Sunday, October 02, 2005

Alby, bicaralah sayang..!

Image hosted by Photobucket.comManya..udah mulai was-was niii..., bulan ini Alby udah genap 2thn 1bulan.., beratnya sekarang 11 kg dan panjangnya udah 86-an cm. Kepintaran Alby pun bertambah..ulahnya yang terbaru adalah pake sepatu kerja mama yang haknya antara 3-5cm...dduhh.., lucunya..., dia pake sepatu terus jalan-jalan..ntar udah pegel..dia lepas tuh sepatu..terus ditinggal..gitu aja...(jaaiillllllll...) tapi sampai sekarang Alby belum bisa dibilang dalam tahap 'udah bisa ngomong' Alby memang udah bisa panggil mama dan ayah dengan jelas. Tapi untuk kata-kata yang lain belum ada penambahan. Masih uuugghhh...uuuhhhh... aja, tapi kalau disuruh, melakukan perintah Alby sepenuhnya ngerti. Dia tau tempat handuk, disuruh buang sesuatu atau kasih sesuatu kalau naga-naganya mau masuk ke mulutnya. Kalau mau pergi, dah rapih pake baju..nanti Alby ambil sepatunya sendiri dari rak. Disuruh taruh lagi ke rak sepatu, dia tau. Ditanya mana hidung, mata, telinga..dia juga tau.. Kalau ditanya; 'mana Alby yaa..?' Alby akan nunjuk dadanya..sambil bilang 'uughh' se-olah-olah bilang..'ini lho, Alby..'

Tiap anak itu jelas beda-beda, jadi bukan maksud untuk membandingkan dengan Abang Ayra. Tapi lewat Abang, manya jadi bisa melihat udah sampai dimana perkembangannya Alby. Dulu kata pertama yg dikenal abang itu jg mama-ayah, umur 20 bln abang bisa dgn jelas bilang; 'allahu akba..' (tanpa huruf 'R') dan pas 2tahun, perbendaharaan katanya udah banyak dan dia jadi rajin banget berkicau. Ibarat keran air yang dibuka..aja deh.. Antara umur 3-3.5tahun..rasanya kita udah bisa ngobrol 2 arah dan nyambung dengan Abang Ayra.

Image hosted by Photobucket.comApa yang kami lakukan ke Ayra dulu, begitu juga ke Alby. Sering ngedengerin kaset, setel vcd alif-ba-ta, menyanyi, apalagi Ayra terkadang suka minta baca-baca, Alby tuh suka nge-dengerin dan nanti dia akan ikut tertawa-tawa kalau liat abangnya membaca, kayaknya kagum kalau abang dah bisa baca..(dddeee...)..terkadang dia jg ikut nunjuk2 gambar di buku cerita. Minta diceritain berdasarkan gambar yang ada. Manya juga udah mencoba triknya Bu Anda -gurunya Abang Ayra- seperti misalnya, kalau Alby minta dipakein sepatu. Dia akan ngomong 'uughh..ughh' sambil ngacungin sepatu yang ditentengnya.., terus nanti manya akan pura-pura tanya..'alby mau apa sih?, mama nggak ngerti niii..., ngomong dongg...' tapi tetap aja Alby akan 'uggghhh..ugghh..' kalau manya tetap begitu juga.., udah deh..dia ngacir aja tuh.., bodo amat kali yaaa..pikirnya..Selain tetap terus berusaha, dalam waktu dekat ini kita mau konsul ke dsa. Manya juga udah tanya-tanya dan dapat dari tante Santi tempat terapi wicara, mudah-mudahan..sebelum 2.5thn Alby udah bisa bicara.., perbendaharaan katanya bertambah...

O..iya, sekalian juga nii..mau ngucapin "Selamat Berpuasa, Ramadhan 1426 H..buat semua teman dan kerabat yang mampir ke blog-nya abang Ayra dan Alby. Maaf atas segala kesalahan kami baik perbuatan maupun kata-kata ya.." Abang Ayra kayaknya mau belajar puasa, Abang sudah tidak sabar menunggu bulan Oktober... :)

2 comments:

Anonymous said...

Sabar mbak, blon waktunya Alby bicara, apa mungkin Alby harus ktemu ama anak2 yg sebayanya nyang uda bisa ngomong .. mungkin dia berani bicara.

Karna selama ini (kisah nyata) ada lohh anak yg sebenernya uda bisa bicara, tapi karna mereka males buka mulut, jadi mereka cuma diem ajah.

Gw baru liat nih potonya Alby dari deket .. cakep, imut n ngegemesinn dehhhh !!

Anonymous said...

I have been looking for sites like this for a long time. Thank you! »

Qurban 10 Dzulhijjah 1447 H

Kembali...selalu ada yang pertama.. Kali ini Alby berqurban dan Insya Allah akan selalu dilakukannya di tahun-tahun berikutnya, aamiin yra.....