Monday, November 25, 2013

Museum Ceria : Museum Keprajuritan TMII

Alby dan Hafizh

Kali ini kita ikut main-main dengan Museum Ceria ke Museum keprajuritan di TMII. Alby tetap senang-senang aja kalau di ajak jalan. Jalan-jalan ke museum memang salah satu favorit Alby. 

Nggak banyak yang bisa kami ceritakan di museum keprajuritan. Karena anak-anak hanya seperti dibawa berkeliling museum, tidak menjadi detektif seperti biasanya. Dan sepertinya Alby jadi kurang bersemangat. Memang anak-anak tidak hanya sekedar dibawa keliling tapi juga menyanyikan lagu anak-anak ciptaan Ibu Sud, Bapak AT Mahmud dan juga lagu-lagu perjuangan serta cerita-cerita tentang kepahlawanan di beberapa diorama yang dilewati. Anak-anak ini dibagi dalam beberapa kelompok yang dipandu oleh kakak-kakak dari Museum Ceria. Karena mereka baru pertama kali bertemu..jadi banyak yang kagok..tiap anak adaptasinya beda-beda. Ada yang mudah dan ada yang masih malu-malu. 

Ketika para kakak itu mengajak menyanyi, walaupun anak-anak diberi buku teks lagu-lagu anak dan perjuangan, tidak semua anak menyanyikannya dengan baik. Entah mereka tidak 'kenal' lagu-lagu tersebut atau tidak diajarkan baik di rumah maupun di sekolah. Disamping itu sebagian dari mereka menggunakan dwi bahasa (entah karena sekolah, entah keluarga mereka memakai berbahasa Inggris dalam percakapan sehari-hari), jadilah yang terdengar menyanyi hanya para kakak dari museum ceria. Kalau diliat antusiasme Alby, sepertinya hal ini tidak menarik baginya. Tak apa mungkin Museum Ceria ingin memberikan kegiatan yang berbeda.

Mama dan Alby di kesempatan kali ini ketemu ama Bunda Lilik dan keluarganya. Bunda Lilik datang dengan Hafiz dan adek Reefa. Alby tentu senang sekali ketemu dengan Hafiz dan adek kecil. Kedua anak ini saling senyum. Sementara Bunda Lilik dan Reefa ikutan kelas toddler. Mama yang menemani Alby dan Hafiz. 

adeek Reefa

Seminggu kemudian mama mendapat email dari Museum Ceria, mereka ingin input untuk kegiatan museum ceria. Saya tulis dan menurut saya yang paling seru adalah bermain sebagai detektif. Buat Alby ini menyenangkan sekali. Sejauh ini akan ditindaklanjuti. Apapun ya..semoga ke depannya kegiatan museum ceria ini selalu menyenangkan.

dengan Bunda Lilik 
ditulis 25 Nopember 2013 

Monday, November 11, 2013

Kacamata...

Sabtu, 09 Nopember 2013

Ke dokter mata, periksa mata abang di jakarta eye centre kedoya. Rumah sakitnya bagus.., daftarnya juga online dan cepat, nah kalau giliran antri dokter ya lain..
Dokternya mama dapet dr temen, dokter mata anak2 namanya dr. Ni Retno Setyaningsih. Abang nanggung banget yaa.., mau ke dokter mata anak dia udah besar, giliran ke dewasa kok yaa...dia masih anak-anak...heheee... Ruang prakteknya juga enak. Setelah diperiksa...well, Abang minus 4,5 :-(( sebenarnya udah bisa ditebak juga kalau Ayra pasti matanya minus. Tapi agak kaget juga udah nyampe di minus 4,5...menghibur diri, mamanya bilang...kayak mama dulu deh Bang, sekalinya pake kacamata minus 3,5 di umur 9tahun kelas 3 SD..., berasa flash back jadinya..


Sorenya qt sekalian cari kacamata di ITC Kuningan. Nggqk lama prosesnya..cukup sejam menanti...dan jadilah Ayra berkacamata. Makin ganteng dan lucu dia, kadang keliatan seriusnya...

Menurut Ibu dokternya, anak-anak sekarang banyak yang memakai kacamata karena gadget, games, tv yang rata-rata mempunyai tingkat radiasi yang lumayan, tambah lagi anak-anak kurang begitu menyukai sayur. Tapi hasilnya Ayra jadi mau makan sayur..., emang yaaa... kalau nggak kejadian di diri itu...ya nggak dijalanin... :p 

Ditulis pada 11 Nopember 2013 hari Senin

Tuesday, November 05, 2013

Having a great time.. :-)

Hari ini libur 1 Muharam. Pagi diawali dengan leyeh-leyeh dan ayah yang lagi mencuci pakaian. Si kecil ini ribuuuuttt..aja mau pergi, gatel kali ya kakinya..pengen jalan. Akhirnya terlintas aja kita jalan bertiga. Perlengkapan yang dibawa adalah PR yang belum kelar, kertas-kertas polos, pinsil, pulpen dan spidol warna warni. Kita main-main di taman Surapati Menteng. Sampai di tempat dimulai dengan; ngapain ke sini mamay? Ngapain? ya terserah mau ngapain..kita main-main di sini.


Mulailah Abang membuat PRnya berupa narasi fabel dalam bahasa Inggris. Saya ajak Alby menggambar..tapi kayaknya dia tidak tertarik.., tetap aja ngoceh; abis ini ke  mana mamay? abis ini ke mana mamay? PR Abang kelar.., Abang beralih membujuk adiknya..hingga akhirnya Alby enjoy..., abang Ayra memang pintar membujuk dan mengalihkan perhatian adiknya, dan bermainlah mereka sejenak. 1,5 jam ada kita di taman. Udahannya kita melipir jalan kaki ke jalan Besuki ngelewatin sekolahnya Obama, lalu shalat di Mesjid depan Keris Galery HOS Cokroaminoto, lalu nongkrong bentar di sevel depan taman Menteng dan lanjut menuju Sarinah Thamrin, kemudian naik trans Jakarta ke arah Blok M, turun di depan Ratu Plaza..lalu naik taksi ke PIM ketemu ayah di sana..., heheheee..selalu memang berakhir di PIM ;-)