Jum'at, 2 Juni 2006
akhirnya telinga Alby bersih...
Jum'at sore hujan deras.., wah, dah khawatir aja bakalan nggak nyampe ke dr. Lola..tapi alhamdulillah..nyampe juga, setelah sebelumnya berdiskusi panjang dgn Ayra yg pengen banget ikutan antar Alby. Tapi karena hujan gerimis, manya merasa lebih baik pergi berdua ama Alby aja, lagi pula ayah pulang malam lagi, agak repot kalau nenteng anak dua. Dan dengan catatan manya pulang mesti bawa sesuatu buat Ayra. Adduh, anak itu pintar sekali..., waktu ditanya; abang mau dibawain apa? jawabnya; apa aja deh may, sesuatu yg enak buat abang..., kalau kentang dgn saus tomat gimana?
nyengir deh.., berarti harus ke Mc Donald dong...duhh, itukan di Blok M..sementara dr.Lola-nya di radio dalam, tapi yaa...udah..dioke-in aja.., kalau nggak ujan yaa..ke Blok M tapi kalau masih ujan juga yaa..bakpao depan Apotik aja deh ya, bang :D
Sampai tempat dr. Lola, kita langsung masuk. Dan dr. Lola tanya gimana telinga Alby..udah ada kotoran yg keluar belum.., aku jg cerita kalau kita udah ketemu dr. Dwi. Senangnya aku ama dr. Lola ini..kita jadi saling bercerita. Sebelum naik ke kursi periksa, Alby dikasih stiker spiderman ama dr. Lola, senangnya Alby..ketawa-ketawa dia.., dr. Lola jg selalu ajak Alby bicara, tapi dijawab Alby dengan senyuman, anggukan dan suara-suara ck..ck.. gitu. Alby duduk dipangkuan manya, tenang banget..euy..terus telinganya..di semprot air hangat, dan serpihan2 kotoran telinga yg udah lunak keluar..tapi sedikit2..lalu ama dr. Lola dikasih obat tetes lagi..terus nggak berapa lama, di sedot dgn semacam alat seperti las kecil. Nggak lama keluar deh tuh kotoran.. Addduhh, rasanya gimana gitu liat kotoran telinganya Alby, buanyak dan aaihhh kalau ngeliat tuh takjub sendiri, soalnya gede2 ..rasanya mustahil gitu lho ada ditelinga Alby yg lubangnya kecil mungil gitu..., dan kotoran itu bisa jadi ada sejak Alby lahir.
Nggak deh, nggak kepikiran jg buat foto-in..he..he..he.., soalnya langsung dibuang ama dr.Lola. Btw, pas mau disedot ini kepala Alby sempet dipegangin ama Mas (baca: asisten) yg bantu2 dr.Lola biar nggak goyang2, aiihhh..Alby memang jempol, dia tetap tenang..tidak menangis atau menjerit, tapi sepertinya menikmati banget kupingnya dikilik2.., hmmm, enak yaa..by..., Menurut dr. Lola, lagi..lubang telinga Alby yg sebelah kanan lebih kecil dari lubang telinga kiri. Besar kecilnya lubang telinga tidak mempengaruhi daya tangkap suara yang diterima. Banyaknya kotoran antara telinga yg kiri dan kanan juga belum tentu sama. Memang sih manya rajin banget deh..ngebersihin telinga anak-anak, karena anak-anak jg enjoy kalau kita main dokter2an THT ini, jadi nggak pada takut ke dr.THT, (sukses ternyata yah..pengenalan dr.THT) tapi manya cuma berani bersihin telinga sebelah luar aja, atau pinggir2..yg mudah terlihat..kalau udah kedalem lagi yaaa..mana berani. Padahal kata dr.Lola kalau bersihin telinga itu cukup daun telinganya saja, yg bagian luar itu nggak boleh.., soalnya bisa jadi kotorannya malah masuk ke dalam. Paling enak itu bersihin kuping Ayra.., soalnya telinganya kayak ayah, lubangnya besar.., sementara Alby lubangnya kayak aku (kali yaaa..) kecil mungil.., meski cuma bersihin pinggir2nya.., nggak urung suka keringetan jg tuh kalau bersihinnya..sementara anaknya kalau udahan pasti deh pada mewek.., seneng banget kupingnya dikilik2.. :D. Melihat banyaknya kotoran telinga kanan Alby, manya nawar untuk sekalian nge-bersihin telinga kirinya, tapi kata dr. Lola lagi, buat apa dibersihin lagi, bu..memang telinga kirinya bersih..tidak ada kotorannya.., Dan karena malam ini telinga udah bersih, berarti selasa besok kita jadi test Berra, moga2 pendengaran Alby baik-baik aja, seperti yg diperkirakan dr. Lola. Setelah dapet hasilnya..nanti balik lagi ke dr.Lola.
