Tuesday, December 09, 2014

Happy 14th...cintah ♥


 
Happy birthday, Althayra !
Be our knight who shining whatever...
Santun, bersahaja, taat agama, pandai, tekun dalam belajar, happy, sehat, saling menjaga dengan Alby...Semoga Allah swt senantiasa melindungi dan meridhai setiap langkah dan impianmu..aamiin yra ♥♥

Selasa, 09 Desember 2014

Saturday, December 06, 2014

Saling menjaga

 

Setiap orangbtua tentu ingin anak-anaknya senantiasa dalam keadaan baik-baik. Demikian juga dengan hubungan antar mereka. Senantiasa berharap dan berdoa agar mereka kelak saling menjaga. Tentu itu semua dimulai sejak mereka kecil. Ayra pernah bilang pada saya kalau adiknya tidak seperti adik-adik yang lain, yang mudah paham dan mengerti, yang ngerti kalau Abangnya bicara apa. Saya kasih tau seperti apa adiknya, seberapa tenggangnya untuk maklum ke adiknya. Sementara dengan adiknya saya dan ayahnya bilang harus hormat dan nurut sama abangnya. Karena itulah saudara satu-satunya yang mengerti dan paham akan dia. Demikian juga sebaliknya untuk Abang.

Hati ini suka terharu kalau liat mereka akur. Berantem sih pernah tapi cuma Ayra juga yang pandai membujuk adiknya.

Keliatan sekali kalau udah ke dokter..., mau dokter gigi, dr anak dan dr mata..saling menguatkan itu keliatan sekali. Semoga sampai mereka dewasa kelak ini selalu mereka jaga...

I love you, my boys... ♥

Friday, October 31, 2014

Ijin nggak masuk sekolah...

Ceritanya Jumat pagi ayah ada team building kantor, dan jumat pagi itu semua harus berangkat jam 6 pagi. Alby berangkat dengan Oma, di jam yang sama pula. Awalnya hari itu semua anak mama antar, tapi kemudian Oma mau bantu antar Alby sekolah.

Melihat ayahnya ganti baju yang bukan baju seragam, hatipun mulai galau. Alby bilang nggak mau sekolah...Alby ingin libur saja..terus jemput ayah di kipink..Haaaahh! Alasan yang dicari-cari..dan aksi lebay aja itu mah..

Alby : Alby nggak mau sekolah ayah, Alby libur aja...huhuuuuhuuu...
Ayah : iya..Alby libur..boleh aja...
Mama manyun...senewen.., lalu ayah kasih kode..
Alby : Alby di rumah aja ayaaahh...
Ayah : iya, Alby di rumah aja, asal Alby sendiri yang bilang ke pak Bachtiar kalau Alby ijin tidak masuk sekolah...,
Alby : hmmm.., ama siapa Alby ijinnya..
Ayah : Alby ijin sendiri ke pak Bahtiar kalau Alby libur, tidak sekolah..
Tapi pergi ijinnya ama Oma..
Alby : ...ooo, oke deh ayah..., mau..mau..tapi nanti jemput ayah di kipink yaa..
Ayah : iyaaa...

Jam 6 pas Oma datang, berangkatlah kami semua..., dan Alby pun selamat sampai sekolah bubar jam 13.00
Sesampai di rumah, Oma nanya : nggak jadi tadi Alby ijin ke pak Bachtiar By...?
Alby : enggak..tuuhh...
Qt ngikik...jempol deh buat ayah..yang pandai merangkai kata dalam membujuk Alby sekolah... ♥

Sunday, August 24, 2014

Ketika tissue mampir ke kuping..

Bocah yang abis ultah bikin sensasi.., semalem kupingnya dia masukkin tissue ayahnya lagi kerja, Alby tuh duduk dekat ayah, tau tau nih bocah diliat lagi korek-korek kupingnya, ditanya..kenapa kupingnya By, ada tissue di dalam yah..., kagetlah Ayah..
Ama ayah di cek, kiri kanan kupingnya keliatan tissue keluar, diambil pake pinset ama ayah, kiri kanan, cek lagi.., ada lagi,..keluarin lagi, lalu di cek lagi ternyata masih ada..dan agak ke dalam.., kejadiannya pas mama pulang dr ketemu temen smp sorenya.., jiaaahh..browsinglah kita.., dapat rs tht proklamasi.., jadi tadi pagi udah duduk manis di rs tht. Alby udah nggak berani ngoceh lagi, diomongin pun dia diem aja. 
  


Paginya..alhamdulillah..dokternya ada dan baik, dokter Adelena namanya, kita pasien pertama juga terakhir karena ada 3x kita keluar masuk ruangan dokter akibat Alby angot-angotan..rasa cemas juga ada, saya ya senewen.., cuma berduaan aja, karena kalau ada ayah bisa buyar.., kalau suasana kayak gini, saya judesin baru mau.., 

Masuk pertama tissue kecil di kuping kiri keluar, tp terus dia nangis.., keluar kita cooling down dulu.., bujuk-bujuk..oke mau, tapi sampai dalem mogok lagi..mulai geregetan deh saya.., ama dokter Ade dibujuk pake pie susu.., diambilnya satu..tetap nggak mau naik kursi meski dipangku, waktu ini dokter Ade bilang; kalau nggak dikeluarin nanti bisa congekan By, dasar mama juga jail..diantara senewen malah bilang; mending ganteng-ganteng serigala By daripada ganteng ganteng congek-an..hihii...lalu keluar lagi kita..., bujuk-bujuk lagi, diskusi, lagi..mama keluarin janji boleh deh makan mie.., oke katanya.., minum sebentar dan kue pie susu dimakannya.., kelar pasien lain, masuk lagi kita.., mogok lagi..

