Friday, June 28, 2013

Alby nan jail dan perhatian..


Laporan perkembangan Alby semakin bertambah kemajuannya. Alby kali ini lebih jail namun sangat perhatian pada teman-temannya. Alby lebih suka aktifitas di luar kelas, terlihat antusiasnya, ketimbang aktifitas di dalam kelas…

Alby memang istimewa.., takjub mama, By…

Jum’at ini rasanya seneng banget…, anak-anak dapat menyelesaikan semesternya dengan baik. Ayra diterima di sekolah negeri, Alby dengan hasil yang membanggakan…syukur yang tak ada habisnya…alhamdulillah…

Thursday, June 27, 2013

Althayra yang penyabar


Setiap anak punya karakter..., tentu kita tau itu..., dan apa sih sertifikat yang diterima anak-anak kelas 6 dipanggung tadi? Di bawah panggung, Ayra serahkan sertifikat itu ke mama dan ayah, ketika kita buka amplop coklatnya..surprise..! tertulis : “ Althayra Muhammad Hanif yang selalu Penyabar “


Waaaahhh..., meleleh hati mama...

Hebat Pak Susila !

Beliau bisa dan mengenal karakter 38 anak didiknya yang berbeda-beda dan memang tidak ada satu anakpun dapat karakter yang sama, seperti Haamin –full of energy-, Silva –easy going dan rapih-, Andika –kocak dan penuh talent-, Idham –optimis dan berwawasan luas-, Farhan –setia kawan- dan itu semua memang tidak berbeda jauh dengan si anak.. *terima kasih Pak Susila*

Untuk Kesan & Pesan pada setiap anak sama, 

Kesan : Siswa Angkatan 2012/2013 adalah siswa yang paling heboh. OR oke, pelajaran di kelas oke, bikin gaduh di kelas juga oke, yang suka buat ulah ada, yang serius banyak, Benar-benar kelas yang penuh warna..

Pesan :  tataplah masa depanmu dengan optimis, raih cita-cita setinggi bintang jangan lupa ibadah, karena tanpa didasari aqidah yang kokoh jiwamu akan gersang dan hatimu hampa..

Kami tidak pernah menyangka.., semoga kelak Althayra seperti yang dituliskan Pak Susila di sertifikat itu di sepanjang hayatnya kelak..

Kata tnt Ayu lagi; pantes kok...Abang emang penyabar, karena Abang sabar ngadepin adeknya..jadi buat Abang, teman-temannya yang super heboh yaaa..ndak ada apa-apanya... ;-)

Pelepasan kelas 6



Tak terasa tiba harinya..., pentas seni dan pelepasan kelas 6. Acara diisi dari kelas 1 sampai kelas 6. Anak-anak kelas 6 bawain cerita si Pitung. Lalu untuk pelepasan diisi dengan 2 anak yang lulus dengan nilai nem tertinggi, Putri 29,15 dan Andro 28,90 serta penerimaan sertifikat untuk setiap anak. Mereka juga menyanyikan lagu Daylight. Waduh ini lagu yaaa...pas banget ama abang dan teman-temannya.., dimana hari esok mereka sudah berjalan sendiri-sendiri diatas kaki mereka. Sementara saya kok ya jadi terkenang masa-masa Ayra di Pulo, yaaa..setiap ada awalan tentu ada akhirannya, tapi ini bukan akhir buat Ayra, justru di hari terakhirnya ini adalah mulainya perjalanan Ayra dalam menggapai cita-citanya kelak, demikian juga teman-temannya..


Terima kasih SDSN Pulo 07..
Terima kasih Bapak dan Ibu Guru sayang..
Terima kasih telah turut mengantarkan Ayra dan teman-teman ke jenjang yang lebih tinggi..
Selamat tinggal SDSN Pulo 07..

Wednesday, June 26, 2013

Penerimaan SMPN


Setelah pengumuman, kita lanjut ke pendaftaran SMPN. Sebelumnya sekolah mengundang ortu untuk sosialisasi penerimaan SMPN ini. Tahun ini beda seperti tahun lalu, dimana sudah tidak ada lagi sekolah RSBI (dihapuskan oleh MA per Des 2012/Jan 2013). Beberapa bulan sebelumnya ketika kita gerilya keliling SMPN belum ada info apapun tentang penerimaan tahun ajaran ini. Singkatnya pendaftaran tahap I atau jalur umum dimana kita bisa mendaftar ke SMPN mana saja asal berada dalam wilayah DKI, dilakukan mulai tgl 20 hingga 26 Juni (pengumuman). Berikutnya tahap II jalur lokal dimana penerimaan siswa dilihat dari KK/KTP ortu berdasarkan kecamatan mereka tinggal dan dilakukan seminggu kemudian lalu disambung tahap III jalur umum lagi, hingga tahun ajaran baru dimulai tgl 15 Juli 2013. 

