Monday, September 09, 2013

Belajar naik bis dan pulang sendiri

Selama ini anak-anak naik bis selalu kami temani. Sejak Ayra masuk SMP, pulang sendiri dan naik bis harus dijalaninya...

Kami semua ingin Ayra bisa lebih 'kuat' lagi. Dengan naik bis banyak hal yang akan dia lihat, alami dan rasakan. Walau pertamanya Ayra cemberut, maksa naik bajaj pak Udin saja pulang dan pergi. Tapi saya bilang, berat ongkosnya Bang..kalau pulang juga dengan pak Udin.., apalagi dengan kenaikan BBM kali ini, ongkos tetap mesti diperhitungkan {hmm, ini mah kurang lebih akal-akalan mamanya ajah ;-)} Kami semua membesarkan hatinya dan mensupport bahwa naik bis tidaklah menakutkan. Ajak teman yang searah jalan pulangnya,  selalu berhati-hati ketika turun dan naik bis serta menyeberang jalan...dan disamping itu Ayra juga jadi belajar berhemat. Jatah mingguannya pasti akan berlebih dan dengan demikian bisa nabung buat  keperluannya sendiri, seperti buku bacaan kesukaannya atau pernik-pernik yang dia suka..

Keluhan di awal-awal naik bis pasti ada, jalanan yang macet, teman searah jalan pulang tidak selalu ada, karena jadwal dan kelas yang berbeda, bis yang berhenti di tengah jalan sehingga kalau mau menyeberang mesti hati-hati liat kiri jalan..., para penumpang, kenek, supir, o ya...sekarang banyak bis yang tanpa kenek juga.

Ada hal- hal yang membuat cemas Ayra, yaitu kalau di jalan atau di bis bertemu dengan pelajar dari sekolah lain. Karena maraknya tawuran mau tak mau Ayra tau beberapa cerita, juga pesan-pesan dari pihak sekolah, seperti tidak menunjukkan identitas sekolah, menghindari kerumunan pelajar yang nggak jelas. Jadi Ayra tidak mau pakai topi atau dasi selama pulang dan pergi sekolah, kalau jam pertama olah raga, maka baju langsung dipakai tapi kemeja dikancing sampai atas.

Kalau soal bis kebut-kebutan sedikit kemungkinan terjadi di sepanjang jln fatmawati - panglima polim, karena jalanan yang terlalu ramai, kendaraan yang sudah semakin banyak, dan rasanya sepanjang jalan tersebut selalu ramai aktivitas, yang ada mah macet. Apalagi di jam-jam Ayra pulang sekolah, itu lagi macet-macetnya. Tapi biar gimana juga semogalah Ayra dijauhin dari hal-hal buruk dan tidak menyenangkan dalam perjalanan pulang dan pergi sekolah.

Kini udah sebulan lebih Ayra pulang naik bis..sejauh ini dia baik-baik saja..Insya Allah di hari-hari kedepannya juga begitu...

Untuk Alby? Tentu akan kami ajarkan juga tapi kita sesuaikan dan lihat kesiapannya juga, yaaa lihat bagaimana nantinya saja..

September 2013

No comments:

Qurban 10 Dzulhijjah 1447 H

Kembali...selalu ada yang pertama.. Kali ini Alby berqurban dan Insya Allah akan selalu dilakukannya di tahun-tahun berikutnya, aamiin yra.....