Kali ini dokternya bilang; ibu sabar ya.., saya pun mingkem, nurut dokternya... terus bu Dokter bilang suaranya tegas gitu, Alby dengar ! kalau Alby berani masukkin tissue ke kuping, Alby harus berani jg keluarin tissuenya.., marah-marah tuuhh dia, bu dokter bilang tidak marah marah, nanti sakit kupingnya.., ayo..naik.., iyaaaa..tapi pelan-pelan aja yaa..suaranya mau nangis.., dah tuh naik kursi dipangku mama, nggak lama potongan agak besar keluar.., ternyata masih ada satu lagi..., hadeuuhh...ya bocah..banyak bener..siiihh..., di ambil pake pinset yang ujungnya tipis dan kecil banget.., akhirnya keluar..potongannya bulet agak besar..., alhamdulillah lega bener.., dia langsung turun kursi.., langsung ke dokter Ade, bilang : maafin Alby ya...maafin Alby dokter.., terus dokternya langsung dipeluk, Dokter Ade-nya kaget, langsung ngerentang aja tangannya.., hayaaah..mamapun kaget..melongo.., bilang makasih By..jangan lupa.., makasih tante dokter, maafin Alby yaaa..pelukan lagi.., lalu cari suster yang pegang kepalanya supaya nggak gerak-gerak, tante suster...maafin Alby yaa.., salaman.., hadeuuh..mau ketawa mama..suster senyum-senyum., lalu pas pamit bu dokter dipeluk lagi..lalu..lalu..dokter, Alby mau kuenya lagi..., dapet deh tuh kue.., 2 lagi, terus dia bilang..buat Abang..nanti....jiaaaahh... mama..nggak tau mau ngomong apa..., cakep banget bikin mamanya senewen, gregetan.., 

Alhamdulillah... udah keluar deh tuh potongan-potongan tissue..dan Alby udah janji ndak mau masuk-masukin tissue lagi ke kuping...

Kejadian sabtu sore dan minggu pagi, 24 Agustus 2014
RS Khusus THT Proklamasi

Saturday, August 23, 2014

Happy 11th birthday, Alby

Sabtu pagi...diawali dengan ucapan ulang tahun untk Alby. Seperti biasa..kalau dengan mama, Alby seperi jual mahal. Tak apalah..yang penting hari ini hari happynya. Jadwal hari ini ke dokter mata, periksa matanya yang udah beberapa bulan ini suka banget berkedip-kedip. 
Sebelumnya kami mampir di starbuck pim, Alby makan cinnamonn roll dengan saos tomat :p...tiba-tiba masuk bbm dari Oma Yet. Bbm ucapan ulang tahun dari Oma untuk Alby. Mamapun menyapa ;
Ada sms dari Oma, By...
Mana..? Liat..
Ini...

Diliatnya...

Mau bales By?
Mau..mau.., tulis apa ?
Ya terserah Alby..
Tulis apa?
Apa aja..

Ditulisnya..

Udah ma..
O.., mana liat..., o bagus ini.., tulis dong dari siapa..
Sini..

Ditulisnya lagi.., lalu..diserahkan ke mama..

Sudah..

Mama lihat.., dan mengalirlah airmata haru...

Disitu tertulis : iya Oma ♥ albi. Kelas5

Pandai sekali kamu nak...
Dia baca, dia paham, dia mengerti dan dia balas..
Alhamdulillah...
Sabtu, 23 Agustus 2014
Starbuck pim 1 di jam 8 pagi hari

Sunday, July 06, 2014

Handy Talky dan Alby

Salah satu keinginan Alby adalah punya handy talky, dan itu sudah terpenuhi pas sunatan kemarin. Hadiah sunat dari mama-ayah-abang Ayra. Alasannya dulu sederhana pengen kayak pak Satpam.., pengen kayak mbak/mas GM kalau manggilin antrian pengunjung yang ingin makan di sana. Ternyata permintaannya bermanfaat banget. 

Sore ini karena hujan..channel tivi pun bergeser..., naiklah ayah ke genteng bawa hate, mama dan anak-anak di kamar juga dengan hate. 

Terjadilah percakapan ; belum jelas..., jelas...,udah..udah ada gambarnya, ...eee..ilang lagi.., iya..iyaaa, udah jelas sekarang..., 

 

so..makassiiiihhh...ya Albyyyy... ;-)

Minggu, 6 Juli 2014
Suatu sore, di satu kamar di hidup baru...

Saturday, June 28, 2014

Satu hari milik Alby

Hari ini persis 5 tahun yang lalu adalah satu hari milik Abang Ayra, tanpa kami sadari ternyata satu hari itu menjadi milik Abang Alby juga. Rencana tetap di Juni, tapi hari inilah segalanya siap. Rayu rayu untuk sunat muncul sejak setahun lalu, kami tidak menceritakan pedihnya tapi justru happy dan indahnya sunat....,

Abang Ayra memang pandai membujuk adiknya. Dari diimingi-imingi handphone, sepeda, dapat uang banyak..tabungan banyak, Alby punya ketetapan sendiri dan itu tidak berubah sampai hari H-nya, yaitu handy talky. Teguh bener yaaa...pendiriannya ..hehheee...

Dari obrolan-obrolan kecil jika Alby menyinggung ingin beli atau punya HT, selalu ditimpali sunat duluu.., lalu sambungnya; mama nabung dulu..., Alby sunat..dulu, terus beli hate deh..., begitu berulang-ulang...

