Ini cerita tentang rendang.., bukan cerita tentang mama jago bikin rendang, enggak kok mama mah nggak bisa. Malah tante Naning -karib mama yg orang Jawa- jago banget bikin rendang, terus Mamanya Angina yg juga pinter masak rendang. Ini cerita rendangnya Andung. Setiap bulan puasa tiba..kegiatan Andung yg utama adalah..ngeluarin kuali gede, panci setinggi dandang buat masak santan..dan bolak-balik ke pasar beli daging dan bumbu2nya. Jaman mama kecil kegiatan ini udah jalan. Apalagi sih kalau nggak masakin rendang. Dulu pernah kalau untuk bikin rendang di pool ke Andung. Terus nanti menjelang lebaran dibagi-bagiin deh ke yg nitip2 dibuatin rendang yg kebanyakan masih saudara kita. Mestinya sih Andung terima pesanan aja kali yaaa...he..he..
Saking seringnya Andung masak rendang (kayaknya sih seringnya pas puasa aja selain itu jarang), kita-kita udah garing ama rendang. Dan buat mama sendiri. Makan daging itu yaa..kalau pas Andung bikin rendang atau dendeng balado aja. Karena kalau Andung yg masak dagingnya empuk, maklum deh..gigi dah kayak nenek2..ngilu gitu..kalau ketemu daging :D. Ternyata Ayra ketularan garing ama rendang juga. Karena Andung bikin rendangnya nyicil..hampir sepanjang minggu ini Andung masak terus. Bolak-balik juga Ayra tanya; 'pedes nggak ndung' (fyi, Ayra ogah makan pedas; kepala abang keringatan, abang nggak suka gitu katanya). Ngiler juga Abang liat rendangnya Andung. Akhirnya dibuatin ama Andung 'rendang daging giling' yang sama sekali nggak pedes buat cucu-nya. Ayra seneng..dan Alby enjoy aja. Rendang kan awet yaaa...karena besoknya lagi..besoknya lagi liat rendang..Abang Ayra komplain; 'May, abang tuh suka ama rendang Andung, tapi nggak mau sering-sering..' awalnya sih ngomongnya pelan-pelan..takut kali yaa..kedengaran Andung. E..ternyata Andung dengar...terus Andung bilang lagi..'tenang bang.., nanti rendangnya jadi beda deh..pokoknya enak deh..' Lalu..lalu...hopla! Rendang daging giling anak-anak diolah lagi dan jadilah..rendang mie gaya spaghetti. Duuuhhh..Abang nggak sabar nunggu waktu berbuka..Mama pulang kantor bedug belum bunyi udah minta makan..'sabar.., tahan dikit bang..' dan begitu bedug bunyi..abang segera minum terus makan..nambah dia sampai 4x!! 'Mie-nya enak buanget ndung!!'
9 comments:
haduhhhh malu nih, manya bisa ajah. :p
Btw, kreatif deh Andung...itu rendangnya jadi napsuin. :)
WAh.. rendang spagheti.. uendang yak mbak????.. boleh juga neh buat ide ;)
Andung kreatif banget ya... hebat deh..
mamaaaaaaaaa..... kenapa bikin ngiler gitu rendangnya???
Bang Ayra, kalo Ata suka rendang paru nya Oma. nyummmmm
sluurp!
pasti rendangnya endaaang ya Bang
cara bikinnya sama aja kayak rendang biasa ya May...
jadi pengen ;)
wahhh rendangnya andung dikirim smp depok dong ma :p
mumpung bun mudiknya habis lebaran nehhhhh hehehe ....
dikirim sampe depok ?? mauuuu doonggg...hihi..
Andung kreatif banget ya...
nyontek juga ah nyoba bikin rendang mie ala spaghetti..
makasih idenya ya..:)
This is the 106th blog I've posted this comment on today:
As a veteran of Somalia, Bosnia, Afghanistan and Iraq...over these last few months...I've wondered to myself, "Is it possible to reduce the amount of hatred and violence in our world?"
Last week, before going to sleep, I began asking myself a lot of WHAT IF questions.
The central theme behind my thoughts were neither anti-war or pro-religion. My thoughts are not meant to inspire flag burning or protest signs.
Basically, unless someone and everyone start talking about Peace...
Even if it's just for two short minutes...
It's possible that an unstoppable firestorm of hatred may one day burn its way across our planet.
Instead of pointing out those differences which separate mankind...
It's my hope that the humanity within all of us will somehow prevail...
Even if it's JUST FOR TWO SHORT MINUTES...
See link: http://just-one-day-of-peace.blogspot.com/
Post a Comment