Monday, July 17, 2006

Ketika ayah di rumah sakit..

Sabtu, 15 Juli 2006

Setelah dua minggu cari tau, ke dokter terus juga tanya ke tante Icha -temen kuliah mama-, ayah gerilya cari tau lewat temen-temennya, terus juga pengalaman waktu Ayra operasi ganglion di kakinya, akhirnya Ayah memutuskan untuk operasi juga. Selama ini di pergelangan tangan kanan dan punggung atas sebelah kanan ayah ada benjolan. Dulu sih sempet nebeng tanya-tanya kalau pas anak-anak lagi ke dr.Dwi Putro atau juga ke dokter di knt ayah. Mereka bilang benjolan ditangan dan punggung ayah itu ganglion. Persisnya kapan benjolan itu ada manya dan ayah juga lupa2 inget, yg pasti sih dari Ayra bayi benjolan itu udah ada. Karena memang nggak terasa sakit juga tidak mengganggu ya..ayah tenang-tenang aja. Waktu Ayra operasi ganglion, sempat jg Ayah mau cek yg serius, tapi Ayah (merasa) lagi repot banget, jadi ragu mau cuti akhirnya yaa..cerita tentang 2 benjolan ini lewat aja. Nah..mulai akhir bulan lalu, Ayah mulai kasak-kusuk nih.., sebenernya manya mulai rada khawatir juga terutama yg dipunggung, sepertinya kok makin lama makin melebar. Dari hasil pemeriksaan (seperti yg udah kita duga) yg di pergelangan tangan itu ganglion (diameternya 3cm), sementara yang di punggung itu lipoma (diameternya udah 7cm). Dokternya menyarankan untuk operasi sekalian nge-bersihin jaringan yang dibawahnya.

Photobucket - Video and Image Hosting Photobucket - Video and Image Hosting

Op dijadwalin tgl 15 sabtu kemarin, op-nya termasuk op sedang jadi besoknya ayah dah bisa pulang, pikir kita kalau sabtu biar anak-anak ada yg jagain..tapi ternyata o..la..la.., nggak ada yg bisa dititipin :(, jadilah kita boyongan ke rumah sakit. Dari malam sebelumnya Ayra_Alby udah mama pesanin (omongin) kalau besok ayah harus masuk rumah sakit, harus operasi jadi anak-anak mesti kompak ama manya; selama nungguin ayah, tidak boleh ribut, tidak boleh bertengkar, tidak boleh gendong, tidak boleh rewel, dan harus sabar (eitss..memang anak manis semua, pd akhirnya yg nggak lulus cuma yg 'harus sabar' itu..).

Setelah beres makan pagi, kita berangkat. Urus-urus admin sebentar terus kita diantar ke kamar dilantai 4. Sampai lt 4 ayah mulai diperiksa..tensi, suhu badan..kalau utk labnya udah 2 hari sebelumnya. Selesai ayah periksa, sambil menunggu menjelang jam 12 (jadwal op ayah) kita main ke taman belakang, kecuali ayah. Ditaman banyak oma-oma dan 2 opa yang lagi senam. Kita main sama kira2 jam 10.30. Abis itu kita balik ke kamar ayah. Di kamar Ayra_Alby lebih banyak main mobil, kadang mewarnai, gambar dan nonton tv. Jam 11.30 Ayah diminta siap-siap ama suster utk ke lt 2 -ruang op-, ganti baju op dulu..terus setelah siap sambil duduk dikursi roda kita ke lt 2. Alby liat ayahnya duduk di kursi roda, ikutan naik juga. Duduk deh dia dipangku ayah.

Pas sampai di lt 2 persis didepan pintu operasi, kita udah nggak boleh masuk lagi. Ya..sudahlah kita dadahan dulu ama ayah. Alby nggak nangis niii...masih tenang.., dan anteng aja. Manya sebenernya pengen nunggu aja (agak H2C jg nih soalnya), karena op-nya kata suster nggak sampai sejam. Tapi Ayra keukeuh pengen ke Mc Donald (dia sih naksir ama hadiah cars happy meal), mama tawarin bekal yg dibawa dr rumah, dia nggak mau..ya..sudahlah..kita ke McD dekat rs, dduhhhh..yaa.., manya nggak bisa tenang..., keinget ayah mulu..tapi jg nggak bisa cerita ke anak2 :(, tapi lucunya anak2 jg makannya nggak nyaman.., Ayra malah cuma mau kentangnya aja itupun yg ukuran kecil, biasanya mau yg besar, minum milonya nggak habis. Alby malah nggak mau sama sekali..cuma mau susu aja. Nenteng anak 2 yaa..nggak bisa buru2 jalannya.., sampai lt 2 lagi, rame banget orang..rupanya ada satu pasien -sebelum si ayah- kritis setelah op, keluarga besarnya ada yg diem aja..ada yg nangis.., walah! jelas manya mules juga jadinya. Duuhhh.., mana suster nggak keliatan.