PPfffiuuhhhh, begitu kelar..Alby lega..manya jg lega.., full senyum anak itu, udah bening yaaa..byy.. :)
Pelajaran buat manya kalau ke THT itu penting! jangan tunggu bermasalah..
sempet nyesal juga, kenapa dulu pas dr.Ira bilang tidak perlu test berra, cuma terpaku disitu aja..nggak keingetan/kepikiran utk sekedar cek ke THT. Sebelum pulang dr. Lola juga sempet pesan sebaiknya periksa jg telinga kakaknya dan rutin ke THT minimal 6 bulan sekali.
My dear Alby,
akhirnya telinga Alby bersih...
Jum'at sore hujan deras.., wah, dah khawatir aja bakalan nggak nyampe ke dr. Lola..tapi alhamdulillah..nyampe juga, setelah sebelumnya berdiskusi panjang dgn Ayra yg pengen banget ikutan antar Alby. Tapi karena hujan gerimis, manya merasa lebih baik pergi berdua ama Alby aja, lagi pula ayah pulang malam lagi, agak repot kalau nenteng anak dua. Dan dengan catatan manya pulang mesti bawa sesuatu buat Ayra. Adduh, anak itu pintar sekali..., waktu ditanya; abang mau dibawain apa? jawabnya; apa aja deh may, sesuatu yg enak buat abang..., kalau kentang dgn saus tomat gimana?
nyengir deh.., berarti harus ke Mc Donald dong...duhh, itukan di Blok M..sementara dr.Lola-nya di radio dalam, tapi yaa...udah..dioke-in aja.., kalau nggak ujan yaa..ke Blok M tapi kalau masih ujan juga yaa..bakpao depan Apotik aja deh ya, bang :D
Sampai tempat dr. Lola, kita langsung masuk. Dan dr. Lola tanya gimana telinga Alby..udah ada kotoran yg keluar belum.., aku jg cerita kalau kita udah ketemu dr. Dwi. Senangnya aku ama dr. Lola ini..kita jadi saling bercerita. Sebelum naik ke kursi periksa, Alby dikasih stiker spiderman ama dr. Lola, senangnya Alby..ketawa-ketawa dia.., dr. Lola jg selalu ajak Alby bicara, tapi dijawab Alby dengan senyuman, anggukan dan suara-suara ck..ck.. gitu. Alby duduk dipangkuan manya, tenang banget..euy..terus telinganya..di semprot air hangat, dan serpihan2 kotoran telinga yg udah lunak keluar..tapi sedikit2..lalu ama dr. Lola dikasih obat tetes lagi..terus nggak berapa lama, di sedot dgn semacam alat seperti las kecil. Nggak lama keluar deh tuh kotoran.. Addduhh, rasanya gimana gitu liat kotoran telinganya Alby, buanyak dan aaihhh kalau ngeliat tuh takjub sendiri, soalnya gede2 ..rasanya mustahil gitu lho ada ditelinga Alby yg lubangnya kecil mungil gitu..., dan kotoran itu bisa jadi ada sejak Alby lahir.
