Friday, April 07, 2006

Ayra dan bekal sekolahnya..

Ayra itu dari kecilnya suka sekali roti dan coklat. Coklat disini bukan permen coklat -walau sesekali Ayra jg makan permen coklat-, tapi kalau susu kotak misalnya yg rasa coklat. Pilih sereal yg rasa coklat, biskuit dan roti juga gitu. Dan yang paling Ayra suka yah..roti tawar gandum dengan polesan mentega dan taburan meses. Mama udah coba ganti-ganti dengan rasa lain, tapi Ayra tetap aja maunya coklat. Untuk susu kotak juga gitu..dicoba ke rasa strawberry..atau vanilla malah suka nggak diminum dan kalaupun diminum pasti sedikit. Tapi lucunya kalau minum susu dancow sehari-harinya Ayra lebih senang yang rasanya vanilla dan madu.

Image hosting by Photobucket Sejak Ayra sekolah, bekal utamanya adalah roti gandum dan meses itu. Kalau diganti dengan roti lain abang pasti protes dan terkadang lebih banyak nggak dimakannya. Roti coklatnya jg pake syarat.., abang nggak mau yg coklatnya cair didalam rotinya. Walah...banyak maunya deh..pokoknya :D. Dulu nii..pernah manya kelupaan beli roti, jadilah beli kue dikantin sekolahnya abang aja..eee.., ternyata nggak dimakannya satupun. jadi tuh kue tuh utuh...Pernah juga manya ditegur ama salah satu gurunya abang, katanya abang tidak terbiasa makan kue2 seperti ini ya, bu..{kue seperti model cake, kue pie yg diatasnya ada buahnya, terus kayak risol, pastel..}. Wah, manya cuma nyengir aja deh.., soalnya abang itu udah dicobain nggak mau, yah..paling nyoba sedikit sekedarnya aja..balik-balik yaaa..roti tawar lagi.. :D. Mungkin jg dipikir ibu gurunya manya males ganti menu anak..he..he.., Satu lagi, kalau dibawain buah jg abang nggak mau.., terus pernah manya coba dibawain sosis, halah! nggak dimakannya juga...

Tapi makin besar abang, makin berubah seleranya.., perubahan ini terjadi pas abang udah TK-A, tadinyaa..yg cuma maunya roti tawar dengan meses..berangsur2 ganti ke roti rasa kacang, roti keju, roti isi pisang-keju dan rot-roti lainnya.


Image hosting by Photobucket
*nasi goreng, brokoli dan sosis*

Image hosting by Photobucket
*nasi goreng, apel dan buncis*



Pertengahan maret ini, abang bilang ke mama kalau dia sekarang inginnya bawa nasi. Soalnya menurut Ayra lagi, semua teman sekelasnya bawa bekal nasi. Terus dapet cerita dari andung lagi, kalau setiap makan bareng itu abang suka belepotan coklat meses, dan sebentar-sebentar harus lap mulutnya. 'Nggak enak ndung, repot...' :D. Jadilah sekarang ini si mama nyiapin bekal nasi buat abang. Cuma manya ini kan nggak kayak ibu-ibu yg pada pinter masak, seperti bunda Inong, ibunya Hafiz dan para bunda lainnya yg jago masak, yang pasti nggak pernah pusing yah..kalau ngebekalin anaknya..hi..hi.., udah hampir 2 minggu ini aja manya dah bingung mau bawain abang nasi yg gimana lagi. Manya kan cuma jago bikin makanan bayi..hi..hi.. Mana pagi itu kan suka heboh yah..., selama ini sih tiap pagi itu manya pasti masak buat makannya anak-anak, jadi kalau pagi atau siang andung atau mbaknya tinggal nyuapin aja. Tapi sejak abang Ayra bawa bekal nasi, manya jadi suka mikir..mesti masak apa yaaa.., karena masaknya harus yang gampang2 aja.., jadinya yaaa..cuma tumis-tumis aja deh...

Bagusnya abang Ayra nggak pernah protes.., dia cuma bilang gini; 'kemarin nasi goreng, terus hari ini nasi goreng putih, hhmmm...besok, abang nggak tau lagi nasi apa' :D


Image hosting by Photobucket
*mie goreng, tomat, brokoli*

Image hosting by Photobucket
*nasi goreng, sosis, bayam*



Bawa bekal nasi jg bukan tanpa cerita. Abang Ayra suka banget nasi putih saja. Duluuu..abang Ayra kalau pas lagi hobby mogok makan kan gitu {diumur2 14bulan - 2.5tahunan}..., kadang maunya nasi putih aja..atau nasi putih ama kecap aja.., untuk ngakalinnya..sayur dan lauknya ditaruh didasar sendok terus baru ditutup ama nasinya.., tapi suapan pertama itu harus nasi putih dah kecap aja. Memang sih untuk suapan selanjut abang akan protes, -kok ada sayurnya- biasanya manya pura-pura nggak tau aja, bilang -wah, maaf ya bang..mama kelupaan.., abis yg ini nasi aja deh, yah..- abangpun iya-iya aja..lucunya untuk suapan berikutnya meski didalamnya ada sayur dan lauknya abang nggak protes lagi..dan habis deh tuh nasi beserta lauk dan sayurnya. Lain waktu..makan berdasarkan jumlah suapan. Dan abang paling suka angka 7, jadi kalau dah sampai di suapan ke 7 harus berhenti. Terkadang sih manya ikutin maunya tapi terkadang nggak jg, meski akal2an deh..., suka pura-pura salah hitung he..he..{kalau abang baca nanti, jgn marah ya..bang.. :)}. Di masa-masa ini mama pernah coba ngikutin abang untuk nggak makan, kalau dia nggak mau makan -tutup mulut rapat2- yah, nggak mama kasih..eee.., abang malah nyantai aja tuh.., nggak ada teriakan lapar minta makan, ada jg minta susu..susu..terus. Tapi yaa..alhamdulillah..masuk usia 3 tahun. Abang nggak ada lagi tahan-tahanan dengan mama soal nggak mau makan. Karena di usia 3thn itu abang dengan sukarela bilang; 'ma, abang lapar nih..' atau 'ndung, abang nggak dikasih makan siang ini?' Sekarang mah..mama dan andung lega dengan soal makannya Ayra.

