Alby punya segudang cara dan akal yang kadang dan bisa jadi tak terpikir oleh kita.
Alby juga sedikit gengsian..gengsi untuk minta maaf..
2 hari yang lalu buku tugas atau hasil kerja siswa dikasih guru ke kita, isinya tentang hasil belajar Alby selama semester kedua di kelas 4. Cover depannya foto Alby lagi duduk di kelas.
Pulang kantor, seperti biasa kami ketemu Alby yang belum mandi dan kamar yang berantakan. Bersama kami bereskan. Ketika mama lagi di kamar mandi, terdengar suara Ayah yang keras dan kencang menegur Alby. Wah, ada apa?
Selesai mandi mama tanya, ada apa? Ternyata Alby merobek-robek voucher renang sebanyak 3 lembar..., sedaaapp..deh, seratus dua puluh ribu melayang. Padahal tempat penyimpanan udah aman, di kantong dalam jaket ayah dan Alby nggak tau...e..alaa..kok ya ketemu juga ama Alby. Di kamar yang udah rapih, Alby duduk diam.
Mama bilang ; Alby kan udah tau ndak boleh bongkar-bongkar barang Ayah tanpa Ayah tau, ndak baik..kalaupun ketemu ama Alby, harus ijin dulu. Kasian Ayah Byyy.., pulang malam cari uang..buat Alby, Alby malah sobek-sobek gitu..., hayo sana..minta maaf ama Ayah...
Duduk, diam..
Ayoo..By..., minta maaf...
Duduk, diam..
Ayoooo..Abbyy.., minta maaf ke Ayah...
Duduk, diam...
Ayooo, ke Ayahhh...
Duduk, diam...
Ya, udahlah..mama tinggal, pindah ke depan duduk sebelah ayah nonton Mata Najwa.
Setengah jam berlalu...
Alby keluar kamar, ambil buku hasil kerja siswa, buku laporan, buku penghubung. Disusun jadi satu tumpukan, yang hasil kerja siswa bercover fotonya paling atas dan diletakkan di depan dadanya dengan foto menghadap ke depan. Lalu diambilnya kursi, dia duduk di depan ayah berhadap-hadapan dan bilang : liat ini..!!!
Sambil menunjuk foto dirinya...
Ayah dan Mama pandang-pandangan..dan aaaaahhhhhh.... ♥♥♥♥♥
Kami segera tau dan paham kalau Alby sedang minta maaf pada ayahnya dengan cara yang beda...tidak ada kata-kata..tapi foto dan hati yang bicara.., maafkan aku, Ayah...
Ooooww...terpilin hati..dan Ayahpun meleleh...
Rabu malam, 18 Juni 2014

No comments:
Post a Comment