Setelah terima raport ditetapkan hari H adalah hari minggu, 29 Juni..dan tgl 30 mama cuti, tgl 1 ayah cuti untuk mendampingi selama masa penyembuhan. Metode yang diambil dan tempat sunatnya juga sama dengan abang Ayra. Dalam waktu itu..ketika daftar karena tidak ada cara juga di hari sabtunya, niatnya cuma renang..kepikir deh lebih baik banyak waktu di masa penyembuhan, kamipun memilih hari sabtu, 28 juni...

Ketika hari dan tanggal telah ditetapkan, Abang Alby lebih suka senyum-senyum malu..., antara senang dan bingung..wajahnya. Sempat ragu ketika Andung bilang kalau expressinya Alby itu seperti ada yang diungkapkan tapi dia tidak mengerti bagaimana mengungkapkannya. 

Harinya tiba juga, beberapa plan disiapkan, yang pasti Abang Alby masuk ke rumah sunatan hanya pada saat dia dipanggil. Alhamdulillah..lancar, hanya karena pake mampir ke alfamart dekat rumah sunatan segala, jadi agak terburu-buru, sementara wajahnya penuh rasa khawatir, tapi mama pura-pura tidak tahu.

Sampai di kamar tindakan, mulailah cemasnya terungkap. Nangis dan bilang tidak mau buka celana dan agak-agak menjerit, pak Dokter yang udah siap keluar dulu. Setelah dibujuk rayu jadi juga. Keringet dingin mamanya hihiii...sementara Alby dan ayah saling berpelukan. Alby tiduran sambil memeluk erat leher ayah. Sesekali menjerit...hadeeuuuhh..., agak-agak bete mama kalau gagal..tapi terus inget "mama tenang, maka anakpun tenang" ya wes, mamaaa..tenang.., tenang...mamaa, mulailah bujuk membujuk, Abang Alby bilang ; abis ini mama aja yang ke sency beli HT, bla...blaa...berulang-ulang...,
 
Awalnya nggak mau pegangan tangan mama, jerit jerit..tapi terus sambil dalam hati terus berkata "tenang...mama.., tenang mama..", sambil usap-usap kepalanya, Alby pun menjadi lebih tenang, lebih koorporatif. Daaann...dalam 15 menit kelarr..., bravo, Albyyyy....

Sebelum pulang Alby minum obat dulu. Sampai di rumah Abang Ayra dan tante Linda menyambut dengan pelukan, nangis lagiii...lalu..lalu..keluar deh hadiah mama-ayah-abang Ayra, yaitu HT. Tante Linda kasih lampu malam x ray..ahhh..makasiiihh tante Linda..., liat hadiahnya Abang Alby yang tadinya sedih jadi sumringah..antara malu-malu pediiihh...hihiii..., Abang Ayra yang pandai membujuk adiknya..langsung mempraktekkan main handy talky...Abang Alby happyyy...senyuum..nyengir nyengir...tapi abis itu rewel lagii..mungkin seperti Abang dulu, katanya kan pee Abang pegel may..hihiii....

Ya wes lah, By..sepanjang hari ini memang agak rewel tapi tak apa..
 
  Selamat ya Alby sayang....semoga cepat sembuh, jadilah pribadi mandiri yang berhati mulia, taat agama, santun, baik hati dan senantiasa murah senyum..., love you sangat..Albyyy... ♥♥♥
Sabtu, 28 Juni 2014
bintaro sektor 5A

Thursday, June 19, 2014

Maafkan aku, Ayah..

Alby punya segudang cara dan akal yang kadang dan bisa jadi tak terpikir oleh kita.

Alby juga sedikit gengsian..gengsi untuk minta maaf..

2 hari yang lalu buku tugas atau hasil kerja siswa dikasih guru ke kita, isinya tentang hasil belajar Alby selama semester kedua di kelas 4. Cover depannya foto Alby lagi duduk di kelas.

Pulang kantor, seperti biasa kami ketemu Alby yang belum mandi dan kamar yang berantakan. Bersama kami bereskan. Ketika mama lagi di kamar mandi, terdengar suara Ayah yang keras dan kencang menegur Alby. Wah, ada apa? 

Selesai mandi mama tanya, ada apa? Ternyata Alby merobek-robek voucher renang sebanyak 3 lembar..., sedaaapp..deh, seratus dua puluh ribu melayang. Padahal tempat penyimpanan udah aman, di kantong dalam jaket ayah dan Alby nggak tau...e..alaa..kok ya ketemu juga ama Alby. Di kamar yang udah rapih, Alby duduk diam. 

Mama bilang ; Alby kan udah tau ndak boleh bongkar-bongkar barang Ayah tanpa Ayah tau, ndak baik..kalaupun ketemu ama Alby, harus ijin dulu. Kasian Ayah Byyy.., pulang malam cari uang..buat Alby, Alby malah sobek-sobek gitu..., hayo sana..minta maaf ama Ayah...

Duduk, diam..

Ayoo..By..., minta maaf...

Duduk, diam..

Ayoooo..Abbyy.., minta maaf ke Ayah...

Duduk, diam...

Ayooo, ke Ayahhh...

Duduk, diam...

Ya, udahlah..mama tinggal, pindah ke depan duduk sebelah ayah nonton Mata Najwa. 

Setengah jam berlalu...

Alby keluar kamar, ambil buku hasil kerja siswa, buku laporan, buku penghubung. Disusun jadi satu tumpukan, yang hasil kerja siswa bercover fotonya paling atas dan diletakkan di depan dadanya dengan foto menghadap ke depan. Lalu diambilnya kursi, dia duduk di depan ayah berhadap-hadapan dan bilang : liat ini..!!!
 

