Sunday, March 30, 2014

Cita-cita Alby

Kalau anak-anak seusia Alby ditanya apa cita-cita kalian nanti? Maka jawabnya beragam dan tentu..seperti dokter, dokter gigi, designer, arsitek, insinyur, dan banyak lagi...

Nah, apa jawabnya Alby? 

Anak ganteng itu tidak akan menjawab seperti itu, dengan malu-malu Alby akan menjawab : busway dan itung-itung...

Apa maksudnya? Kalau busway Alby ingin menjadi supir transjakarta, kalau itung-itung artinya ingin jadi kasir...

Sederhana sekali kan? Ya..sesederhana itulah Alby memandang keadaannya...memandang apa yang ada didepan matanya...

Alby si anak ganteng itu punya berjuta ide, handy talky yang dia mau dibuatnya dari handy talky dengan antene dari pulpen. Ketika dia naksir wolferine, maka kuku wolferine dibuatnya dari garpu yang dibebat ditangannya..., kalau main jadi supir busway, maka tudung saji andung yang kecil dia balik jadi kemudi, sementara tongkat pak polisi jadi perselingnya...dan banyak lagi ide-idenya..

Alby, apapun cita-citamu kelak...apapun pekerjaanmu kelak..itu adalah yang terbaik untukmu..., dan Insya Allah kelak Alby jadi pribadi yang mandiri..., aammiin..yra..

  
Sabtu, 29 Maret 2014
ketika melihat Alby berdiri di dekat pintu transjakarta,

Sunday, March 23, 2014

Koko..Kiki..dan..Grizzie....

Alby kenal boneka itu telat..., ketika dia bayi dikasih boneka binatang dia bergeming, tidak tertarik. Mobil-mobilan iya karena liat abangnya. Kita punya boneka tangan namanya Tutul, habis dengan bau iler anak-anak si Tutul ini, terutama Ayra. Selain Tutul ada juga boneka harimau kecil tak bernama, disodorin ke Alby dia cuek aja..lalu entah gimana menghilang saja boneka harimau ini..

Suatu ketika, pas lagi bebenah..ketemulah boneka harimau kecil ini. Alby sudah kelas 2 SD. Diberi nama oleh Alby, namanya Koko sedangkan bayi harimaunya diberi nama Kiki. Koko dan Kiki selalu diajak bobo bareng dan main, sesekali diajak ngobrol..dan bau boneka inipun sudah campur aduk. Koko dan Kiki juga kenal mandi. 

Pertengahan Desember lalu ada boneka Grizzie di Gramedia PIM, promo setiap belanja buku Rp 100.000,- boleh beli boneka dengan harga lebih murah. Grizzie ada 2 warna, putih dan coklat. Waktu Alby ke pengen dia bilang : Mamay, Alby mau ini..buat nemenin Koko.., kasian Koko ndak ada temennya kalau Alby pegi pegi.... 

Hahaa..dalam hati mah pengen ketawa, tapi..mama bilang, ntar kita liat uangnya dulu, cukup nggak..yaa... Alby memang pernah minta kalau dia pergi Koko boleh diajak juga. Tapi sama mama ndak boleh, ya iyalah..mana ada anak laki-laki jalan-jalan nenteng boneka.
Dua kali ke Gramedia, tetap juga dimintanya, pada akhirnya mama luluh juga, dibelilah Grizzie..tapi yang warna coklat.., senangnya Alby...

Alby, Koko, Kiki dan Grizzie 

Sampai rumah Grizzie diperkenalkan ke Koko..., sekarang kalau bobo bertiga.., mama udah tanyakan hal ini ke guru TK Alby juga psikolognya, kata mereka boleh..tidak apa apa, tapi cukup sampai kelas 6 aja, masuk ABG atau SMP sudah tidak boleh main boneka. 


Ya sudahlah By, puas-puasin deh main bonekanya.., karena masuk usia abg sudah tidak boleh lagi... ;-)

Saturday, March 22, 2014

Pipi merah..kepanasan...

