Friday, August 22, 2008

permen..o...permen

Photobucket
Permen, siapa yaaa...yang nggak suka permen. Mungkin hampir semua anak-anak suka permen. Anak-anak kami juga gitu. Nah, kita punya cerita tentang permen, kebetulan sejak kecil mereka tidak mama kasih permen..tapi coklat (hii..hi.., sebenernya sih sama aja ya..). Untuk permen, dulu kekhawatirannya kenceng, selain takut giginya rusak..takut aja mereka nggak pinter makannya jadi keselek gitu. Tambahan lagi, dirumah udah nggak ada lagi yang suka makan permen. Mama sendiri sih jaman sekolah dulu iya, termasuk sering malah tapi pas udah kerja gitu, jarang-lah. Karena nggak ingin anak-anaknya makan permen, tentu dirumahpun nggak ada yg makan permen. Kalaupun mama ingin makan permen, udah pasti nggak dirumah. Kalau coklat, anak-anak memang suka. Entah itu wafer coklat, roti coklat, susu coklat tapi juga nggak bisa dibilang terlalu suka. Sekarang ini aja ayra_alby kalau liat coklat yaa..biasa aja.

Kalau anak-anak dapet goodybag ultah, udah pasti goodybagnya disortir dari permen2..ama bibby Linda, Mama atau Andung. Dan selama itu pula anak-anak tidak ada yg protes. Ayra sendiri juga sepertinya tau kalau dia tidak boleh makan permen.., dilarangpun dia jg tenang-tenang aja kalau dibilang nanti giginya rusak. Sampai waktu kelas satu kemarin, rasanya memang udah nggak bisa ditolak atau dilarang lagi. Mama bilang ke Ayra; Abang sekarang boleh nyobain permen, tapi tolong ya bang, kalau makan permen jangan didepan adiknya. Waktu Abang nyobapun tidak didepan Alby. Abang Ayra oke, tapi lucu anak itu..meski udah nyoba beberapa permen.., Ayra akhirnya koment jg kalau dia tidak terlalu suka permen. Yang asem-lah.., yang kemanisan-lah..atau yg pedes-lah katanya.

Tapi dengan Alby lain lagi ceritanya. Sejak bibby Linda bikinin goody bag untuk ultahnya Agung April lalu. Tau-tau Alby jadi gandrung permen. Padahal di goodybagnya itu tidak ada permen. Ada jg coklat kacang cha-cha itu, sisanya biskuit dan susu indomilk satu kotak. Itu sih anak-anak jg udah beberapa kali makan. Sejak itu pula setiap ada kesempatan Alby selalu minta permen (kadang pake merengek segala). Kalau kita belanja, tau-tau dia udah nenteng satu kantong permen. Selama masih bisa dialihkan terlebih kalau ada mama. Mau merengek teuteup aja mama ganti ama yg lain..entah susu kotak..entah cincau..entah biskuit..dan aman. Mama suka wanti-wanti aja ke ayah supaya jangan kasih permen ke Alby.

Nah, ceritanya akhir agustus nanti TK ada kunjungan ke foodmart. Di buku penghubung ditulis makanan dan minuman apa aja yg boleh buat anak. Setelah mama isi, mama tulis jg pesen kalau bisa diusahakan Alby tidak ambil permen. Ditandatangani tuh ama bu guru. Rabu ini mama ke sekolah lagi kebetulan emang mau ketemu bu guru. Dari ngobrol2 gitu, sampai deh ke soal permen. Disitu bu guru bilang; tapi bu, pagi itu ibu guru lihat, ayah kasih permen satu ke Alby dan satu dipegang ayahnya...sementara siangnya pas saya baca buku penghubung, ibu bilang nggak boleh...

gubrakkkkss!! aaarrrrrgggghhhhh, aaayyyyyyaaaaaaaahhhhhhhhhhhhhhhhh........................

adduuh, ayah..ternyata dia luluh jg ama anaknya :((,

Alby kan udah seminggu ini nggak bagus, nangis terus..entah itu dari mulai pisah ama ayah/mama dan tugas2 sekolah, jadi kadang pagi itu ada aja tingkahnya yg bikin mamanya geregetan. Waktu lomba kemarin itu jg gitu..salah satunya minta permen, dan jelas dong nggak mama kasih. Mulai deh tuh tampangnya mau mewek gitu, tapi nggak lama, karena udah masuk dan mau mulai lomba. Rupanya selasa pagi itu Alby rewel lagi.., karena nggak ada mama (mama nggak nganter) Alby minta permen..dikasih-lah ama ayah, mungkin biar Albynya nggak rewel. Sampai bu guru-nya bilang; ya, saya sih maklum aja bu.., biar anaknya tenang :D

Si Ayah, waktu mama ceritain malah nyengir2..ketawa-ketawa..., iiihhh...bete nggak sih?! ayahh...ayahh..., Ayah, lupa yaa...kalau konsisten itu nggak cuma ada di akuntansi/auditing..tapi parenting jg.....(aarggh, gemes mamay..)

gambar:http://www.gettyimages.com

2 comments:

asrita said...

Sama persis ma ayah anak2 ku, suka jadi 'malaikat' jadi2 an gitu hihihi. Ya..begitulah para ayah,selalu punya cara khusus untuk handle anak2 nya. Jd inget papa ku yg jg suka ngelonggarin aturannya mama..hehehe.
Soal permen..alBoogie gk bisa makan permen, sering banget keselek sampe tobat. Beda banget ma Gilang hehehe..
Moga2 Alby makin bisa say no to candy ya dear..

Rahma said...

thank tante Ita,
kadang tuh, si ayah suka galak ke anak2nya dan anak2 yaa..takutlah, sungkan gitu yaa..tapi ternyata justru si ayah yg mudah lumer..he..he..

Qurban 10 Dzulhijjah 1447 H

Kembali...selalu ada yang pertama.. Kali ini Alby berqurban dan Insya Allah akan selalu dilakukannya di tahun-tahun berikutnya, aamiin yra.....