Harapan kami, Ayra cukup terhenti di tahap I-jalur umum saja, Insya Allah. Dalam pemilihan urutan SMPN pun perlu strategi. Kita tidak mau terperdaya dengan nilai Ayra yang (menurut sebagian orang) bisa diterima di SMPN mana aja yang dia mau. Hiiii...alhamdulillah itu mah..., ;-). Dari hasil keliling sekolah udah tersaring SMPN mana aja yang Ayra mau. Untuk pilihan kedua dan ketiga udah mantap yaitu SMP 12 dan 13. Ayra ingin andai nanti dia terlempar dari pilihan pertamanya, maka jatuhnya di pilihan kedua, yaitu SMP 12, oke. Nah yang jadi dilema adalah pilihan pertama. Tahun lalu Ayra ingin 19, lalu berubah jadi 11, lalu setelah liat sekolah Ayah dulu, 68 dia juga mau. Tapi ini agak setengah hati dia. Setelah UN tersaring 2 pilihan utama SMP 11 & 68. Untuk 2 sekolah ini, peringkatnya berada dalam kapasitas yang sama. Sama-sama mantan RSBI. Tapi nilai tertinggi nem masih dipegang oleh SMP 68. Sementara saya, setelah liat 2 sekolah ini, jatuh cinta pada 68. Sekolah yang sejuk..nyaman..pokoknya hati seneng aja, sama halnya ketika kita ketemu TK & SDnya anak-anak. Kalau Abang mah terserah gimana anaknya. Akhirnya kita sisir lagi..bikin plus minusnya..dan tentu juga diukur kemacetannya ;-) Dan malam menjelang pendaftaran online, Ayra telah menetapkan pilihannya, 68-12-13

Senin, 24 Juni hingga Rabu 26 Juni menjadi hari yang mendebarkan bagi mama dan ayah. Nggak bisa kerja, tiap saat mantau Ayra dan anak-anak Pulo. Kata Abang, serasa liat orang balapan. Deg-degan kalau liat namanya tergeser. Alhamdulillah..Nama Ayra bergeser sedikit demi sedikit, menjelang tgl 26 Ayra tergeser jauh, karena dapat limpahan dari SMP 85, 68 sebagai pilihan kedua mereka. Dan akhirnya tgl 26 Juni per jam 16.00 nama Ayra ada di SMPN 68 dengan no urut 66..., bersyukur tiada henti..alhamdulillah..harapan kami terkabul diterima di tahap I, terima kasih Allah swt..

Dan di tahap I ini setengah murid kelas 6 sudah diterima di SMPN impian mereka..
Congrats, Althayra !

Rabu, 26 Juni 2013, masih gundah karena belum lapor diri :D

Thursday, June 20, 2013

Freundschaft07



Hari-hari setelah UN adalah hari libur untuk Ayra dan teman-temannya.., ngapain aja mereka? Yaaa..beragam, Ayra sendiri ada beberapa kali main ke rumah Haamim…, begitu juga sebaliknya.., mereka ke sekolah hanya untuk latihan pentas seni sekaligus pelepasan murid kelas 6 tgl 27 Juni nanti. 

6 tahun kebersamaan mereka dengan anak-anak yang silih berganti datang. O ya di kelas 6 ini ada 3 anak baru..2 cewek dan 1 cowok, membuat mereka dekat satu sama lainnya. Kompaknya nggak nahanin. Sejauh ini saya seneng banget dengan pertemanan mereka. Karena saya kerja tapi setiap pagi saya antar Ayra. Saya tetap kenal anak-anak ini. Kalau saya sempatkan turun dan masuk ke halaman sekolah mereka datang menghampiri saya, menyapa saya, menyalami saya.., jadi meski nggak pernah nongkrong lagi di sekolah di hari sabtu, saya tetap bisa melihat bagaimana anak-anak ini tumbuh menjadi ABG tanggung. Berbagai gaya, tingkah dan ekspressi..khas anak ABG. Setiap saya melihat dan bertemu setiap itu pula rasa takjub muncul, mereka menjadi lebih tinggi, anak-anak perempuan terlihat lebih cantik, dan yang laki-laki keliatan mana yang ganteng, manis dan keren..hehehe…

Kelas 6 angkatan 2012/2013 ini memang luar biasa dan punya cerita sendiri. Angkatan 2012/2013 merupakan angkatan terakhir dengan murid 40 anak per kelas yang akhirnya menyusut sampai 38 anak di kelas 6. Angkatan yang dari kelas 1 sudah punya banyak cerita, super heboh, brisik, jail.., punya hobby yang nyaris merata..musik untuk semua anak. Yang cewek-cewek kepopers, yang cowok bola dan futsal mania. Kelas yang nggak ada capeknya. 