Sabtu ini pulang les, Alby temenin mama bezoek pasien di rumah sakit. Ada 2 orang temen mama yang sakit. Satu temen kantor di rs medika permata hijau dan yang satunya lagi di rs premier internasional bintaro. Karena kita dari pim, maka dengan transjakarta kita ke rs medika dulu, kebetulan juga shelter transjakarta persis depan rumah sakit. Mau berangkat menunggu lama bisa transjakarta. Ketika kembali juga begitu ada satu jam kami menanti. Pas banget pula matahari lagi terik-teriknya. Berasa sauna di dalam kotak shelter transjakarta. 
Setelah dari rs medika kami naik transjakarta lagi ke lebak bulus lalu sambung dengan taksi menuju rs premier internasional bintaro. Seneng bener Alby jalan-jalan seperti ini, pake 3 name tag, ada nametag ayah.., pulang bezoek kita sempatkan makan.., laper soalnya.., Alby hebat makannya..makan sendiri.
Senengkaaann..jalan-jalan ama mama, By..., o iya..jangan lupa semoga senantiasa kita tetap sehat jugaaa.. :-)

Thursday, March 20, 2014

Semangat belajar..semangat sekolah..

Diantara hari-hari sekolah atau pas bolos, mama selalu berusaha menyemangati anaknya..entah itu lewat ceritanya..hasil tugasnya..apa aja deh...salah satunya gambar dibawa ini.... :


Saya suka upload foto si FB..tentu seputar hari-hari saya dan anak-anak. Ketika saya upload..komentar dari teman-temanpun berdatangan..terutama yang sangat mengerti dan paham akan Alby. Saya tunjukkan ke Alby. Alby yang sudah pandai membaca senyum-senyum dan bilang terima kasih..senang sekali dia.., lalu disitulah saya bilang : Alby semakin pandai..semua bisa Alby lakukan karena Alby belajar dari mana-mana...dari mama, dari ayah..dari abang..dari Andung..dari tnt Linda..dari Oma..dari guru-guru..dari temen-temen Alby di sekolah.., jadi Alby mau ya sekolah..
Jawabnya : iya..yaa..mamaaa..., mau..mau..aaauuuu... ;-)))


cerita Minggu, 09 Maret 2014

Wednesday, March 19, 2014

Tragedi Ikan Alby ;-)

Kemarin Alby wisata edukasi ke Lubana Sengkol - Tangerang Selatan. Disana ada flying fox dan juga kegiatan menanam padi..., sama seperti waktu ke Cinangneng dan Pasir Mukti. Di sana Alby main-main dengan teman dan gurunya. Alby cerita ada ular, anak-anak boleh pegang ular tapi banyak yang takut, termasuk Alby ;-)

Alby & Hanif

Alby juga cerita kalau dia ketemu kucing dan beli ikan. Iya beli ikan satu ekor untuk dipelihara di rumah. Ikan mendapat tempat di toples terbuka. 

Nah, hari ini mama pulang cepat. Andung cerita kalau waktu dia pulang tadi, Andung liat penggorengan sudah diatas kompor dan ada ikannya.., dan inilah cerita tragedi Ikan Alby : 

Andung ke mesjid Agung Al Azhar. Abang Ayra, Alby dan Angku Edi di rumah. Andung sampai rumah, ikan sudah termutilasi di penggorengan. Alby pun cerita ke mama :

Alby   :  ikan di ketok-ketok, mati, dipotong potong pake pisau taruh di penggorengan....
Mama : Alby nyalain kompor?
Alby   :  enggak....
Mama : tadi potong ikannya baca bismillah nggak?
Alby   :  enggak ...

Lalu Andung memasaknya, rupanya minyak goreng juga sudah dituang sedikit ke penggorengan, nggak lama digoreng Andung, lalu tunggu dingin...tak berapa lama kemudian, ikan di penggorengan tak ada,

Andung  : Alby udah makan ikannya?
Alby      : belum....
Andung  :  kok udah nggak ada ikannya?
Alby      : tidak tahu...
Mama    : ahaahaaaa...ikannya di gondol tikus...hihiii.. ;-))

Rabu sore, 19 Maret 2014 ketika mama pulang cepat dari kantor

Tuesday, March 18, 2014

Ketika Alby mogok sekolah

Apa yang kita rasakan ketika suatu waktu anak kita mogok sekolah? 
Nangis-nangis minta nggak sekolah? 
Berjuta alasan dia ungkapkan untuk tidak sekolah? 
Dengan tegas dia bilang ; Bosan sekolah !!!

