Masuk hari ke 12, pulang kantor mama dapet laporan dari Andung kalau Abang mimisan. Darahnya sih lumayan banyak..tapi bisa tertanganin. Memang, puasa-puasa ini kan kalau tengah hari panasnya garing amat. Nah..pulang sekolah itu abang keukeuh minta main ke mesjid dekat rumah ama Oma Yet. Karena panas terik Andung melarang, kata Andung kalau nggak sore..nanti aja perginya ama ayah. Seminggu sekolah libur itu yaa..nggak ke mesjid karena Oma Yet nggak kerumah. Karena dah kepengen2 abang maksa-maksa. Sekali waktu sempat dikasih, tapi hari ini nggak. Ayra mimisan menjelang sore hari, kayaknya sih panas dalam deh..'Andung, ini kenapa? hidung abang berdarah?'
'kenapa bang? hidung abang luka?'
'nggak ndung, nggak ada sakit..nggak ada luka..tapi kok berdarah?'
'oo..pasti mimisan ini.., wah, kayak si mama juga nii..'
Terus, mama diminta Andung nyari daun sirih ke tetangga..sebenernya waktu mama pulang itu darahnya dah nggak keluar lagi, tapi yaaa..Andung khawatir aja. Kalau Abang Ayra luka, lecet dikit dan yg berdarah-darah..waaahhh..jeritannya nggak tanggung2..heboh deh... Lecet dikit, dikasih betadine..terus minta di plester.., giliran diplester, plesternya nggak mau diganti sampai nunggu plesternya lepas sendiri. Begitu juga pas mandi..nggak boleh kena air dikit. Hikss..mungkin Abang Ayra jadi begini, bawaan anak pertama yg dijaga banget supaya nggak jatuh..atau memang karakternya abang. Meski kita udah bilang lukanya nggak apa-apa rasanya nggak ngaruh buat Abang. Lain ama Alby (disini bukan maksudnya membeda2kan ya) jatuh bangun yaa..nggak nangis paling jg nyengir..kalaupun nangis nggak sampai jejeritan. Kecuali kalau sakit banget..baru deh tuh.., diem sejenak..lalu..wwwhuuuaaaaaaaaaaa... :((
Tapi seiring dengan umur, keadaan begini udah berkuranglah..sekali waktu jatuh disekolah..jidatnya luka, menurut gurunya, Abang nangis pas jatuh aja..pas diobatin diam tuh..sampai Oma Yet-nya terheran-heran, karena Oma udah nge-bayangin bakalan panjang nangisnya. Tapi meski begitu, abang itu tau kalau sakit. Apa-apa yg dikasih tau mamanya pasti diturutnya. Jadilah hari itu abang puasa hanya sampai jam 12.
Kalau soal mimisan. Mmmmm..ini jelas banget deh keliatan kalau Ayra nurun dari mamanya. Manya dari kecil sampai udah kerja gini (3tahun terakhir ini sih udah enggak, terakhir rasanya pas Ayra umur2 2-3thnan)..teuteup ajah masih suka mimisan. Apalagi kalau sudah berpanas-panas ria. Kalau berganti musim juga gitu. Mimisan dah jadi langganan. Yang teringat ama Manya itu pas upacara waktu SMP. Hari senin, pake seragam putih-putih..lagi hormat bendera..begitu selesai..hopla! baju putih udah ganti jadi warna merah..untung lagi megang saputangan handuk yg nggak berapa lama ikutan jadi merah juga..dah gitu pulang deh. Kirain udah kerja nggak ngalamin lagi mimisan ini, ternyata masih juga. Waktu itu kerjaan lagi senggang ada 2 harian gitu keluar kantor, wwwiiiii..diluar ternyata panas terik. Balik kantor, istirahat sebentar terus ke toilet, biasalah..bersih2..pas bersihin hidung..baru tau kalau mimisan..liat ke baju..ada cipratannya dikit.., bagus pake yg bermotif jadi nggak keliatan sekali. Makanya tadi pas Abang cerita ke tante Linda kalau dia mimisan. Jawabnya tante Linda; 'kayak mama aja bang, mama tuh sering banget mimisan..' Komentnya tante Mimi juga nggak beda, 'Mama juga sering mimisan bang..'