Akhirnya ada jg yg suster yg keluar. Langsung deh, manya tanya;
"Suster Pak Tito masih op apa udah selesai"
"oo..sudah bu, sudah selesai lagi diruang recovery.."
"udah sadar belum?"
"sebentar lagi ya bu.."
susternya senyum ajah. Duuuhhh...

Ayra mulai deh tanya2 kapan ayah keluar.., mama jelasin dan kebetulan dia jg denger apa kata susternya jadinya yaa..dia tenang lagi. Alby masih tenang. Sementara keluarga pasien yg lainnya silih berganti pergi, kok ayah belum keluar2 juga ya..., si Abang udah nyuruh manya tanya suster lagi, begitu ada suster yg keluar manya tanya lagi;
"suster, pasien bapak Tito masih didalam kan?"
"masih bu.."
"udah sadar belum?"
"sudah bu, tinggal tunggu dijemput ama lt.4"
"beneran udah sadar?"
"iya, bu.."
"alhamdulillah, makasih ya..suster" :)
dduhh, lega deh manya.., Ayra yg ikutan denger seneng juga dia.

Tapi ternyata kita harus menunggu lagi, karena suster di lt 4 lagi pada sibuk ngurus pasien yg kritis tadi..., mulai deh Ayra_Alby udah pada nggak sabar, kita sampai pindah tempat duduk..dari ruang tunggu..pindah ke meja petugas yg jaga, terus pindah lagi main di tangga, terus pindah lagi didepan lift. Alby mulai menunjukkan ketidaksabarannya sambil terus panggil2 ayah kalau ada orang yg lewat2 depan pintu op. Sementara Ayra jadi hobby mengeja kata 'la-ma bang-nget' nanti disahut ama mama 's-a-b-a-r' he..he..he..(kata ayah sih, pas masa2 ini ayah juga nggak sabar, soalnya dia denger dari suster2 di kamar op, kalau suster2 di lt.4 sibuk ama pasien yg masuk ruang ICU, yg op sebelum ayah)

Akhirnya jam 15.30 keluar deh ayah, wahhh..leganya kita.. :) langsung anak-anak pada lari nyamperin ayah. Tapi Alby terus diam ditempat, nggak jauh dari tempat tidur dorong ayah. Tiba-tiba..Alby menjerit..sekencang2..dan teriak 'aaayyaaaaaaaaaaahhhhhhhhhhhhhhh' sampai mukanya merah padam dan badannya agak nge-bungkuk gitu.., wadaaoww histeris tangisnya..! sampai susternya tanya; "kenapa dek?" soalnya nggak jatuh, nggak kenapa2.., kok tiba-tiba nangis..dduhh, ternyata Alby kangen..terus jg kesal kali ya..ama ayah..karena keluarnya lama..terus mungkin jg ketularan mama dan abang yg diem2 sama2 khawatir ttg ayah :(. Ama suster disuruh naik aja ketempat tidur, begitu tidur bersebelahan ama ayah.., si ayah dipeluknya..dicium2 sambil tetap menjerit..., dduhh...by, sinetron kalah nih.. ;), sampai susternya bilang; yg op ayah apa anaknya niii? (soalnya kata suster, kalau anak2 yg op biasanya nggak lama abis sadar mereka suka nangis atau menjerit gitu.., walau nggak semua anak begitu). Didalam lift kebetulan kan ada 2 cowok anak kuliahan gitu deh, berdiri dekat tempat tidur, Alby ditegurnya baik2.., 'kenapa dek?' waaahhh, ngamuk dia..dipukulnya si Oom satu, Oom yg satunya lagi ngeledekin, 'makanya jgn jail lu..' eee..si Oom yg ini kena tendangannya Alby, haduh..haduh..mama ama ayah langsung minta maaf, maaf ya..Om..maaf, Alby lagi sensitif...nihh..., hiii..sampai si Oom itu bilang 'peace man...peace man..' ke Alby..., kita-kita yg dilift jadi pada ketawa...

