Monday, January 01, 2007

Idul Adha, Tahun Baru dan Mesjid Meruyung

Dipenghujung akhir tahun ini ada 2 moment, Idul Adha dan Malam Tahun Baru 2007. Idul Adha kali ini kita shalat Ied di Mesjid Al-Azhar hari Sabtu pagi. Seperti lebaran Nopember lalu, lebaran haji juga ada perbedaan penetapan hari raya. Cuaca pagi agak-agak mendung, waktu kita berangkat sih biasa aja, tapi pas sampai di Al-Azhar..turun hujan, gerimis lebat ..shalat yg tadinya mau jam 7 jadi dipercepat..waaa..buru2 deh kita. Karena buru-buru kita jadi nggak bareng2..pada misah2.., Linda ama Andung dapet di dalam mesjid, sementara Mimi dan Manya dapet di basement universitas Al-Azhar. Ayra, Alby, Ayah dan oom Mark sempet keujanan..sempet Manya liat juga mereka lari-lari nyari tempat shalat yg dalam ruangan. Dannn..kalau udah kayak gini sempet juga kepikiran (agak2 paranoid niii..) ..takut kalau Ayra terlepas dari ayah. Soalnya si Alby digendong ayah.., banyak-nya orang yg buru2 nyari tempat berteduh kan..bikin senewen.., tapi untung gerimis lebatnya nggak lama.

Karena juga bukan hari libur -pemerintah, menetapkan hari raya Ied jatuh hari Minggu, 31 Des-rutinitas tetap jalan seperti biasa, sepulang shalat istirahat sebentar terus kita anter Alby terapi..dan sorenya anak-anak ditraktir tante Mimi dan Oom Mark nonton "Happy Feet". Kata tante Mimi dan Oom Mark yang menikmati banget film ini Alby..sepanjang di bioskop dia duduk sendiri dan nggak tertidur, sementara Ayra kayaknya kurang enjoy. Tapi tenang tante Mimi...Ayra_Alby seneeenggg...banget...!

Nah, hari Minggunya..., jam 9 gitu kita-kita semua pergi ke sawangan, ngumpul di rumahnya Oma Imen....termasuk juga Oom Iman sekeluarga. Sampai sore deh kita main-main disana.., Alby sempet jatuh dan mimisan.., terus juga karena kejailan-nya mainin pintu jempolnya kaki kanannya ke hantam pintu jadi terluka, cuma anak-anak itu lucu juga..kalau karena ulah sendiri tuh..nggak ada nangis2 kejer dan jeritan.. ;).

Sorenya kita pulang niii..dianter tante Ayu. Nah waktu pulang ini, kita ambil jalan yg melewati jalan Limo Raya. -Udah pernah denger tentang Mesjid Meruyung yang bagus dan megah, yg kubahnya dari emas?- Karena kita pada penasaran ama mesjid ini dan nggak nyangka juga akan melewati mesjid ini, jadi begitu terlihat langsung aja mampir..., kebetulan minggu pagi siaran langsung shalat Ied di SCTV dari Mesjid Dian Al-Mahri Meruyung ini.

Photobucket - Video and Image Hosting

Duuuh..., bagus banget!! Nyesel jg nggak bawa kamera -hah! manya jadi inget tante Lilik kalau kayak gini dan tante Ayu jg mengingatkan kalau mestinya manya itu kemana-mana bawa camera ;)- sore itu banyak juga yg berkunjung, sekedar mampir dan melihat-melihat atau juga pada shalat ashar..rata-rata banyak yg ambil gambar lewat hape maupun camdig. Tapi terus manya keingetan kalau duluuuu..banget manya pernah dapet email tentang mesjid ini dan email itu masih manya simpen, manya sendiri dapet email tentang mesjid ini April 2006, jadi foto2 itu-lah yg manya taruh di blog. Mesjid ini tamannya bagus dan luas..terus jg tempat wudhunya nggak jauh. Ditengah-tengah ruangan mesjid ada lampu gantung yg besssaarrr..warna kuning ke-emasan (atau mungkin dari emas juga..). Langit-langit kubah digambari awan dgn background warna biru langit..dan kaligrafi kuning keemasan..menurut ayah lagi, langit-langit kubah itu berganti-ganti warna (biasan dari lampu) sebanyak 5 kali sesuai dengan waktu2 shalat.

Photobucket - Video and Image Hosting

Waktu liat siaran langsung dari SCTV Andung bilang; "wah, kalau papa masih ada pasti papa dah sampai ke mesjid ini" dan sorenya ketika kita masuk ke dalam ruang mesjid, tante Linda juga ngomongin hal yang sama. Jadi inget juga duluu..kalau ada mesjid yg baru selesai dan udah bisa dipakai oleh umum, Angku pulang ke rumah dan cerita kalau beliau habis berkunjung ke mesjid itu dan cerita tentang mesjidnya.

Menjelang maghrib kita sampai dirumah, tapi abang Ayra dan Andung lanjut tuh, nginep ke tempatnya Nenek Muda, mau malem tahun baruan..mau nyate dan bakar ikan..katanya, sementara manya, ayah, Alby dan tante Linda..nonton tivi aja dirumah, tapi jam 10-an kita jg dah ketiduran..

Gitu deh cerita kita hari ini, selamat hari raya Idul Adha, selamat tahun baru 2007 semoga hari-hari mendatang jauh lebih baik dari tahun sebelumnya..selalu diberi kesehatan..sukses dan bahagia.. :)

photo : diambil dari email April 2006 yg beredar waktu berita ttg mesjid Dian Al Mahri, Meruyung - Depok sudah selesai dibangun, namun belum dibuka untuk umum.

4 comments:

Anonymous said...

wahhhhh... mesjidnya bagus banget mbak.

btw, tolong tanyain Ayra mbak.. happy feetnya rame gak? Angina juga mo diajakin nonton happy feet tuh sama tantenya. Kemaren udah nonton eragon. :)

Anonymous said...

lah lah.. ke sawangan kok nggak mampir seeh...
tiap hari aku lewat masjid itu loh May,
dulu juga manasik haji disitu.
bagus banget ya.
subhanallah...

~Bunda ShaHaRee~ said...

iya bagus banget masjidnya ya rahma ... pengen kpn2 ksana deh (mb ratih, ntar aku sms ya klo pas ke sawangan ;-)

hihihi, mknya lain waktu jgn lupa bawa kamera lg ya manya ;-)

Lita Uditomo said...

aku pernah 'kesasar' ke sana waktu perjalanan ke cinere cari2 mesjid buat shalat..

sayangnya waktu itu mesjidnya blm dibuka utk umum, krn blm selesai dibangun...jadi qta ga boleh masuk..:(

tapi waktu itu liat dari jauh aja udah terkagum-kagum...subhanallah..pengen kapan2 shalat disana..

Qurban 10 Dzulhijjah 1447 H

Kembali...selalu ada yang pertama.. Kali ini Alby berqurban dan Insya Allah akan selalu dilakukannya di tahun-tahun berikutnya, aamiin yra.....