Selama ini anak-anak naik bis selalu kami temani. Sejak Ayra masuk SMP, pulang sendiri dan naik bis harus dijalaninya...
Kami
semua ingin Ayra bisa lebih 'kuat' lagi. Dengan naik bis banyak hal
yang akan dia lihat, alami dan rasakan. Walau pertamanya Ayra cemberut, maksa
naik bajaj pak Udin saja pulang dan pergi. Tapi saya bilang, berat
ongkosnya Bang..kalau pulang juga dengan pak Udin.., apalagi dengan kenaikan
BBM kali ini, ongkos tetap mesti diperhitungkan {hmm, ini mah kurang lebih akal-akalan mamanya ajah ;-)} Kami semua membesarkan
hatinya dan mensupport bahwa naik bis tidaklah menakutkan. Ajak teman
yang searah jalan pulangnya, selalu berhati-hati ketika turun dan naik
bis serta menyeberang jalan...dan disamping itu Ayra juga jadi belajar
berhemat. Jatah mingguannya pasti akan berlebih dan dengan demikian bisa
nabung buat keperluannya sendiri, seperti buku bacaan kesukaannya atau pernik-pernik yang dia suka..
Keluhan di awal-awal naik bis
pasti ada, jalanan yang macet, teman searah jalan pulang tidak selalu
ada, karena jadwal dan kelas yang berbeda, bis yang berhenti di tengah jalan
sehingga kalau mau menyeberang mesti hati-hati liat kiri jalan..., para
penumpang, kenek, supir, o ya...sekarang banyak bis yang tanpa kenek juga.
Ada hal- hal yang membuat cemas Ayra, yaitu
kalau di jalan atau di bis bertemu dengan pelajar dari sekolah lain. Karena maraknya tawuran mau tak mau Ayra
tau beberapa cerita, juga pesan-pesan dari pihak sekolah, seperti tidak
menunjukkan identitas sekolah, menghindari kerumunan pelajar yang nggak
jelas. Jadi Ayra tidak mau pakai topi atau dasi selama pulang dan pergi
sekolah, kalau jam pertama olah raga, maka baju langsung dipakai tapi kemeja
dikancing sampai atas.
Kalau
soal bis kebut-kebutan sedikit kemungkinan terjadi di
sepanjang jln fatmawati - panglima polim, karena jalanan yang terlalu
ramai, kendaraan yang sudah semakin banyak, dan rasanya sepanjang jalan
tersebut selalu ramai aktivitas, yang ada mah macet. Apalagi di jam-jam
Ayra pulang sekolah, itu lagi macet-macetnya. Tapi biar gimana juga
semogalah Ayra dijauhin dari hal-hal buruk dan tidak menyenangkan dalam
perjalanan pulang dan pergi sekolah.
Kini udah sebulan lebih Ayra pulang naik bis..sejauh ini dia baik-baik saja..Insya Allah di hari-hari kedepannya juga begitu...
Untuk Alby? Tentu akan kami ajarkan juga tapi kita sesuaikan dan lihat kesiapannya juga, yaaa lihat bagaimana nantinya saja..
September 2013
No comments:
Post a Comment