Rasanya nggak cuma kami yang dewasa aja yang merasa bingung dan nggak tau mesti ngapain, ..tapi juga Ayra dan Alby..
Ayra..
Sepertinya Ayra dapat 'membaca' kalau Angku mau pergi beberapa hari sebelumnya dan ketika harinya Ayra tau kalau Angkunya udah pergi.. banyak pertanyaan-pertanyaan yang keluar.., tapi maaf ya, bang..belum bisa dijawab semua ama mama. Ayahlah yang masih bisa kasih jawaban..keliatannya sih Ayra nggak papa.., tapi kata bu Atih disekolah, waktu ditanya seputar liburan kemarin..Ayra cerita tentang Angkunya.., menurut bu Atih lagi..Ayra cerita dari suaranya yang biasa-biasa aja sampai suaranya bergetar..keliatan banget kalau dia sedih..
Salah satu kata-kata yg sering Ayra sebut, 'sekarang kalau siang kita tinggal bertiga aja, angku kan udah meninggal...' ddduhhh..., Ayra..keliatannya biasa-biasa aja ..tapi ternyataa...
Salah satu kata-kata yg sering Ayra sebut, 'sekarang kalau siang kita tinggal bertiga aja, angku kan udah meninggal...' ddduhhh..., Ayra..keliatannya biasa-biasa aja ..tapi ternyataa...
terus di minggu-minggu selanjutnya..terkadang nggak ada angin atau apa..tiba-tiba aja suka negur manya; seperti 'Mama, masih sedih ya..?' sambil ngusap-ngusap pipi manya..., atau di lain waktu lagi..tau-tau meluk terus bilang; 'Udah nggak sedih lagi kan May?' -sekarang suka panggil manya, 'may-may'-...hikss..abaaang, mama jadi terenyuh...
pas harinya Angku pergi dan Ayra belum kita kasih tau..apa yg terjadi..dan waktu itu air mata manya netes terus -walaupun nggak ingin- .., Ayra itu keliatan banget bingungnya..matanya juga udah merah berkaca-kaca...dia nguber terus..'mama.., kenapa ma?' 'mama, kenapa nangis?' dan nggak lama airmatanya ikutan nitik..., kata Ayah..waktu itu abang sedih bukan karena Angku pergi, tapi karena manya sedih..., duuhhhh...gimana ya, bang..manya maunya nggak sedih..tapi susahhh..gimana bilangnya... :((
pas harinya Angku pergi dan Ayra belum kita kasih tau..apa yg terjadi..dan waktu itu air mata manya netes terus -walaupun nggak ingin- .., Ayra itu keliatan banget bingungnya..matanya juga udah merah berkaca-kaca...dia nguber terus..'mama.., kenapa ma?' 'mama, kenapa nangis?' dan nggak lama airmatanya ikutan nitik..., kata Ayah..waktu itu abang sedih bukan karena Angku pergi, tapi karena manya sedih..., duuhhhh...gimana ya, bang..manya maunya nggak sedih..tapi susahhh..gimana bilangnya... :((
Alby..
Si mungil ini sepertinya nggak ngerti apa yg terjadi..., tapi keliatan banget kalau dia bingung..apalagi Alby belum bisa ngomong..., di hari-hari kerja, hari-hari dimana Alby selalu main-main ama Angkunya.., Alby mulai..-sepertinya- sadar kalau Angkunya nggak pernah keliatan lagi..., nggak ada yg nyamperin dia..gendong sambil saling tempel pipi -gaya favoritnya Alby kalau digendong Angku- ... ngajak main..., melerai kalau Abang dan Alby ribut.., 3 hari setelah Angku pergi..manya baru bilang ke Alby, kalau mulai hari itu..Alby dah nggak bisa main-main lagi ama Angku ..dah nggak bisa sama-sama Alby dan Abang lagi. Alby dieeemmm...aja..kayak nyimak gitu, terus manya tanya; 'Alby sedih?' Alby geleng-geleng...., tanya lagi; 'Alby bingung?' ee..Alby ngangguk-ngangguk..., hiiikss..kasian deh..liat tampangnya.., bener-bener bingung... :(
Seminggu pertama..berat kali ya..buat Alby, karena..hampir sepanjang malam dia menangis keras..terkadang menjerit..dibujuk..dikasih susu nggak mempan..tapi pada akhirnya sih..tenang sendiri.., masuk minggu ke dua..menangis..menjerit di malam hari..ini udah nggak lagi.., kalau siang..suka nunjuk-nunjuk ke kamar atas -kamarnya angku-, nanti kalau dah sampai atas..dia keliling deh..nyari-nyari.., matanya nyari-nyari..., mungkin dia mikir; 'kemana sih, nih angku..., kok nggak keliatan terus..., aku kan mau main..'