Sambil menunjuk foto dirinya...

Ayah dan Mama pandang-pandangan..dan aaaaahhhhhh.... ♥♥♥♥♥

Kami segera tau dan paham kalau Alby sedang minta maaf pada ayahnya dengan cara yang beda...tidak ada kata-kata..tapi foto dan hati yang bicara.., maafkan aku, Ayah...

Ooooww...terpilin hati..dan Ayahpun meleleh...

Rabu malam, 18 Juni 2014

Monday, May 12, 2014

Ambulance

Alby sudah pandai membaca, untuk kata-kata yang panjang juga sudah bisa. 

Suatu kali Ayah cerita. Ketika itu Ayah, Alby pergi mengantar Abang bola. Sampai depan stadion ada mobil ambulance yang memang parkir di sana. 

Alby pun mengeja : Ayah, ada mobil ambulan-ce...
Ayah ngakak... ;-))

Ayah ketawa karena Alby tidak menyebut ambulans.., tapi Ambulan-ce (baca : am-bu-lan-ce, ce..ce..huruf C dan E dibacanya)

Ketika Mamay dan Alby ikutan Museum Ceria ke Museum Satria Mandala, Alby liat Ambulance yang pertama kali digunakan. 

Katanya ; May, foto depan ambulan-ce..ya, may... ;-))

Dan jadilah foto ini ;-)

Sunday, May 11, 2014

Museum Ceria : Jadi Agen Rahasia di Museum Satria Mandala

Museum Ceria kali ini ngajakin jadi Agen Rahasia di Museum Satria Mandala. Seperti biasa mama liat waktu dan keadaan dulu, ternyata bisa, tapi hanya berdua dengan Alby. Untuk kali ini Alby lebih siap..excited tentu..dan berulang-ulang bilang : ayo mamay..kita ke museum ceria..Alby nanti punya teman baru?


Sobat-sobat baik mama di DI ada yang ikutan, tante Nenny dgn 2 anak perempuannya yang cantik-cantik, Deana dan Dhevy. Sementara ibu-ibu GGB nggak ada yang bisa. Walau gagap dikit dengan teman barunya Alby sudah dapat menyesuaikan diri dengan baik. 

Alby dengan Deana dan Dhevy

Kita datang pas waktu, setelah registrasi Alby dikasih soal untuk bisa lanjut ke permainan berikutnya. Hehee..agak sulit ternyata karena kita cuma berdua, mau nggak mau untuk soal yang panjang-panjang kalimatnya Alby bergantung mama. Akhirnya mamalah yang berpikir keras...hihiii..dan ketemu jawabannya, kitapun lanjut. 

Tugas pertama mencari display gambar rumah Panglima Sudirman. Alby yang sudah pernah ke Museum Satria Mandala..sepertinya mengingat. Memang display gambar Panglima Sudirman ada di ruang depan museum. Jadi kita masuk lurus..lalu..ini mamay rumahnya!  Di depan gambar rumah tersebut sudah ada kakak dari Museum Ceria yang menanti, Alby dikasih bintang dan tugas berikutnya. Di sini yang berhasil juga di face painting, kalau nggak mau di wajah, di tangan juga boleh hanya sayangnya Alby ndak mau...., ya wes kita lanjut lagii....

Sekarang menjawab apa yang tertulis dalam sebuah surat. Diantaranya apa nama hotel dimana bendera yang berkibar di hotel saat itu dirobek para pejuang. Lalu pertanyaan wilayah Indonesia bagian Sumatera membacakan proklamasi kemerdekaan pada tanggal 6 Oktober yang ketika itu dipimpin oleh Gubernur siapa? Nama gubernurnya MT Hassan. Hehe..mama jadi tau deh tuh...begitu seterusnya. Selesai dari sini Alby dapat bintang lagi dan kita ke ruang senjata. Tantangan untuk langkah selanjutnya adalah main gunungan lalu memecahkan kode/sandi. Isinya, Alby diminta ke halaman belakang, cari pesawat cureng lalu selfie! Ketika ketemu pesawatnya. Ada kakak dari Museum Ceria dan Alby pun foto selfie.... ;-)

Selalu..dan selalu, setiap kali Alby ikut museum ceria banyak yang mama lihat kalau kemampuannya semakin bertambah. Yang mama lihat saat ini : 

1. Kesiapan Alby bertemu dengan teman-teman baru. Meski sepanjang waktu dia sebut : mama.., nanti Alby ada teman baru?

2. Memang belum bisa semua tugas perintah dari bacaan dipahami secara cepat. Dengan dibacakan Alby lebih mudah paham.

3. Ketika memecahkan kode/simbol menjadi kata-kata. Masih terlalu sulit buat Alby memahaminya, jadi mama diktekan. Dan ini satu lagi..Alby dapat penulis dengan cepat.

 

 

4. Semangat di foto..., mau bergaya sendiri..


5. Kemampuan daya ingatnya bertambah. Melihat gambar, merekamnya dalam kepala lalu mencari gambar tersebut. Berhasil menemukan senjata yang terpajang dengan perintah pada petunjuk gambar.


Pada akhirnya semua agen rahasia berhasil mendapatkan 4 bintang. Semoga di acara Museum Ceria berikutnya lebih seru lagi dan kita tetap bisa ikutan lagi.. :-)
berhasil! Agen dengan 4 bintang :-)

Sunday, April 13, 2014

Autism Awareness Patio Tribeca Park Central Park..

Di buku penghubung tertulis kalau hari Minggu ini ada kegiatan. Alby diminta datang ke Central Park jam 3 dan tepat waktu. Pakaian bebas tapi sopan. Dari lapangan bola bocah bocah berangkat langsung ke Central Park. Sementara Mama, Andung dan tante Linda dari rumah. 

