Tuesday, October 03, 2006

Sepuluh hari puasa..

Gimana dengan puasanya Abang Ayra? Alhamdulillah lancar-lancar aja ...meski disela-sela gitu ada aja ulahnya.. Kata Andung, kalau dari pagi sampai menjelang jam 12.00 Abang banyak main ama Alby pakai gerakan entah lompat-lompat....bisa dipastikan kira-kira jam 10.00 - 10.30 anak 2 itu udah nge-deprok depan kulkas. Kalau udah gini, biasanya nggak lama dia minta buka aja..terus makan..lalu..lanjut puasa lagi sampai bedug maghrib. Tapi kalau aktivitas siang Abang cuma baca-baca..atau nonton tv..atau mainnya nggak banyak gerak..pasti buka puasanya jam 12-an. O iya..selama seminggu pertama puasa sekolah diliburin.

Sekali waktu pernah mama-ayah pas istirahat siang telpon ke rumah. Abang cerita kalau dia udah buka puasa, minum susu. Mama tanya 'kan belum jam 12 bang?' jawab abang; 'gini may, daripada susunya dicecerin Alby ke lantai mending Abang minum ajah..' :D

Hari Jum'at..pulang kantor, tiba-tiba aja abang Ayra bilang kalau hari sabtu-minggu dia nggak mau puasa. Yaaa..kenapa? jawabnya; 'biasanya kan kalau hari sabtu-minggu mamay suka ajak abang jalan-jalan..nah, abang capek kalau jalan-jalan..nanti kan pasti abang haus..' ;) 'Oke deh, kalau kita dirumah aja gimana?' 'Abang puasa lagi..' tapi akhirnya seperti tahun lalu, sabtu sorenya kita ke mesjid Agung Al-Azhar..berbuka dan maghrib disana.

Photobucket - Video and Image Hosting

Hari sabtu siang kemarin, liat Alby makan coklat..kayaknya abang lupa puasa.., tau-tau..didepan mama dia asyik ajah ngunyah.., enak banget gitu.., terus mama tegur; 'lho? abang emang udah buka? abang lupa diri yah?' (-maksud hati mau ngucapin kata 'lupa puasa' eee..kok yah, yg keluar malah 'lupa diri' :D). Jelas aja abang langsung nyahut 'Abang nggak lupa diri kok may!' (-maksud abang, dia inget ama dirinya..-), ayah ketawa dengernya.., duuhh..mama langsung minta maaf..kalau salah omong, tapi abang mah nyantai-nyantai aja..terus nyambung lagi..'oo..iya may..abang lupa..tapi nggak papa ya ma.., abang abisin dulu..coklatnya baru puasa lagi' hi..hi..

Abang juga pernah komplain soal jam berbuka siang hari. Mama sih inginnya..(dan maunya mama-ayah juga sih)..abang itu berbuka di jam 12, jadi kalau menjelang jam-jam 12 itu suka mama bujuk2in..'bentar bang..' atau 'dikit lagi..bang..' atau '5 menit aja..bang' Rupanya beda dengan Andung. 'Kalau ama Andung, abang boleh buka jam sepuluh..kalau nggak jam sebelas, kalau sama mama..mesti deh jam 12..hhhhhh....' Padahal sih meski buka jam 10 atau jam 11 tetap aja abis itu Abang puasa lagi sampai bedug maghrib.

Senin kemarin, anak-anak udah masuk sekolah lagi. Dari sekolah sih udah ada pengumuman kalau selama bulan puasa nggak ada acara makan. Tapii..karena ini pertama kalinya abang puasa jalan-jalan, yah mama jaga-jaga aja. Mama bawain abang bekal burger, karena pulang sekolah hari ini jam 11-an..yaaa..kali-kali aja abang dah pengen berbuka disekolah..Tapi ternyata enggak lho! Abang justru makan burger-nya dirumah, pas dengan jam berbukanya..hi..hi..hebat deh bang! Abang jg cerita kalau temen-temennya banyak yang berpuasa, bahkan ada yg udah sehari penuh. Gitu deh..cerita hari-harinya Abang belajar puasa. Meski Alby hilir mudik minum susu..Abang Ayra nggak mudah tergoda, kecuali yang pas Alby makan coklat itu.., Yang mama dan ayah suka sampai sekarang semangat abang untuk berpuasa masih kenceng.., moga-moga bisa terus sampai akhir Ramadhan....yah..bang.. :)

9 comments:

Anonymous said...

hahaha...abang pinter deh. Iya bang, klo susunya dicecerin ke bawah kan mubazir yah?! xixi...

Lita Uditomo said...

hihi...seru banget deh baca cerita puasanya abang..:)

gimana atuh sama andung mah boleh buka jam 10, sama mamay mah ga boleh...qqqq

Anonymous said...

manyak, kan yang penting abang udah niat tuch puasa, iya gag bang he..he..
Alby, hayoo..jangan "goda iman" abangnya ya, coklatnya diumpetin aja :)

Anonymous said...

Hafizhku kalo gak sekolah malah 'pintar' puasanya may,
kalau sekolah malah jadi gampang haus dan gitu deh banyak alasannya biar bisa buka puasa;-)
padahal sekolahnya cuma libur sehari pertama puasa aja.

Anonymous said...

heheheh Manya sama Andung ga kompak.. hihihi..

~Bunda ShaHaRee~ said...

wahhh abang tergodanya ama coklat aja ya bang ? ;-)

kyknya emang lebih berat dari pagi ke siang ya ma, shafa jg suka nawar2 bukannya sblm jam 12, pdhal klo habis jam 12 lancar2 aja tuh puasanya ...

Anonymous said...

ihh.. abang huebattt eui!!! bangga jadinya punya ponakan nih! eee.. abang 'penikmat' coklat banget ya.. jadi inget waktu kecil makan nasi sama meses.. tergodanya ya sama coklat.. ckckckck.. ci bibby itu gak boleh beredar dengan coklat dong ya...

Mama Zaza said...

hehehe.... puasanya abang seru juga ya manya? met puasa yaaa....

asrita said...

Abang hebat! Puasa bisa dinikmatin kaya abang kan hebat tuh..bener2 gk ada beban deh :)
Besok puasa lagi ya bang..

Qurban 10 Dzulhijjah 1447 H

Kembali...selalu ada yang pertama.. Kali ini Alby berqurban dan Insya Allah akan selalu dilakukannya di tahun-tahun berikutnya, aamiin yra.....