Nggak deh, nggak kepikiran jg buat foto-in..he..he..he.., soalnya langsung dibuang ama dr.Lola. Btw, pas mau disedot ini kepala Alby sempet dipegangin ama Mas (baca: asisten) yg bantu2 dr.Lola biar nggak goyang2, aiihhh..Alby memang jempol, dia tetap tenang..tidak menangis atau menjerit, tapi sepertinya menikmati banget kupingnya dikilik2.., hmmm, enak yaa..by..., Menurut dr. Lola, lagi..lubang telinga Alby yg sebelah kanan lebih kecil dari lubang telinga kiri. Besar kecilnya lubang telinga tidak mempengaruhi daya tangkap suara yang diterima. Banyaknya kotoran antara telinga yg kiri dan kanan juga belum tentu sama. Memang sih manya rajin banget deh..ngebersihin telinga anak-anak, karena anak-anak jg enjoy kalau kita main dokter2an THT ini, jadi nggak pada takut ke dr.THT, (sukses ternyata yah..pengenalan dr.THT) tapi manya cuma berani bersihin telinga sebelah luar aja, atau pinggir2..yg mudah terlihat..kalau udah kedalem lagi yaaa..mana berani. Padahal kata dr.Lola kalau bersihin telinga itu cukup daun telinganya saja, yg bagian luar itu nggak boleh.., soalnya bisa jadi kotorannya malah masuk ke dalam. Paling enak itu bersihin kuping Ayra.., soalnya telinganya kayak ayah, lubangnya besar.., sementara Alby lubangnya kayak aku (kali yaaa..) kecil mungil.., meski cuma bersihin pinggir2nya.., nggak urung suka keringetan jg tuh kalau bersihinnya..sementara anaknya kalau udahan pasti deh pada mewek.., seneng banget kupingnya dikilik2.. :D. Melihat banyaknya kotoran telinga kanan Alby, manya nawar untuk sekalian nge-bersihin telinga kirinya, tapi kata dr. Lola lagi, buat apa dibersihin lagi, bu..memang telinga kirinya bersih..tidak ada kotorannya.., Dan karena malam ini telinga udah bersih, berarti selasa besok kita jadi test Berra, moga2 pendengaran Alby baik-baik aja, seperti yg diperkirakan dr. Lola. Setelah dapet hasilnya..nanti balik lagi ke dr.Lola.
PPfffiuuhhhh, begitu kelar..Alby lega..manya jg lega.., full senyum anak itu, udah bening yaaa..byy.. :)
Pelajaran buat manya kalau ke THT itu penting! jangan tunggu bermasalah..
sempet nyesal juga, kenapa dulu pas dr.Ira bilang tidak perlu test berra, cuma terpaku disitu aja..nggak keingetan/kepikiran utk sekedar cek ke THT. Sebelum pulang dr. Lola juga sempet pesan sebaiknya periksa jg telinga kakaknya dan rutin ke THT minimal 6 bulan sekali.
My dear Alby,
Maafin mama ya, Byy..mama telat ngeh kalau telinga kanan Alby bermasalah..
mama telat bawa Alby ke THT..
mama telat tau kalau selama ini pendengaran Alby yg kanan samar2..
pulangnya, jadi juga beli kentang goreng buat abang Ayra, ternyata di sebelah Apotik ada New York Fried Chicken. Sampai rumah, abang lagi belajar ama tante Linda..dan dia senyum lebar waktu dikasih tau kalau pesanannya dapet.. :)
mama telat bawa Alby ke THT..
mama telat tau kalau selama ini pendengaran Alby yg kanan samar2..
pulangnya, jadi juga beli kentang goreng buat abang Ayra, ternyata di sebelah Apotik ada New York Fried Chicken. Sampai rumah, abang lagi belajar ama tante Linda..dan dia senyum lebar waktu dikasih tau kalau pesanannya dapet.. :)
Selasa, 6 Juni 2006
Test BERRA..
Jam 14.00 hari ini Alby mau test Berra atau yang disebut juga Brainsteam Auditory Evoked Potentialis (BAEP), test pendengaran untuk telinga bagian dalam. Ayah sengaja cuti sementara manya setengah hari aja. Jam 12 lewat dikit dah nyampe rumah. Anak-anak udah pada siap. Sebelumnya jam 9 pagi suster RSPI telpon manya utk memastikan kalau hari ini kita jadi test. Persiapan untuk Alby tidak ada kecuali dia hrs melek seharian, nggak boleh tidur, jadilah setiap dia ngantuk diajak main ama Andung dan Ayah.
