Acara pagi ini dimulai dengan ke sekolah abang. Di sekolah ada penyuluhan tentang flu burung dari IPB. Sayang banget yang dateng nggak begitu banyak, padahal kata Ibu Romie yang nanyain sejauh mana penanganan soal flu burung ini oleh sekolah banyak banget. Siangnya kita mampir ke Hero PIM beli susu UHT buat abang berbuka nanti sore. Niatnya sore ini mau bawa Ayra dan Alby ke mesjid Agung Al-Azhar, mau berbuka dan maghrib disana. Untuk ikutan terawih disana rasanya belum dulu karena Alby masih terlalu kecil dan yang pasti pulangnya udah malam banget.
Dulu niii..waktu manya, tante Mimi dan tante Linda masih kecil, sering banget setiap sore diajak Angku dan Andung ke Al-Azhar. Kita berangkat sore setelah Ashar, terus sambil menunggu berbuka kita main lari2an..di lapangan rumput mesjid yang luas. Nanti pas bedug bunyi..Andung ngeluarin bekal..minum sebentar terus maghrib, setelah maghrib lanjut lagi makannya. Kita makan disamping pinggiran mesjid bagian atas. Kebersihan harus tetap dijaga, jadi kita bawa kantong plastik buat ngumpulin sampah bekas makan, baru abis itu dibuang ke tempat sampah. Pesertanya jg banyak. Ada jg keluarga kayak kami, nenek-nenek yg itikaf di mesjid, orang-orang yang mampir ke mesjid. Ada jg berbuka bareng anak yatim, tapi ini di aula bawah. Karena hampir setiap puasa kita selalu ke sini, jadi kerekam banget deh..suasananya..dannn..manya ingin banget melakukan hal yang sama untuk Ayra dan Alby. Kalau ajak Ayra aja, mungkin bisalah sesekali kita ikutan terawih di sini, tapi kalau Alby ditinggal kasihan jg. Sementara kalau ikut..rasanya masih terlalu kecil. Mungkin tahun depan..sudah bisa yaa..
Ternyata ada yang mau ikutan juga, yaitu Agung dan Adik Diah. Jadilah kita ketemuan di Mesjid Agung. Kita berangkat sore setelah Ashar. Tante Linda juga ikutan nii..dan tante Mimi nyusul kemudian. Sampai disana udah ada Agung dan Adik Diah sekeluarga dan orang-orang lagi pada ngedengerin kajian sore menjelang berbuka. Sementara di aula bawah sepertinya ada acara berbuka dengan anak yatim, lumayan ramai. Nggak lama setelah itu hujan lebattt..banget, hujan angin tepatnya.., Ayra yg lagi heboh mondar-mandir masukkin uang receh ke kotak amal bersama Agung, tiba-tiba mau pipis..., aaaduuh, tahan dulu ya, bang..mana hujan lebat gitu. Tapi untunglah Abang bisa nahan dikit. Dan hujan berhenti menjelang bedug maghrib.Ketika bedug bunyi..kita semua berbuka. Bekal kita nggak banyak kok, manya ama ayah cuma bawa minuman fruit tea, green tea terus Ibu (Kak Opet) bawa Aqua, sementara anak-anak minum susu dan makan kue lapis legit, bawa dari rumah. Ayra-Alby makannya rapihhh deh, nggak ada sisa2 kue yg berhamburan, karena manya udah wanti-wanti banget.. Abis itu kita shalat maghrib sama-sama. Berhubung bawa anak-anak. Manya ama Ibu shalatnya belakangan, tante Mimi dan tante Linda duluan. Sehabis shalat kita pulang dengan nge-bungkus sate padang.. :). Sebenernya nggak bawa bekalpun nggak masalah disini, karena diluar mesjid disepanjang kaki lima-nya banyak yang jualan, ada sate padang, somay..dan lainnya.
Awal puasa kemarin, niatnya manya dan ayah setiap sabtu-minggu kita mau ke mesjid.., berbuka dan maghrib-an..entah itu di mesjid Agung..atau mesjid PI..udah satu sabtu-minggu terlewat lantaran manya harus ngantor. Mudah-mudahan sabtu-minggu depan bisa deh, Insya Allah.., ada yang mau ikutan? :)
3 comments:
wah asyik ya ma klo tiap weekend bisa buka puasa di masjid, ikut dung ...
mau ikutan dong dek ayra, ide bagus nich, soalnya aku blm pernah ngajak anak2 berbuka di masjid euy!
wahhh...seru banget buka puasanya. Pasti menyenangkan yah bisa buka puasa di mesjid.
Post a Comment