Kalau siang..Alby jadi lebih rewel, merengek nggak karuan..serba salah mau ngapain juga..karena kan kalau siang, apalagi jam-jam..bobo siangnya.. suka di kelonin ama angkunya.., Alby jadi suka lempar-lempar barang..., untung deh..minggu-minggu awal itu lebih banyak liburnya..jadi kita bisa nemenin Alby..., masuk minggu ke dua dan ke tiga...Alby jauuuhhh..lebih baik, meski jadi lebih sensitif juga sih..., karena kalau dilarang dikit..tau-tau nangis aja... :(
Yaaa..yang sabar ya.., Ayra..Abby.... moga-moga kita semua bisa nge-lewatin hari-hari ini..
9 comments:
Manya ...
sekali lg ikut berduka cita ya say ... Insya Allah Ayah, Akung skr sudah tenang disisi Allah swt, amin.
smoga jg semua kel bisa melewati hari2 stlh akung ngga ada ya ma ... moga ayraalby jg lebih bisa menerima kepergian akungnya.
yang sabar ya say ... insya Allah dgn berjalannya waktu anak2 ga rewel lagi ..
big hugs ...
Manya, kami sekeluarga ikut berduka cita, smoga Angku diterima disisinya, diterima iman islamnya. Yang sabar ya.. Sedih banget ngeliat cerita Abang2, smoga Abang2 bisa melewatinya... amien
Inna lillaahi wa inna ilaihi raajiun. Semoga Angku mendapat tempat terbaik terbaik di sisiNya, amien.
Semoga Ayra-Alby dan keluarga tetep tabah ya...
Aku turut berduka cita untuk kepergian ayahanda tercinta dari mbak Rahma. Kehilangan seseorang yg sangat berarti dalam hidup kita emang gak enak, tapi percayalah.. Tuhan sudah memberikan tempat yg terbaik buat ayah mbak Rahma.
Move on yah mbak n cheer up, supaya anak anak bisa kuat juga. :)
Manya... gimana kabar keluarga sekarang? semoga sudah lebih baik ya.
dan Insya Allah akan selalu baik. Amin
Salam sayang dari Tante Inta untuk Ayra Alby ya. Salam hormat untuk Andung. Semoga Andung, Manya dan keluarga senantiasa dalam lindungan Allah SWT. Amin.
Mbak Rahma..turut berduka cita sedalam-dalamnya yah. Jadi pengen nangis baca cerita2nya.. semoga keluarga yang ditinggalkan rela dan tabah.
manya, turut berduka cita ya, semoga anak2 gak rewel lagi dan manya tabah...
-yuni-
Bunda Lilik, Mama Dinny, Bunda Yanti, Tante Dewi, Ummi, Mama Rai dan Bun2..serta semua sahabat blogger yg mampir..kemari.., terima kasih ya..buat segala support dan doanya.., Alhamdulillah..sekarang ini Alby udah nggak rewel lagi.., tapi kalau liat foto Angkunya..dia heboh ber- uggh..ughh..- penuh pertanyaan kali yaa.., terus Ayra yg masih sesekali keluar pertanyaan ajaibnya..tapi udah dapat kami jawab.., hidup terus berjalan..hari-hari terus berlalu.., alhamdulillah..kami semua lebih baik.., terima kasih yaa.. :)
Enjoyed a lot! tattoo removal yermo san bernardino remove no laser
Post a Comment