Sedih, tentu...tapi yang mama lakukan adalah menahan hati..dan berusaha tenang dulu..mikir..mikir..karena kalau mama tidak tenang bisa jadi Alby akan semakin gusar. 

Berawal dari muntah-muntah di kelas pada akhir Januari 2014, dikerokin dan diberi minyak angin oleh pak Guru. Oma pun di telpon untuk segera menjemputnya pulang. Ketika ketemu Oma, Alby bilang ; Oma, ada mama di rumah Andung..., iya saya cuti jumat itu.., Sampai rumah wajahnya sumringah dan minta jemput ayah. Seperti tidak ada muka sakit atau lemas.

Senin, berangkat seperti biasa. Siang ditelpon Oma kalau Alby muntah-muntah lagi. Karena mengingatkan 2 hari sebelumnya anak ini baik-baik saja, saya minta tetap sekolah, dan memang seharian itu selamat sekolahnya tanpa terlihat sakit atau lemas. Rabu..Kamis..berbagai alasan mulai keluar.., bilang kalau tenggorokan sakit, badan Alby panas...dan menjerit nangis di depan pagar rumah..ketika segala sesuatunya sudah siap. Bilang juga kalau mau di rumah aja sama Andung dan nyebut bosan sekolah...

Akhirnya..mulailah kita mikir. Ayah dan mama cari tau..gerilya. Anaknya pun kita bolosin sekolah.., berbarengan juga kena infeksi tenggorokan, tapi badan sehat.. 5 hari sudah Alby bolos sekolah...

Mama tanya ke sekolah, telpon dan ngobrol ama ibu wali kelas. Sejauh ini tidak ada masalah baik dengan guru, teman dan lingkungan sekolah. Sekali waktu saja ketika Alby muntah-muntah guru pendampingnya kebetulan harus pegang anak lain yang mau belajar komputer sementara Alby yang habis muntah istirahat di kelas. Mama dan Ibu guru merasa Alby agak cemburu tapi ini sudah teratasi karena ketika kembali ke sekolah Alby dan guru pendampingnya sudah baik-baik saja. Mama juga minta, kalau telpon ke Alby bilang kalau ibu guru dan teman teman kangen.., ketika Alby masuk, anak-anak riuh menyambut Alby..., 

Ayah, dari pengamatannya..dia merasa bagi Alby sekolah adalah satu paket dengan les les yang diikutinya. Padahal hari les bisa beda. Kumon juga, Alby memang kita ikutkan kumon, kumon yang pemula banget. Bukan kumon untuk anak kelas 4. Tapi yaa..memang gelasnya Alby untuk kumon sudah penuh kali ya..sehingga sudah tidak mampu lagi dibendungnya. Kumon kami stop, demikian juga dengan Ibu Mel. Ternyata kalau yang Ibu Mel Alby masih mau. Baiklah itu kita jalanin. Lepas itu sekolah lancar lagi..berjalan 2 minggu dengan hati tenang...

2 minggu setelahnya...aaaiihhh..kumat lagi, tiba-tiba aja nangis lagi minta nggak mau sekolah, mau di rumah aja ama Andung. Dibolosin lagi ama Ayah. Namun di rumah juga macam orang bingung, nggak tau mau ngapain. Kata Alby ke Andung: Andung, Alby ini mau apa? Alby bingung Ndung... :-(

Lalu dibujuk ayah, tetap berangkat sekolah namun semua semuanya terserah Alby. Alby ndak mau pake seragam kita ladenin, tapi baju seragam tetap kita bawain. Bener ternyata sampai sekolah minta ganti seragam. Nggak enak hati kali ya..beda ndiri hihiii...,  Lalu dari berangkat sampai sekolah ini kata katanya : Ayah, abis sekolah ini Alby pulang, abis pulang ke pim ama Oma, abis itu pulang deh ayah....., begituuuuu..terus sampai ke sekolah. Ketika pulang, mengatakan hal dan cara yang sama ke Oma, dibawalah ama Omanya mampir pim dulu..., makan bakmi GM, muter satu keliling..lalu pulang. Lalu selamat lah sekolah sampai hari ini...

