Friday, February 03, 2006

Alby terapi 2

Image hosting by Photobucket
Si mungil ini nyaris terlewat juga ceritanya.. :), nyambung cerita sebelumnya Alhamdulillah..terapi Alby berjalan dengan baik..cuma nih..terapi yang sudah berjalan hampir 3 bulan, baru 2 bulan yang didapat Alby..hampir sebulan sendiri itu karena libur lebaran, libur natal dan tahun baru tambahan..lagi terapistnya juga cuti...

Sejauh ini, alhamdulillah..ya..udah ada sedikit kemajuan buat Alby, walau masih bersifat spontan.., karena kalau disuruh ngulang..Alby pasti dah nggak mau. Seperti waktu hari minggu (15/1), Sambil menunggu kelasnya mulai.., kita nonton tv yang di lobby. Kebetulan lagi Good Morning - TransTV, ada anjing pudel..nggak atau deh ngapain karena manya nggak merhatiin tv..eee.., tiba-tiba Alby bilang; 'guk..guk' waaahhh....kaget deh kita, soalnya ngomong 'guk'-nya beda gitu, bener-bener G-U-K, mulutnya bener2 monyong membentuk huruf U, selama ini kan nggak gitu..sepertinya setiap pengucapan itu selalu aja..ada di ujung bibirnya...

Dari terapi ini manya dapet tambahan pengetahuan lagi ;). Manya nggak pernah nyangka kalau seperti meniup, menjulurkan lidah itu bagian dari bicara jg. Waktu Ibu Sri minta supaya Alby meniup..waduh, Alby tidak meniup seperti layaknya meniup dgn memonyongkan bibirnya..tapi seperti berhembus cuma arah anginnya ke bawah..(walah! gimana tuh? moga2 ngeh yaa..) ..Semua itu pada akhirnya utk kata-kata yg dimulai dgn huruf 'p, b, u, o'..

Kalau menjulurkan lidah. Awalnya sih manya pikir, begitu gigi lengkap otomatis anak nggak bakalan ngeces (mengeluarkan liur) lagi, ternyata enggak yaa.., menjulurkan lidah jg untuk menahan air liur.., kalau manya perhatiin memang Alby itu ngecesnya nggak kira-kira deh..bajunya pasti basah dan sehari itu bisa berkali-kali ganti baju. Nah, dah 2 bulan ini keliatan kalau air liurnya berkurang :), nggak perlu tiap sebentar ganti.

Soal meniup dan menjulurkan lidah ini, bener2 deh nggak kepikiran kalau ini bagian dari proses bicara. Kelihatannya sepele..ya.., dan alhamdulillah..Alby dah bisa mengejar ketinggalannya.

Terapist yang mengajar Alby ada 2, Ibu Sri dan Pak Wahid. Meski diajar berbeda terapist cara-cara yang diajarkan ke Alby sejalan, karena setiap kegiatan hari itu dicatat di buku, apa yang kurang dan apa yang udah dicapai Alby. Jadi setiap mau kelas mulai..buku itu manya kasih.., buat kami juga Alby hal ini nggak masalah. Yang berbeda itu justru gimana gaya Alby belajar. Kalau pertama kali Alby dengan Ibu Sri ko-operatif sekali..ketika minggu depannya mama coba tinggalin berdua aja dgn ibu Sri, Alby menangis dan Ibu Sri nggak tegaan.., dia panggil manya utk menemani Alby..jadi sampai sekarang Alby maunya ditemani kalau sama Ibu Sri.

Image hosting by Photobucket
Kalau dengan Pak Wahid lain lagi, hanya hari pertama aja Alby ditemanin karena Pak Wahid tuh pesan sebaiknya ditinggal aja bu, kalau nanti dia menangis.., biarkan aja dia nangis..nanti lama-lama dia pasti berani dan nggak nangis lagi..dannn..terbukti euy.., mulai minggu kemarin dari masuk..belajar dikelas..hingga keluar kelasnya..Alby senyum. Seneng deh ngeliatnya. Waktu pertama kali ditinggal..hampir 20 menit pertama Alby menangis..pake menjerit segala, udah nggak tahan jg pengen ikutan masuk ke kelas..tapi tahan diri..dan Pak Wahid-nya juga nggak keluar-keluar tuh.. Minggu depannya..jg gitu, kali ini liat Pak Wahidnya aja Alby udah nangis..pegang mama erat-erat. Tapi Pak Wahidnya juga pantang menyerah..meski manya bilang; boleh ya, pak..? dengan nada harap, dia keukeuh euy..supaya manya tunggu aja di luar. Dan memang sih..tangisnya mulai berkurang..meski sesekali terdengar..dan keluar masih jg menangis. Tapi lucunya kata Pak Wahid lagi..setiap kali 'ditanya' meski lagi nangis gitu..Alby tetap 'menjawab'. Adalah sebulan Alby begini sama Pak Wahid. Tangisan mulai berkurang...seminggu yang lalu..keluar kelas udah nggak nangis lagi..terus minggu (29/1) kemarin, masuk dgn kening sedikit berkerut..dan keluar dgn senyum. Dan menurut Pak Wahid lagi..Alby udah menunjukkan satu kata lagi.., waktu bola yg kalau dipencet berbunyi, Alby mengeluarkan suara 'tet..tot!' dgn spontan.., abis itu disuruh ngulang lagi..yaa..senyum aja..

Terkadang kalau liat Alby sekolah pake acara nangis..manya suka nggak enak hati..terkadang dalam hati tuh..suka ngebathin; aku maksa anak nggak sih? kasihan banget deh si Alby.. :( tapiii..nanti ngebathin lagi..berdoa lagi..bahwa ini semua nggak sia-sia.., bahwa ini semua buat Alby -si ganteng kecil manya-..juga..

6 comments:

Anonymous said...

hey mbak..
nggak kok
dah nggak cengeng lagi insyaAllah
mba rahma gimana sekarang??
insyaAllah makin ikhlas ya mbaa..
insyaAllah didoain juga Alby terapinya sukses..
langsung cas cis cus hehehe
dulu ponakanku juga sempet gitu mba..
dan sekarang..walahh..unstoppable!!

Anonymous said...

Bravoo Alby!! Maju terus yah. Bentar lagi manya pasti dibuat pusing sama bawelnya Alby. xixi..

~Bunda ShaHaRee~ said...

hayoo Alby ... maju terus pantang mundur ...

insya Allah enggak ya Ma, moga2 sukses terapynya. amin

Anonymous said...

mari kita tunggu kejutan ci abyyy....... pasti dia akan dengan sempurna berseru MIMIIIII..... sopan aja kok.. mmuaahh by!!

Anonymous said...

ayo Alby... semoga sukses yaaaaaaa, dan jadi ceriwis seperti Abang :)

Anonymous said...

duh mbak, thanks bwat sharing2 infonya yah, dari kemaren emang udah pengen tanya kek gimana lanjutan therapynya Alby.

Rai juga ampe skr masih belum ada kemajuan kata nih..ngoceh sih banyak, tapi cuma mama-papa-babah aja.. sempet kepikir mo bawa therapy, tapi kata dokternya gag usah dulu..

Qurban 10 Dzulhijjah 1447 H

Kembali...selalu ada yang pertama.. Kali ini Alby berqurban dan Insya Allah akan selalu dilakukannya di tahun-tahun berikutnya, aamiin yra.....