Bulan lalu, pernah ya..diceritain kalau Ayra udah belajar tentang waktu..., kalau soal jam..setiap kali Ayra bertanya tentang jam..kita pasti jawab sambil nerangin angka-angka di jam itu.., dirumah ada jam yg angka-angkanya tertulis dengan jelas dan ada jam yg nggak pake angka..hanya tanda strip aja '-' . Untuk yang bertanda strip itu, kita kasih tau mana yang mewakili angka satu, dua dan seterusnya.., Siapapun yang ditanya abang, sebisa mungkin kita jelasin..tapi itu semua dilakukan sambil lewat jadi nggak menyediakan waktu khusus untuk belajar jam.., kita juga menerangkan soal jarum pendek dan jarum panjang, misalnya kalau jam 6.05 kita bilang jarum pendek di angka 6 dan jarum panjang di angka 1. Kadang kalau abang bertanya; jam berapa hari ini? kita jawab, kira-kira jam berapa sekarang ya, bang..sambil berdua liat jam..nanti Ayra deh yang jawab..(misal nii) jarum pendek dia angka 7, jarum panjang di angka 3 ...hmmm, kira-kira jam berapa yaaa...' kita biarkan dulu dia sedikit mikir..kalau bisa dijawabnya kalau enggak yaaa..kita yg jawab, jam 7. lewat 15 menit bang.. gitu deh...sampai akhirnya Ayra jadi tau kapan kurang atau lewat untuk menitnya.Seperti hari ini, mama nggak nyangka aja kalau Ayra bisa membaca (btw, membaca atau melihat sih?) jam dengan tepat. Hari ini pulang pelatihan, Mama dan Ayah janjian pulang bareng.., ketemuan dia pasaraya.., heee..ternyata ama Ayra segala..., rupanya hari ini Ayah ijin nggak masuk kantor.., kita mampir ke Mc D.., lagi nunggu kentangnya dateng..Ayra tanya, 'jam berapa sekarang ma?'
Mama liat jam..terus iseng mama sodorin tangan mama ke Ayra (dlm hati, bisa nggak yaaa..dia jawab, jam tangan mama tanpa angka dan wkt itu jam 6.45), terus jawabnya Ayra; 'jam 7 kurang seperempat!'
Mama liat jam..terus iseng mama sodorin tangan mama ke Ayra (dlm hati, bisa nggak yaaa..dia jawab, jam tangan mama tanpa angka dan wkt itu jam 6.45), terus jawabnya Ayra; 'jam 7 kurang seperempat!'
wwuaahhh..takjub juga mamanya.., abis jawabnya bukan 7 kurang 15 menit, tapi kurang seperempat.. :)
Nah, sekarang ini Ayra lagi getol-getolnya belajar membaca.., nggak tau kapan mulainya..mungkin akhir april kemarin..sekali waktu mama pulang kantor bawain titipannya Ayra, refill-nya sabun kodomo. Sampai rumah belanjaan dibongkarnya..begitu dia liat sabun mandinya..Ayra bilang; 'horreee...makasih ya ma..'
'iya, sama-sama bang'
'K-O..ko, D-O..do, M-O..mo.., KODOMO!!'
(mama takjub lagi) waaahhhhh!!!
3 comments:
kak ayra..jam berapa sekarang..?? He..he.. kalo lagi hobby baca jam pasti seneng kan kalu ditanyain jam berapa. Udah dibeliin jam tangan belom kak..:)
wah abang pinter ya udah bisa baca jam dgn benar, bentar lg Insya Allah udah bisa baca-tulis ya bang ya ...
Horee Abang hebat dah bisa baca jam, dah mulai bisa baca tulisan juga.
asiikk selamat ya Bang..Irsyad ikut seneng deh.Ntar Alby ma Irsyad jadi murid Abang ah... ajarin ya Bang...:-)
Buat Mama ama Papa...selamat ya... seneng banget pasti Abang dah nambah lagi kepintarannya.
Post a Comment