Baru sekali ini kita ke Cental Park. Ramenya tak terkira. Ternyata sekolah Alby ikut serta memeriahkan acara Autism Awareness yang diselenggarakan tempat terapi London School. 

Sekolah Alby dapat giliran menyanyi dan assembly alat alat musik. 

Taman di Central Park ini juga lumayan bagus kalau buat main-main ataupun duduk-duduk. Enaknya sore-sore ke sini..sambil ngopi...

  
 Alby dan kawan kawan tampil dengan hebat. Kerenlah mereka.. :-)

Tuesday, April 08, 2014

Sapinyaaaa...bauuuu... ;-)

Jadwal sekolah kali ini adalah kunjungan ke pabrik susu Cibugary di wilayah Jakarta Timur.

Pulang kantor, mama dapat laporan dari Alby, katanya :

tadi Alby perah susu..., sapinya oo' (baca : pup)...sapinya baauuuu.., may..

hahahhaaaa...saya ngikik..dengar dan liat expressinya ketika Alby bercerita...teringat juga ketika Ayra kecil TPAnya ada kunjungan ke desa Rumpin - Parung. Pulang pulang Ayra bilang : Abang nggak suka bau peternakan..! ;-))

Hahhaaa...mohon maaf lahir bathin yaaaa.., anak-anak nggak ada yang mau jadi petani atau peternak..ternyata.. ;-)

Thursday, April 03, 2014

Alby berhasil...!!


Kemarin Alby kasih kejutan lagi..., duduk sendiri di kursi dokter gigi !! Waooww..., Alby hebat !! Terima kasih kami untuk Ibu dokter gigi yang baik hati..terima kasih buat kesabarannya.. :-)

Tuesday, April 01, 2014

City Tour - Enjoy Jakarta !

 

Belum jadi naik SHT di Surabaya..tapi nggak pernah nyangka kalau kita bisa naik City Tour - Enjoy Jakarta! 

Yuk, mari sejenak kita kelilingi bagian tengah kota Jakarta... :-)

Ini gara-gara Alby yang pengen keliling naik transjakarta (lagi) dan kita yang mati gaya mau kemana setelah renang karena les Ayra libur. Ayah memutuskan di sore harinya ke kota tua..sementara sesiangan ngadem di mall..hihiii..., ya wes ke mana kita? Kita mulai dengan shalat di menjid Al-Latif Pasaraya. Lalu lanjut naik transjakarta sampai Grand Indonesia dan Plaza Indonesia. Ngemil sejenak di food hall GI. Di PI mampir ke tokonya Manchester United..memenuhi penasaran Ayra. Lalu kita keluar lewat pintu PI yang menghadap jalan Thamrin..atau menghadap hotel Nikko..., ternyata ya..kita itu nyaris kehilangan arah di dalam PI, nggak ngerti posisi..maklum bukan mall jajahan..hihii.. setibanya di luar di halte depan PI niatnya mau naik taxi batal lantaran berhenti di depan kita bis City Tour - Enjoy Jakarta. 

Mama bilang ke Ayah : kita antri yuukk..,
Si ayah udah nyureng aja...,
Mama : iihhh, udah nggak papa...kalau penuh yaaa..kita tunggu bis berikutnya atau nggak usah sama sekali...
Alby udah seneng aja mukanya, Ayra adem ayem..agak-agak cool gitu..
Mama : di mana beli tiketnya?
Ayah : nggak pake tiket.., gratis kan ini..
Mama : ooo.. ya udah, ayo..antri..

Rejeki memang nggak kemana, kita dapet duduk di bangku ke 3 dan 4 dari kanan sisi depan. Petugasnya woro-woro kalau tidak boleh berdiri, semua harus duduk. Jika tidak dapat tempat dimohon untuk menunggu bis selanjutnya. Tidak boleh makan-minum selama perjalanan. Jadwalnya sabtu-libur nasional jam 9 pagi - 7 malam, hari minggu jam 12 siang - 7 malam. Di dalam bis ditemanin supir, pemandu dari komunitas historia, dan pak polisi. Pemandu menceritakan sejarah Jakarta, gedung-gedung yang dilewati, arsitek gedung, patung-patung. Seneng aja jadinya. Lamanya perjalanan antara 45menit-1jam.. kalau macet ya lama kayaknya ya.., tapi hari ini memang menyenangkan, jalanan Jakarta lancar..ramai lancar, nggak ada yang kampanye tampaknya. 

Rute yang dilalui..mulai dari depan halte PI..terus gedung BI..lewat museum gajah..sembari cerita tentang museum gajah..sekneg..belok di jalan Juanda, pasar baru, kantor pos, gedung kesenian jakarta, lapangan banteng, istiqlal, katedral, masuk ke jalan samping istana merdeka, nelusuri sisi monas depan kantor rri-museum gajah..belok ke medan merdeka selatan..lewat kantor balik kota, putar balik depan balai kota, sarinah thamrin, bundaran HI sampai di tempat semula lagi...,
Habis dari situ kita lanjut ke kota tua. Ternyata terlalu ramai yaa..udah seperti pasar malam. Cuma sebentar kita di sini, lanjut pulang..tapi mampir makan malam di toodz house cipete raya dulu...

Senengnya hari ini. Nggak cuma anak-anak tapi juga mama.., ayah mah..kayak biasa..kalem blas..tp senyum.., nggak pernah nyangka kalau naik bis ini dengan nyaman, tidak merasakan antrian yang panjang. Dateng langsung naik dan dapat duduk. Dapet pemandu yang ramah dan atraktif..cerita sambil kasih tebakan.., Alhamdulillah.., terima kasih..buat hari ini, buat kemudahan yang kita temui.. ;-) What a lovely day !