Dihari ke 17 puasa, abis makan sahur..mama tidur-tiduran bentar..sambil nonton tv, belum masuk waktu imsak. Tiba-tiba aja abang bangun, dengan mata masih terpejam abang bilang kalau dia mau makan sahur. Kirain mamanya abang ngigau..ternyata enggak. Bangun sahur dengan sukarela dan nggak lama duduk manis di meja makan. Ini pertama kalinya abang ikutan sahur. Abang tau kalau puasa, malamnya kita harus bangun utk sahur. Terkadang sehari atau malam sebelumnya suka mama ajakin, 'ntar ikut sahur yuk bang..' atau 'bang, nanti malam kita bangun yah..buat makan sahur' abang sih selalu menyatakan 'iya' atau 'oke..ma' tapi pada kenyataannya dia masih tertidur. Sampai saat ini mama dan ayah belum terlalu memaksakan Ayra buat bangun sahur, takutnya dia malah sebel dan keburu bete utk sahur dan berpuasa. Jadi kita milih tetap mengajak dan membiarkan Ayra bangun dgn sukarela. Terkadang Ayra-nya sendiri yg tanya kenapa dia nggak dibangunin.., yaaa..gimana? biar digoyang-goyang tetep aja dia bobo. Mama sih udah pesen juga.., diniatin aja kalau abang mau bangun sahur..pasti deh..nanti abang ke bangun.
Karena abang ikutan sahur, mama perbolehkan dia berbuka di jam 10. Kata Andung sih..memang dia buka jam 10 itu tapi cuma minum susu 2 kotak (susu ultra yg kecil2 itu) setelah itu lanjut lagi puasa sampai sore, ditawarin makan nggak mau. Sejak hari itu..setiap berbuka siang..abang Ayra cukup minum susu atau air putih aja. Memang yaa..ternyata yg bikin anak-anak nggak kuat itu rasa hausnya. Wah, buat mama sih udah satu kemajuan walau ada harap2 cemas takut anaknya kelaparan/lemes/sakit.. :D. Sementara kata Andung lagi, sejak puasa ini Andung liat Ayra kurus banget! he..he..he.., nggak papa yah ndung.., nanti kita gendutin lagi si abang ;)
Semoga, sepuluh hari terakhir Ramadhan, semangat Ayra utk puasa masih jalan terus...
8 comments:
wah, hebat euuy.. bertahan ya bang Ayra, ayo kamu bisa!
Soal mimisan, aku jarang ngalamin..itu penyebabnya apa ya, krn kepanasan?
Ayra heybatt!
sama tuh Hafizh juga kurusan sejak puasa,
tapi gak papa yang penting sehat yaa...
keren bang. huibatt lah pokoke. bertahan ya bang, udah hari2 terakhir niii... gak nyangka ya may, si gede sekarang udah GEDE.
Mimisannya karna kecapekan kali yah mbak?
btw, moga puasanya Ayra lancar yah Ayra. :)
hebat... walaupun kurusan, tapi insya Allah bisa tamat ya Ayra :)
wah, abang Ayra makin pinter ya puasanya..mudah2an besok2 ikut bangun sahur lagi ya..
iya tu, Ma..anak2 juga selalu jadi kurus kalo lagi puasa, meskipun abis buka malemnya masih makan lagi...hehe...gpp yang penting bisa 'khusu' puasanya ya..
ayoo bang, insyaAllah puasanya kuat ya smp akhir ..
gpp ma agak kurusan, ntar habis lebaran lgs digenjot lg ;-)
btw, lebaran kemana nih ?
Ayo bang..terus berpuasa. Puasanya abang pasti bikin abang jadi lebih soleh..amin.
Kurusan sih gk papa bang..kalo abang ngeliat Gilang ehhm..kurus bgt..
Badan boleh kurus..tp semangat..maju terusssss yaaaa
Post a Comment