Tuesday, March 18, 2014

Ketika Alby mogok sekolah

Apa yang kita rasakan ketika suatu waktu anak kita mogok sekolah? 
Nangis-nangis minta nggak sekolah? 
Berjuta alasan dia ungkapkan untuk tidak sekolah? 
Dengan tegas dia bilang ; Bosan sekolah !!!

Sedih, tentu...tapi yang mama lakukan adalah menahan hati..dan berusaha tenang dulu..mikir..mikir..karena kalau mama tidak tenang bisa jadi Alby akan semakin gusar. 

Berawal dari muntah-muntah di kelas pada akhir Januari 2014, dikerokin dan diberi minyak angin oleh pak Guru. Oma pun di telpon untuk segera menjemputnya pulang. Ketika ketemu Oma, Alby bilang ; Oma, ada mama di rumah Andung..., iya saya cuti jumat itu.., Sampai rumah wajahnya sumringah dan minta jemput ayah. Seperti tidak ada muka sakit atau lemas.

Senin, berangkat seperti biasa. Siang ditelpon Oma kalau Alby muntah-muntah lagi. Karena mengingatkan 2 hari sebelumnya anak ini baik-baik saja, saya minta tetap sekolah, dan memang seharian itu selamat sekolahnya tanpa terlihat sakit atau lemas. Rabu..Kamis..berbagai alasan mulai keluar.., bilang kalau tenggorokan sakit, badan Alby panas...dan menjerit nangis di depan pagar rumah..ketika segala sesuatunya sudah siap. Bilang juga kalau mau di rumah aja sama Andung dan nyebut bosan sekolah...

Akhirnya..mulailah kita mikir. Ayah dan mama cari tau..gerilya. Anaknya pun kita bolosin sekolah.., berbarengan juga kena infeksi tenggorokan, tapi badan sehat.. 5 hari sudah Alby bolos sekolah...

Mama tanya ke sekolah, telpon dan ngobrol ama ibu wali kelas. Sejauh ini tidak ada masalah baik dengan guru, teman dan lingkungan sekolah. Sekali waktu saja ketika Alby muntah-muntah guru pendampingnya kebetulan harus pegang anak lain yang mau belajar komputer sementara Alby yang habis muntah istirahat di kelas. Mama dan Ibu guru merasa Alby agak cemburu tapi ini sudah teratasi karena ketika kembali ke sekolah Alby dan guru pendampingnya sudah baik-baik saja. Mama juga minta, kalau telpon ke Alby bilang kalau ibu guru dan teman teman kangen.., ketika Alby masuk, anak-anak riuh menyambut Alby..., 

Ayah, dari pengamatannya..dia merasa bagi Alby sekolah adalah satu paket dengan les les yang diikutinya. Padahal hari les bisa beda. Kumon juga, Alby memang kita ikutkan kumon, kumon yang pemula banget. Bukan kumon untuk anak kelas 4. Tapi yaa..memang gelasnya Alby untuk kumon sudah penuh kali ya..sehingga sudah tidak mampu lagi dibendungnya. Kumon kami stop, demikian juga dengan Ibu Mel. Ternyata kalau yang Ibu Mel Alby masih mau. Baiklah itu kita jalanin. Lepas itu sekolah lancar lagi..berjalan 2 minggu dengan hati tenang...

2 minggu setelahnya...aaaiihhh..kumat lagi, tiba-tiba aja nangis lagi minta nggak mau sekolah, mau di rumah aja ama Andung. Dibolosin lagi ama Ayah. Namun di rumah juga macam orang bingung, nggak tau mau ngapain. Kata Alby ke Andung: Andung, Alby ini mau apa? Alby bingung Ndung... :-(

Lalu dibujuk ayah, tetap berangkat sekolah namun semua semuanya terserah Alby. Alby ndak mau pake seragam kita ladenin, tapi baju seragam tetap kita bawain. Bener ternyata sampai sekolah minta ganti seragam. Nggak enak hati kali ya..beda ndiri hihiii...,  Lalu dari berangkat sampai sekolah ini kata katanya : Ayah, abis sekolah ini Alby pulang, abis pulang ke pim ama Oma, abis itu pulang deh ayah....., begituuuuu..terus sampai ke sekolah. Ketika pulang, mengatakan hal dan cara yang sama ke Oma, dibawalah ama Omanya mampir pim dulu..., makan bakmi GM, muter satu keliling..lalu pulang. Lalu selamat lah sekolah sampai hari ini...

Sabtu kemarin, bu Atih-guru TK Alby ndilalah bbm, tanya ; Ibu, Alby gimana kabarnya? Hadduuhh..hati saya jadi terharu..karena udah nahan nahan hati jadi mau nangis rasanya..., beliau bilang lagi kalau akhir akhir ini keingetan Alby..., hadduuuhh, terima kasih Ibu..., saya pun cerita..sharing tentang mogoknya Alby. Menurut Beliau bertambahnya pelajaran..bertambah pula beban Alby untuk berpikir....., ya mau gimana lagi? Semakin tinggi kelas, pelajaran pun bertambah...

Insya Allah..Alby semakin semangat dan lancar sekolahnya..tidak ada ngadat lagi..ya..ganteng..cintanya mama..


My dear Alby sayang, mama dan ayah tetap ingin Alby sekolah. Banyak hal yang bisa Alby dapatkan di sekolah, baik itu sedikit ataupun banyak.., kelak itu semua akan menambah wawasan Alby..., membuat Alby semakin pandai.., tidak ada yang sia sia untuk segala hal yang kamu pelajari Alby sayang...dan jangan khawatir mama, ayah dan abang Ayra akan senantiasa mendampingi Alby hingga mandiri kelak....♥

ditulis : Senin, 17 Maret 2014 setelah 2x mogok sekolah

No comments:

Qurban 10 Dzulhijjah 1447 H

Kembali...selalu ada yang pertama.. Kali ini Alby berqurban dan Insya Allah akan selalu dilakukannya di tahun-tahun berikutnya, aamiin yra.....