Sabtu, 29 Maret 2014

Sunday, March 30, 2014

Cita-cita Alby

Kalau anak-anak seusia Alby ditanya apa cita-cita kalian nanti? Maka jawabnya beragam dan tentu..seperti dokter, dokter gigi, designer, arsitek, insinyur, dan banyak lagi...

Nah, apa jawabnya Alby? 

Anak ganteng itu tidak akan menjawab seperti itu, dengan malu-malu Alby akan menjawab : busway dan itung-itung...

Apa maksudnya? Kalau busway Alby ingin menjadi supir transjakarta, kalau itung-itung artinya ingin jadi kasir...

Sederhana sekali kan? Ya..sesederhana itulah Alby memandang keadaannya...memandang apa yang ada didepan matanya...

Alby si anak ganteng itu punya berjuta ide, handy talky yang dia mau dibuatnya dari handy talky dengan antene dari pulpen. Ketika dia naksir wolferine, maka kuku wolferine dibuatnya dari garpu yang dibebat ditangannya..., kalau main jadi supir busway, maka tudung saji andung yang kecil dia balik jadi kemudi, sementara tongkat pak polisi jadi perselingnya...dan banyak lagi ide-idenya..

Alby, apapun cita-citamu kelak...apapun pekerjaanmu kelak..itu adalah yang terbaik untukmu..., dan Insya Allah kelak Alby jadi pribadi yang mandiri..., aammiin..yra..

  
Sabtu, 29 Maret 2014
ketika melihat Alby berdiri di dekat pintu transjakarta,

Sunday, March 23, 2014

Koko..Kiki..dan..Grizzie....

Alby kenal boneka itu telat..., ketika dia bayi dikasih boneka binatang dia bergeming, tidak tertarik. Mobil-mobilan iya karena liat abangnya. Kita punya boneka tangan namanya Tutul, habis dengan bau iler anak-anak si Tutul ini, terutama Ayra. Selain Tutul ada juga boneka harimau kecil tak bernama, disodorin ke Alby dia cuek aja..lalu entah gimana menghilang saja boneka harimau ini..

Suatu ketika, pas lagi bebenah..ketemulah boneka harimau kecil ini. Alby sudah kelas 2 SD. Diberi nama oleh Alby, namanya Koko sedangkan bayi harimaunya diberi nama Kiki. Koko dan Kiki selalu diajak bobo bareng dan main, sesekali diajak ngobrol..dan bau boneka inipun sudah campur aduk. Koko dan Kiki juga kenal mandi. 

Pertengahan Desember lalu ada boneka Grizzie di Gramedia PIM, promo setiap belanja buku Rp 100.000,- boleh beli boneka dengan harga lebih murah. Grizzie ada 2 warna, putih dan coklat. Waktu Alby ke pengen dia bilang : Mamay, Alby mau ini..buat nemenin Koko.., kasian Koko ndak ada temennya kalau Alby pegi pegi.... 

Hahaa..dalam hati mah pengen ketawa, tapi..mama bilang, ntar kita liat uangnya dulu, cukup nggak..yaa... Alby memang pernah minta kalau dia pergi Koko boleh diajak juga. Tapi sama mama ndak boleh, ya iyalah..mana ada anak laki-laki jalan-jalan nenteng boneka.
Dua kali ke Gramedia, tetap juga dimintanya, pada akhirnya mama luluh juga, dibelilah Grizzie..tapi yang warna coklat.., senangnya Alby...

Alby, Koko, Kiki dan Grizzie 

Sampai rumah Grizzie diperkenalkan ke Koko..., sekarang kalau bobo bertiga.., mama udah tanyakan hal ini ke guru TK Alby juga psikolognya, kata mereka boleh..tidak apa apa, tapi cukup sampai kelas 6 aja, masuk ABG atau SMP sudah tidak boleh main boneka. 


Ya sudahlah By, puas-puasin deh main bonekanya.., karena masuk usia abg sudah tidak boleh lagi... ;-)

Saturday, March 22, 2014

Pipi merah..kepanasan...

Sabtu ini pulang les, Alby temenin mama bezoek pasien di rumah sakit. Ada 2 orang temen mama yang sakit. Satu temen kantor di rs medika permata hijau dan yang satunya lagi di rs premier internasional bintaro. Karena kita dari pim, maka dengan transjakarta kita ke rs medika dulu, kebetulan juga shelter transjakarta persis depan rumah sakit. Mau berangkat menunggu lama bisa transjakarta. Ketika kembali juga begitu ada satu jam kami menanti. Pas banget pula matahari lagi terik-teriknya. Berasa sauna di dalam kotak shelter transjakarta. 
Setelah dari rs medika kami naik transjakarta lagi ke lebak bulus lalu sambung dengan taksi menuju rs premier internasional bintaro. Seneng bener Alby jalan-jalan seperti ini, pake 3 name tag, ada nametag ayah.., pulang bezoek kita sempatkan makan.., laper soalnya.., Alby hebat makannya..makan sendiri.
Senengkaaann..jalan-jalan ama mama, By..., o iya..jangan lupa semoga senantiasa kita tetap sehat jugaaa.. :-)

Thursday, March 20, 2014

Semangat belajar..semangat sekolah..

