Siapa yaa..yang mau sakit.., tapi kalau kejadian yaaa..mau gimana lagi.., kata Angku kalau lagi sakit harus sabar…
Dimulai rabu 18 april sore..
Badan abang demam..langsung 38.8 C..tapi abang masih belajar matematika, Alby menggambar ditemani mama..
Badan abang demam..langsung 38.8 C..tapi abang masih belajar matematika, Alby menggambar ditemani mama..
Kamis, 19 april
Abang nggak sekolah.., sore kita ke dr.Abu, menurut beliau abang radang dan seperti biasa beliau pesan kalau sampai sabtu pagi masih jg hangat telpon beliau..
Abang nggak sekolah.., sore kita ke dr.Abu, menurut beliau abang radang dan seperti biasa beliau pesan kalau sampai sabtu pagi masih jg hangat telpon beliau..
Jum’at, 20 april
Panas udah turun, abang keukeuh mau sekolah jg.., buat jaga-jaga..kalau demam lagi, abang mama bekalin tempra
Panas udah turun, abang keukeuh mau sekolah jg.., buat jaga-jaga..kalau demam lagi, abang mama bekalin tempra
Sabtu, 21 april
Hujan deras..petirnya nggak kira-kira..akibatnya kompi dan telpon kesamber petir …, hiii..bakal garing deh nggak pegang2 kompi. Menjelang sore..abang demam lagi! Sore itu juga ke lab, hasilnya hemoglobin-hemtokrit-lekosit dibawah normal semua..trombo 197rb. Telpon dr.Abu, hari minggu lab.lagi.. dan cek jg IgG-IgM Dengue..(waaahh, mulai khawatir..niii..) dan abang maunya bobo aja..
Hujan deras..petirnya nggak kira-kira..akibatnya kompi dan telpon kesamber petir …, hiii..bakal garing deh nggak pegang2 kompi. Menjelang sore..abang demam lagi! Sore itu juga ke lab, hasilnya hemoglobin-hemtokrit-lekosit dibawah normal semua..trombo 197rb. Telpon dr.Abu, hari minggu lab.lagi.. dan cek jg IgG-IgM Dengue..(waaahh, mulai khawatir..niii..) dan abang maunya bobo aja..
Minggu, 22 april
Ke lab.rs gandaria, abang udah mulai cemas..bukan karena demamnya tapi karena suntik. Nangis dia pas disuntik. Hasil lab, hemg-hemt-lekst masih dibawah normal trombo 154rb, telpon dr.Abu menurut beliau perbanyak minum-makan terus besok pagi lab lagi (mulai deh mamanya deg2an..). Karena udah hampir sebulan nggak ke rumah eyang, abang keukeuh hari ini mau ke tempat eyang. Sepanjang siang main seperti biasa ama Alby dan Aji, walau badan sedang hangat-hangatnya. Mama banyakin abang minum, manya cobain jg angkak..tapi abang nggak mau :(, nggak enak katanya…, abang pilih pocari.., jadilah sepanjang siang hingga sorenya abang minum pocari dan air putih, makan seperti biasa.., tapi malemnya abang keliatan nggak semangat dan maunya bobo.., badan masih tetep aja hangat.., sampai malam suhu tubuh abang pol 39.7 :(
Senin, 23 april
Abang nggak sekolah karena masih demam dan kali ini abang protes berat, dia nggak mau disuntik..nggak mau nangis lagi kayak sabtu-minggu (katanya : masak abang nangis lagi ma?), Maaf ya, bang..tapi harus! Nangislah dia…, hasil lab. masih dibawah normal dan trombo 112rb. -makin deg-degan-lah manya dan ayah :(- telpon lagi..kata dr.Abu; sekarang pilihannya ada 2 bu, mau dirawat dirumah tapi harus banyak makan dan minum, istirahat dan besok pagi lab. lagi atau ke rs :(. Dr.Abu ngingetin trombo yg udah 112rb. Dan dia jg bilang ada kemungkinan DB, akhirnya ayah nih yg mutusin ke RS. Dan di-oke-in ama dr.Abu. Manya sendiri jg nggak yakin kalau dirumah, anak itu pasti becanda2 aja ama adiknya..mana bisa istirahat tenang..lagi jg manya ketar-ketir sendiri.., DB sekarang kan meng-khawatirkan :(, Menurut Santi-Hanni, kalau manya pede dirawat dirumah aja, tapi memang harus bolak-balik ke lab :( ..Ayah nggak ngantor nih, manya jg jadi setengah hari.., lagi nggak enak jg, ngelarin kerjaan dulu.., bisa jadi juga besok manya mendadak cuti.
Menjelang sore kita ke RS, duuh..(asli) manya khawatir jg ragu, masalahnya..kata ayah abis ambil darah pagi tadi ayra lemes, tapi pas di RS ayra udah riang dan ceria lagi..udah nggak demam jg. Dulu sih kita pernah rawat inap abang waktu operasi ganglion, tapi yaaa..cemasnya beda, karena sebelumnya kita udah dapet rujukan dan abang jg sehat waktu itu. Ternyata kita harus ke dsa dulu. Manya pasrah aja deh ama dsa siapa aja, takut aja makin sore abang udah keburu lemes. Maunya sih sama dr.Dwi, tapi jam prakteknya masih lama. Akhirnya abang ditangani ama dr.Karel..dari liat hasil lab..abang diminta untuk dirawat.., abis itu kita daftar dulu deh. Selagi daftar dan nunggu dapet kamar, abang mulai rewel lagi dan maunya tiduran aja di kursi panjang.., mulai nggak sabaran lagi….dan mulai marah-marah. Sebelum nyampe kamar, abang diperiksa suster dan ambil darah lagi… :( Duhh, kasian deh abang..kali ini udah bete banget dia…, begitu disuntik nggak cuma nangis, pake menjerit2; plester….plester…cepet plesterrrr!!! , tangan mesti dipeganin biar nggak meronta…., -hiii..bukan abang banget deh pokoknya..! :(- Abis itu kita ke kamar 5123, tempat abang dulu mau OP ganglion..