Sabtu kemarin, bu Atih-guru TK Alby ndilalah bbm, tanya ; Ibu, Alby gimana kabarnya? Hadduuhh..hati saya jadi terharu..karena udah nahan nahan hati jadi mau nangis rasanya..., beliau bilang lagi kalau akhir akhir ini keingetan Alby..., hadduuuhh, terima kasih Ibu..., saya pun cerita..sharing tentang mogoknya Alby. Menurut Beliau bertambahnya pelajaran..bertambah pula beban Alby untuk berpikir....., ya mau gimana lagi? Semakin tinggi kelas, pelajaran pun bertambah...

Insya Allah..Alby semakin semangat dan lancar sekolahnya..tidak ada ngadat lagi..ya..ganteng..cintanya mama..


My dear Alby sayang, mama dan ayah tetap ingin Alby sekolah. Banyak hal yang bisa Alby dapatkan di sekolah, baik itu sedikit ataupun banyak.., kelak itu semua akan menambah wawasan Alby..., membuat Alby semakin pandai.., tidak ada yang sia sia untuk segala hal yang kamu pelajari Alby sayang...dan jangan khawatir mama, ayah dan abang Ayra akan senantiasa mendampingi Alby hingga mandiri kelak....♥

ditulis : Senin, 17 Maret 2014 setelah 2x mogok sekolah

Tuesday, March 04, 2014

Bis Sekolah...


~ Bis sekolah yang kutunggu..ku tunggu..beneran datang ;-) ~

Seminggu sebelumnya, ketika sedang menanti metro mini melintas bis sekolah ini. Ketika itu terlihat kalau penumpangnya hanya anak-anak sekolah rata-rata anak smp dan sma. Jurusannya Pondok Labu - Blok M. Hari ini seperti biasa, kita sedang menanti metro mini, kira-kira jam 6 pagi...lewatlah bis ini, kita stop dan Ayra naik sendiri. Tentu saya nggak ikutan, nggak enak hati dan malulah..., karena kitanya sendiri kan pengen kalau bis itu hanya untuk anak-anak sekolah saja dan bagusnya Ayra berani sendiri. 

Sebenarnya bis sekolah ini sudah lama ada. Beberapa tahun sebelumnya untuk daerah Jakarta Kota ada bis kuning ini..tapi yang naik justru penumpang umum, apa tidak ada sosialisasi atau bagaimana saya tidak tahu, jadinya lebih banyak dimanfaatkan umum. Waktu dulu liat bis ini sempat ngebathin juga, andai bis ini lewat daerah tempat tinggal kami, enak sekali rasanya..secara di sepanjang jalan Blok M - Fatmawati itu banyak sekali sekolah yang dilewati.... 

Dan alhamdulillah..terjawab di tahun ini... :-) tapi sepertinya didaerah kami bis kuning ini belum banyak, sehingga setelah sekali naik bis ini kami ketemu lagi 2 minggu kemudian. Semoga aja bis kuning ini awet, terawat, diperbanyak armadanya, aman dan emang benar benar hanya anak sekolah saja penumpangnya...

Saturday, March 01, 2014

Java Jazz 2014

Java Jazz 2014 kali ini beda. Kita mengajak anak-anak. Dan ternyata amat sangat menyenangkan. Java jazz yang komplit buat kita berempat. Ada Krakatau Band Reunion...nah, ini mah nostalgianya ayah dan mamay, Ada Incognito..mmm..ini untuk ayah dan abang Ayra. Ayah pengen banget nularin suka jazz-nya ke Ayra. Nah, buat Alby juga ada...dia yang penasaran ama JKT48 akhirnya bisa juga nonton cewek cewek itu nyanyi..., walau cuma awet 1 lagu aja yang Alby tonton..., 


Sayangnya, Incognito terlalu malam, Alby sudah merengek ngantuk katanya..., disamping itu juga pengunjung yang mau menonton Incognito antri dan ramai sekali.., nanti deh tahun depan kita datang lagi Insya Allah, ;-)