Diantara hari-hari sekolah atau pas bolos, mama selalu berusaha menyemangati anaknya..entah itu lewat ceritanya..hasil tugasnya..apa aja deh...salah satunya gambar dibawa ini.... :


Saya suka upload foto si FB..tentu seputar hari-hari saya dan anak-anak. Ketika saya upload..komentar dari teman-temanpun berdatangan..terutama yang sangat mengerti dan paham akan Alby. Saya tunjukkan ke Alby. Alby yang sudah pandai membaca senyum-senyum dan bilang terima kasih..senang sekali dia.., lalu disitulah saya bilang : Alby semakin pandai..semua bisa Alby lakukan karena Alby belajar dari mana-mana...dari mama, dari ayah..dari abang..dari Andung..dari tnt Linda..dari Oma..dari guru-guru..dari temen-temen Alby di sekolah.., jadi Alby mau ya sekolah..
Jawabnya : iya..yaa..mamaaa..., mau..mau..aaauuuu... ;-)))


cerita Minggu, 09 Maret 2014

Wednesday, March 19, 2014

Tragedi Ikan Alby ;-)

Kemarin Alby wisata edukasi ke Lubana Sengkol - Tangerang Selatan. Disana ada flying fox dan juga kegiatan menanam padi..., sama seperti waktu ke Cinangneng dan Pasir Mukti. Di sana Alby main-main dengan teman dan gurunya. Alby cerita ada ular, anak-anak boleh pegang ular tapi banyak yang takut, termasuk Alby ;-)

Alby & Hanif

Alby juga cerita kalau dia ketemu kucing dan beli ikan. Iya beli ikan satu ekor untuk dipelihara di rumah. Ikan mendapat tempat di toples terbuka. 

Nah, hari ini mama pulang cepat. Andung cerita kalau waktu dia pulang tadi, Andung liat penggorengan sudah diatas kompor dan ada ikannya.., dan inilah cerita tragedi Ikan Alby : 

Andung ke mesjid Agung Al Azhar. Abang Ayra, Alby dan Angku Edi di rumah. Andung sampai rumah, ikan sudah termutilasi di penggorengan. Alby pun cerita ke mama :

Alby   :  ikan di ketok-ketok, mati, dipotong potong pake pisau taruh di penggorengan....
Mama : Alby nyalain kompor?
Alby   :  enggak....
Mama : tadi potong ikannya baca bismillah nggak?
Alby   :  enggak ...

Lalu Andung memasaknya, rupanya minyak goreng juga sudah dituang sedikit ke penggorengan, nggak lama digoreng Andung, lalu tunggu dingin...tak berapa lama kemudian, ikan di penggorengan tak ada,

Andung  : Alby udah makan ikannya?
Alby      : belum....
Andung  :  kok udah nggak ada ikannya?
Alby      : tidak tahu...
Mama    : ahaahaaaa...ikannya di gondol tikus...hihiii.. ;-))

Rabu sore, 19 Maret 2014 ketika mama pulang cepat dari kantor

Tuesday, March 18, 2014

Ketika Alby mogok sekolah

Apa yang kita rasakan ketika suatu waktu anak kita mogok sekolah? 
Nangis-nangis minta nggak sekolah? 
Berjuta alasan dia ungkapkan untuk tidak sekolah? 
Dengan tegas dia bilang ; Bosan sekolah !!!

Sedih, tentu...tapi yang mama lakukan adalah menahan hati..dan berusaha tenang dulu..mikir..mikir..karena kalau mama tidak tenang bisa jadi Alby akan semakin gusar. 

Berawal dari muntah-muntah di kelas pada akhir Januari 2014, dikerokin dan diberi minyak angin oleh pak Guru. Oma pun di telpon untuk segera menjemputnya pulang. Ketika ketemu Oma, Alby bilang ; Oma, ada mama di rumah Andung..., iya saya cuti jumat itu.., Sampai rumah wajahnya sumringah dan minta jemput ayah. Seperti tidak ada muka sakit atau lemas.

Senin, berangkat seperti biasa. Siang ditelpon Oma kalau Alby muntah-muntah lagi. Karena mengingatkan 2 hari sebelumnya anak ini baik-baik saja, saya minta tetap sekolah, dan memang seharian itu selamat sekolahnya tanpa terlihat sakit atau lemas. Rabu..Kamis..berbagai alasan mulai keluar.., bilang kalau tenggorokan sakit, badan Alby panas...dan menjerit nangis di depan pagar rumah..ketika segala sesuatunya sudah siap. Bilang juga kalau mau di rumah aja sama Andung dan nyebut bosan sekolah...

Akhirnya..mulailah kita mikir. Ayah dan mama cari tau..gerilya. Anaknya pun kita bolosin sekolah.., berbarengan juga kena infeksi tenggorokan, tapi badan sehat.. 5 hari sudah Alby bolos sekolah...

Mama tanya ke sekolah, telpon dan ngobrol ama ibu wali kelas. Sejauh ini tidak ada masalah baik dengan guru, teman dan lingkungan sekolah. Sekali waktu saja ketika Alby muntah-muntah guru pendampingnya kebetulan harus pegang anak lain yang mau belajar komputer sementara Alby yang habis muntah istirahat di kelas. Mama dan Ibu guru merasa Alby agak cemburu tapi ini sudah teratasi karena ketika kembali ke sekolah Alby dan guru pendampingnya sudah baik-baik saja. Mama juga minta, kalau telpon ke Alby bilang kalau ibu guru dan teman teman kangen.., ketika Alby masuk, anak-anak riuh menyambut Alby..., 

Ayah, dari pengamatannya..dia merasa bagi Alby sekolah adalah satu paket dengan les les yang diikutinya. Padahal hari les bisa beda. Kumon juga, Alby memang kita ikutkan kumon, kumon yang pemula banget. Bukan kumon untuk anak kelas 4. Tapi yaa..memang gelasnya Alby untuk kumon sudah penuh kali ya..sehingga sudah tidak mampu lagi dibendungnya. Kumon kami stop, demikian juga dengan Ibu Mel. Ternyata kalau yang Ibu Mel Alby masih mau. Baiklah itu kita jalanin. Lepas itu sekolah lancar lagi..berjalan 2 minggu dengan hati tenang...