Sampai RS kita ke lantai 2, bagian Neurosurgery dan Poli THT. Sama suster diminta untuk ambil obat dulu. Obat ini obat tidur karena kalau test Berra anak diharuskan tidur. Itu sebabnya Alby diminta untuk nggak tidur 1/2 harian ini biar setelah dikasih obat tidur, tidurnya jadi cepet. Sementara kalau dia sempat tidur siang sebelumnya, maka kita bisa lebih lama lagi nungguin dia tertidur. Sebenernya nggak lama sampai di rs, Alby udah mulai nggak betah dan marah-marah karena mengantuk.., tapi kita bujuk2 dan ajak main terus supaya nggak ketidur, ama ayah diajak naik-turun lift, bareng abang Ayra. Gantian kita gendong Alby, hingga akhirnya dia tertidur pas manya gendong. Sekitar 10 menitan setelah Alby tidur, kita disuruh masuk ke ruang dokternya dan Alby ditidurkan ditempat tidur rs. Kira-kira jam 2 lewat dikit dokternya dateng, namanya dr. Witjahyakarta Wijaya. Dr. Witjahya cenderung diam, nggak ditanya yaa..nggak ngomong, tapi kalau ditanya..nggak pernah keberatan menjelaskan apa yang tertera dilayar monitor komputer dan mau menjawab apa yg manya tanyain. Jadi waktu Alby tidur itu, di kepala bagian atas, belakang telinga kiri-kanan dipasang kabel yang ujungnya ada (semacam) earphone yang nyambung ke seperangkat alat untuk test telinganya, terus juga Alby ditempelin headphone juga. Alby mah anteng aja..tidur, nggak gerak-gerak..
Suara yg diberikan dimulai dari 30 dB - 10 Hz, Dilayar monitornya tampak garis2 lima (semacam garis grafik) yang menandai suara yg didengar Alby diterima ama otaknya. Telinga kiri, grafiknya berwarna merah dan telinga kanan berwarna hijau, nanti keduanya digabung. Pada saat kedua grafik digabung. Antara telinga kanan dan telinga kiri hasilnya sama. Begitu juga selanjutnya, frekuensi suara ditambah jadi 40 dB - 10 Hz.. Frekuensi suara diambil nggak berurutan, setelah 50 dB - 10 Hz, dicoba dengan 90 dB - 10 Hz. Kalau diurut-urut nih;
frekuensi 10 dB s/d 20 dB itu suara orang berbisik
frekuensi 30 dB suara kalau kita ngobrol biasa
frekuensi 60 dB jeritan atau teriakan
frekuensi 90 dB lebih keras dari jeritan, seperti kalau kita lagi nonton konser Metalicca atau Toto gitu..
Test-nya kata ayah hampir sejam, manya malah nggak berasa.., hasil test bisa kita peroleh hari itu juga. Dan nggak perlu menunggu lagi, karena hasil yg ada dimonitor langsung diprint terus dikasih ke manya utk disampaikan ke dr. Dwi. Pada akhirnya hasil test Berra ini sampai pada kesimpulan kalau pendengaran Alby baik/normal. Duhh, alhamdulillah...senangnyaaaa..., rasanya udah lumayan lega dibanding hari-hari kemarin, sekarang tinggal tunggu dari dr. Dwi aja.., besok nih, kita mau ketemu beliau..
Test BERRA..
Jam 14.00 hari ini Alby mau test Berra atau yang disebut juga Brainsteam Auditory Evoked Potentialis (BAEP), test pendengaran untuk telinga bagian dalam. Ayah sengaja cuti sementara manya setengah hari aja. Jam 12 lewat dikit dah nyampe rumah. Anak-anak udah pada siap. Sebelumnya jam 9 pagi suster RSPI telpon manya utk memastikan kalau hari ini kita jadi test. Persiapan untuk Alby tidak ada kecuali dia hrs melek seharian, nggak boleh tidur, jadilah setiap dia ngantuk diajak main ama Andung dan Ayah.
Sampai RS kita ke lantai 2, bagian Neurosurgery dan Poli THT. Sama suster diminta untuk ambil obat dulu. Obat ini obat tidur karena kalau test Berra anak diharuskan tidur. Itu sebabnya Alby diminta untuk nggak tidur 1/2 harian ini biar setelah dikasih obat tidur, tidurnya jadi cepet. Sementara kalau dia sempat tidur siang sebelumnya, maka kita bisa lebih lama lagi nungguin dia tertidur. Sebenernya nggak lama sampai di rs, Alby udah mulai nggak betah dan marah-marah karena mengantuk.., tapi kita bujuk2 dan ajak main terus supaya nggak ketidur, ama ayah diajak naik-turun lift, bareng abang Ayra. Gantian kita gendong Alby, hingga akhirnya dia tertidur pas manya gendong. Sekitar 10 menitan setelah Alby tidur, kita disuruh masuk ke ruang dokternya dan Alby ditidurkan ditempat tidur rs. Kira-kira jam 2 lewat dikit dokternya dateng, namanya dr. Witjahyakarta Wijaya. Dr. Witjahya cenderung diam, nggak ditanya yaa..nggak ngomong, tapi kalau ditanya..nggak pernah keberatan menjelaskan apa yang tertera dilayar monitor komputer dan mau menjawab apa yg manya tanyain. Jadi waktu Alby tidur itu, di kepala bagian atas, belakang telinga kiri-kanan dipasang kabel yang ujungnya ada (semacam) earphone yang nyambung ke seperangkat alat untuk test telinganya, terus juga Alby ditempelin headphone juga. Alby mah anteng aja..tidur, nggak gerak-gerak..