Pernah saya dan ayahnya datang ke sekolah dan bicara dengan wali kelasnya, tujuannya mau tanya seputar bagaimana Ayra di kelas 6 yang ada bapak wali kelas malah lebih banyak menceritakan bagaimana serunya mendidik dan membimbing anak-anak kelas 6. Angka rata-rata di kelas beragam mulai dari 2 sampai 10. Jadi di kelas ada anak yang payah banget sampai yang keblinger pinternya.., jika diberi tugas, anak-anak yang telah menyelesaikan tugas terkadang udah ngilang dan lari ke lapangan, yaaa ngapain lagi kalau bukan main futsal…

Ketika mereka kelas 1 & 2 intrik seputar anak cewek ada. Untuk Ayra selalu kami tekankan untuk berteman dengan siapa saja. Memang kelas di SD Pulo ini hanya satu, setiap tingkatan hanya ada satu kelas. Geng-gengan sempat terlihat, tapi ketika masuk kelas 3 lebih banyak bermain bersama-sama. Itu sebabnya banyak anak-anak bilang hal yang paling seru adalah kelas 3 & 4, kelas 5 nggak asyyik karena wali kelasnya nggak assyik, ini menurut mereka (termasuk menurut Ayra juga). Nah di kelas 6 lah keakraban, kekompakan mereka keliatan semakin erat banget.., 

Sesuai juga dengan eranya. Era digital. Anak-anak inipun nggak ketinggalan, mereka bikin twitter dimana admin-nya ya mereka semua bergantian.., apa aja mereka twit, bahkan hal nggak penting banget pun di twit. Hanya pengen twitnya rame-lah..followernya banyaklah, awalnya ikutan nge-link dengan twitnya Ayra, asli awalnya bener-bener mengganggu, tapi lama-lama saya yang terkangen-kangen ama twit anak-anak itu, lucunya beberapa dari mereka ikutan follow saya dan mereka bilang; folback ya tanteeeee…., atas ijin Ayra juga saya boleh mem-follow Freundschaft07, tapi jangan harap di folback ya may kata Abang, yang boleh follback cuma anak-anak kelas 6. Oke, baiklah kalau begitu.., Pikir saya beruntung sekali mereka ya, sudah punya ikatan, jadi kalau mau reuni gampang..nggak pusing-pusing lagi nguber dimana keberadaan teman-temannya. Dan ide nama Freundschaft07 dari salah satu teman perempuan mereka.

Ketika hari perpisahan semakin dekat, twit-twitnya justru bikin terharu.., ddduuuhhh..anak-anak ganteng dan cantik, dimanapun kalian sekolah..dimanapun kalian berada kelak, tetaplah jaga kekompakan, kedekatan dan pertemanan kalian….

Kamis, 20 Juni 2013
setelah melihat, menyusun dan mengarsip foto-foto angkatan 2012/2013

Sunday, June 09, 2013

Pengumuman UN SD



Tidak terasa udah sebulan aja setelah UN, sekarang kita liat hasilnya.., Ayra dan teman-teman menanti pengumuman di puncak. Untuk kelas 6 aktivitas outdoor dilakukan di akhir tahun sekalian perpisahan. Kebetulan juga lagi cuti bersama, jadi mama bisa ikutan Ayra ke puncak tgl 7-8 itu. Pengumuman kelulusan diberitahukan jam 8 malam. Pak Kepseknya ngerjain anak-anak dulu. Dibilang kalau nem anak-anak turun dibanding tahun sebelumnya. 

Waaaahhh...senewen dengernya..., entah kenapa sebagian anak perempuan menangis karena lihat nilainya jelek. Tapi buat kami, berapapun nilai yang dicapai Ayra adalah yang terbaik untuknya dan cukup buat masuk ke SMPN. Alhamdulillah terkabul, meski kata Ayra nilai yang diperolehnya itu kurang dari harapannya. Tak berapa lama, akhirnya Pak Kepsek mengumumkan nilai yang sebenarnya. Waaduuuhhh...ini yang tidak pernah diduga, semua diluar harapan kita..hadiah besar untuk Ayra dan kami, saking harunya meleleh hati ini..., Congrats Ayra! Insya Allah SMPN impian Ayra bisa kita raih. Alhamdulillah..bersyukur tak ada habisnya..

Nilai memang bukan yang utama, masih banyak yang harus dipersiapkan untuk anak dalam kehidupannya. Baik secara emosi, akademis, mental dan perjalanan hidup dimana akan banyak pembelajaran yang akan mereka terima dan hadapi dalam hidupnya. Tapi untuk bisa masuk ke sekolah negeri, nilai adalah salah satu tiketnya, selain doa dan support dari kami.

Selamat untuk SDSN Pulo 07, untuk anak-anak kelas 6 yang super hebat.., :-)