Susternya heran, 'tadi pagi bukannya ketemu ama ayahnya ya, bu..? datengnya sama2 kan? sampai segitu kangennya ama ayahnya...' susternya senyum2...
Sampai kamar Alby udah mulai tenang.., tapi belum mau lepas dari ayah, nggak nempel lagi sih..cuma duduknya jadi deket ayah, si Abang mah tenang aja..

karena tangan ayah dibebat, mau nggak mau pake kidal dulu deh.., dan kita dikamar ayah aja sampai tante Linda dateng jemput kita pulang.

Minggu, 16 Juli 2006

Siang ini ayah pulang. Dan Andung ama tante Linda bisa nemenin Alby terapi. Pulang terapi Alby ke rumah sakit. Sementara mama ama Abang jalan duluan, soalnya mau ngurus admin-nya dulu. Keluhan setelah op nggak ada, hanya punggung tangannya ayah jadi bengkak. Belum tau nih kenapa.., kalau hari ini dr. Agung-nya datang mungkin sekalian dicek, tapi kalau nggak berarti Senin besok pas kontrol. Anak-anak juga pada manis, menepati janji tidak ada yg minta gendong ayah.

Senin, 17 Juli 2006

Sore ini kita janjian ketemu di RS, kontrol tangan dan punggung ayah. Tapi karena macet akhirnya manya tunggu di PIM aja. Menurut dokter lagi tangan ayah yang bengkak itu pendarahan karena banyaknya jaringan yg diambil (baca:dibersihkan) untuk ganglion yg ditangan ternyata udah melebar, walau tidak berbahaya. Sedangkan yg dipunggung sudah bersih ke akarnya. Tangan ayah masih harus dibebat selama 6 minggu. Plester yg dipunggung sih dalam beberapa hari ke depan udah bisa dibuka. Ya..sudah deh..cepat sembuh aja ya, yah... :)..

kalau yang mau tau tentang ganglion, klik aja link ini tentang Ganglion

9 comments:

BundaZidan&Syifa said...

aduh ayah, cepet sembuh ya.. kasian abang ama adek, manya apalagi...

doa dari kami semua...

Anonymous said...

alhamdulillah operasinya lancar ya.. moga2 cepet pulih :).

Alby kayak si N nih, kalo marah, di'senggol' tambah marah. pake nendang & mukul pulak. huhuhu.. lagi dalam rangka ngajarin ga boleh mukul nih.

Mama Zaza said...

manya... ciri2nya ganglion gimana seh? si papa juga ada nih kek ayah gitu, kalo dipegang ga sakit sih tapi ini mayan banyak trus mencar2 juga, ada dipunggung, ada ditangan juga, dulu pernah ada yg dioperasi tp hasilnya jadi bekas gitu, jadi si papa ga mau periksa lagi.

buat ayah, cepet sembuh yaaa...

abyaz-bayza said...

moga2 si ayah cepet sembuh ya..

Lita Uditomo said...

duh, semoga cepet sembuh ya, ayah..

ayra-alby hebat udah besar, bisa nemenin mama nungguin ayah..

Rahmi Sukma said...

Moga Ayah Ayra dan Albi cepat sembuh ya...

~Bunda ShaHaRee~ said...

manya, maaf br tau nih ayahnya 2A baru operasi, moga2 skr udah baikan ya ....

heubattt ayraalby bisa tahan selama itu nungguin ayah-nya ya ... salut ...

hihihi alby segitunya ya waktu ketemu ayahnya ;-)

TomInta family said...

OO baru tau kalo Ayahnya Ayra Alby baru operasi? begimana keadaannya sekarang? semoga udah pulih sekali ya....

Anonymous said...

Sekarang Ayah udah sembuh ya? Alhamdullilah dan maaf telat tau :D

Qurban 10 Dzulhijjah 1447 H

Kembali...selalu ada yang pertama.. Kali ini Alby berqurban dan Insya Allah akan selalu dilakukannya di tahun-tahun berikutnya, aamiin yra.....