Suara yg diberikan dimulai dari 30 dB - 10 Hz, Dilayar monitornya tampak garis2 lima (semacam garis grafik) yang menandai suara yg didengar Alby diterima ama otaknya. Telinga kiri, grafiknya berwarna merah dan telinga kanan berwarna hijau, nanti keduanya digabung. Pada saat kedua grafik digabung. Antara telinga kanan dan telinga kiri hasilnya sama. Begitu juga selanjutnya, frekuensi suara ditambah jadi 40 dB - 10 Hz.. Frekuensi suara diambil nggak berurutan, setelah 50 dB - 10 Hz, dicoba dengan 90 dB - 10 Hz. Kalau diurut-urut nih;
frekuensi 10 dB s/d 20 dB itu suara orang berbisik
frekuensi 30 dB suara kalau kita ngobrol biasa
frekuensi 60 dB jeritan atau teriakan
frekuensi 90 dB lebih keras dari jeritan, seperti kalau kita lagi nonton konser Metalicca atau Toto gitu..
Test-nya kata ayah hampir sejam, manya malah nggak berasa.., hasil test bisa kita peroleh hari itu juga. Dan nggak perlu menunggu lagi, karena hasil yg ada dimonitor langsung diprint terus dikasih ke manya utk disampaikan ke dr. Dwi. Pada akhirnya hasil test Berra ini sampai pada kesimpulan kalau pendengaran Alby baik/normal. Duhh, alhamdulillah...senangnyaaaa..., rasanya udah lumayan lega dibanding hari-hari kemarin, sekarang tinggal tunggu dari dr. Dwi aja.., besok nih, kita mau ketemu beliau..
Rabu, 7 Juni 2006
ketemu dr. Dwi lagi..
Konsul Alby setelah test Berra. Karena udah nggak ada kendala di telinga, masalah yang ada kini tinggal otaknya terutama syaraf yg dari otak ke mulut. Alby dikasih vitamin untuk sebulan. Aku diminta untuk mencatat perkembangan Alby, apa saja yg udah didapatnya baik per kata, ataupun tingkah lakunya. Diagnosa dr. Dwi buat Alby nggak beda dgn dr. Ira kalau Alby memang telat bicara (delayed speech). Dr. Dwi cuma minta kalau apa yg telah kita lakukan diperbanyak lagi latihannya. Untuk okupasi juga gitu, perbanyak latihan gerakan tangan dan jari-jemari (sempet juga ngintip dan tanya-tanya ttg okupasi di tempat terapinya Alby). Duuh, alhamdulillah..moga-moga Alby bisa ngejar ketinggalannya...dan yang pasti mama ama ayah mesti lebih giat lagi menstimulasi Alby. Asli deh, waktu malam ini manya merasa jauh lebih tenang..., alhamdulillah..
ketemu dr. Dwi lagi..
Konsul Alby setelah test Berra. Karena udah nggak ada kendala di telinga, masalah yang ada kini tinggal otaknya terutama syaraf yg dari otak ke mulut. Alby dikasih vitamin untuk sebulan. Aku diminta untuk mencatat perkembangan Alby, apa saja yg udah didapatnya baik per kata, ataupun tingkah lakunya. Diagnosa dr. Dwi buat Alby nggak beda dgn dr. Ira kalau Alby memang telat bicara (delayed speech). Dr. Dwi cuma minta kalau apa yg telah kita lakukan diperbanyak lagi latihannya. Untuk okupasi juga gitu, perbanyak latihan gerakan tangan dan jari-jemari (sempet juga ngintip dan tanya-tanya ttg okupasi di tempat terapinya Alby). Duuh, alhamdulillah..moga-moga Alby bisa ngejar ketinggalannya...dan yang pasti mama ama ayah mesti lebih giat lagi menstimulasi Alby. Asli deh, waktu malam ini manya merasa jauh lebih tenang..., alhamdulillah..



