tidur, setelah beberes rapih dan masuk kamar, kita berempat cerita-cerita.

Alby mengeluarkan buku ensiklopedi pengetahuan yang besar dan berat. Lalu diajaknya mama dan abang duduk bersama. Mama yang tadinya pengen sambil tidur-tiduran jadi bangun dan duduk dekat Alby. Abang Ayra pilih di tempat tidur saja. Ayah duduk di sebelah kiri Alby.

Lalu dibukanya buku besar itu. Huruf-huruf pada buku itu memang kecil-kecil, tapi huruf disetiap bab baru besar-besar. Alby membacanya dengan baik. Du-nia He-wan katanya sambil menunjuk tulisan dunia hewan pada bab baru.

Antara percaya dan tidak, mama bisik-bisik ke abang Ayra; itu dia beneran bisa atau hafal. Kata abang lagi; dia bisa, may.. :)
Abang bantu juga?
Iya.. ;)
*aaaaaiihhh....terharu, meleleh*

*aaa..saling bantulah kalian sampai besar nanti*

Biasa aja deh, may..jgn lebay deh jangan norak kata si abang pas lihat mamanya diam karena takjub..

Lalu dibukanya lagi bab-bab berikutnya dan dibacanya dengan baik. Du-nia Tum-buh-han, Da-pur dan per-leng-kap-pan, Ma-nu-sia. Mama bener-bener takjub, sementara wajahnya penuh senyum setiap selesai membaca. Kita semangati hebat Alby, bagus Alby, matanya berbinar-binar. Semakin lancar Alby! :)

Kamis pagi....
Benar-benar menggigit mengingat keharuan semalam. Dasar cengeng.., mengalir deh air mata, hhuuuaaa :(

Terkenang panjangnya perjalanan. Masih banyak yang harus dikejar Alby. Mengenal huruf dan membaca hanyalah satu contoh kecil. Bermula dari huruf per huruf, lalu per 2 suku kata, lalu per kata dengan 4 huruf, lalu per kata dengan 6 huruf, lalu per kata dengan 5 huruf. semalam lebih dari 6 huruf.
Memang butuh waktu yang lama, tapi ketika tiba waktunya, mau terbang rasanya!

Alhamdulillah..., mama semakin yakin bahwa kita bisa melewati ini semua. Alby lah bintang yang cahayanya menyinari jalan yang tidak pernah kita tahu..dengan Allah dalam hati kita.

Maju terus ya, nak :)

Kamis, 02 Februari 2012