Image hosting by Photobucket
*nasi, telor orak-arik, buncis*
kalau kayak gini..ama Ayra cuma nasinya aja yg dimakan..

Jadi waktu pertama manya buat nasi goreng pake sosis dan teman2nya.., nggak masalah..karena nasi berserta sosis dan teman-teman-nya diaduk jadi satu. Waktu nasi goreng putih {tanpa kecap} jg gitu.. tapiii pas dibawain nasi dengan sayur tumisnya dipisah..nggak diaduk bareng ..yang dimakan cuma nasinya aja {ini kata mbaknya}, sayur tumisnya itu nggak disentuhnya :( {apa nggak enak kali yaa bang...hi..hi..hi..}. Jadi dari pada nggak dimakan..sampai sekarang manya bikin yg model nasi goreng gitu.., apapun isinya kalau diaduk bareng nasi pasti dimakannya. Nanti mudah-mudahan seiring bertambah besarnya abang Ayra, siapa tau aja gaya makannyapun berubah, maksudnya nggak hanya makan nasinya aja gituuu... ;)

13 comments:

Lita Uditomo said...

waahhh...manya kreatif banget yaa...nasi goreng, apel & buncis ? hmmm...tunggu aja nanti kalo dah besar2...lapeeeerrrr terussss...hehe

Bunda Lyla said...

waah iyaa menunya abang variatif sekali deh ehmmm boleh nih dicontek :)

mudah2an lylaku juga gitu ya cuma usia2 segini ajah dia ngemut maemmnya. mudah2an bisa kek abang ya buah kesabaran manya nih siiplah bun :)

Anonymous said...

wuihh...nasgornya seru banget. Bagii dunk?!!

Manyaaa...aku salut ama usaha dikaw memvariasikan bekel abang. Bravoo! Bwat abang Ayra, asik yah punya bunda yg rajin buatin bekel. :)

Anonymous said...

nasi sama apel? hmm rasanya gimana ya?
eh manya itu tanggalnya koq 14 april sih? sekarang baru tanggal 9 kok..

Anonymous said...

to : tante Dydy
makasih atas koreksinya, tulisan ini dibuatnya memang tgl 7 april, tapi pas bikin sempet kompi bbrp kali hang..hiks.., tglnya ikutan mencelat jg kali yaa.., he..he..he..ngeles.com, baru ngeh pas tnt dydy bilang.. :)

to : bunda, mama dan ibu lainnya..
daku tidak jago masak, beneran kebingungan mesti bawaan apa buat si abang..hiks..,
kreatif? masak sih? apa gara2 di abang..jadi mau nggak mau..mama masaknya jadi campur sana campur sini ;) he..he..

~Bunda ShaHaRee~ said...

manya, sbg ibu yg ga pinter masak jg hehehe ... daku bersyukur bgt di sekolah shafa ada acara makan besarnya, so ga pusing mikirin mesti bw bekel apa hihihi ...

tp tetep jg sih shafa bawa bekel buat break siangnya, fav-nya adl roti tawar plus meses coklat atau mie goreng ;-)

Anonymous said...

Menunya si abang bikin ngiler.. hehehe.. mo dunks Bang. Manya pinter bikin menu.. kreatif geto loh.. hehehe.. walopun serba nasi goreng :))

Anonymous said...

wah hebat... rajin2 banget Manya bikin menu... pantes Ayra keliatan sehat :)

Anonymous said...

wah Ayra seneng ya mamanya kreatif banget, kalu tante dulu bekalnya cuma roti+mesyes doang..

TomInta family said...

Ayra kecil persis banget sama Irsyad, senengnya roti coklat dan itu adalah turunan emaknya :D
"besok bekel nasi pake apa lagi Bang? " ;) Si abang mah ada2 aja... Jangan minta nasi pake coklat ya bang :D

Anonymous said...

gitu ngakunya ga bisa masak? bekalnya kreatif & looks yummyyy...
kalo Hafizhku skrg bekalnya cuma snack aja, soalnya udah sarapan kenyang dirumah. Tapi teteup sekali seminggu pasti request nasi goreng atau mie goreng plus telur rebus favoritnya :-)
cium buat Ayra ya...mmuach!

Anonymous said...

jangan menyerah manya! maju terus bikin sarapan buat abang hehehe hebat dikau manya masih sempet buat sarapan kalo aku pagi judule udah terbirit2 aja. telat mulu!

Anonymous said...

kok foto bekal itu menggiurkan syekali ya mak? pinter ngambil gambarnya apa emang se-enak aslinya? jadi luaper eui... seneng deh punya mamak pinter masak gini (camkan ya abang ayra..)

Qurban 10 Dzulhijjah 1447 H

Kembali...selalu ada yang pertama.. Kali ini Alby berqurban dan Insya Allah akan selalu dilakukannya di tahun-tahun berikutnya, aamiin yra.....