10 comments:
duh manya ... bacanya sambil ga sabaran loh pengen tau hasil tes berra alby ...
Alhamdulillah tesnya baik2 aja ya ma, ikutan senengggg bgttt ;-)
btw, ttg ke THT, hafiz pernah jg tuh waktu umur 2,5th, gara2nya bun liat kotorannya jg gede bgt dan susah di'kilik2' sendiri (eitss yg ini emang ga direkomen ya ?). akhirnya ke THT baru tuh kotorannya bisa keluar, dr THT-nya jg blg sebaiknya tiap 6bln sekali anak2 dibersihin telingannya di THT.
smoga stimulasi2 yg akan diberikan ke Alby membawa perubahan yg bagus ya ma ... ayooo tetap semangat mama&ayahnya ya, insyaAllah semuanya dimudahkanNya, amin.
big hugs buat alby ...
muachhh dari kk shafahafiz ...
Duh sedih deh baca postingannya kk Alby.. tapi jadi inspirasi buat aku ke THT juga mbak... soalnya jadi gak tauk deh apa yang aku bersihin itu emang benar2 bersihin kotorannya. Thx berat yak mbak, jadi ingin melakukan yang sama buat Darell :). N Peluk cium buat jagoan Alby..
alhamdulillah ya manya, test berra nya alby hasilnya baik.
kasusnya mungkin hampir mirip rizki. sampai umur 2 taun lebih rizki belum bisa bicara apa2.
waktu aku bawa ke dokter super spesialis syaraf anak, blio cuma komentar "anak ibu ngga denger"..hiks..tapi blio rekomendasi utk test berra juga, dan ternyata hasilnya baik juga kok..
tapi memang sampai skrg rizki harus rutin bersihin telinga ke dokter THT, krn tnyt kotoran telinganya cenderung mengeras dan menyumbat..ini yg bikin dia ga bisa denger dg baik..klo waktu kecil ya jadi bikin telat ngomong...:D
tetap semangat ya..
Aih, ikutan lega bacanya, Alhamdulillah hasil test-nya ok.
selanjutnya insyaAllah akan lebih mudah buat manya & ayah.
Jadi inspiring buat bawa hafizhku ke tht juga utk bersih-bersih,
abis udah terbiasa jadi dokter tht buat dua jagoanku dirumah ;-)
salam sayang buat Alby yaa....
Waduh waduh,
Aku pernah kepikir untuk ngajak John n David ke THT sekedar cek, tapi gak pernah diseriusin. Ternyata ke THT itu perlu banget ya.
Inget suamiku cerita waktu kecil dia juga pernah bersihin telinga ke THT, sehabis itu katanya rasanya enak banget denger suara-suara jadi terang. Jangan-jangan kita orang gede juga sesekali kudu bersihin telinga ke THT ya.
Btw, Puji Tuhan ya ternyata hasil test berra-nya baik.
Manyaaaa...ke apotik KF di radio dalam yaa??? kok gak mampir kerumah kuuuu?? dekat sekualee tuh tinggal nyebrang trus luruuuussss ajah nyampe deh ;oP
Alby emang good boy deh! jasmine mana bisa setenang itu kl di ajak ke RS...secara dia udah ngalamin naik kursi singgasana di Poli THT RSPI...gara2 telinganya ketusuk cotton bud..huaaa..kejer2 deh dia
Pfuih, alhamdulillah ya manya hasil tes berra nya bagus..semoga Allah memudahkan dikau untuk tetap menstimulasi alby yaa...kisses for alby and si abang ganteng ayra..
Weeee...panjang bener ogut komen nya yah??
alhamdulillah hasil testnya alby baik ya bu.
jadi pingin juga aja zaza ke THT.
Mbak Rahma, thx sharingnya. Puji Tuhan hasilnya ok yah mbak.
Alby tambah cakep aja pake baju merah. :)
ah, syukurlah.. Alby baik2 saja ya mbak. Setidaknya udah tenang kan sekarang. Moga2 Alby cepet ngoceh ya..pengharapan yang sama seperti untuk Rai juga :)
keep on sharing yaa..
Alhamdulilah... Manya... aku ikutan lega bacanya...
Mudah2an step step berikutnya lancar juga ya Manya...
Post a Comment