Selasa, 24 april
Trombo kemarin sore 119rb tapi yg pagi dan sore hari ini turun jadi 109rb dan 103rb. Hasil lab kemarin sore dan yg sehari ini manya confirm ke dr. Abu.., walau tertulis positif DB yaaaa..buat nenangin hati juga :D. Abang jg nggak semangat, tapi (alhamdulillah) makan dan minumnya oke. Siang, guru-guru sekolah termasuk tante Hanni, nengok abang, tapi abangnya lagi bobo..sepanjang siang mama yg jaga abang.., kalau malam ama ayah. Ayah balik ke rumah/kantor setelah Abang disuntik, soalnya bekas suntikannya harus ditiup ama ayah.. :D Sementara Alby dirumah ama Andung, dan nggak diperbolehkan liat abang ke rs ama Andung.. :D. Sebetulnya abang bete banget karena harus bolak-balik pipis, tapi terus mama rayu supaya mau minum, hampir tiap setengah jam abang mama suruh minum 1/3 gelas. Jadi kata-kata : "minumnya sampai se-mana ma?" sering banget, terus karena pipisnya dipispot iseng deh kita itungan berapa cc pipisnya abang…he..he.., -biar abang nggak bosen- Yang paling sering diminumnya itu susu, air putih, pocari dan juice jambu. Dicobain juga juice kurma, tapi karena terlalu kental bikinnya dan buat abang kemanisan, jadinya malah nggak mau jg. Hari ini di kamar 5123 ada 5 pasien kecil tapi 4-nya kena demam berdarah :(, btw mama diingetin tante Santi jangan lupa Alby tetap diterusin minum multivitaminnya…{tengkiuuu yaa, tante.., :)}
Rabu, 25 april
Ini hari ke 7 abang, manya berharap hari ini lebih baik buat abang. Abang Ayra sendiri jg udah lebih cerah mukanya..seperti yg tante Santi-dr.Abu-suster bilang biasanya trombo akan terus turun hingga hari ke 5-7, nanti setelah itu akan naik kembali… Alhamdulillah, hari ini trombo abang naik 136rb.., cepetan sembuh ya, bang… :). Dan kata suster mulai hari ini suntik cukup sekali aja, utk besok mungkin ada satu kali suntikan lagi.., kalau bagus abang boleh pulang..
Siang, tante mimi-temen knt mama-temen knt ayah dan ayahnya adik Diah bergantian nengok Abang. Dan sorenya, salah satu teman kamar abang udah boleh pulang, udah sembuh..ihhh, senangnyaaaa… :)
Siang, tante mimi-temen knt mama-temen knt ayah dan ayahnya adik Diah bergantian nengok Abang. Dan sorenya, salah satu teman kamar abang udah boleh pulang, udah sembuh..ihhh, senangnyaaaa… :)
Kamis, 26 april
Meski sedikit manyun harus disuntik lagi, tapi udah nggak seperti kemarin, nangis sih masih-lah. Sorenya dikasih tau suster, kalau trombo abang dah 176rb..alhamdulillah..-kayaknya kita udah boleh pulang nih, bang :)- Meski happy dgn keadaan abang, nggak urung hati manya ngilu jg..karena teman sekamar abang satunya lagi harus masuk ICU karena demam tinggi dan trombo yg dropp hingga 16rb.. :(( {belakangan kami tau, kalau anak itu adalah keponakannya tante Dini, -semoga kian membaik keadaaan dan sudah sembuh yaaa..-} . Malamnya Agung dan Bunda dateng.., giliran pulang, Agung nggak mau..katanya mau di rs aja ama abang...he..he..
Jum’at, 27 aprilTiap pagi kan dr.Karel visit. Biasanya ontime, tapi kali ini sampai jam 9-an belum nongol2.., wwuiiihh, dah nggak sabar nanya kapan pulang. Akhirnya dateng jg dokternya…dannn…yippiiii!! Abang dah boleh pulang siang ini. Senin kontrol. Cuma baru hari ini deh manya kepikiran utk foto abang, kemarin-kemarin mah..boro-boro dehh… :D
Sekarang ini Abang Ayra udah sembuh, selasa, 30/04 kemarin dah sekolah lagi.. :)


2 comments:
sedih ya may, kalo anak sakit.
apalagi kalo harus dirawat :(
semoga anak2 sehat seterusnya ya..
ayra sama banget tuh dg hafizh,
jagoan tapi takut jarum suntik :D
Manyaaa...maaafff baru sempet jalan-jalan...
di rumah juga gantian sakitnya..sesudah mas budi, lalu bimo. Alhamdulillah dua2nya ngga perlu sampai dirawat di RS, krn udah gede kali ya, jadi bisa dikasihtau utk cukup istirahat, makan dan minum aja..
Mrk juga minum air putih, jus, pocari dan susu aja kyk Ayra, ditambah parasetamol utk sakit kepalanya..:)
tetanggaku, udah dewasa, sakit DB, trombo turun masih di atas 120rb dikasih angkak langsung naiknya over...bahaya juga ya..
Post a Comment