Setelah pengumuman, kita lanjut ke pendaftaran SMPN. Sebelumnya sekolah
mengundang ortu untuk sosialisasi penerimaan SMPN ini. Tahun ini beda seperti
tahun lalu, dimana sudah tidak ada lagi sekolah RSBI (dihapuskan oleh MA per
Des 2012/Jan 2013). Beberapa bulan sebelumnya ketika kita gerilya keliling SMPN
belum ada info apapun tentang penerimaan tahun ajaran ini. Singkatnya
pendaftaran tahap I atau jalur umum dimana kita bisa mendaftar ke SMPN mana
saja asal berada dalam wilayah DKI, dilakukan mulai tgl 20 hingga 26 Juni
(pengumuman). Berikutnya tahap II jalur lokal dimana penerimaan siswa dilihat
dari KK/KTP ortu berdasarkan kecamatan mereka tinggal dan dilakukan seminggu
kemudian lalu disambung tahap III jalur umum lagi, hingga tahun ajaran baru
dimulai tgl 15 Juli 2013.
Harapan kami, Ayra cukup terhenti di tahap I-jalur umum saja, Insya Allah.
Dalam pemilihan urutan SMPN pun perlu strategi. Kita tidak mau terperdaya dengan
nilai Ayra yang (menurut sebagian orang) bisa diterima di SMPN mana aja yang
dia mau. Hiiii...alhamdulillah itu mah..., ;-). Dari hasil keliling sekolah
udah tersaring SMPN mana aja yang Ayra mau. Untuk pilihan kedua dan ketiga udah
mantap yaitu SMP 12 dan 13. Ayra ingin andai nanti dia terlempar dari pilihan
pertamanya, maka jatuhnya di pilihan kedua, yaitu SMP 12, oke. Nah yang jadi dilema adalah
pilihan pertama. Tahun lalu Ayra ingin 19, lalu berubah jadi 11, lalu setelah liat
sekolah Ayah dulu, 68 dia juga mau. Tapi ini agak setengah hati dia. Setelah UN
tersaring 2 pilihan utama SMP 11 & 68. Untuk 2 sekolah ini, peringkatnya
berada dalam kapasitas yang sama. Sama-sama mantan RSBI. Tapi nilai tertinggi
nem masih dipegang oleh SMP 68. Sementara saya, setelah liat 2 sekolah ini,
jatuh cinta pada 68. Sekolah yang sejuk..nyaman..pokoknya hati seneng aja, sama
halnya ketika kita ketemu TK & SDnya anak-anak. Kalau Abang mah terserah
gimana anaknya. Akhirnya kita sisir lagi..bikin plus minusnya..dan tentu juga
diukur kemacetannya ;-) Dan malam menjelang pendaftaran online, Ayra telah menetapkan pilihannya, 68-12-13
Senin, 24 Juni hingga Rabu 26 Juni menjadi hari yang mendebarkan bagi mama dan ayah. Nggak
bisa kerja, tiap saat mantau Ayra dan anak-anak Pulo. Kata Abang, serasa liat
orang balapan. Deg-degan kalau liat namanya tergeser. Alhamdulillah..Nama Ayra
bergeser sedikit demi sedikit, menjelang tgl 26 Ayra tergeser jauh, karena
dapat limpahan dari SMP 85, 68 sebagai pilihan kedua mereka. Dan akhirnya tgl
26 Juni per jam 16.00 nama Ayra ada di SMPN 68 dengan no urut 66..., bersyukur
tiada henti..alhamdulillah..harapan kami terkabul diterima di tahap I, terima
kasih Allah swt..
Dan di tahap I ini setengah murid kelas 6 sudah diterima di SMPN impian mereka..
Congrats, Althayra !
Rabu, 26 Juni 2013, masih gundah karena belum lapor diri :D
No comments:
Post a Comment