2 minggu setelahnya...aaaiihhh..kumat lagi, tiba-tiba aja nangis lagi minta nggak mau sekolah, mau di rumah aja ama Andung. Dibolosin lagi ama Ayah. Namun di rumah juga macam orang bingung, nggak tau mau ngapain. Kata Alby ke Andung: Andung, Alby ini mau apa? Alby bingung Ndung... :-(

Lalu dibujuk ayah, tetap berangkat sekolah namun semua semuanya terserah Alby. Alby ndak mau pake seragam kita ladenin, tapi baju seragam tetap kita bawain. Bener ternyata sampai sekolah minta ganti seragam. Nggak enak hati kali ya..beda ndiri hihiii...,  Lalu dari berangkat sampai sekolah ini kata katanya : Ayah, abis sekolah ini Alby pulang, abis pulang ke pim ama Oma, abis itu pulang deh ayah....., begituuuuu..terus sampai ke sekolah. Ketika pulang, mengatakan hal dan cara yang sama ke Oma, dibawalah ama Omanya mampir pim dulu..., makan bakmi GM, muter satu keliling..lalu pulang. Lalu selamat lah sekolah sampai hari ini...

Sabtu kemarin, bu Atih-guru TK Alby ndilalah bbm, tanya ; Ibu, Alby gimana kabarnya? Hadduuhh..hati saya jadi terharu..karena udah nahan nahan hati jadi mau nangis rasanya..., beliau bilang lagi kalau akhir akhir ini keingetan Alby..., hadduuuhh, terima kasih Ibu..., saya pun cerita..sharing tentang mogoknya Alby. Menurut Beliau bertambahnya pelajaran..bertambah pula beban Alby untuk berpikir....., ya mau gimana lagi? Semakin tinggi kelas, pelajaran pun bertambah...

Insya Allah..Alby semakin semangat dan lancar sekolahnya..tidak ada ngadat lagi..ya..ganteng..cintanya mama..


My dear Alby sayang, mama dan ayah tetap ingin Alby sekolah. Banyak hal yang bisa Alby dapatkan di sekolah, baik itu sedikit ataupun banyak.., kelak itu semua akan menambah wawasan Alby..., membuat Alby semakin pandai.., tidak ada yang sia sia untuk segala hal yang kamu pelajari Alby sayang...dan jangan khawatir mama, ayah dan abang Ayra akan senantiasa mendampingi Alby hingga mandiri kelak....♥

ditulis : Senin, 17 Maret 2014 setelah 2x mogok sekolah

Tuesday, March 04, 2014

Bis Sekolah...


~ Bis sekolah yang kutunggu..ku tunggu..beneran datang ;-) ~

Seminggu sebelumnya, ketika sedang menanti metro mini melintas bis sekolah ini. Ketika itu terlihat kalau penumpangnya hanya anak-anak sekolah rata-rata anak smp dan sma. Jurusannya Pondok Labu - Blok M. Hari ini seperti biasa, kita sedang menanti metro mini, kira-kira jam 6 pagi...lewatlah bis ini, kita stop dan Ayra naik sendiri. Tentu saya nggak ikutan, nggak enak hati dan malulah..., karena kitanya sendiri kan pengen kalau bis itu hanya untuk anak-anak sekolah saja dan bagusnya Ayra berani sendiri. 

Sebenarnya bis sekolah ini sudah lama ada. Beberapa tahun sebelumnya untuk daerah Jakarta Kota ada bis kuning ini..tapi yang naik justru penumpang umum, apa tidak ada sosialisasi atau bagaimana saya tidak tahu, jadinya lebih banyak dimanfaatkan umum. Waktu dulu liat bis ini sempat ngebathin juga, andai bis ini lewat daerah tempat tinggal kami, enak sekali rasanya..secara di sepanjang jalan Blok M - Fatmawati itu banyak sekali sekolah yang dilewati.... 

Dan alhamdulillah..terjawab di tahun ini... :-) tapi sepertinya didaerah kami bis kuning ini belum banyak, sehingga setelah sekali naik bis ini kami ketemu lagi 2 minggu kemudian. Semoga aja bis kuning ini awet, terawat, diperbanyak armadanya, aman dan emang benar benar hanya anak sekolah saja penumpangnya...

Saturday, March 01, 2014

Java Jazz 2014

Java Jazz 2014 kali ini beda. Kita mengajak anak-anak. Dan ternyata amat sangat menyenangkan. Java jazz yang komplit buat kita berempat. Ada Krakatau Band Reunion...nah, ini mah nostalgianya ayah dan mamay, Ada Incognito..mmm..ini untuk ayah dan abang Ayra. Ayah pengen banget nularin suka jazz-nya ke Ayra. Nah, buat Alby juga ada...dia yang penasaran ama JKT48 akhirnya bisa juga nonton cewek cewek itu nyanyi..., walau cuma awet 1 lagu aja yang Alby tonton..., 


Sayangnya, Incognito terlalu malam, Alby sudah merengek ngantuk katanya..., disamping itu juga pengunjung yang mau menonton Incognito antri dan ramai sekali.., nanti deh tahun depan kita datang lagi Insya Allah, ;-)