Hari-hari setelah UN adalah hari libur untuk Ayra dan teman-temannya.., ngapain
aja mereka? Yaaa..beragam, Ayra sendiri ada beberapa kali main ke rumah
Haamim…, begitu juga sebaliknya.., mereka ke sekolah hanya untuk latihan pentas
seni sekaligus pelepasan murid kelas 6 tgl 27 Juni nanti.
6 tahun kebersamaan mereka dengan anak-anak yang silih berganti datang.
O ya di kelas 6 ini ada 3 anak baru..2 cewek dan 1 cowok, membuat mereka dekat
satu sama lainnya. Kompaknya nggak nahanin. Sejauh ini saya seneng banget
dengan pertemanan mereka. Karena saya kerja tapi setiap pagi saya antar Ayra.
Saya tetap kenal anak-anak ini. Kalau saya sempatkan turun dan masuk ke halaman
sekolah mereka datang menghampiri saya, menyapa saya, menyalami saya.., jadi
meski nggak pernah nongkrong lagi di sekolah di hari sabtu, saya tetap bisa
melihat bagaimana anak-anak ini tumbuh menjadi ABG tanggung. Berbagai gaya,
tingkah dan ekspressi..khas anak ABG. Setiap saya melihat dan bertemu setiap
itu pula rasa takjub muncul, mereka menjadi lebih tinggi, anak-anak perempuan
terlihat lebih cantik, dan yang laki-laki keliatan mana yang ganteng,
manis dan keren..hehehe…
Kelas 6 angkatan 2012/2013 ini memang luar biasa dan punya cerita
sendiri. Angkatan 2012/2013 merupakan angkatan terakhir dengan murid 40 anak
per kelas yang akhirnya menyusut sampai 38 anak di kelas 6. Angkatan yang dari kelas 1 sudah punya banyak cerita, super heboh, brisik, jail.., punya hobby yang
nyaris merata..musik untuk semua anak. Yang cewek-cewek kepopers, yang cowok
bola dan futsal mania. Kelas yang nggak ada capeknya.
Pernah saya dan ayahnya datang ke sekolah dan bicara dengan wali
kelasnya, tujuannya mau tanya seputar bagaimana Ayra di kelas 6 yang ada bapak
wali kelas malah lebih banyak menceritakan bagaimana serunya mendidik dan
membimbing anak-anak kelas 6. Angka rata-rata di kelas beragam mulai
dari 2 sampai 10. Jadi di kelas ada anak yang payah banget sampai yang
keblinger pinternya.., jika diberi tugas, anak-anak yang telah menyelesaikan
tugas terkadang udah ngilang dan lari ke lapangan, yaaa ngapain lagi kalau
bukan main futsal…
Ketika mereka kelas 1 & 2 intrik seputar anak cewek ada. Untuk Ayra
selalu kami tekankan untuk berteman dengan siapa saja. Memang kelas di SD Pulo
ini hanya satu, setiap tingkatan hanya ada satu kelas. Geng-gengan sempat
terlihat, tapi ketika masuk kelas 3 lebih banyak bermain bersama-sama. Itu
sebabnya banyak anak-anak bilang hal yang paling seru adalah kelas 3 & 4,
kelas 5 nggak asyyik karena wali kelasnya nggak assyik, ini menurut mereka (termasuk
menurut Ayra juga). Nah di kelas 6 lah keakraban, kekompakan mereka keliatan semakin
erat banget..,
Sesuai juga dengan eranya. Era digital. Anak-anak inipun nggak
ketinggalan, mereka bikin twitter dimana admin-nya ya mereka semua
bergantian.., apa aja mereka twit, bahkan hal nggak penting banget pun di twit.
Hanya pengen twitnya rame-lah..followernya
banyaklah, awalnya ikutan nge-link dengan twitnya
Ayra, asli awalnya bener-bener mengganggu, tapi lama-lama saya yang
terkangen-kangen ama twit anak-anak itu, lucunya beberapa dari mereka ikutan follow
saya dan mereka bilang; folback ya tanteeeee…., atas ijin Ayra juga saya boleh
mem-follow Freundschaft07, tapi jangan harap di folback ya may kata Abang, yang boleh
follback cuma anak-anak kelas 6. Oke, baiklah kalau begitu.., Pikir saya
beruntung sekali mereka ya, sudah punya ikatan, jadi kalau mau reuni
gampang..nggak pusing-pusing lagi nguber dimana keberadaan teman-temannya. Dan ide nama Freundschaft07 dari salah satu teman perempuan mereka.
Ketika hari perpisahan semakin dekat, twit-twitnya justru bikin
terharu.., ddduuuhhh..anak-anak ganteng dan cantik, dimanapun kalian
sekolah..dimanapun kalian berada kelak, tetaplah jaga kekompakan, kedekatan dan pertemanan
kalian….
Kamis, 20 Juni 2013
setelah melihat, menyusun dan mengarsip foto-foto angkatan 2012/2013

No comments:
Post a Comment